Solusi menghapus Avast! secara bersih

Posted by

Avast merupakan sebuah antivirus yang berasal dari Praha, Republik Ceko dikembangkan oleh Alwil Software. Avast juga merupakan antivirus yang banyak dipakai di Indonesia. tampilan antarmuka yang dinamis dan friendly user serta tingkat keamanan yang bagus menjadi alasan kenapa banyak yang memakai avast. apalagi dengan fitur Sandbox yang dapat mengantisipasi setiap program yang mencurigakan di komputer atau laptop kita.

Awalnya memang tingkat keamanan avast yang tinggi membuat banyak orang menyukainya, namun seiring berjalannya waktu, bagi para gamer atau orang yang suka download mungkin akan sedikit kerepotan. karena avast akan secara aktif men-scan program - program yang telah di download. seringkali program atau game yang ingin kita gunakan akan secara otomatis masuk ke dalam quarantine sehingga kita tidak dapat mengaksesnya. 

salah satu jalan agar kita dapat kembali memainkan atau menjalankan program yang kita sukai adalah dengan meng-uninstall antivirus Avast. namun, sayangnya proses uninstall antivirus yang satu ini agak sedikit rumit dibanding uninstall aplikasi biasa. banyak orang yang awam kesulitan untuk menghapus antivirus ini. tapi jangan khawatir, karena saya akan memberitahukan cara bagaimana kita menghapus antivirus Avast.
Berikut caranya :

Download aswclear.exe

ini merupakan software khusus yang memang disediakan oleh pihak avast secara resmi. software ini bisa anda dapatkan disini.

Disable Self Protection Avast

setelah anda mendownload aswclear.exe, langkah selanjutnya anda lakukan disable pada avast! self-defense module. dengan caranya masuk ke program antivirus avast, lalu klik SETTING > Troubleshooting > hilangkan tanda checklist pada pilihan avast! self-defense module.
disable avast self defense module
avast settings

Disable Avast! protection

setelah itu non-aktifkan avast dengan mengklik kanan logo avast pada system tray yang ada di pojok kanan bawah desktop anda, lalu pilih Disable Permanently.

Running Program

setelah itu, jalan kan program aswclear yang baru saja anda download. jika ada pilihan untuk melalui windows safe mode, klik yes saja. atau bisa juga anda reboot komputer atau laptop anda, dan masuk ke safe mode secara manual dengan cara tekan tombol f8 pada saat booting, dan pilih safe mode.

setelah masuk ke safe mode, jalankan program aswclear.exe lagi. maka akan muncul jendela avast 
aswclear.exe
aswclear interface
pilih type avast yang sesuai dengan yang ada pada komputer anda. dan jika anda menginstall avast pada lokasi yang berbeda, harap di ganti dengan lokasi tempat dimana anda menginstall avast. ( Harap di perhatikan agar memilih folder yang tepat, karena jika salah ini akan menghapus data anda. ). lalu klik Uninstall.

Tunggu hingga proses selesai, lalu klik FINISH!. dan komputer atau lapto anda akan restart secara otomatis. selamat, anda telah berhasil menghapus antivirus Avast! secara bersih. :)

terimakasih telah membaca tutorial Solusi Menghapus Antivirus AVAST! di myrepairsolution , semoga dapat bermanfaat bagi anda. :)



Blog, Updated at: 12/02/2013

37 komentar:

  1. Nice Post gan...tapi sayang saya kaga Pake Avast

    BalasHapus
  2. seep maksih infox sob....
    jgn lp mampir kesini :http://archel67.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. masih belum paham nih. tentang menonaktifkanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo Abzz Abror, simplenya download aswclearnya.. lalu matikan fitur "self defense" di avastnya. terus turn off protectionnya.. setelah itu baru jalankan aswclear yang tadi sudah di download. tinggal ikuti perintah dari programnya saja.. :)

      Hapus
  4. saya pernah install AIS (Avast Internet scrty) dengan lisensi zenix until 2050, pada saat install disuruh “Enable self-defense module” tpi aku nggak tau caranya karena diblognya tidak dijelaskan kemudian q abaikan instruksi tsb. kemudian beberapa minggu setelah penginstalan tiba2 proteksi AIS di komputerku mati, kemudian saya uninstall biasa tetapi tidak mengikuti langkah2 diatas karena aku blum tau tentang hal ini. kemudian sya install ulang dan ternyata tidak bisa dan muncul pesan "The installer is unable to initialize early avast! self defense with error 0x00000005! Aborting!" bagaimana agar saya bisa menginstall kembali AIS, trimakasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Mohammad Azis, itu tandanya proses uninstall avast yang sebelumnya belum benar - benar bersih..
      coba lihat di task manager apakah proses avast masih ada disana ? kalau masih coba akes safe mode, lalu matikan atau kill proses avast yang masih berjalan tersebut., kemudian hapus folder avast secara bersih. jangan lupa juga hapus registri yang masih menempel di komputernya. setelah benar - benar bersih, baru coba install lagi..
      semoga membantu :)

      Hapus
  5. trimaksih mas Satrio, sudah saya cek di task manager tidak ada proses Avast, begitu juga tidak ada folder di C/program file atau registry yang tersisa karena aku un-installnya pakai Revo uninstaller.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm seharusnya kalau pakai revo uninstaller sudah ckup bersih.. tapi apa sudah dicoba melakukan install melalui safe mode ? apakah tetap gagal atau berhasil..
      dan apakah sudah dicoba untuk melakukan instalasi di komputer yang berbeda dengan file yang sama ?
      karena bisa juga karena file installan yang corrupt.. :)

      Hapus
  6. mas avast saya juga memiliki masalah yang sama dengan self denese blabla
    soalx saya baru intal ulang windows 10
    eh pas mau instal avast
    malah dapat pesan The installer is unable to initialize early avast! self defense with error 0x00000005! Aborting

    mohon pencerahanx

    Read more: http://myrepairsolution.blogspot.com/2013/12/solusi-menghapus-avast-secara-bersih.html#ixzz3MOI9xSC0
    Follow us: @cyberdins on Twitter | myrepairsolution on Facebook

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo !, kemungkinan itu karena avast belum sepenuhnya support dengan windows 10 ya..
      atau berbeda versi antara windows dan avastnya 32bit atau 64bit..

      semoga membantu.. :)

      Hapus
    2. Selamat sore mas, maaf saya juga dpt kendala yang sama (The installer is unalbe to intialize early avast! self defense with error 0x00000005! Aborting!)

      Solusinya gimana ya mas?

      Hapus
    3. hallo, OSnya apa ya ?
      biasanya kalau begitu masalahnya ada dua, yang pertama sistemnya tidak support dan yang kedua itu fitur "self defense" avast belum di matikan..

      Hapus
  7. kalo ngilangin update avast abis install windows 10 gmana ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. putuskan koneksi internetnya dulu mas lalu hapus menggunakan metode yang diatas ini..

      Hapus
  8. kalo ngilangin update avast abis install windows 10 gmana ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. putuskan koneksi internetnya dulu mas lalu hapus menggunakan metode yang diatas ini..

      Hapus
  9. terimakasih, solusinya work 100% sangat membantu sekali

    BalasHapus
  10. kok setelah restart muncul lagi avast nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada perbedaan versi, silahkan di cek kembali

      Hapus
  11. hbs dihps apa laptopnya akan kembali seperti semula/hbs di beli mohon jawab ya kang

    BalasHapus
  12. gw gk bisa restore virus karantinanya kalo gw langsung hapus avast nya bakal hilang gk file yang di karantina atau akan kembali ke pc kta

    BalasHapus
  13. terima kasih,laptop saya lagi ada problem di avast. saya tidak tahu kalau uninstall avast serumit ini. nanti saya coba di laptop saya, semoga membantu. terima kasih

    BalasHapus
  14. Saya sudah nyoba untuk uninstal tapi saat diresrartnya lama banget, gimana yaa caranya?

    BalasHapus
  15. trimakasih banyak om, alahamduliallah komputer saya sudah lancar.....

    BalasHapus
  16. sangat membantu, karena sebelumnya saya tidak pernah menginstall antivirus avast dan karena itu windows defender saya tidak bisa saya nyalakan, tapi setelah memakai aplikasi ini, avast saya bersih hilang tanpa jejak , sudah saya scan soalnya hehe
    nice post thanks

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah, makasih infonya gan. Antivirus avast ini memang banyak masalahnya.

    BalasHapus
  18. avast nyblin, tiba2 donlot padahal tydack dikehendaki :(

    BalasHapus
  19. This is realy a Nice blog post read on of my blogs It is really helpful article please read it too my blog DISABLE AVAST. you can visits our websites or toll free no +1-866-558-4555. solve your problem fastly.

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin