Tutorial Cara Penggunaan Windows 8 di Notebook

Posted by

tutorial windows 8 professional
Dalam menggunakan aplikasi OS Windows 8 mungkin agak sedikit berbeda dari Windows 7, Vista dan XP. Untuk Tutorial Cara Penggunaan Windows 8 tidak disediakan di CD/DVD Master Windows 8. Untuk itu Windows Indonesia akan memberikan cara terlengkap mengenai panduan dan tutorial penggunaan OS Windows 8.

Windows 8 memiliki beberapa interface yang sangat baik dan di-design untuk para designer dan komunitas. Windows 8 tampaknya memiliki security perlindungan yang lebih baik dibandingkan Windows 7. Ketika pertama kali, menggunakan Windows 8, mungkin kita sedikit bingung dengan tombol Start yang tidak ada pada antarmuka screen desktop windows 8.

 Berbeda dengan Windows XP dan Windows 7, Windows 8 menghadirkan menu yang didesign rapih dinamis dan teratur. Sebagai Contoh, Windows XP memiliki menu yang tidak efisien dan terlalu banyak sehingga akan sulit untuk menemukan file atau data yang ingin kita cari karena beberapa data tergabung oleh file lain. Tidak dengan windows 8, karena setiap aplikasi tersimpan rapih di suatu tempat dan berbeda satu sama lain.

Oleh karena itu, saya kan berbagi ilmu kepada anda semua dalam artikel berjudul "Tutorial dan Cara Penggunaan Windows 8". Kelebihan dan kekurangan Windows 8 dibandingkan Windows 7, Windows XP, dan Windows Vista akan menjadi bahasan utama Anda dalam tutorial kami berikut ini.

Tutorial yang pertama adalah kita harus mengetahui basic terminology yang digunakan Windows yaitu peggunaan tombol Start di setiap keluaran Windows. Seperti yang Anda lihat, Windows 8 tidak memiliki tombol Start di ujung kiri bawah di interface yang pertama kali tampil. Tetapi, Windows 8 memiliki "Windows 8 Style Menu" seperti yang diungkapkan oleh Microsoft. Microsoft juga menyatakan style menu tersebut sebagai gaya metro/ Metro Style yang dilindungi hak cipta. Oleh karena itu, mereka hanya menyebutnya dengan Windows 8 Style Menu. Ini adalah menu Windows terbaru yang pertama hadir di tahun 2013 ini.
laptop windows 8

 Ada beberapa hal yang akan berbeda dari penggunaan dari penggunaan OS windows terdahulu dengan Windows 8, mungkin Anda perlu meninggalkan beberapa kebiasaan yang sebelumnya umum dijumpai pada windows terdahulu seperti Tampilan Desktop, Tombol start, Battery Meter, Task Manager dan lainnya. Tidak perlu khawatir Anda menjadi bingung karena saya akan memberikan tutorial menggunakan Windows 8 untuk pemula.



Tutorial Kedua dalam Menggunakan  :

1. Navigasi Dasar
Windows 8 dihadirkan dengan tampilan yang baru. dengan tampilan aplikasi kotak yang fresh dan berwarna warni. Bila Anda menggunakan Tablet maka sangat mudah menggunakannya, hanya dengan menggeser jari Anda dilayar ke kiri dan kanan untuk mendapatkan aplikasi yang Anda inginkan atau menggunakan mouse dengan hanya mengeserkan mouse Anda dan Menggunakan Keyboard dengan menekan tombol Home dan End untuk menggerakkan screen pada layar. lalu gunakan kursor untuk memilih aplikasi yang diinginkan dan klik mouse atau tekan enter untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Terkadang sering juga screen pada windows 8 terkunci karena salah dalam melakukan setting / pengaturan pilihan desktop. Tutorial cara membetulkannya silahkan pergi ke halaman Cara Mudah Menghilangkan LockScreen di Windows 8.

Jika Anda sedang melakukan berbagai aktifitas dan kegiatan penting di tengah-tengah sebuah aplikasi seperti Microsoft Word, Adobe Photoshop, Browser, Aplikasi Musik, Notepad dan lainnya. Anda dapat menggunakan tombol Windows tersebut pada keyboard untuk langsung menggunakan opsi menu pada tablet, notebook, atau komputer Anda.

Sedangkan untuk "Start button" adalah berfungsi sebagai akses utama menuju ke Control Panel, shutdown, atau restart. Tombol start ini apabila kita gunakan di iPad maka hanya menggesekan ibu jari Anda ke bagian layar yang pada dasarnya bergerak ke bagian bawah dasar layar . Hal ini dapat disebut dengan Charm.

 2. Cara Menampilkan Menu

Pada windows 8 Anda tidak akan menemukan Tombol start yang biasa ada di sudut kiri bawah layar, atau biasa menggunakan tombol icon Windows pada keyboard. Lalu bagaimana cara mengatasi menu start yang tidak tampil? Windows 8 hanya membuatnya "hilang" sementara saja, untuk menampilkannya klik kanan pada sudut kiri bawah layar atau dengan keyboard tekan "Windows + X". Maka Akan ditampilkan menu yang biasa Anda jumpai seperti Device Manager, Control Panel, Explorer, Search Dialog dan lainnya.

menu windows 8
 3.Cara Shutdown / Mematikan Komputer

Untuk melakukan shutdown letakkan mouse disudut kanan bawah atau dengan keyboard tekan "Windows + I" maka akan ditampilkan tombol power dan kilik tombol tersebut dan akan ada piihan Shut down atau restart.

4. App Bar / Perangkat Pilihan Aplikasi


Windows 8 tidak menampilkan App Bar lagi sebagaimana yang ada pada windows terdahulu sehingga terlihat lebih simple. icon2 aplikasi yang sedang jalan yang biasa Anda lihat dibagian bawah layar sudah tidak Ada lagi, dan untuk melihat applikasi apa saja yang sedang berjalan Anda dapat menekan "Alt+Tab" atau Anda dapat menekan "Ctrl+Shif+Esc" untuk menampilkan menu apa saja yang sedang berjalan dengan Task Manager.




5. Menu Aplikasi

"Windows + X" hanya menampilkan Menu utama saja, lalu bagaimana saya menemukan Aplikasi saya seperti office dan lainnya. Jangan menutup mata saat melihat aplikasi yang error atau sulit ditemukan di OS Windows 8, tekan "Windows + Q" atau klik kanan pada layar atau dengan menggerakkan jari dari dasar bawah ke atas untuk menampilkan menu aplikasi maka akan ditampilkan semua aplikasi yang ada dalam bentuk ikon kotak yang berkedip dan beragam warna.

6. Menutup Aplikasi Program / Software
Applikasi Windows 8 juga tidak mempunyai tombol close atau tanda X disudut kanan atas layar, lalu bagaimana saya menutup aplikasi ? untuk menutup aplikasi arahkan kursor pada bagian atas aplikasi, ketika kursor berubah menjadi tanda "tangan" klik kiri mouse dan tahan lalu geser kebawah atau kalau ini membuat report cukup tekan "Alt+F4".

Untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan Windows 8 berikut saya berikan beberapa "shortkey" nya yang dapat dijadikan panduan anda dalam mengikuti tutorial ini.


Kumpulan Tombol Menu di OS Windows 8 :

Win : switch anatar Start screen dan Applikasi yang sedang berjalan
Win + C : Menampilkan Charms: the Settings, Devices, Share and Search options
Win + D : Menampilkan desktop
Win + E : Menampilkan Explorer
Win + F : Membuka Search pane
Win + H : Membuka Share pane
Win + I : Membuka Settings
Win + K : Membuka Devices pane
Win + L : Mengunci PC
Win + M : Meminimizekan Jendela Exploer atau Internet Explorer (Pada saat Jendela dalam keadaan Maksimal)
Win + O : toggles device orientation lock on and off
Win + P : switch tampilan pada layar lain atau projector
Win + Q : Membuka the App Search pane
Win + R : Membuka Kotak Run
Win + U : Membuka the Ease of Access Centre
Win + V : cycle through toasts (notifications)
Win + W : Mencari system settings (type POWER for links to all powerrelated
options, say)
Win + X : Menampilkan menu tools Windows dan applets
Win + + : Untuk Zoom in
Win + - : Untuk zoom out
Win + , : Aero peek pada desktop

Yang dimaksud tombol Win adalah tombol yang ada logo Windows nya. Sedangkan untuk Cara Mengembalikan Recycle Bin di Windows 8 ada dilink tersebut tinggal diklik saja.. Demikian panduan dan tutorial tentang cara penggunaan windows 8 di notebook, laptop, ataupun komputer anda. Bagi anda yang ingin mendapatkan ebook tutorial windows 8 dapat menghubungi kami di sini.


Blog, Updated at: 12/30/2013

6 komentar:

  1. mumpung ada notebook baru diterapkan ahhh
    mksh mas brooo atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp masbro, silahkan di coba.. :)
      semoga bermanfaat..

      Hapus
  2. ko terkadang klo buka file lama loadingnya, saya peke assus x453m windows 8...mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  3. ko terkadang klo buka file lama loadingnya, saya peke assus x453m windows 8...mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, OSnya masih versi Windows 8 ya ?
      coba lakukan update ke versi windows 8.1... karena di versi ini hampir semua bug sudah bisa teratasi.. :)

      Hapus
  4. Makasih banyak infonya,
    Sangat membantu :)

    Kunjungan balik ke blog saya ya :D
    Ke sini deh : https://agresblog.blogspot.com

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin