Cara Mengatasi Gagal Booting Windows di Komputer

Posted by

Berbagai macam kegunaan komputer sebagai alat bantu manusia dalam mengerjakan kehidupan sehari - hari tidak membuat sebuah komputer atau laptop dapat berjalan selamanya. seperti manusia, komputer dan laptop pun mempunyai kelemahan, yang paling sering kita temukan adalah kegagalan dalam proses Booting.

booting windows

Cara Mengatasi Komputer yang error saat booting dan loading windows melakukan looping serta restart beerulang kali merupakan topik yang akan dibahas My Repair Solution ( Solusi Masalah Komputer ). Ketika kita menggunakan software yang tidak sesuai tentu akan membuat sistem mengalami kesulian untuk mencocokkannya dengan perangkat keras (hardware).

Beberapa penyebab gagal booting dan hanya bisa masuk ke BIOS :
  1. Menggunakan Activator Windows 7 yang tidak sesuai.
  2. Memakai aplikasi Windows 7 Loader yang tidak sama dengan tipe Motherboard dan sistem komputer kalian.
  3. Proses uninstalling yang tidak selesai seperti Uninstall Deep Freeze.
  4. Terinfeksi oleh virus Sality atau lainnya.
  5. Saat proses pengupdatean mesin Windows Update, tiba tiba komputer mati, listrik padam / mati lampu, deep freeze terbuka kemudian tertutup lagi sehingga proses update tertunda dan berulang ulang.
  6. Mengganti salah satu komponen Registry pada regedit.exe di HKEY LOCAL MACHINE atau terjadi corrupt.
  7. Proses Kegagalan Booting karena tingkat kepanasan dari hardware atau terjadi crash Master Boot Record (MBR).
This is generally most useful if you’ve broken something and there’s a boot loader error, or if you have made the mistake of installing an older version of Windows on the same PC that already has Windows 7 which wipes out the boot loader.

Permasalahan diatas sebenarnya dapat diselesaikan tanpa harus melakukan install ulang. Langkah awal adalah dengan cara Masuk ke bagian Safe Mode dan lakukan pengubahan terhadap apa yang anda lakukan sebelumnya sebelum masalah tersebut terjadi.

Cara Masuk ke Safe Mode :
  • Restart komputer, laptop, atau notebook anda.
  • Setelah muncul BIOS atau tampil merk tipe dan nama laptop anda, tekan F8 secara berulang ulang.
  • Maka akan muncul panel yang berisi banyak menu.
  • Pilih Safe Mode, jangan pilih Safe Mode Networking atau Safe Mode with Command Prompt.
Apabila belum dapat terselesaikan juga, saatnya melakukan langkah yang sedikit rumit lagi. Pada proses ini, anda membutuhkan kaset CD/DVD Operating System Windows 7 bisa asli atau tidak. Hal yang terpenting adalah harus memiliki kesamaan tipe seperti Ultimate, Professional, Home Basic, Startup, Enterprise, dll.

Tidak hanya CD/DVD, jika anda mempunyai installer di flashdisk, itu juga bisa digunakan.

Agar windows anda dapat berjalan dengan normal dan tidak looping terus dapat mengikuti cara berikut :

1. Nyalakan komputer atau laptop anda.

2. Ketika muncul tampilan BIOS, tekan F12 atau F2 untuk merubah setting Booting.

3. Masukkan CD/DVD Master Windows 7 / Vista / XP anda.

4. Kemudian pada panel BIOS, pilih BIOS Configuration untuk mengubah First Boot menjadi ke CD/DVD. Sedangkan jika anda menggunakan flashdisk yang berisi OS Windows ubah First Boot menjadi USB.

5. Ubah urutan First Bootnya dari Harddisk ( SATA ), menjadi CD /DVD dengan cara tekan enter lalu pilih. Atau gunakan F5 untuk menurunkan posisinya.

6. Setelah itu, tekan F10 untuk melakukan SAVE. Restart komputer anda, biasanya otomatis.

7. Setelah di restart akan muncul tulisan ' Press Any Key From Boot to CD/DVD . . . '
    Tekanlah tombol apapun pada keyboard anda, contoh tanda panah atas bawah kanan kiri.

8. Maka akan masuk ke installer Windows, lalu pilih Repair Your Computer.
repair computer
9. Tunggu beberapa saat, karena komputer akan melakukan cek sistem terlebih dahulu. Click Next.
system recovery options
10. Selanjutnya akan muncul jendela yang memiliki 5 pilihan bagi anda. Anda dapat mencobanya satu persatu dari atas kecuali opsi Windows Memory Diagnostics.
Note : Pilih Startup Repair jika Windows anda masih normal. Jika Anda pernah melakukan backup silahkan pilih System Restore. Jika anda pernah melakukan restore point image, pilih System Image Recovery. Jika tidak keduanya pilih opsi Command Prompt.

recovery option tools
11. Untuk opsi terakhir yaitu menggunakan Command Prompt maka akan muncul kotak berwarna hitam seperti cmd / dos. Jangan takut terhadap tampilan ini, karena masalah diatas akan segera selesai.

12. Ketik DIR C:
Ini untuk memanggil semua data yang ada pada Local Disk C khususnya sistem agar dapat diakses dan diperbaiki.

13. Ketiklah salah satu opsi di bawah ini, mulailah dari yang paling atas terlebih dahulu. Lalu tekan ENTER. Jadi ketiknya satu persatu tidak sekaligus.

bootsect.exe/nt60 c:

bootsect.exe/nt60 all

bootrec /fixmbr

bootrec /fixboot

bootsect /nt60 all /force /mbr

Jika anda telah menemukan tulisan 'The operation completed succesfully' silahkan restart komputer. Jangan menulis semua perintah eksekusi diatas.

Contoh hasil pengembalian boot sector ke default :
boot sector recovery


bootrec windows 7
Jika telah melakukan semua perintah diatas, namun tidak ada yang berhasil, maka lakukan pemulihan pertama yaitu Startup Repair.
startup repair

Catatan :
Anda harus mengubah First Boot kembali ke Harddisk jika sudah selesai perbaikan. Atau anda tidak perlu menekan tombol apapun ketika muncul tulisan 'Press any key from boot to CD/DVD...' Hanya saja akan membuat lama proses loading Windows anda.

Cara diatas 90% berhasil untuk cara mengatasi booting yang error di windows atau tidak dapat masuk windows dan hanya bisa ke BIOS. Jika tidak berhasil, anda harus melakukan install ulang atau dapat berkonsultasi kepada kami terlebih dahulu.

Demikian artikel singkat ini, semoga bermanfaat bagi anda yang mengalami masalah booting error atau looping dan tidak dapat masuk ke Windows. Always happy !.


Blog, Updated at: 11/27/2013

170 komentar:

  1. gan... ketika ane nyalain leptop, pas booting screen mati sendiri...
    terus pas ane nyalain lagi, laptopnya minta di repairl....
    setelah direpair dan kadang diminta restore ulang, windowsnya kembali seperti awal lagi,
    trus keadaan leptop ane lancar lagi

    nah kalau leptop nya nggak dipake lagi alias dimatiin atau di shutdown... tapi pas ane pakek lagi dan ngidupin lagi, kejadian seperti diatas terjadi lagi dan harus di repair lagi...

    apa kejadian tersebut bisa diperbaiki dengan cara diatas atau kalau ada tool untuk memperbaiki setiap masalah di leptop mungkin itu sangat membantu gan...
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Bebe Namiko,
      kalau boleh tau OSnya pakai apa ya ?
      sepertinya ada kesalahan sistem sehingga tidak mau menyimpan settingan ketika posisi shutdown. coba pastikan laptopnya pakai deepfreeze atau tidak? kalau iya deepfreezenya di hapus dulu..
      solusi terbaik coba install ulang OSnya.. atau system restore ke checkpoint paling awal..
      di pastikan untuk backup datanya terlebih dahulu ya.. :)

      Hapus
    2. harddisknya bad sector itu

      ganti hdd nya

      Hapus
  2. Gan, ane mau nanya. Laptop ane itu gak bisa masuk ke windows. Setiap hidupin laptop tanpa mencet tombol apapun selain tombol power, layar yang muncul itu boot menu, hdd/sdd; fdd; & lan. kok bisa ya? laptop ane toshiba portage t210. thx gan..

    Salam Irvan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Irvan Setyawan,
      biasanya kalau kasusnya seperti itu berarti boot sector tidak menemukan media yang bootable, coba pilih HDD/SSDnya.. cek juga pengaturan BIOS yang dipakai itu HDDnya atau SSDnya..
      bisa jadi file OSnya juga conflict/error yang ada di HDDnya..

      Hapus
  3. thanks gan tapi ane mau tanya ko di bios ane ga bisa d pindahkan ya pengaturan boot nya. misalnya mau instal lewat usb tp d urutan prtama nya cd/dvd urutan ke 2 hardisk dan urutan ke 3 usb.. nah mau d pindahkan usb ke urutan pertama ga bisa malah di enter pun ga bisa alias ga bisa jalan aja boot nya tuh. biasanya kan suka ada garis biru tuh kalau tekan panah bawah suka ke bawah kan kalo tekan panah atas juga ke atas kan. nah ini ga bisa semua nya, garis warna biru pun ga ada jadi ngilang... tolong bantu antisipasinya gan. makasihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo Andry Septiansyah,
      kalau menurut analisa saya itu sepertinya fitur boot by devicenya tidak di aktifkan.. coba di cek lagi pengaturan masalah bootnya, biasanya ada di bagian boot > advance. atau di menu advance (kalau ada). coba dilihat juga itu hardisknya tulisannya bagaimana ? apakah hanya "HDD" saja atau ada tulisan seri beserta merknya ? seperti "WD-A245xblabla" ? kalau ada seri beserta merknya berarti seharusnya bisa diubah urutan bootnya.. :)

      Hapus
    2. hardisknya bertuliskan beserta seri nya. di menu boot advanced nya semua ga bisa jalan. ane pake toshiba, kan biasanya huruf nya warna biru klo ane hurufnya jadi warna semi kehitaman di menu boot sama yang lainnya pokonya boot ga bisa d rubah kecuali bahasa bisa di rubah gan. gmna ya

      Hapus
    3. Hallo, wah kalau keadaannya seperti itu sepertinya BIOSnya tidak customizable..saran saya coba bawa ke service center toshiba agar bisa diketahui penyebabnya..lebih bagus lagi kalau garansi laptopnya masih berlaku.. :)

      Hapus
  4. terimakasih mas tutorialnya bagus.
    Untuk yang versi OS Android tentu lebih banyak fitur disini Cara Menampilkan Lirik Musik di Media Player Android

    Jangan lupa follow juga ya http://diandroids.blogspot.com.
    ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo mba dian, terimakasih kunjungannya ya.. siaap.. :)

      Hapus
  5. Hahahaha mantap gan, makasih infonya, membantu bgt. kali gy makasih ya gan,... moga hidup ente di mudahin dah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo akang alay, aamiin, terimakasih doa dan kunjungannya :D

      Hapus
  6. Keren gan tutorial ya lengkap, windows ane normal kembali...
    mampir2 gan di blog ane Cara Mengunci Folder

    BalasHapus
  7. https://lh3.googleusercontent.com/-H8izCFTaHFE/T2b39mmu2NI/AAAAAAAACkM/k4bDdFe301U/s36/24.gif https://lh4.googleusercontent.com/-g6V0tBD1vwk/T2WEdRGJfWI/AAAAAAAACbo/P8P_SGEdhzI/s36/21.gif

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://lh3.googleusercontent.com/-xbWqvOWJNE0/T2WEZM-VLTI/AAAAAAAACak/8dLATIlXRDk/s36/12.gif https://lh4.googleusercontent.com/-cguZVxYzR3o/T2WEZSgFvUI/AAAAAAAACas/nDJgr6YcuaI/s36/13.gif https://lh3.googleusercontent.com/-zI2UJmwerDM/T2WEhSRkuTI/AAAAAAAACcc/Gr3xFDrZF3Y/s36/28.gif https://lh5.googleusercontent.com/-_NHYkuf5bZg/T2WEjOhTIxI/AAAAAAAACcg/76qRE27R_ig/s36/30.gif https://lh5.googleusercontent.com/-9TYEg93ImUM/T2WEjvuhxTI/AAAAAAAACc0/KQRBXuuV_Yg/s36/32.gif

      Hapus
    2. :D makasih kunjungannya yaa... :)

      Hapus
  8. saya mengalami error di CODE 80200010 untuk solusinya bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, error CODE 80200010 terjadi karena Background Intelligent Transfer Service (BITS) tidak bisa mengakses koneksi internet pada saat proses windows update, jadi pastikan koneksi internet bagus pada saat proses windows update. :)

      Hapus
  9. gan laptop ane kok tiap mau di idupin lama bngt proses nya?? mesti pake safe mode baru mau idup. itu solusi nya gmna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lamanya setelah tampilan welcome atau sebelum ? kalau sesudah coba kurangi aplikasi startupnya lewat msconfig. penggunaan antivirus lebih dari 2 juga berpengaruh sama lamanya proses booting lho..

      Hapus
  10. kk mau tanya
    kalo pc aq tiad uda di ganri first boot nya ke CD tapi tetep masuk windows iktu kenapa ya kk ?
    tolong solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo SISKATRIA MEGHAWATI, apakah setelah diganti ke CD saat booting ada tulisan "press any key to boot from cd.." ? kalau ada tekan tombol enter atau spasi. kalau tidak ada, berarti CD kamu sudah tidak terbaca, atau performa CD drive kmputer kamu yang sudah agak lemah :)

      Hapus
  11. gan... ketika ane nyalain leptop, pas booting screen mati sendiri...
    terus pas ane nyalain lagi, laptopnya minta di repairl....
    setelah direpair dan kadang diminta restore ulang, windowsnya kembali seperti awal lagi,
    trus keadaan leptop ane lancar lagi

    nah kalau leptop nya nggak dipake lagi alias dimatiin atau di shutdown... tapi pas ane pakek lagi dan ngidupin lagi, kejadian seperti diatas terjadi lagi dan harus di repair lagi...

    apa kejadian tersebut bisa diperbaiki dengan cara diatas atau kalau ada tool untuk memperbaiki setiap masalah di leptop mungkin itu sangat membantu gan...
    terima kasih

    Read more: http://myrepairsolution.blogspot.com/2013/11/cara-mengatasi-gagal-booting-windows-di.html#ixzz3KizZthuJ
    Follow us: @cyberdins on Twitter | myrepairsolution on Facebook

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, sepertinya ada masalah pada sistem operasinya. apakah kamu menginstall deep freeze ? karena sepertinya ada yang membuat sistem tidak melakukan save ketika windows di repair.
      saran dari saya, jika masalah di atas belum terlalu lama, gunakan system restore ke tanggal sebelum terjadinya error. kalau tidak bisa juga, solusi terbaik di install ulang windowsnya. tapi sebelumnya jangan lupa untuk melakukan backup data2 penting.

      Hapus
  12. Lenovo Ideapad S100 bootloop nggak bisa reset BIOS / nggak bisa masuk menu F2 sama F12. mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, untuk lenvo ideapad.. cara akses boot menu caranya tekan "Onekey recovery" yang ada di samping (logo panah) dan tombol power bersamaan selama 2-3 detik.. nanti akan muncul BIOS menunya. :)

      Hapus
  13. gan minta tolong pencerahannya gan laptop ane ga k bisa masuk wondows gan selalu " LOADING IS WINDOWS FILE " gtu terus gan sampe capek yang nugguin ane udah 2 kali gan gara gara ane ng-install skin pack android .. gan .. pas kayak gitu jadinya mohon pencerahannya gan ane gk punya uang yang mau nginstall ulang gan :D mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, ohh itu juga karena windows update.. memang prosesnya agak lama, sebenarnya kalau di tungguin bisa kok.. tapi kalau tidak mau, bisa dicoba ke safe mode lalu lakukan system recovery ke tanggal sebelum adanya error.. :)

      Hapus
  14. Nice Post jangan Lupa kunjungi Balik Blog Saya
    http://rentalsewalaptopsurabaya.blogspot.com/

    BalasHapus
  15. Gan kalo laptop saya nggak bisa welcome... setelah startup langsung hitam semua...

    BalasHapus
  16. Gan kalo laptop saya nggak bisa welcome... setelah startup langsung hitam semua...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, apakah sebelumnya pernah terinfeksi virus ?
      solusinya bisa dicoba dengan masuk ke safe mode lalu ke system recover.

      Hapus
  17. Kalo, laptop ane pas mau di idupin stak di tampilang item asus doang gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, bisa di cek kondisi hardisknya.. atau bersihkan RAM terlebih dahulu sebelum menyalakan komputer..

      Hapus
  18. Gan mau tanya nie...windows ane ada deepfreezenya...lah deepnya itu nyala tapi kasusnya persis stuck logo terus...apakah bisa langsungg ditangani dengan metode diatas atau ada tambahan lagi mas? Owh y mau masuk safe mode gak bisa masuk2 juga...mohon pencerahannya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, coba langsung pakai metode yang di atas..
      tidak bisa masuk ke safe modenya seperti apa ya ?

      Hapus
  19. Gan, ane udah masuk system recovery. Tp stuck, layaknya item doang. Harus gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya sistemnya tidak bisa akses recovery.. bisa masuk ke safe mode ?

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  21. Gan mau nanya, kenapa ya laptop saya kan ga bisa masuk ke starting windows dan sangat amat lemot. Dugaan saya sih karena hdd yang sudah mulai lelah membaca data. Namun ketika saya install ulang dan menunggu proses install tersebut ternyata stuck di 47-50% sehabis itu keluar pesan error begitu. Dan juga pas saat berjalan install ulang tuh laptop saya sangat amat panas. Apakah ada solusinya gan? Terima kasih. Yang saya gunakan win 7 ultimate 64bit x86 gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, pesan error ketika installnya apa ya ?
      karena bisa bermacam2 penyebabnya, bisa memang dari hddnya atau dari keping cd installernya.
      kalau laptop sangat panas itu menjadi masalah lain lagi, solusinya coba ganti thermal paste yang ada di laptop tersebut. :)

      Hapus
  22. Hallo mas mau tanya....ini masalah saya adalah saya mau menginstal ulang Win 7 tapi bootingnya nggak bisa jadi saya pake autoplaynya lansung hasilnya saya tdk bisa delete os yang lama dan partisi yg lainya jg tdk bisa dihapus....sekarang yang ada ada kapasitas untuk os ko cumang sedikit saja sehingga saya tdk bisa instal software yang lain,lalu ada lagi partisi lain yang kosong tapi tdk bisa digunakan utk simpan file.....mohon solusinya mas.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, coba install "Magic partition tool" dengan aplikasi itu kita bisa hapus partisi OS yang lama untuk selanjutnya kita gunakan kembali. :)
      goodluck!

      Hapus
  23. Nice bgt infonya,
    Kunjungi juga www.pantai-pangandaran.com

    BalasHapus
  24. Gan mau tanya. Laptop saya kadang stuck di logo lenovo. Kadang layar hitam dan susah masuk bios. Saat coba boot pake fd, ga muncul logo windows nya. Itu knp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, untuk lenovo, cara masuk biosnya menggunakan tombol novokey, caranya bisa dilihat disini : http://myrepairsolution.blogspot.com/2015/05/akses-menu-bios-laptop-lenovo-dengan.html

      Hapus
  25. Gan mau tanya .. laptop saya tiba tiba stuck sampai tulisan welcome saja .. gak bisa masuk safe mode juga .. di start up repair juga lama .. loading terus .. kalo masuk safe mode juga stuck di welcome ....

    BalasHapus
  26. Laptop sudah 2 kali ganti hardisk tapi kejadian selalu sama ... yaitu stuck di welcome ... itu karna apanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, file systemnya ada yang corrupt. kalau repair saja tidak bisa berarti baiknya lakukan install ulang OS yang sebelunya..

      Hapus
  27. mau tnya nih, bisa gk sebelum install ulang...software yg ada di C di pindahkan ke D biar gk hilang/ install software lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung errornya dimana, kalau masih bisa masuk safe mode bisa di backup..

      Hapus
  28. Mohon bantuan bro . Aku sudah instal sampai selesai. Udah saya kasih dan instal semua tpi kok tiba2 mental seperti. Terus saya hidupkan lagi gk isa masuk ke tampilan awal cuma nahan di layar biru saja.mohon pencerahanya. Itu kenapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, kalau blue screen biasanya ada masalah di hardware atau OSnya, coba copot dan pasang lagi RAM kemudian jalankan lagi, kalau masih tidak bisa install ulang lagi OSNya..
      semoga bermanfaat..

      Hapus
  29. Mohon bantuan bro . Aku sudah instal sampai selesai. Udah saya kasih dan instal semua tpi kok tiba2 mental seperti. Terus saya hidupkan lagi gk isa masuk ke tampilan awal cuma nahan di layar biru saja.mohon pencerahanya. Itu kenapa

    BalasHapus
  30. Mohon bantuan bro . Aku sudah instal sampai selesai. Udah saya kasih dan instal semua tpi kok tiba2 mental seperti. Terus saya hidupkan lagi gk isa masuk ke tampilan awal cuma nahan di layar biru saja.mohon pencerahanya. Itu kenapa

    BalasHapus
  31. mas saya pake lenovo b490. ketika dihidupin cuman tampil logo lenovonya aja abis itu mati trus tampil seperti itu terus berulang ulang bootloop itu solusinya gmn ya mas mohon bantuanya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum booting windowsnya ya ? coba akses safe mode, apakah bisa atau tidak. kalau tetap tidak bisa berarti OSnya bermasalah, coba install ulang saja mas..

      Hapus
  32. Mas laptop ane lenovo ideapad 100
    Ane mau nanya laptop ane nyala tpi ngga ada apa" ny cmn ada warna hitam putih hijau biru merah dan ngga bisa msk ke bios itu knpa ya tolong pencerahanya atau sya yg gx bsa msk ke menu bios... mksh sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, kalau tidak bisa masuk ke menu bios berarti kerusakan ada pada LCD mas atau bahkan motherboard , coba bawa ke service center terdekat

      Hapus
    2. Kira kira kalo di service habis berapa duit mas.. makasih sebelumnya.

      Hapus
    3. wah relatif mas, rentang harganya bisa dari 200rb sampai 1jt kalau yang rusak sudah motherboardnya

      Hapus
  33. gan ane cuman muncul merknya doank "LENOVO" sehabis ganti prosesor Dualcore ke Core2Duo(3GHz),itu knp gan ??
    Sys req ane sebelumnya :
    DualCore 2GHz 2Cpus DDR2
    Ram 3GB
    Nvidia 256MB DDR 3 8600GT

    Tolong bantuannya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, kalau seperti itu biasanya ada yang kurang kencang pasang hardwarenya.. coba cek lagi ram, hardisk dan kipas heatsinknya pastikan semua terpasang dengan benar..

      Hapus
  34. Kk kalau leptopku cmn bisa masuk ke logonya setelah itu mati Dan nyala lagi sampai ke logonya lgi seperti itu berulang Kali. Gmna y cara mengatasinya kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu namanya Bootloop, coba masuk ke safemode. caranya tekan tombol f8 pas booting lalu pilih safemode, terus ke system recovery. pilih tanggal sebelum laptopnya error.. tunggu sampe selesai..

      Hapus
  35. gan mau tanya. saya salah setting di system configuration. advanced boot option, di max memory nya 0. jadi pas saya restart ga mau masuk ke windows hanya stuck di logo starting windows. cara menormalkan nya lagi gimana yah? saya masuk safemode malah bluescreen. mohon bantuannya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah agak sulit mas, karena prosesnya pasti membuat bootloop.
      coba repair menggunakan installer OSnya saja..

      Hapus
  36. gan.. ane awalnya instal windows 8.1 pro dari 8.1 enterprise,, ketika proses penginstalan (lupa sampai mana persisnya stepnya) .. hehe
    ketika proses itu aku tinggal karena ada panggilan , ketika pas q tengokin lg laptopnya cuma stuck d logo windows loadingnya gk selsei2,, mau masuk bios, safe mode tidak bisa,, mohon pencerahannya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi apakah proses installasinya sudah berjalan?
      coba putuskan koneksi internet terlebih dahulu. masuk ke menu BIOS di windows 8.1 memang agak sulit, harus tekan f2 atau fn+f2 dengan cepat

      Hapus
    2. itu yg saya tidak tahu krna waktu proses saya tinggal..
      di tekan secara bersamaan?

      Hapus
    3. fn dulu baru f2 mas. silahkan dicoba...

      Hapus
  37. Mau nanya, pas masuk pada boot menu, installer usbnya tidak terbaca pada bios

    Gimana solusinya mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, coba cari di segment Hardisk karena sebagian ada yang membaca media penyimpanan sebagai hdd..
      kalau tetap tidak terbaca kemungkinan biosnya belum support install via flashdisk

      Hapus
  38. Assalamualaikum .. saya mempunya problem ketika menyalakan laptop tetapi tidak mau masuk desktop.. dan hanya sampai layar hitam kemudian kembali merestart dengan sendirinya.. itu kenapa ya/
    - ane pakek windows 7
    Laptop ACER

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam, ada kemungkinan file systemnya error..
      coba masuk via safe mode kemudian akses system restore..

      Hapus
  39. assalamualaikum,, saya punya masalah mentok di logo windows. Supaya masuk Homescreen, harus tekan tombol, baru bisa masuk home. Solusinya Gmn yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, solusinya coba masuk via safe mode, kemudian matikan firewall, antivirus untuk sementara dan coba restart apakah ada perbedaan atau tidak..

      Hapus
  40. gan numpang tanya, pas saya coba intall ulang win 7 , pas tnggal step complete instalation kan lngsung restart sendiri trus keluar ' Press Any Key From Boot to CD/DVD . . . ' di sini udah saya gk tekan apa" tpi trus kembali ke menu pilihan instalan dri awal.. saya coba restart lagi trus rubah ke HDD first boot nya dri CD-ROM, hasil nya installan berlanjut dan agak lama selesai.. tpi pas nge restart lgi disitu langsung bootloop trus cuma smpe logo ASUS mati hidup trus... solusinya gmana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, berarti proses installnya gagal mas dia jadi bootloop. baiknya install ulang lagi. pastikan partisi hardisk yang digunakan benar-benar tepat ya..
      dan juga jangan sampai proses install terhenti di tengah2..

      Hapus
  41. Gan saya minta sedikit saranya
    Gini laptop saya masuk ke bios terus, sudah saya coba cek ke service dicek keyboard (jaming), system windows katanya gak masalah disuruh bawa ke scnya suruh reset bios mumpung masih garansi, saya tanya kira2 masalahnya bagian apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, itu keyboardnya jamming gan?
      kemungkinan antara 2, keyboardnya error, atau memang BIOSnya yang bermasalah. baiknya memang bawa ke SCnya saja untuk diperiksa gan..

      Hapus
  42. Assalamualaikum kang satriyo ahmad..
    laptop saya cuman stuck di logo windows doang kira" mslahnya dimana ya? dan gimana cra ngadepinya?
    Posisi laptop sony vaio vpcea21fx

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam mas,
      biasanya kalau stuck di logo windows itu karna gagal update, ada virus atau system yang error.
      coba masuk lewat safe mode, kemudian lakukan windows restore..

      Hapus
    2. masuk ke safe mode msh sama mas.gagal booting kira kira mslahnya dmna ya mas?

      Hapus
    3. tapi masih bisa setting option BIOS atau tidak ya?
      sepertinya memang masalah OSNya kalau begitu ya mau tidak mau harus di install ulang mas

      Hapus
    4. kalo setting Bios msih bsa mas.
      nah mslahnya itu mas,pas wktu loading ingin masuk ke installer windows mlah loadingnya macet

      Hapus
    5. berarti kalau gitu masalahny ada di file installer OSnya, installnya coba via Flashdisk saja..

      Hapus
    6. iya itu saya installnya via flashdisk,tpi klo instaler osnya rusak ga mgkin soalnya sya pernahcba dilaptop tmen saya dan jadi tidak ada maslah

      Hapus
    7. mungkin sebenarnya itu bukan macet mas, coba ditunggu saja ketika sedang install ulang OSNya..

      Hapus
    8. udah saya tunggu mas smpe bberapa jam,tpi hasilnya ttep msih ga gerak sma skali loadingnya.tpi anehnya selama loadingnya macet mesin laptop masih nyala sementara keyboard sama usb mati ga bisa dipencet apa-apa,apakah itu berarti maslahnya ada di hardwarenya mas?

      Hapus
    9. kemungkinan hddnya mas yang bermasalah. mungkin ada bad sector jadi sulit untuk bisa install OS sampai tuntas..
      coba install OS linux (ubuntu) atau distro yang lain sebagai alternatif sementara dicari masalahnya dulu.. :)

      Hapus
    10. tapi hdd saya udah saya partisi ulang mas,linux mint udah saya cba instal tpi ga bsa mas,tlong mas bantuannya,saya cari-cari ga ketemu-ketemu,tolong mas bantuannya udah saya cari-cari di google ga ada yg work

      Hapus
    11. wahh, sampai linuxpun tetap tidak bisa ya?
      saya jadi curiga sama motherboardnya mas.. kalau mas mau coba deh install OS menggunakan hardisk yang sama tetapi beda motherboard. kalau bisa berarti benar motherboardnya yang bermasalah..

      Hapus
    12. klau emng motherboardnya rusak brarti saya hrus gnti lepi ya mas?

      Hapus
    13. klau misalkan processor panas apakah itu masalahnya jga mas?

      Hapus
    14. kalau motherboard rusak bisa diservis/ganti tapi harganya mahal. lebih baik sih ganti laptop sekalian.
      processor panas bisa juga, tapi biasanya untuk menginstall OS tidak terlalu membuat processor bekerja keras kok jadi suhunya masih normal (harusnya)

      Hapus
  43. Selamat sore, saya mau minta sarannya mas
    Tampilan layar windows saya g muncul
    Jdi saat menghidupkan.. laptopnya hidup namun tdk ada muncul tampilan sama sekali... itu baiknya gmn ya?
    Apa harus diinstal ulang, trus data2 yg didalam laptop saya hilangkah? Bagaimana cara agar kembali sepeti semula?
    Tlong bantuannya, terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sore mas,
      saat dihidupkan sama sekali blank atau masih bisa masuk menu BIOS?
      kalau masih bisa masuk, coba akses safe mode. kalau tidak bisa juga sebaiknya install ulang saja. Data yang ada di Drive D akan selamat, tapi data di Drive C akan terhapus..

      Hapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Gan, sya mau nnya . . . Laptop sya stuck di logo windows . . . Trus sya instal ulang, hbis instal ulang laptop sya normal, hri ke 3 hbis instal ulang, laptop udh stuck di logo windows lg, pda saat laptop di nyalakan . . .seminggu ini udh beberapa kli saya udh instal ulang, tpi tetep aje laptop stuck di logo windows . . .

    Itu permasalahannya di mna ia gan ??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ganti file installer OSnya gan, kemungkinan ada yang corrupt. aatau bisa juga dari aplikasi yang udah diinstall yang membuat stuck di logo windows..

      Hapus
  46. Gan, sya mau nnya . . . Laptop sya stuck di logo windows . . . Trus sya instal ulang, hbis instal ulang laptop sya normal, hri ke 3 hbis instal ulang, laptop udh stuck di logo windows lg, pda saat laptop di nyalakan . . .seminggu ini udh beberapa kli saya udh instal ulang, tpi tetep aje laptop stuck di logo windows . . .

    Itu permasalahannya di mna ia gan ??????

    BalasHapus
  47. Selamat siang mas.saya mau tanya
    Lenovo s300 waktu booting/waktu masuk ke Windows awal touchpad dan keyboardnya gk berfungsi.itu kenapa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau touchpad awal belum berfungsi itu masih wajar, tapi kalau keyboard itu yang aneh. coba update driver nya sesuai dengan OSnya..

      Hapus
  48. Siang mas saya mau tanya
    Pc saya setelah m asuk dekstop beberapa menit langsung blue screen dan error codenya 0x000000f4 . looping tapi tpi masuk desktop beberapa menit kemudian terjadi bluescreen lagi ,, itu knp ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, kalau bluescreen itu karena ada malfungsi hardware.paling dasar sih karena RAMnya tidak kencang atau kotor..
      coba copot RAmnya kemudian pasang lagi. dan coba copot kabel HDD kemudian colok lagi.. goodluck!

      Hapus
  49. Gan, laptop ane udah mau instal ulanh tapi kenapa tetep stack di logo windows ya ? Padahal sebelum masuk ada peringatan setup windows. Tapi tetep stack di logo windows. Tolong solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah coba ganti CD yang lain?
      atau coba install via flashdisk saja..

      Hapus
  50. Gan, ini kenapa pas mau instal tapi tetep stack di logo windows. Udah ane matiin lagi terus pake dvd yg lain tetep gak bisa diinstal ulang stack di logo

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah coba ganti CD yang lain?
      atau coba install via flashdisk saja..

      Hapus
  51. Gan punya ane. Laptop pas d idupin gk bsa masuk ke windows smpe d logo doang trus blank. Pdahal gwa udah ikutin tutor yg d atas ttp gk bsa. Knp ya gan? Mohon solusinya dong masta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba masuk ke safe mode dulu gan, trus gunakan fitur system restore

      Hapus
  52. Udah divoba ko msih gbsa masuk ya gan? Bantu dong :(

    BalasHapus
  53. Mas saya mau tanya saya sudah install ulang tapi pas shutdown kok ga selsai selesai ya mas? Kira2 kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba matikan fitur windows updatenya kemudian restart

      Hapus
  54. Numpang tanya suhu
    Saya udah coba dengan cara yg diatas tapi hasilnya malah "orange screen" cara mengatsinya gimna ya?
    Atau bisa diinstal ulang? Mhon bales ya suhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. orange screen ?
      kemungkinan itu file instalasinya error.
      sudah coba install via Flashdisk ?

      Hapus
  55. Saya udah ikutin cara diatas belum bisa gan laptop saya tetap stuck ketika starting windows namun gak mau muncul lagi

    BalasHapus
  56. gan laptop saya kan kesiram air di bagian keyboardnya trs kalo di nyalain ga bisa masuk windows,trs muncul layar hitam sama ada suaranya gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, positif itu karena ada konslet air. baiknya di keringkan dahulu biasanya nanti bisa nyala lagi tetapi keyboardnya yang kemungkinan akan rusak..

      Hapus
  57. Terimaaaaaaaaaaaaaa kaaaaaaaaaasiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhh sukses sayaaa... mogaaa diberkahi allah

    BalasHapus
  58. Selamat sore mohon pencerahan dong
    Leptop habis kena air tpi masih bisa muncul Nova Button Baru
    bisa hidup normal cuma habis iyu mati lagi, hidup bentar..setelah itu saya lepas batrai. kira2 parah gk iya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, laptop terkena air kalau dikira dalamnya masih ada yang basah sebaiknya jangan dinyalakan dulu karena khawatir terjadi konslet. kalau tidak nyala lagi sebaiknya bawa ke service center terdekat yaa..

      Hapus
  59. Malam minta solusinya laptop saya awalnya tidak terbaca dvd roomnya terus saya cari cara memperbaikinya melalu regedit mungkin saya salah delet machine nya akhirnya laptop saya gagal booting tampilan nya langsung bluescreen dan kembali restart berulang ulang tidak bisa masuk windows .. mohon bantuan nya.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, coba akses safe mode lalu jalankan windows recovery yaa

      Hapus
  60. Mas laptop saya asus transformer saya pernah meginstal deepfreeze setelah itu sering ngadat setelah dua hari pas laptop dihidupkan hanya sampai logo asus trus layar jadi hitam.jadi gimana neh mas mau masuk ke task manager pun gak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba akses melalui safe mode ya, dr situ bisa dihapus / nonaktifkan deepfreeze.

      Hapus
  61. Mas laptop saya asus transformer saya pernah meginstal deepfreeze setelah itu sering ngadat setelah dua hari pas laptop dihidupkan hanya sampai logo asus trus layar jadi hitam.jadi gimana neh mas mau masuk ke task manager pun gak bisa

    BalasHapus
  62. Notebook sya toshiba, awalnya baik-baik aja tpi mati krn casnya abis, jdi sya cas trus sya nyalakan dan baik-baik sja tpi setelah itu heng jdi sya matikan dgn menekan tombol power hingga mati, setelah itu sya nyalakan lgi dan heng lgi trus sya matikan lgi, sampai di kali ketiga saat dinyalakan akhirnya g bisa masuk k windows hanya nyala dgn logo toshiba yg muncul lantas gelap kemudian logonya muncul lgi dan gelap lgi.. Bgitu seterusnya. Itu knp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo coba bongkar dan lepas RAMnya, kemudian dipasang lagi.. kemungkinan ada short arus

      Hapus
  63. Selamat malam gan. Numpang tanya, laptop saya lenovo b490 dgn os windows 10. Laptop selalu blue screen dan tidak tampil welcome. Kalopun masuk welcome, klo direstart maka langsung blue screen seperti biasa, tidak tampil welcome.
    Dulu pke os w7, sdh dua kali install ulang dan di bongkar utk dibersihkan, tetap saja sering blue screen.
    Kira2 ada ke kendala dibagian apa dan solusinya seperti apa? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pagi gan, wah kalau begitu bukan dr OS berarti.
      coba cek hardisk dan komponen lain di dalamnya biasanya ada yang kurang kencang atau memang ada error di motherboardnya

      Hapus
  64. gan, cara di atas tidak menghapus data di system C atau data system C terhapus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau proses selanjutnya isntall ulang ya otomatis systemnya terhapus gan..

      Hapus
  65. Selamat malam.
    Saya mau nanya, netbook Asus x201e tiba² layarnya jadi hitam tapi tetap muncul kursor, padahal beberapa jam sebelumnya baru digunakan.
    Sudah dipencet lama di tombol power tapi hanya sleep krn sudah saya setting kalo pencet tombol power utk sleep bukan shut down.
    Mohon bisa dibantu. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ciri2nya sistemnya ada yang error.. bisa masuk ke safe mode dulu lalu pilih system recovery ya..kalau tetap bisa terpaksa di install ulang

      Hapus
  66. Selamat pagi Mas
    mohon Bantuan ya
    saya punya komputer Saat Starting Windows Tiba-tiba mati sendiri
    di coba bberapa kali tetap sama hasilnya
    Waktu Mau instal ulang juga sama saat starting windows tiba-tiba mati sendiri
    padahal os di flashdisk dicoba di komputer normal
    hardisk di lepas sama Psu sudah di ganti tapi tetap aja mati sendiri
    tapi kalau didiamin di menu booting ga ada mati sama sekali
    itu masalahnya di mana ya
    mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kalau ada error di bagian itu kerusakan ada di harddisk, coba ganti harddisk dengan unit yang lain

      Hapus
  67. Pas saya udah ikutin langkah langkah mas . saya udah pilih safe mode , tapi kok mentok di loading windows file. Saya tunggu lama banget mas. Itu emang lama ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditunggu saja, kalau tidak selesai2 berarti ada kesalahan di system OS kamu. pilihan lainnya ya di install ulang :(

      Hapus
  68. Cara pertama yg pake command prompt gk bisa gang ttp gk masuk ke windows cman sampe bios ane coba yang startup repair malah ada pesan " startup repair cannot repair this computercautomaticaly", mohon bantuannya mas satriyo achmad

    BalasHapus
  69. Mas laptop sy gagak gagal booting, udah sy pencet berkali kali f8 tp msh ajeg aja dan nggak masuk safe mode/startup repair, itu gmn ya?

    BalasHapus
  70. Gan mau tanya laptop axioo, hidupin langsung muncul boot menu... Diklik hddnya muncul boot menu lgi, mau instal ulang muncul boot menu lagi... Mohon solusinya

    BalasHapus
  71. Salam bro..
    Mslah ane stlah instal linux, mw migrasi ke windows ulg (w7 lbh tpatx). Nah, pas boot dari usb, minta load driver trus, ane ikutin yg tutor di intrnet sgala mcam kyk instal x64/86 msh blum ada solusi.
    Di diskpart jg ngga ngaruh, tolong solusi bro..
    Makasi sblumnya..

    BalasHapus
  72. Komputer saya kumat kumatan gan, kadang lancar kadang mulai gila, gmana ya cara ngakalinya?

    BalasHapus
  73. Gan pc saya stuck di logo window.
    Sudah di coba ganti hdd pc org msh ttep stuck
    Sudah ganti psu
    Sudah ganti ram
    Sudah ganti vga.
    Kira2 stuck gara2 apa ya

    BalasHapus
  74. bos sya ga bisa instal win 7 laptop acer pas booting ga mau instl terus kembali ke window..apa pengaruh dari hdd yg frozen ya..minta pencerahannya bos..nuhun

    BalasHapus
  75. Mau nanya... Klo misalnya laptopnya sudah berhasil nyala tapi baterainya tetap nol persen dan tiba2 keyboard nya ngetik sendiri gimana ya cara benerin ya??? Apa karena airnya masuk kedalamnya??? Lalu klo pas dicarger lalu ditutup laptopnya cargernya gk bisa masuk (lampu tanda krisis baterai gk nyala) ada masalah apa ya???

    BalasHapus
  76. jasa install windows jakarta barat


    jasa install windows jakarta barat kami melayani
    jasa install windows untuk wilayah jakarta barat.
    bila bapak/ibu ingin install ulang dan tidak
    mau repot repot bawa ke reparasi komputer.
    jika bapak atau ibu sibuk. silahkan hubungi kami
    maka kami akan ketempat anda.
    Hub : 081294209696

    berikut ini aplikasi yang kami install:

    Aplikasi :

    1. Adobe Reader
    2. Mozzila Firefox
    3. Google Chrome
    4. Smadav Antivirus
    5. Avast Antivirus
    6. Ccleaner
    7. Winamp
    8. Vlc Player
    7.Winrar

    Office :
    Microsft Word
    Microsft Excel
    Microsft PowerPoint

    Software(Optional)

    Adobe Ilustrator
    Adobe InDesign
    Adobe Photoshop
    Corel Draw X4

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    http://www.mataharikomputer.com/jasa_install_windows_jakarta_barat.html

    BalasHapus
  77. gan... laptop ane menyala cuma sampai logo merk doang, solusinya bgmna gan?

    BalasHapus
  78. makasih artikelnya gan
    mampir di blog saya tutorial servis laptop gratis
    https://omah-download.blogspot.com/

    BalasHapus
  79. Mau tanya gan ,
    Saya ada instal windows di laptop tapi cuma sampe starting windows saja tidak bisa masuk ke tahap berikutnya malah masuk lagi ke instalan awal, itu kenapa ya gan ?

    BalasHapus
  80. Bang aku coba safe mode trus malah menampilkan banyak data, itu gimana bang?
    Sebelum pas boiting suka muncul windows manager boot, itu apa ya? Mau pake cara selanjutnya saya gak punya dvd nya, arau saya intal ulang aja ya? Minta sarannya bang

    BalasHapus
  81. Udah saya coba semua cara,tapi tetap aja ga mau,malahan kalau kita hidup kn notebook nya hanya mentok di logo,terus black screen. Mohon pencerahan nya boss ku.

    BalasHapus
  82. jasa install windows

    jasa install windows kami melayani jasa install windows seperti install windows xp,install windows 7,install windows 8,instal windows 10. bila anda sibuk dan tidak mau report report bawa ke reparasi komputer. silahkan hubungi kami. maka teknisi kami akan mengerjakannya dikantor,toko atau tempat anda. segera hubungi kami:

    berikut ini software yang kami install l:

    Aplikasi Standard:

    1. Adobe Acrobat
    2. Google Chrome x64
    3. Mozzila Firefox x64
    4. Vlc Video Player x64
    5. Winrar x64
    6. Google Picasa x64
    7. Smadav Antivirus x64
    8. Avast Antivirus x64
    9. CCleaner x64

    Microsoft Office :
    Microsft Word 2019
    Microsft Excel 2019
    Microsft PowerPoint 2019

    Software Design :
    Adobe Photoshop CC 2018
    Adobe Ilustrator CC 2018
    Adobe Indesign CC 2018
    Corel Draw X7

    Software Video Editing :
    Sony Vegas
    Adobe Premier CC 2018
    Wondershare Flimora

    Silahkan Hubungi Kami
    support@jasainstallwindows.com
    Http://www.jasainstallwindows.com

    keyword : jasa install windows

    BalasHapus
  83. Jasa install windows jakarta utara


    Ingin upgrade windows lama anda? ingin mencoba versi
    windows terbaru dari microsoft ini? kami menyediakan
    jasa install windows jakarta utara bila anda ingin install windows
    dan tidak mau repot repot bawa ke reparasi komputer
    atau laptop. silahkan hubungi kami kami akan pergi ketempat
    anda. HUB : 081294209696
    Terima kasih atas kepercayaan anda.


    berikut ini aplikasi yang kami install:

    Aplikasi :

    1. Adobe Reader
    2. Mozzila Firefox
    3. Google Chrome
    4. Smadav Antivirus
    5. Avast Antivirus
    6. Ccleaner
    7. Winamp
    8. Vlc Player
    7.Winrar

    Office :
    Microsft Word
    Microsft Excel
    Microsft PowerPoint

    Software(Optional)

    Adobe Ilustrator
    Adobe InDesign
    Adobe Photoshop
    Corel Draw X4

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    www.mataharikomputer.com/jasa_install_windows_jakarta_utara.html

    BalasHapus
  84. ituBola - Bandar Bola | Sportsbook Terlengkap | Live Casino Online | Baccarat | Dragon Tiger | Roulette | Sicbo | BlackJack

    Situs Judi Online Sportsbook & Live Casino Terpercaya, Terbaik serta Berlisensi di Indonesia. Menyediakan berbagai macam permainan Sportsbook & Live Casino Online Terlengkap.

    Cukup 1 User id untuk bermain semua taruhan permainan.
    - Sportsbook Terlengkap ( Sepakbola, Basketball, Esport, dll.. )
    - W88 Live Casino
    • Baccarat
    • Roulette
    • Sicbo
    • Blackjack
    • Dragon Tiger

    Menang Lebih Mudah Disini & Dapatkan Juga :
    => Bonus Cashback 5% (dibagikan setiap Hari Senin).
    => Pelayanan Terbaik Dengan Customer Service 24 Jam Nonstop.

    Deposit Bisa Melalui :
    => Via Bank Lokal Indonesia.
    => Via OVO, GOPAY, PULSA Telkomsel & XL/Axis.

    • Minimal Deposit 25,000 | Minimal Withdraw 50,000
    • Proses Deposit & Withdraw Tercepat

    Untuk Pendaftaran Hubungi Kontak Kami:
    - LINE : itubola757
    - WHATSAPP : +85517696120
    - LIVE CHAT : ituBola

    BalasHapus
  85. Terima kasih kak, artikelnya sangat menarik dan bermanfaat
    Perkenalkan kak saya mirnawati dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  86. Mau tanya, klo komputer ga sengaja mati karna CPU ke geser, trus pas di hidupin lagi ada respon press f1 repeat boot squence tu gmana ya?? Coba press f1 tp ttp error gtu tampilannya

    BalasHapus
  87. Kak mau nanya dong saya mau install ulang win 7 pro 32-bit via dvd portable. di bios udah disetting dvd portable first, setalah di save f10 itu nggak ada bacaan "Press any key to boot cd or dvd" langsung masuk ke windows is loading files trus stuck nggak masuk-masuk. Tapi Cd nya saya coba di pc lain bisa nah itu kenapa tuh?? dan juga nggak bisa masuk ke safe mode..

    BalasHapus
  88. Usually I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it.
    Mobile Prices Bangladesh

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin