Solusi Memperbaiki Memory Card ( SD, micro, dll ) dengan Mudah

Posted by

Memory card merupakan media penyimpanan yang berukuran kecil. beberapa ukuran untuk gadget kita diantaranya Handphone, Tablet Camera, MP3 player, dll. pentingnya benda yang satu ini dalam menunjang efektifitas pemakaian memory. terdapat banyak sekali model untuk memory card. seperti SD card, micro SD dll. kapasitas memorynya juga beragam, mulai dari 128 MB hingga 32 GB kini tersedia di mana saja.
memory card SD
ilustrasi

Dari segi kecepatan juga beragam, mulai dari class 1, class 2, class 3, hingga class 10 atau setara dengan UHS ( Ultra High Speed ). Penjelasan mengenai perbedaan speed ini akan dibahas pada materi selanjutnya, tetap pantau terus Solusi Masalah Komputer ya.. :)

Seperti halnya perangkat elektronik yang lain, pemakaian memory card secara terus menerus juga akan mengalami kerentanan serta kerusakan. Tentu saja hal ini akan merugikan kita karena data - data penting yang tersimpan di dalam memory card bisa saja rusak atau hilang. Oleh karenanya, perawatan memory card harus kita jaga agar performa Memory Card tetap baik.

biasanya faktor yang mempengaruhi kenapa Memory Card ( SD, micro, SDHC ) menjadi error adalah hal - hal berikut ini :


  • Suhu Panas pada Device atau Piranti ( Smartphone, tablet, Camera, dll )
  • Pengaruh Medan Magnet atau device di letakan dekat dengan medan magnet yang kuat.
  • Terinfeksi Virus atau malware yang menyebabkan data system corrupt
  • Mencabut atau memasang ke slot perangkat secara sembarangan
  • Gagal Partisi system
  • Dipasangkan pada beda perangkat secara berulang. misalnya memory card Handphone di pasang di Camera atau sebaliknya.
  • Aliran listrik statis.

lalu bagaimana solusinya jika memory yang kita gunakan tiba - tiba error atau tidak terbaca pada perangkat ?. Jika anda menggunakan Sistim Operasi Windows, sebenarnya sudah ada beberapa fitur untuk mengatasi hal semacam ini. caranya sebagai berikut :

Koneksikan memory card dengan PC

Bisa melalui device atau perangkat seperti handphone atau lebih baiknya menggunakan card reader.

Menggunakan Fitur Error Checking

Setelah terkoneksi dengan PC, selanjutnya buka My Computer. pada removable Disk, klik Kanan lalu pilih properties. setelah itu klik tab Tools dan pilih opsi Check Now.
tab Tools error checking
Removable Disk Properties
setelah itu beri tanda centang pada Automatically check system for error. lalu akan dilanjutkan proses Scan for and attempt recovery of bad sector. tandai centang keduanya dan pilih start dan tunggu hingga proses berakhir.
how to check error and fix it
check error
Sekarang, coba pasang kembali memory card ke dalam perangkat anda. dan silahkan cek apakah memory anda sudah bisa kembali berfungsi atau tidak. jika memory card masih terdapat error, solusi keluarnya adalah melakukan Format. memang cara ini akan membuat data yang ada di dalam memory card anda akan hilang, namun ini akan membuat memory card anda bersih dari bad sector dan virus.

Selain cara diatas, memang masih banyak lagi cara yang dapat di tempuh untuk memperbaiki memory card yang error. cara yang lain akan kita bahas di materi berikutnya. :)


Blog, Updated at: 12/04/2013

2 komentar:

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin