Solusi Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Bisa Mengirim dan Menerima File

Posted by

Bluetooth merupakan sebuah media transfer data yang saat ini cukup populer selain melalui Flashdisk, karena tingkat kemudahan dan efisiensinya yang cukup baik dimana kita dapat melakukan transfer data tanpa menggunakan media kabel ataupun data, tetapi cukup melalui transmisi frekuensi milik bluetooth. Awalnya bluetooth di pasangkan ke dalam handphone (setelah era infra-red), namun sekarang pemakaian media transfer ini banyak di gunakan oleh perangkat seperti laptop dan komputer. Tentu saja hal ini membuat kegiatan transfer data semakin mudah. Namun, belakangan ini mulai bermunculan berbagai macam masalah mengenai penggunaan bluetooth di laptop maupun notebook seperti misalnya, Bluetooth tidak bisa mengirim dan menerima file atau bluetooth tidak bisa aktif. Nah berdasarkan hal inilah pada kesempatan ini Solusi Masalah Komputer akan membahas mengenai Solusi Mengatasi Bluetooth Laptop yang Error.

solusi masalah pada bluetooth laptop
title


Ada beberapa faktor dan indikasi yang dapat kita ketahui ketika device bluetooth milik kita error.  berikut ini merupakan pesan atau indikasi yang biasanya muncul ketika device bluetooth milik kita sedang mengalami kerusakan, yaitu :
pesan bluetooth error
bluetooth error message

Pesan : “Bluetooth device not found. Please verify that your Bluetooth device is properly connected and turned on
Maksud : Error ini biasanya dialami oleh pengguna Windows XP, karena pada sistem operasi ini sudah mempunyai driver built-in milik windows sendiri sehingga sistem windows XP tidak melakukan instalasi driver milik bluetooth anda.
Pesan : “This device is not configured correctly. (Code 1)
Maksud : ini biasanya dikarenakan driver bluetooth milik anda belum terinstall atau ada file yang hilang.
Pesan : "This device cannot start. (Code 10)
Maksud : Pesan di atas biasanya dikarenakan versi driver bluetooth milik anda sudah tidak update.
Pesan : "Bluetooth file transfer not completed windows was unable to transfer some files An invalid argument was supplied. Try again, click the back arrow"
Maksud : biasanya ini karena fitur service bluetooth tidak berjalan pada windows anda.

Nah selain pesan diatas, ada kalanya juga bluetooth yang error tidak menampilkan pesan sama sekali sehingga kita tidak tahu dan ketika kita hendak mengirim atau menerima file dari perangkat lain ternyata device kita tidak terdeteksi atau tidak bisa melakukan transfer. Hal seperti inilah yang biasanya membuat kita bingung dan pusing. Penyebabnya bisa jadi karena virus atau malware, bisa juga karena secara tidak sengaja kita matikan service bluetoothnya atau karena pengaturan dari windows yang secara otomatis mematikan service bluetooth tersebut.


Bagaimana Mengatasinya ?

Setelah mengetahui indikasi dan penyebabnya, sekarang ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah tidak bisa mengirim file dengan bluetooth.

1. Menjalankan Bluetooth Support Service

Langkah – langkah yang dapat kita lakukan untuk menjalankan service bluetooth yaitu :
buka services.msc
buka services.msc

1. Klik START lalu ketikkan Services atau Services.msc pada menu Run. Setelah itu akan muncul jendela         aplikasi services.
2. Lalu klik daftar Services local dimana disebelah kanan terdapat banyak daftar services yang ada di               windows.
bluetooth service
bluetooth service

3. Lalu cari bluetooth support service atau bluetooth service. Lalu anda double click atau klik kanan                 properties lalu klik start atau jika sudah dalam keadaan start anda klik stop dan klik start lagi.
start service bluetooth
start service

4. Pilih startup type Automatic sehingga service bluetooth akan berjalan dengan sendirinya.

Nah sekarang bluetooth anda sudah bisa digunakan kembali, coba lakukan transfer mengirim atau menerima sebuah file. Jika masih belum bisa coba anda shut down laptop/notebook/pc anda (shutdown buka restart) lalu nyalakan kembali, dan coba lakukan transfer. Seharusnya sudah bisa, jika masih belum bisa anda lakukan cara kedua, yaitu :

2. Lakukan instalasi driver bluetooth terbaru

Jika services bluetooth sudah dijalankan/restart tetapi fungsi bluetooth masih belum bisa, berarti ada kesalahan dalam driver bluetooth anda. Coba sekarang anda download driver bluetooth versi terbaru sesuai dengan jenis OS dan merk bluetooth anda di website masing  - masing vendor (seperti  : Asus, toshiba, acer, hp, lenovo, apple, dll ).
Jika anda bingung, biasanya merk bluetooth yang ada di notebook / laptop adalah berikut ini :

ALPS Integrated Bluetooth Device
Belkin Bluetooth Adapter
Generic Bluetooth Radio
Alps Bluetooth USB Adapter
Blutonium BCM2035 Bluetooth 2.4 GHz Single Chip Transceiver
IBM Integrated Bluetooth II
USB Bluetooth Device
CSR Nanosira
GVC Bluetooth Wireless Adapter
FIC Bluetooth Wireless Adapter

Jika sudah di download, selanjutnya anda hapus atau uninstall terlebih dahulu driver bluetooth yang sudah ada sebelumnya melalui uninstall manager, hal ini dilakukan agar tidak terjadi konflik driver yang lama dengan yang baru.

Setelah driver yang lama di hapus, selanjutnya anda install driver yang baru saja anda download tadi, lalu lakukan restart. Dan bluetooth  anda pun sudah bisa dipakai secara normal kembali.

Catatan :
Jika anda kesulitan menemukan driver bluetooth yang cocok dengan versi yang anda punya, anda bisa menggunakan aplikasi Device Doctor. Aplikasi ini akan secara otomatis melakukan scan dan mendownload driver yang sesuai dengan bluetooth perangkat anda.

Demikianlah Solusi Mengatasi Bluetooth Tidak Dapat Mengirim Dan Menerima File. Semoga bermanfaat bagi anda dan fungsi bluetooth menjadi normal kembali. Jika anda suka silahkan beri komentar atau anda dapat like fanspage kami dan +1 dan dapatkan informasi serta cara – cara mengenai masalah komputer paling terbaru dan ter-update. Salam Myrepairsolution.


Blog, Updated at: 4/26/2014

82 komentar:

  1. kunjungan siang bos,,, teria kasih sudah share...
    jangan lupa follback ya bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. hello Redo Kusuma, terimakasih kunjungannya :)

      Hapus
  2. Penting sekali tutorial ini teman untuk mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Bisa transfer data. Terimakasih telah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hello Dhicomp Cibubur, terimakasih kunjungannya.. :)

      Hapus
  3. aq pake windows 8.1 proo gak bisa menditeksi bluetooth device lain broo ..... ada masalahh apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo Juan Mata,
      Coba periksa driver bluetoothnya support windows 8.1 atau tidak. bisa di cek di website resmi laptopnya kok.. :) biasanya untuk laptop generasi tahun 2000an belum support untuk driver win8.1 tapi beberapa sudah ada yang support kok..

      Hapus
  4. nice post,,, sangat membantu ms

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah berkunjung, kalau berkenan silahkan di share ke teman - teman :)

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Saya upgrade windows 8.1 ke windows 10 l, nah Bluetooth nya jadi gk bisa ngirim atau nerima. Itu emang bug windows 10 atau driver Bluetooth nya gk support?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, memang untuk di windows 10 ada driver yang terkadang tidak support dengan device kita. sebaiknya uninstall driver bluetooth bawaan windows 10 tapi sebelumnya nonaktifkan dulu update driver otomatis win10nya (liat caranya disini:http://myrepairsolution.blogspot.com/2015/09/cara-mencegah-update-driver-otomatis-di.html). setelah uninstall, silahkan cari driver yang sesuai dengan merk laptop/komputernya..
      semoga berhasil :)

      Hapus
  7. Punya saya sudah disetting seperti diatas tapi ketika klik start keluar pesan error 1079 : The account specified for other services running in the same process solusinya gmn gan thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, sepertinya prosesnya sudah berjalan jadi ketika di klik start dia conflict dengan proses yang sudah ada. coba lakukan restart terlebih dahulu..

      Hapus
  8. sudah coba restart hasil sama gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ikuti langkah-langkah berikut ini:
      Click Start, type "Services.msc” in the Search programs and files box, and then press ENTER,
      2. Locate and double click the Windows Firewall service.
      3. Click the Log On tab,
      4. In the This account text box, type “NT AUTHORITY\LocalService”,
      5. Set both Password fields blank,
      6. Click Apply and then OK,
      7. Repeat these steps for the Base Filtering Engine service.
      8. Restart both services.

      Hapus
  9. sy menggunakan laptop lenovo E460 untuk menerima file dari HP Oppo bisa berjalan lancar, tapi untuk mengirim file dari laptop ke HP tersebut tidak bisa. muncul pesan "Unable to connect remote device"
    bagaimana solusinya?
    apakah driver perlu diupdate? karnea ini laptop baru sy beli.
    OS nya windows 7 64 bit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, yup coba lakukan update driver karena terkadang driver bluetooth pada laptop bisa berbeda versi saja akan sulit untuk menerima/mengirim file..

      Hapus
    2. ok. sudah bisa mas, setelah update driver bluetooth dari webnya lenovo.
      wah ternyata laptop baru juga harus update driver yah, sy kira sudah dapat driver terupdate nya langsung.
      ok mas satriyo, terima kasih pencerahannya.

      Hapus
    3. sip, syukurlah kalau sudah bisa..
      iya kita harus selalu cek update driver..
      sama-sama yaa, terimakasih sudah berkunjung..

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. kalo dari hp ke speaker gimana? mohon bantuan ya gan terlanjur beli nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hp ke speaker bluetooth?
      masalahnya seperti apa ya, mohon dijelaskan lebih detail..

      Hapus
  12. laptop saya Dell Inspiron 14 3000 Series, asli Windows 8.1. tadinya saya ingin menggunakan bluetooth karena ngelag saya ctrl+alt+del lalu saya endtask 2program yang berhubungan dengan bluetooth (Bttray dan 1 lg sy lupa) pada "Background Processes". Setelah itu, bluetooth tdk bisa digunakan. Biasanya pada saat ingin mengirim terdapat tulisan bluetooth ini tidak ada lg, dan setip saya membuka PC Settings pd bagian bluetooth tdk mau dibuka samasekali. Tau kenapa ga ya? terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya ketika di restart bluetooth berfungsi kembali karena fungsi bluetooth akan aktif setiap windows start. coba hapus dulu driver bluetooth yang sudah ada kemudian install lagi driver yang baru..

      Hapus
  13. klo system cannot find the patc specified gimana tolong gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pindah file yang ingin di transfer ke drive selain drive C.

      Hapus
  14. Thanks gan. sangat membantu...

    BalasHapus
  15. Saya pengguna lenovo g405 windows 8.1 kenapa bluetooth saya ga bisa nerima atau mengirim dan bluetootnya ga terdeteksi. Mhn bantuannya jka tau
    mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, coba hapus dulu driver bawaan dari laptopnya, kemudian install lagi dengan driver bluetooth yang paling terbaru..

      Hapus
  16. Gimana cara upload foto di komentar saya mau tanya ,saya udah ngelakuin langkah-langkah di atas (kecuali update bluetooth versi terbaru) tapi bluetoooth saya sering hilang sendiri kadang balik sendiri trus ilang lagi, solusinya dong , bila perlu email ke saya , zef2ny2@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba agar update ke versi terbaru karena biasanya tidak stabil juga bisa disebabkan karena driver yang kurang cocok..

      Hapus
  17. Laptop saya HP am017tx windows 10.dan masalahnya tidak bisa mendeteksi dan dideteksi. gimana ya gan?waktu install,yg install bilang install universal aja si. jd solusinya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa balas ke id line mas : ranapnorbertus
      mohon bantuannya ya

      Hapus
  18. Laptop saya HP am017tx windows 10.dan masalahnya tidak bisa mendeteksi dan dideteksi. gimana ya gan?waktu install,yg install bilang install universal aja si. jd solusinya gimana? tolong bantu ya, bisa dibalas melalui id line juga :ranapnorbertus

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, coba hapus drivernya kemudian cari driver bluetooth yang versi sebelumnya.. kemungkinan tidak kompatibel dengan win 10..

      Hapus
  19. windows penuh bug, byk pertanyaan gk terjawab di pusat helpnya.. bisa2nya microsoft jual barang sampah macam windows yg selalu ada bug.. bug selesai kalo beli versi yg lebih atas.. jualan kok nipu orang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, yaa itulah microsoft.
      lagipula tidak ada system yang sempurna.
      banyak yang pilih windows karena penggunaannya paling mudah. kalau mau yang advanced pilih OS linux atau mac

      Hapus
  20. Gimana cara buat ngirim file ke laptop asus dengan windows 10 padahal saya sudah aktifkan bluetooth tetapi perangkat hp saya engga ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah di pair?
      karena kalau di win10 harus sudah pair baru bisa kirim2 file..
      kalau tidak bisa juga downgrade drivernya ke versi untuk win 8.1

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. bluetooth saya menerima file yg kecil bisa,, tapi klo file yg agak besar langsung "bluetooth file transfer not completed windows was unable to transfer some files An invalid argument was supplied. Try again, click the back arrow".. ini gimNa ya.. mohon bantuannya


    BalasHapus
    Balasan
    1. file yang agak besar berapa ukurannya ya?
      kualitas bluetooth laptop memang berbeda2 ada yang masih bluetooth tipe 1.0, tpe 2.0 tipe 3.0..
      saran saya untuk mentransfer file dengan ukuran besar bisa dengan koneksi kabel, atau gunakan aplikasi share-it

      Hapus
  23. Assalamualaikum mas, netbook sy acer aspire one win xp, sy udah lakuin cara yg pertama dan sudah direstart tapi tetap muncul pesan "bloutooth device not found" apa saya harus instal druver yg baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam, iya coba hapus dulu driver yang lama (jika ada) lalu install driver yang baru

      Hapus
  24. saya downgrade dari win8 ke 7 sejak itu blutut sama webcem tidak bisa diakses,bahkan ikonnya pun tak ada,sudah cari srivernya dan tetep tidak bisa konek,ada solusi gan? makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cari di web resmi laptopnya apakah ada driver blutut dan webcam untuk win 7 ?
      atau install driver booster untuk memudahkan pencarian driver sesuai dengan OSNya..

      Hapus
  25. Bluetooth di laptop sya bisa ngirim file ke hp tpi klo sebaliknya ngirim file dri hp ke laptop mlah gk bisa. Itu gmna ya mas?

    BalasHapus
  26. Sy sdh mengikuti langkah tsb tp tetap tdk bosa terhubung,,mohon pencerahan detailnya : PC windows7 ultimate, intel (R) core(TM) 2 CPU 32 bit OS langkah apalagi yg harus sy lakukan? Klo harus intall driver bluetooth apa yg sesuai usb bluetooh toshiba.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan download driver bluetoothnya sesuai dengan seri laptopnya yaa bisa di cek di websitenya toshiba

      Hapus
  27. Kalo di services saya tidak ada Bluetooth Service, adanya Bluetooth Support Service, bagaimana??

    BalasHapus
  28. sangat sangat menbantu saya yg dari tadi mencari solusinya dan ketemu disini, terimakasih banyak mas

    BalasHapus
  29. salam.ingin bertanya jg kang.. boleh y.. laptop sy asus seteln windows 7, krna bluetootnya tak ada sy pake tambahan portable bltooth yg kecil itu, nah.. ingi mentransfer antar hp xiomi note 3, tak bisa mnerima dan mngirim, knp y? ap hpnya ap.. yg mna,, hm tp sy cb ke laptop tman sy wndow10 bluetoth sdh ad tak pake portable.. mngrim bisa dr laptop ke xiomi tp dr xiomi ke laptop tak bsa... hmmm mohon pencerahannya...sedangkan jika mngirim menerima dr hp ke hp bisa..

    BalasHapus
  30. salam.ingin bertanya jg kang.. boleh y.. laptop sy asus seteln windows 7, krna bluetootnya tak ada sy pake tambahan portable bltooth yg kecil itu, nah.. ingi mentransfer antar hp xiomi note 3, tak bisa mnerima dan mngirim, knp y? ap hpnya ap.. yg mna,, hm tp sy cb ke laptop tman sy wndow10 bluetoth sdh ad tak pake portable.. mngrim bisa dr laptop ke xiomi tp dr xiomi ke laptop tak bsa... hmmm mohon pencerahannya...sedangkan jika mngirim menerima dr hp ke hp bisa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, boleh silahkan kang bertanya..
      pastikan kedua device antara bluetooth dengan hp sudah sama2 terpairing ya.. kalau belum, jangan lupa juga download driver bluetooth di laptopnya

      Hapus
  31. Kalo tulisannya

    " the process cannot access the file because it is being used by another process"

    Gimana ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kaya punya saya. Kalau buat ngirim keluar pesan itu. Tapi bisa buat nerima file. Ini gimna ya mas?

      Hapus
    2. Itu karena file yg akan dikirim digunakan/dibuka oleh aplikasi lain. Misal ngirim dokumen maka harus tutup dulu file yg akan dkirim baru bisa d proses.

      Hapus
  32. Sudah di coba cara no 1 tapi tetep aja ngga bisa ya

    BalasHapus
  33. Sangat membantu, tadi ane mau connect ke sound, tpi pas nyambung gak bisa bisa, dan berkat tutorial ini akhirnya punya bisa lagi. Terima kasih kak

    BalasHapus
  34. icon bluetooth saya hilang biasanya di system try, bagaimana cara memunculkanya kembali gan?

    BalasHapus
  35. Mantap om... Terima kasih info nya

    BalasHapus
  36. Bluetooth komputer saya tidak bisa menerima file yang besarnya lebih dari 500 kb keatas kenapa ya mas

    BalasHapus
  37. Alahamdulillah sekarang bisa ngirim via bluetooth . Terima kasih infonya mas . Sangat membantu

    BalasHapus
  38. mantap gan, work, udah cari cari cara baru cara ini yg bisa bikin work, thanks gan. suksess selalu..

    BalasHapus
  39. Halo kak , laptop saya hp 15-db0005au tidak bisa menerima file dari handphone padahal sudah coba cara yang diatas , tapi untuk mengirim bisa;( gimana cara ngatasinnya yaa☹

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. Saya pengguna hp 8540p blotooth sudah terhubung ke speaker blotooth,tetapi suara tidak berpindah ke speaker blotooth ,dan speaker laptop masih nyala,itu kenapa ya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan speaker blotooth saya normal digunakan pada android,

      Hapus
  42. Saya sudah coba cara pertama tapi tetap tidak bisa
    Tetap muncul tulisan "pair device" dan "conection failed"
    Itu maksudnya gimana bang? Mohon bantuannya🙏

    BalasHapus
  43. Wah terima kasih atas informasi website sehingga kami memahami mengenai bluetooth

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo mampir juga sebagai info untuk beberapa informasi tentang teknologi bluetooth

    https://bangamingadget.com/mitos-tentang-teknologi-bluetooth/
    terima kasih

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin