Mengetahui Kapan Harus Mengganti Baterai Laptop

Posted by

Melihat Laporan Kesehatan Baterai Laptop di Windows 8 - 2015, Banyak sekali pertanyaan yang masuk mengenai kesehata baterai laptop. Nah tahukah kalian bahwa sebenarnya microsoft telah menyediakan fungsi untuk bisa melihat secara keseluruhan status dan kesehatan baterai kita, tepatnya diperintah PowerCfg.

waktu yang tepat untuk mengganti unit baterai
waktu yang tepat untuk mengganti unit baterai


 Sebelumnya, admin pernah memberikan artikel mengenai Solusi Baterai Laptop Tidak Terisi 100%, memang banyak sekali penyebab kenapa kapasitas baterai terkadang cepat sekali habis tapi sayangnya banyak dari kita yang mengetahui hal tersebut terlambat. Nah, dengan perintah Powercfg di windows 8 kita dapat mengetahui secara detail informasi kapasitas pabrik dan kapasitas full baterai yang kita gunakan sekarang ini sehingga kita bisa mengetahui kapankah waktu yang tepat untuk mengganti unit baterai dengan yang baru.

Generate Battery Report ( Menggunakan Powercfg )

Untuk bisa melihat battery report ini kamu tidak memerlukan aplikasi khusus karena bentuk reportnya nanti berupa halaman html sederhana yang di hasilkan dari perintah di command prompt. Oleh karena itu cara ini bisa dipastikan work pada semua jenis dan merk laptop(ASUS, LENOVO, HP, DELL, dll) dengan OS Windows 8 dan Windows 10.

Pertama, buka Command prompt dengan menekan tombol windows + R lalu ketik "CMD" dan tekan enter. Selanjutnya, ketik perintah :
 powercfg /batteryreport
cara mengakses powercfg dengan command prompt
perintah powercfg


dan tekan tombol enter. Perintah tersebut akan menyimpan laporan tentang baterai ke akun kamu, biasanya ada di direktori C:\Users\NAMA\batteryreport.html. Buka folder tersebut dan kamu bisa melihat filenya.

Menganalisa Hasil Battery Report

Hasil report ini berupa file html yang sangat sederhana yang dibagi menjadi beberapa bagian informasi. Pada bagian pertama ini adalah informasi umum tentang laptop kamu mulai dari Versi BIOS, OS, Nama, dll.

battery report
battery report laptop ASUS A46CB


Nah, pada bagian selanjutnya menampilkan informasi baterai yang terpasang. Ini termasuk nama, serial number, dan status pemakaian baterai dan yang terpenting adalah informasi desain kapasitas, kapasitas full, dan cycle count pemakaian baterai.

informasi baterai yang terpasang
informasi baterai yang terpasang


Pada contoh gambar diatas, Design capacity baterai adalah 44 mWh dan full charge capacity adalah 34 mWh. ini menunjukan pemakaian laptop dengan rentang waktu 2 tahun bisa mempengaruhi kapasitas penyimpanan baterai dan semakin lama tentunya akan semakin sedikit. Jadi tentu bukan hal yang aneh kalau laptop dengan pemakaian lebih dari 3 tahun kapasitas baterainya akan cepat berkurang.

Cycle Count menunjukan berapa banyak kamu sudah melakukan charge baterai selama ini. Perhitungan charge cycle count bisa menurun dari 100% ke 0%, atau dari 0% ke 100% atau bisa juga berupa angka biasa. Perhitungan ini berbeda tiap merk dan jenis baterai laptop itu sendiri. untuk contoh gambar penggunaan cycle count baterai admin adalah 435. Nah, kuncinya adalah semakin banyak kamu melakukan proses CDC (Charge disCharge) maka cycle count ini akan semakin bertambah (atau berkurang) dan jika terlalu sering maka kapasitas baterai kamu juga akan berkurang. oleh karena itu admin menyarankan Gunakan Laptop Dengan Selalu Colok Charger.

Bagian "recent usage" menampilkan penggunaan power/listrik yang digunakan oleh baterai selama 3 hari kebelakang. Kamu bisa melihat ketika kamu menyalakan laptop, ketika sedang tidak dipakai (iddle) dan seberapa banyak kapasitas baterai yang terpakai sepanjang waktu tersebut.

status pemakaian power baterai
pemakaian baterai terakhir


Lalu pada bagian "Battery usage" menampilkan grafik mengenai pemakaian baterai sepanjang waktu. informasi pada grafik ini sama seperti recent usage yaitu untuk pemakaian 3 hari kebelakang.

grafik pemakaian baterai selama 3 hari kebelakang
grafik pemakaian baterai


Kemudian bagian "Usage history" menampilkan penggunaan baterai dan waktu durasi sepanjang waktu. Kamu bisa melihat berapa banyak waktu perangkat laptop kita menghabiskan energi baterai dan selama apa menghabiskannya. Disini ditampilkan dari pertamakali OS terinstall.

riwayat penggunaan baterai laptop
riwayat penggunaan


Pada info "Battery capacity history" kamu bisa melihat bagaimana kapasitas full baterai perlahan berkurang dengan membandingkan kapasitas yang sudah di desain pabrik. seperti bagian usage history bahwa informasi ini ditampilkan dari pertamakali OS Terinstall pada laptop tersebut.

riwayat kapasitas baterai
riwayat kapasitas baterai


Nah, pada bagian terakhir ini yaitu "Battery life estimates" ada tabel yang menampilkan perkiraan umur baterai berdasarkan dari waktu ke waktu dan pemakaian laptop kamu. Cukup menarik karena hasilnya membandingkan antara umur baterai ketika masih baru (kapasitas penuh) dengan yang sudah terpakai saat ini.

perkiraan umur baterai
perkiraan umur baterai
Contohnya pada gambar diatas, pada awal pemakaian baterai bisa bertahan selama 3 jam 12 menit dan berbeda sedikit dengan kapasitas desain dari pabrik yaitu 3 jam 52 menit. Jika kita lihat semakin bawah akan terlihat perbedaan yang cukup signifikan yaitu selama kurang lebih satu tahun baterai dengan full charge dapat bertahan selaman 2 jam 15 menit dengan desain kapasitas 2 jam 53 menit.

Nah, dari hasil diatas kita sebagai pengguna dapat menganalisa  kapankah waktu terbaik untuk mengganti unit baterai dengan yang baru. Laporan tentang statistik baterai ini tidak difasilitasi dengan aksi untuk memperbaiki atau instruksi cara mengatasi baterai yang sudah mulai rusak tetapi dapat memberikan kita informasi tentang kesehatan baterai kita saja. Nah, jika kamu ingin mengetahui solusi Kenapa Baterai Tidak Terisi 100%, Kamu bisa melihat artikelnya pada blog ini.

Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi kamu semua, jika punya pertanyaan atau request ulasan mengenai teknologi dan lainnya kamu bisa meninggalkan komentar pada kolom dibawah ini atau melalui fanspage Facebook Myrepairsolution.


Blog, Updated at: 10/19/2015

10 komentar:

  1. kak kalau Cicyle Count nya 0 artinya bagus atau engga?

    BalasHapus
  2. Tanya kak, cycle count nya berupa "-" , itu gimana ya maksudnya??
    Terus tanya juga,kemaren laptop mati gegara abis batre, terus sekarang kok tak cas tapi masih aja 0%, gimana ya itu??
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
  3. Kak, kan waktu bulan kmrn kan batere laptop asusna tuh baru beres dari check perbaikan, emng si suruh dignti cuma kan baru juga setahun lebihan tpi chargenya itu brhenti di 95% malah habis dri sama jadi 89% trus sekrng" coba habis dipake trus charge bisa smpe 95% itu teh warna charge nya udh putih. . Masi ngga bisa ke 100% sii kan ngga diganti. Trus, aku nyobain langkah" dri artikel ini.
    Kan masa aktifnya jadi ngulang, disini dari 2018-06-03-2018-06-10 itu di at design capacitynya 4:43:19 tpi di at full chargenya 1:31:20 itu gmna ya ko beda jauuh banget?

    BalasHapus
  4. Sip ini min, makasih sudah mau share
    https://cody.id/produk/blower/



    CODY***GARANSI SELAMANYA***
    == HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH ==
    === JASA SERVICE YG PASTI LEBIH CEPAT ===

    BalasHapus
  5. Gan, cycle count saya tidak muncul angka persen atau biasa, cuma muncul tanda "-". Artinya apa ya?

    BalasHapus
  6. Gan, misal cycle count isinya "-" itu artinya apa ya? terus laptop ane tipenya batu tanam

    BalasHapus
  7. gan kalau menurut baterai report yang tadi ada di laman ini. Baterai aku itu kalau di bandingkan dengan baterai baru, yaang masih bagus. Itu kayak 10% dari 100%, itu artinya kayak baterai baru di belli, tapi cuma 10% dari kapasitas 100% baterai yang baru kan?
    artinya baterai aku yang sekarang, kalu di charger full 100%, trus kalau digunain tanpa dicharger, cuma bisa bertahan 10 menit-an doang dong kak? Soalnya baterai aku yang sekarang itu, walaupun udah di charger sampai 100%,tapi menurut hasil reportnya cuma bisa menampung kapasitas listrik 10MwH!!!
    Jadi aku harus beli baterai yang baru dong kak?

    Mohon tanggapannya?

    BalasHapus
  8. Mau Hadiah Jutaan Rupiah, Rasakan Sensasi Menariknya Bermain Game Online Bersama Kami, Cek Linknya Dibawah Ini..

    Sabung Ayam Online
    Live22
    ACE333

    BalasHapus
  9. Mau nanya kok design capacity berkurang bukan yg full charge tpi design capacitynya gmn tuh kok bs gt ya

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin