Downgrade Windows 8 Ke Windows 7

Posted by

Cara Downgrade dari Windows 8.1 ke Windows 7 - 2015. Sekarang ini banyak sekali laptop dan notebook yang sudah satu paket preinstalled Sistem Operasi Windows 8.1. bagi sebagian orang pasti akan merasa senang jika laptop yang dibelinya sudah dibekali OS terbaru dari Microsoft ini. Tapi, tidak sedikit juga yang merasa tidak nyaman menggunakan windows 8 dan ingin kembali memakai OS windows 7.

downgrade dari win 8 ke win 7
cara downgrade windows 8 ke windows 7


Pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan tutorial bagaimana caranya melakukan downgrade Windows 8.1 ke Windows 7.  ada beberapa tahapan yang harus kamu lalui sebelum bisa menginstall windows 7 di laptop baru kalian. silahkan disimak ulasan berikut ini.

Indikasi Masalah

Laptop sudah presintall windows 8.1 ketika di beli, namun pengguna merasa lebih nyaman menggunakan sistem operasi windows 7. Tapi, ketika ingin melakukan instalasi OS, biasanya windows 8 keatas sudah menggunakan fitur UEFI sehingga disini akan muncul masalah yaitu menu BIOS tidak muncul sehingga pengguna tidak bisa melakukan downgrade ke windows 7.

Catatan !
Harap diperhatikan, sebelum menjalani proses downgrade. pastikan kamu sudah memiliki driver laptop kamu untuk windows 7. karena beberapa varian laptop ada yang memang dibuat untuk windows 8 keatas saja sehingga tidak ada support driver windows 7.

Disable UEFI Secure Boot

nah, untuk bisa masuk ke menu BIOS, terlebih dahulu kita disable atau non-aktifkan fitur UEFI secure boot pada windows 8 dan windows 8.1. caranya cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

langkah pertama yaitu dengan mengakses personalize setting dengan cara klik menu setting pada charm bar windows 8/8.1. akan muncul banyak pilihan lalu klik change PC settings.

klik change PC setting
klik chage PC settings


Untuk pengguna Windows 8 :
1. klik menu General.
2. klik menu advanced startup.
3. klik Restart Now.

Untuk pengguna Windows 8.1 :

klik menu update and recovery
klik menu update and recovery

Advanced Startup
advanced startup
pilih advanced startup lalu klik tombol "restart now". setelah itu laptop kamu akan restart secara otomatis. setelah laptop melakukan reboot, akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

pilih menu troubleshoot
pilih menu troubleshoot
untuk bisa melakukan Downgrade dari windows 8.1 ke windows 7, kita pilih menu "troubleshoot". didalam menu troubleshoot terdapat beberapa menu lagi diantaranya yaitu "refresh your PC", "reset your PC", dan "advanced options".

advanced options
advanced options

nah, yang kita pilih adalah menu advanced options. pada bagian advanced options, selanjutnya kita klik "UEFI Firmware Settings". lalu klik restart untuk bisa masuk menu BIOS.

sekarag kita tiba pada tahapan penting untuk bisa melakukan install ulang dari windows 8.1 ke windows 7 yaitu melakukan disable UEFI Secure Boot. di dalam menu BIOS, coba masuk ke bagian "security" atau "Boot" (tergantung masing-masing laptop karena biasanya berbeda).

disable secure boot atau UEFI
disable secure boot atau UEFI
bisa terlihat pada gambar diatas bahwa pengaturan UEFI mungkin bisa saja berbeda, tetapi yang jelas Secure boot control = UEFI, jadi yang perlu kalian lakukan adalah ganti status menjadi disabled. setelah mengganti pengaturan pada BIOS, kamu bisa save pengaturannya dengan menekan tombol F10. Sekarang walaupun kamu memiliki OS windows 8.1, kamu dapat dengan mudah masuk ke menu BIOS dengan menekan tombol F2 atau F12 atau Esc (tergantung merk laptop).

Catatan:
cara ini bisa dilakukan pada semua jenis dan merk laptop mulai dari Asus, Lenovo, HP, Dell, Acer, dan lain-lain. harap dipastikan bahwa tidak ada langkah yang terlewati.

Install Windows 7

Langkah selanjutnya, kita sudah bisa melakukan Downgrade dari windows 8 ke windows 7 ataupun XP, tergantung dengan keinginan kalian. kalian hanya perlu mengganti urutan booting sequncenya. jika ingin menginstall melalui CD ganti urutan CDROM menjadi pertama, atau jika ingin melalui flashdisk, ganti USB Drive menjadi urutan pertama. setelah itu colok flashdisk atau masukan CD installer dan lakukan restart.

sebelum bisa menginstall windows 7, ada satu tahapan lagi yang perlu kalian lakukan yaitu pada bagian Partisi Hardisk. kemungkinannya kamu tidak bisa menginstall windows 7 karena setelan awal windows 8/8.1 diinstall menggunakan GPT Partition, jadi kalian perlu merubahnya.

ikuti langkah-langkah berikut ini:

hapus partisi
hapus partisi

1. klik "Drive Options"
2. Delete semua partisi yang ada. baik itu yang bertipe System maupun Primary.
3. klik pada "unallocated space" dan create partition.

sekarang kamu sudah bisa melakukan installasi Windows 7. tunggu proses hingga selesai dan Downgrade Windows 8 ke Windows 7 berhasil dengan lancar. cukup mudah bukan ? sekarang kamu sudah bisa memakai laptop kamu sesuai dengan keinginan kamu sendiri.

itulah dia Cara Downgrade Windows 8 ke Windows 7, semoga bermanfaat ya. jangan lupa tinggalkan komentar atau like fanspage kami agar terus mendapatkan berita terbaru mengenai ilmu komputer. salam Myrepairsolution blog.


Blog, Updated at: 7/25/2015

143 komentar:

  1. makasih bnyak gan.. ini menambah wawasan saya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan, terimakasih atas kunjungannya ya.. :)

      Hapus
  2. wahh info yg sangat bagus gan, semoga bermanfaat yah
    kami berbisnis home electric, bila berkenan silahkan kunjungi !!!

    http://www.rajalistrik.com

    BalasHapus
  3. gan mao nanya leptop saya dari sononya udah win8,1 apa bisa ke win 7 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, maaf baru bisa balas pesannya..
      bisa, tapi cari dahulu driver pendukungnya untuk OS Win 7..
      semoga berhasil.. :)

      Hapus
    2. Bukan nya setiap laptop ada drivernya mas. Jadi kalo mau install win7 langsung aja pake driver laptopnya

      Hapus
    3. Belum tentu, laptop keluaran terbaru ada yang hanya support driver win 8 keatas sehingga cukup perlu untuk memeriksa kompabilitas driver

      Hapus
  4. Balasan
    1. wah kalau di blog ini tidak ada :)
      silahkan cari di situs filehosting yaa, tapi lebih bagus lagi kalau pakai OS opensource seperti linux ubuntu hehe..

      Hapus
  5. Masukkan komentar Anda...gk work om, udah 2x nyoba di lptop berbeda, ttp gagal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak worknya pada saat langkah yang mana ya ?
      mungkin bisa dijelaskan nanti akan coba saya bimbing langkah-langkahnya..

      Hapus
  6. Balasan
    1. sama-sama ya, terimakasih kunjungannya..

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. maaf gan usb'nya jadi tidak baca flasdis/modem setelah gnti os win7..saya pke asus gan a4xxl.saya pusing gan apa hrs balik lg ke win8,1 ..saya tggu bls'nya gan tq.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba install seluruh driver yang ada di website resmi asusnya sesuai dengan tipe laptopnya ya..

      Hapus
  9. maaf gan usb'nya jadi tidak baca flasdis/modem setelah gnti os win7..saya pke asus gan a4xxl.saya pusing gan apa hrs balik lg ke win8,1 ..saya tggu bls'nya gan tq.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba install seluruh driver yang ada di website resmi asusnya sesuai dengan tipe laptopnya ya..

      Hapus
  10. Itu gan kalau kita downgrade, status aktivasi tetap kan ??
    Soalnya ini saya dapet dvd original win 8 dari kampus, tapi saya kurang suka karena berat di laptop saya haha, makanya saya mau downgrade ke win 7, Pertanyaan : Apakah Win 7 yang kita downgrade tadi tetap jadi original walaupun dengan installer Win 7 Bajakan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, sayangnya tidak bisa karena lisensi antara windows 8.1 dengan windows 7 berbeda mas kecuali punya lisensi windows 7nya. berbeda dengan windows 10 yang memang sampai saat ini masih gratis :)

      Hapus
  11. Saya kirain ada fasilitas gitu oleh windows, soalnya kan kalau kita tiap versi windows harus beli, bisa bosen juga, ujung"nya jd terpikir buat beli yg bajakan, Saya kira ada persyaratan khusus, Jadi kotornya kalau dibilang, kita harus beli kaset win 7 original lagi lah ya, kalau memang mau original ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali, sayangnya harus seperti itu karena lisensinya per edisi OS jadi kalau upgrade versi OS pun harus punya lisensi yang sesuai dengan edisi windows tsb. :)

      Hapus
  12. kenapa di bios saya gk ada pilihan uefi nya ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, berarti motherboardnya memang tidak ada UEFI karena belum support. coba cek di website motherboadnya untuk mencari fitur biosnya..

      Hapus
    2. berarti tidak perlu melakukan disable UEFI kah? langsung ke instalasinya atau bagaimana gan?

      Hapus
    3. yup, langsung saja ke instalasinya kalau seperti itu..
      semoga berhasil :)

      Hapus
  13. Maaf, apakah cara ini juga bisa di terapkan pada kasus dari win10 ke win7.! karena saya ingin kembali ke win7 dari os yg sekarang win10.sedangkan saya dulu waktu instal win10 melalu flasdisk bukan dari upgrade.! jadi di update & security => recovery=> tidak ada "go back to windows 7. mohon pencerahan nya untuk masalah yg saya hadapi, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, tentu saja bisa tapi kalau misal tidak ada pilihan go back to windows 7 berarti harus di install ulang dan tentu data yang ada di system akan terhapus..

      Hapus
  14. maaf mengganggu, saya mau ganti windows 8.1 ke windows 7 pada Kom. Desktop HP. awal instalnya lancar, tapi pada saat muncul screen intal windows 7, keyboard & mousenya mati. jd tidak bisa melanjutkan instalnya, karena gak bisa enter or klick instal. kira2 apa ya masalahnya..?? kok keyboard & mousenya mati. tapi saat saya mulai dari awal lg keyboard & mousenya hidup. kemudian mati pada saat mau instal. mohon pencerahannya...?? thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, harusnya sih bisa karena pada saat install belum ada driver yang digunakan. coba lagi saja mas sampai bisa.. :)

      Hapus
    2. Msh gak bs jg mas, apa hardisknya harus di cabut terus di instal pake komputer lain, selesai di instal win 7 hardisknya dipsang kembali pd komputer asalnya. kira-kira bs gak dgn cara spt itu..?? trimakasih sebelumnya..

      Hapus
    3. kalau seperti itu tidak bisa, karena pada saat menginstall OS dia meregistrasi model motherboard dan chipsetnya juga jadi otomatis kalau dipindah ke komputer yang berbeda akan ada perbedaan chipset yang sudah terinstall..
      saran saya coba gunakan dulu keyboard dan mouse external untuk proses instal ulangnya mas..

      Hapus
    4. Kasus saya sama spetti sdr muly@-one diatas min, ketika masikkan cd o install an win7 dan saat muncul layar utk install win 7 next, semua fungsi keyboard, mouse tdk berfungsi, jln solusinya min??

      Hapus
    5. Kasus saya sama spetti sdr muly@-one diatas min, ketika masikkan cd o install an win7 dan saat muncul layar utk install win 7 next, semua fungsi keyboard, mouse tdk berfungsi, jln solusinya min??

      Hapus
    6. hmm sudah lakukan langkah2 seperti di artikel ini?
      mungkin bisa dicoba install via flashdisk agar datanya lebih stabil..

      Hapus
    7. Coba saat install Win 7 pake Keyboard n Mouse yang type PS2...soalnya begitu akan mulai install Win 7, semua port USB not fuction, dan install Win 7 via CD...ntar klo sudah selesai install. baru deh install driver USB nya lg..(pengalaman downgrade 8.1 to 7 pada PC Acer 2640)

      Hapus
  15. gan mw nanya..?
    jika tanpa delete semua partisi (cuma yang C karena D ada data yang penting) gmana gan..? coz ngak bisa di next ...
    mohon pencerahannya ..,, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, seharusnya bisa hanya C yang dipilih karena system hanya ada di drive C. coba diulangi lagi langkah2nya..

      Hapus
    2. nah iya gan kalau drive C ajha yang di hapus bisa ya, tanpa hapus drive D dan E.

      Hapus
  16. Mas... Saya pake cara yang ke 2, saya format hardisk saya lalu saya create lagi. Instalasi sukses di win 7,tetapi masalah muncul ketika laptop restart dya tidak mau masuk ke dekstop win 7, selalu keluar logo asus terus dan layar hanya hitam keluar logo asus lagi begitu terus. Saya pengguna laptop asus A450C. MOHON BANTUANNYA MAS. SUWUN

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba masuk ke safe mode dan lakukan system restore dari safe mode..

      Hapus
  17. laptop saya pas proses bios itu tampilannya beda dan gaada UEFI boot buat disable itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, berarti langsung saja lakukan proses install ulang seperti biasa..

      Hapus
  18. tolong cari driver toshiba l305-s5875

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, silahkan http://lmgtfy.com/?q=driver+toshiba+l305-s5875

      Hapus
  19. mas mau tanya apakah kalau down grade dari win 8.1 ke wi 7 harus hapus semua partisi?.. apakah tidak bisa jika partisi C ajha yang di hapus?...trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok, tinggal pilih partisi yang diinginkan untuk diisi OSNya nanti..

      Hapus
  20. gan ini softwarenya hilang ga gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung, kalau ketika memilih partisi di override ya otomatis softwarenya hilang gan..

      Hapus
  21. harusnya kalau cuma partisi c aja yang perlu diformat, pada tutorialnya jangan ada tulisan "delete semua partisi yang ada" , kan kasihan yang langsung eksekusi tutorialnya, jadi semua partisi diformat.

    BalasHapus
  22. Gan. Saya ada mslh pad leptop, ketika buka mncul tulisan ctr+alt+del. gak bisa2. Say pkai windoes 8. penyebabny ap gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. error yang dimaksud biasanya karena lapto tidak mendeteksi perangkat untuk melakukan inisialisasi OS (hardisk maupun flashdisk) jadi ada kemungkinan system filenya ada yg corrupt..

      Hapus
  23. klo gagal install ada efek sampingnya gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gagal install efeknya harus clean install saja dan kemungkinan data pada partisi system akan hilang

      Hapus
  24. mas saya baru beli laptop asus x550j dan non OS/Dos. mau install win 7 64 bit. pas proses install, abis itu restart, tapi pas di logonya gak masuk2 freeze gitu. laptop sy memang supportnya kyk windows 8 dan 10 ke atas saja, cuman saya ttp pengen make win 7. sy sempat nyari car di yutub yg orang barat katanya masalahnya di bios harus ngapain bagian CSM ato apalah, trus disable secure boot. itu gimana yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup betul, untuk laptop keluaran terbaru memang agak sulit untuk menginstall OS win 7 kebawah karena selain support drivernya juga BIOSnya sudah dilengkapi dengan secure boot. cara disable UEFI secure bootnya bisa dilihat di artikel ini mas.
      Tapi lebih direkomendasikan sih untuk menggunakan OS win 8.1 atau win 10 yang sudah jelas lebih support untuk laptop apalagi seri asus X :)

      Hapus
    2. tenkyu replynya. sekalian pengen nanya itu csm sama uefi sama ya? klo sama koq anehnya orang di www.sevenforum.com 'cant install window 7 on asus new laptop' bilangnya csm harus diaktifin yah?

      Hapus
    3. sama, hanya sebutannya saja yang berbeda..memang ada yang harus diaktifkan dan ada yang tidak,kalau yang harus diaktifkan biasanya untuk windows original jadi system securitynya harus aktif.. :)

      Hapus
  25. gan kalau di downgrade gitu file nya pada ilang gak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk file seperti dokumen dan data-data yang bukan aplikasi biasanya akan hilang, oleh karena itu sebaiknya backup dulu dari drive C / system ke drive D..

      Hapus
  26. gan, saya pake asus x555DG sudah coba pake w7 dan berhasil... tapi USB 3 nya ga jalan... cari driver ga ketemu juga... mohon bantu untuk link driver USB 3 buat laptop tsb... tanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya tanpa driver USB3 juga akan tetap jalan kok, tapi kalau mau install drivernya coba cari untuk yang win8..

      Hapus
  27. Makasih sobat, udah berhasil...
    salam dari teman Timor Leste/Ermera

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo sahabat, senang bisa membantu..
      salam hangat dari admin yaa.. :)

      Hapus
  28. mohon bantuan gan
    kompi saya lenovo ideasentre 300-20ISH bios FYKT50A mau install pake windows 7 ga bisa, kenapa ya, kalo pake windows 8 bisa sudah saya coba bolak balik mengikuti petunjuk dari agan masih belum bisa, mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo,sudah menonaktifkan UEFI Security di BIOS ?
      kalau sudah, coba cari terlebih dahulu driver windows 7 untuk laptop tersebut ada atau tidak, karena jika memang dari lenovo tidak menyediakan driver untuk tipe tersebut ada kemungkinan memang sudah tidak support windows 7 lagi..

      Hapus
  29. siang gan...saya ada masalah ne sama laptop HP, mw saya downgrade dr win 8,1 ke win 7 yang saya heran kenapa yah UEFI sudah saya disable...tapi begitu di restart kembali enable lg...padahal sudah di save..mohon bantuannya.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. siang gan, masalah yang sama pernah saya alami gan. biasanya kalau seperti itu yang saya lakukan mencabut baterai CMOS pada motherboard kemudian memasangnya kembali. setelah itu coba lakukan disable UEFI lagi...

      Hapus
  30. bang kemarin habis coba upgrade windows 8.1 tapi mau saya kembalikan ke windows 7 lagi. kan itu masih ada windows oldnya. cara mengembalikannya gimana bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ikuti langkah2 di artikel ini ya, atau bisa juga lewat menu di BIOS..

      Hapus
  31. Balasan
    1. bebas mas, bisa menggunakan CD juga tergantung mau installnya via apa..

      Hapus
  32. Asalamualikum mas Satriyo A, laptop saya asus xX453S dan non OS/Dos, Bawaannya adalah Windows 8.1 64bit. saya downgrade ke win 7 64 bit. pas proses install, Muncul tulisan gini "A required CD/DVD drive device driver is missing. If you have a driver floppy disk, CD, DVD, or USB flash drive, please insert it now.

    Note: If the Windows installation media is in the CD/DVD drive, you can safely remove it for this step ", saya cari2 solusinya di net dan saya coba berbagai cara itu tetep gagal, jadi saya putuskan balik lagi ke win 8.1 64 bit, tapi sekarang masalahnya saya tidak bisa menemukan DRIVER.nya yg cocok (CD Driver yg dari Kardusnya hanya Support Win 10 64 Bit), saya sudah coba dengan Driver Pack V. 12 dan V.14 msh tidak bisa untuk VGA nya. Saya juga udah coba pake software pencari driver auto tetep gak bisa. Mohon bgt pencerahannya ya mas. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam mas,coba install windowsnya via flashdisk, biasanya akan lebih lancar prosesnya.
      kalau soal driver, Windows 10 dengan windows 8.1 itu sama kok, dua2nya saling compatible, jadi kalau mas ttp mau pakai windows 8.1, mas bisa install driver win 10. atau kalau ragu, mas hapus dulu driver yang sudah ada di device manager agar tidak terjadi conflict..

      Hapus
  33. Jadi begitu ya mas kalo driver win 10 dengan win 8.1 itu saling compatible, misalkan kl downgrade dari win 10 ke 8.1 gk perlu download driver lg ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, kecuali kalo memang ada driver khusus win 10nya, tapi kalau tidak ada berarti memang support yang windows 8.1..

      Hapus
  34. Jadi begitu ya mas kalo driver win 10 dengan win 8.1 itu saling compatible, misalkan kl downgrade dari win 10 ke 8.1 gk perlu download driver lg ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, kecuali kalo memang ada driver khusus win 10nya, tapi kalau tidak ada berarti memang support yang windows 8.1..

      Hapus
  35. Maaf gan mw minta pencerahannya nih, klo laptop ane sm kaya yg laen, gak ada menu uefi nya, tp pas ane coba install langsung, pas menu pembagian pastisi itu gak ada hdd yg ke detect, jd gak bisa diapa2in, gmna tuh gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di atur di menu BIOSnya, pengaturan hdd modelnya. kalau tidak bisa juga berarti memang hddnya ada masalah mas..

      Hapus
  36. ribet pakai cara ente gan,,,,,,tinggal tekan FN dan F2 berbarengan clear deh masuk ke bios....puyeng baca artikel ente.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, tapi tidak semua bisa masuk BIOS hanya dengan menekan tombol FN + f2 agan.. :)
      terimakasih sudah berkunjung ya..

      Hapus
  37. Bnr tu. Windows 8 atau 8.1 memang gak segampang windows 7 masuk ke biosnya. Harus di setting dlu bru muncul pengguna biosnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, kalau yang tidak tahu caranya pasti akan kesulitan bahkan untuk masuk ke menu BIOSnya sekalipun..

      Hapus
  38. terimakasih gan atas pencerahan artikel ini, tp kenapa ya setiap di pertengahan instal selalu ngehank, apa ada yang salah ya gan?? perasaan bootnya sudah saya setting.

    Oiya gan kalau ada yg butuh update daftar harga lantai kayu dan desain kontainer infokan ya gan, siapa tau bisa jadi partner bisnis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngehanknya pas saat proses dimana gan?

      ok siap gan..

      Hapus
  39. nyari Drive Partitioon dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. partisinya bisa dilihat ketika mau install win7nya, atau kalau mau ganti ataut tambah partisi, pada saat di windows 8, install aplikasi Magic partition tools..

      Hapus
  40. kalo gak bisa masuk pas tekan sembarang tombol itu apa penyebannya yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti ada error di keyboardnya, coba tes menggunakan keyboard USB untuk mengecek apakah benar keyboard tsb ada masalah..

      Hapus
  41. Kalu dah di save di bios tapi masih masuk ke windows 8 gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti booting modenya, jangan lupa juga matikan fungsi fast bootnya mas..

      Hapus
  42. gan, saya pake notebook acer aspire E11, di website acernya gak ada diver untuk win 7 gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, coba cari drivernya menggunakan aplikasi DRIVER BOOSTER mas..

      Hapus
  43. wow banget infonya.. nggak salah klik link di gugel & malah masuk ke website yang top cer!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas kunjungannya yaa..

      Hapus
    2. Gini mas, saya kan di belikan laptop baru merek asus x441s win 10 apakah bisa di dwongrade ke win 7 mas, mohon pencerahannya, TERIMAH KASIH.

      Hapus
    3. sebelum melakukan downgrade, pastikan dulu driver untuk laptopnya ada dan support windows 7 mas..
      kalau tersedia semua, pasti bisa di downgrade :)

      Hapus
  44. oh ya mas gimana kolo windownya sudah elor,,,tu postingnya posisi widowsny masih berjalan ,,,,mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, tergantung errornya gimana mas.
      kalau masih bisa masuk system pasti bisa, tapi kalau sudah tidak masuk system agak sulit mas..sebaiknya install ulang saja kalau errornya sudah parah..

      Hapus
  45. Gan Ada Kontak Socmed Lain Gk Slain Blog Ini...? Bbm/Line/IG/FB :v Soalnya Saua Masih Bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau socmed yang lain ngga bisa saya share disini nih..
      kalau mau bisa tanyakan disini aja mas..

      Hapus
  46. As salam..saya dari malaysia..boleh saya bertanya..kalau laptop saya window 8 64bit..nak downgrade ke window 7 32bit..bole ke..saya tersalah download window bit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, boleh. hal itu sangat bisa dilakukan kecuali dari 32bit ke 64 bit...

      Hapus
    2. Tapi tak boleh juga..di minta installation 64 bit juga..macam mana ye nak selesaikan problem ni..atau kena setting apa2 ??

      Hapus
    3. oh harusnya sih boleh, tapi tak apa. kenapa tidak pakai 64bit saja? toh lebih bagus dibanding 32bit..

      Hapus
  47. CPU Saya Intel Core2Duo
    Windows 8.1 Pro
    Ram 3 GB
    VGA Nya 250 MB (Microsoft Basic Display Adapter)

    Pas Main PB, NGELAG Gak Karuan, Jadi Itu Solusinya Apa Gan? Downgrade apa Upgrade?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngelag ketika bermain game itu biasanya karena VGAnya tidak kuat dan tidak memenuhi spek mininum gamenya, solusinya upgrade VGAnya kalau kamu pakai PC.

      Hapus
  48. ini tutorial bisa di praktikan ke pc yang ori windows 8 gak gan???
    soalnya saya beli pc langsung windows 8,dan mau di downgrade malah dak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa gan, silahkan dipraktikan..

      Hapus
  49. Bimbing saya dong gan please...saya paling takut kalau masalah beginian :v saat itu saya upgrade menggunakan flashdisk, dari windows 7 ke windows 8.1,,, laptop saya tidak kuat menggunakan windows 8.1(video dan game menjadi macet), mohon bimbingannya mas...089627845063

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau video dan game menjadi macet, jangan lupa updgrade driver VGAnya juga gan jadi yang versi khusus win 8.1

      Hapus
  50. Bimbing saya dong gan please...saya paling takut kalau masalah beginian :v saat itu saya upgrade menggunakan flashdisk, dari windows 7 ke windows 8.1,,, laptop saya tidak kuat menggunakan windows 8.1(video dan game menjadi macet), mohon bimbingannya mas...089627845063

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau video dan game menjadi macet, jangan lupa updgrade driver VGAnya juga gan jadi yang versi khusus win 8.1

      Hapus
  51. apakah harus didelete semua primarynya soalnya yg d sama e nya itu berisi data penting MZ

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya partisi selain C diberi label secondary saja, kecuali untuk penyimpanan OS dan server. baiknya di backup dulu deh..
      dan yang dihapus tidak harus semua kok.

      Hapus
  52. Mas mau nanya dong. Laptop saya beli merk HP, bawaanya Windows 8, sudah berhasil downgrade windows 7, tapi saya bingung cari drivernya. Dari web resmi tidak ada. Barangkali ada saran nya, laptop saya HP 14-an017au.
    terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti memang laptopnya ditujukan untuk windows 8 keatas mas..
      coba cari menggunakan aplikasi driver booster.. kalau misal tetap tidak ada berarti ya mau tidak mau silahkan menggunakan OS Win 8 keatas.. :)

      Hapus
  53. Asslmkm wr.wb. bang saya minta no hp nya.tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam, wah kalau nomor tidak bisa dipublish disini maaf,
      kalau ada yang mau ditanya bisa tulis di kolom komentar ini.. :)

      Hapus
  54. Assalamu'alaikum mas..
    Saya sudah mengikuti semua petunjuk dari mas. Tetapi setelah sampai di bagian advance options tidak ada uefi firmware setting. Adanya system restore, system image recovery, startup repair, command prompt, startup settings. Lalu gimana itu mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam, biasanya kalau tidak ada dia bisa langsung masuk ke BIOS, coba deh

      Hapus
  55. scure boot sudah saya disable, saya pake flasdisk bootable yg sehari-hari emang udah biasa saya gunakan, tp masalahnya, laptop saya hidupkan, trus klik f2, keluar pilihan flasdisk, hdd, dvd, udah saya klik yg flasdisk, di pengaturan jg sdh saya setting flasdisk yg pertama booting, tp msh tdk bs masuk ke instalan windows nya ya... malah lgsg masuk ke win 8,, hidup seperti biasa,,, seperti tdk terdeteksi FD saya...
    bantuan gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek di BIOSnya di section hdd.. biasanya FD terdeteksi sebagai hdd.. jadi ganti dulu hddnya menjadi FD..

      Hapus
  56. Sy dh downgrade dr windows 8,1 ke windows 7, tp wifinya jd hilang, gmn ngatasinya bang....? Hn

    BalasHapus
    Balasan
    1. downgrade juga driver wifinya ya, sesuaikan dengan OS dan merknya..

      Hapus
    2. Caranya gmn bang....mohn bimbingannya dr awal mpe selesai.tks

      Hapus
    3. Notebook sy merk asus 64 bytes

      Hapus
    4. buka web asusnya, cari download driver wifi asus seri xxx (sesuaikan serinya) pilih OS 64.
      lalu download dan install :)

      Hapus
  57. gan pas mau di instal kok cuma logonya doang tolong bantuannya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. install via apa ya?
      kalau bisa install via USB agar lebih stabil..

      Hapus
  58. Gan saya udah masuk menu instal win 7 nya, udah sampe finished up. Tapi ko balik lagi nginstal lagi. Itu gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah selesai installasinya?
      jangan lupa boot prioritinya diganti menjadi hdd lagi jangan CD lagi..

      Hapus
  59. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  60. Gan mau tanya, kan saya punya dua OS, yang diinternal pake 7 trus di ekternal pake 8.1

    Nah saya gk sengaja masang HD Eks sebelum Laptop nyala, waktu nyala malah jadi window 8. Gmana cara balikin lg nya ? Trus si data dari hd internal yg asal nya OS 7 bkal ilang gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, simple kok tinggal shutdown, kemudian cabut saja eksternalnya lalu nyalakan kembali :)

      Hapus
  61. saya instal win 8 ke wi 7.setelah masuk ke tahapan partisi di situ saya bingung.pertanyaanya apakah semua pertisi yg ada di hapus semua dulu. ke dua berapa mb yg cocok untuk partisi new

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam, haallo kalau kamu ingin partisi drive D (secondary) tidak hilang datanya bisa kok. pilih partisi untuk system saja.
      untuk OS saya sarankan minimal 100GB kalau bisa setengah dari hardisk karena instalasi program nantinya juga masuk ke drive C

      Hapus
  62. Mau nanya nih. Saya user 8.1, suka bgt + lebih cepet *menurut saya* . Namun, ada 1 masalah. Terletak di driver graphic card yang compatible di windows 10. Cara atasinya gmn ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp, untuk driver graphic card, kamu bisa gunakan untuk yang win 10 ataupun win 7 karena masih sama-sama compatible kok..

      Hapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Mengenai Saya

Foto Saya

i'd like everything about japanese music and technology. i also love to watch movie and keep update about latest technology. you can visit my blog's at lirikjepangku and myrepairsolution

Popular Posts

Google+ Followers

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin