Jenis - Jenis Kerusakan pada VGA dan Solusinya

Posted by

VGA Card atau kepanjangannya adalah Video Graphic Adapter atau biasa disebut juga oleh beberapa orang yaitu GPU (Graphic Processor Unit). Merupakan sebuah komponen dasar pada sebuah komputer ataupun laptop yang fungsi utamanya adalah sebagai pemroses graphic yang akan di tampilkan oleh layar monitor. namun jangan salah karena sebenarnya VGA dan GPU itu berbeda. singkatnya, VGA merupakan pusat pemprosesan Grafis yaitu tempat semua grafis telah diproses oleh GPU yang terpasang di VGA. dapat kita analogikan bahwa VGA hampir sama dengan Motherboard hanya saja pada motherboard, semua pemrosesan data berada di CPU sedangkan pada VGA pusat pemrosesannya terjadi di GPU.


solusi dan jenis kerusakan pada VGA
Title

nah sekarang semua sudah jelaskan, bahwa VGA itu berbeda dengan GPU walaupun intinya sama untuk memroses sebuah grafis. tapi pada postingan kali ini, admin tidak membahas mengenai perbedaan antara VGA dan GPU saja, tetapi akan admin bahas mengenai Berbagai macam Kerusakan Pada VGA yang biasa terjadi ketika kamu sedang main game atau sedang menonton film di komputer dan laptop. masalah ini bisa terjadi pada semua merk VGA mulai dari NVDIA GeForce atau AMD Radeon seri apapun. untuk itu ada baiknya disimak baik - baik.

kerusakan pada VGA dan GPU ini sangat beragam, dan yang akan admin bahas kali ini ada sekitar 5 Jenis Kerusakan. diantaranya yaitu :
  1. GPU Artifacts
  2. Bus Artifacts
  3. Video RAM Artifacts
  4. DVI Corruption
  5. Tinted Screen
nah apakah diantara kalian pernah mendengar istilah - istilah tersebut di atas ? mungkin terdengar sedikit aneh ya tapi percayalah bahwa istilah di atas sering kalian temui atau bahkan pernah mengalami. langsung saja kita bahas.

GPU Artifacts

Biasanya jika VGA kita terkena penyakit ini, maka gejalanya akan timbul kotak - kotak pada layar monitor bahkan banyak kasus terjadi pada seluruh bagian layar.

GPU artifacts pada VGA
contoh VGA terkena GPU Artifacts

masalah seperti ini terjadi Karena panas yang berlebihan pada GPU sehingga solusinya adalah dengan memeriksa kipas/fan pada pendingin GPU yang ada di VGA kamu. periksa apakah kipas tersebut berputar secara normal ? atau kalau kamu mengerti lakukan Undervolting (menurunkan clock GPU). jika dirasa belum menyelesaikan masalah, coba ganti pendingin dengan pendingin yang terpisah.

BUS Artifacts

hampir sama seperti masalah diatas, jika VGA kamu mengalami gambar seperti ini ada kemungkinan bahwa VGA kamu mengalami Bus Artifacts.
contoh VGA terkena BUS artifacts
Contoh Bus Artifacts
Masalah ini biasanya dialami oleh VGA slot AGP. terjadi ketika Vram menyimpan data di memori utama PC  dan terjadi conflict ketika proses pemindahan data dari memori utama ke dalam memori VGA. solusinya adalah dengan menurunkan AGP dari 8x menjadi 4x.


Video RAM Artifacts

kalau yang ini hampir sama seperti diatas namun biasanya terjadi pada jenis VGA slot PCI-E. Artifact memory video dapat menyebabkan beberapa keanehan pada grafis yang di tampilkan namun hanya terjadi pada beberapa objek saja.

contoh kasus VRAm artifact
VRAM artifact 

VRAM berperan dalam menampilkan grafis yang biasa disebut Frame Buffer. nah Frame Buffer inilah yang berfungsi menyimpan gambar yang telah terproses, jika frame buffer tersimpan pada memory yang buruk maka artifact seperti pada gambar diatas akan terjadi. mungkin gambar di atas terlihat seperti bug di dalam game, tetapi sebenarnya bukanlah bug melainkan disfungsi VGA yang mengalami artifact. sayangnya solusi dari hal ini dalah dengan mengganti VGA dengan yang baru, atau sebelumnya bisa dicoba melakukan undervolting pada VGA. tapi hati - hati saat melakukan undervolting karena bisa menyebabkan windows Gagal Booting kalau tidak tahu caranya.

DVI Corruption

nah kalau ini kasusnya jika kamu menggunakan connector DVI untuk menampilkan gambar dari CPU ke monitor kamu.
masalah pada kabel DVI
contoh CVI corruption
masalah ini biasanya menunjukan garis - garis vertikal maupun horizontal, ada beberapa pilihan solusi diantaranya :

  • Ganti kabel DVI
  • Update display driver
  • Gunakan Reduced Blanking
  • Gunakan kabel yang lebih pendek
  • turunkan Refresh rate
masalah seperti ini mungkin ada yang menyangka akibat virus, tapi sebenarnya bukan, karena virus sangat jarang dapat menyerang sebuah hardware.

Tinted Screen

contoh tinted screen pada monitor
contoh tinted screen
pernahkan kalian mengalami hal seperti diatas ? ketika warna pada monitor menjadi kurang cerah atau malah berubah warna. yup, inilah yang di namakan Tinted Screen. masalah ini biasanya terjadi karena misadjusted atau komponen monitor yang rusak. biasa juga terjadi pada monitor jenis CRT.
solusinya adalah dengan mencoba bersihkan kabel konektor dan atur kecerahan pada monitor, jika tidak bisa berarti kesimpulannya terdapat kerusakan pada hardware monitor.

Nah itulah dia Masalah dan Solusi Kerusakan pada VGA dan GPU, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu semua, jangan lupa untuk mengunjungi artikel kami yang lain dan tinggalkan komentar atau like fanspage kami untuk mendapatkan update terbaru seputar masalah pada komputer atau laptop :) salam My Repair Solution.


Blog, Updated at: 6/21/2014

89 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Bro gue mau nanya..
    Laptop gue menggunakan vga nvidia geforce 930 M 2 gb , yang ingin saya tanyakan, kenapa saat saya melihat spesifikasi yang terdeteksi di pes hanya 480 MB, padalah vram saya 2 gb, terus saat saya memainkan GTA IV juga menemukan masalah yang sama. #mohon bantuannya bro,, gue udah pusing !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, 930 M berarti laptop yah ?
      nah pastikan masnya menjalankan game dengan vga nvdianya ya bukan intelHD. Karena VGA pada laptop itu ada dua yang pertama onboard yang kedua extended. Nah, terkadang beberapa game memang secara default masih menjalankan VGA onboard untuk itu coba klik kanan pada shortcut game yang mau dijalankan kemudian pilih "run with graphic performance -> high performance NVDIA processor". atau buka cpanel nvdia kemudian pilih Physx, ganti defaultnya menjadi NVDIA processor..
      semoga membantu..

      Hapus
  3. klo yg ane ini masuknya kemana yah gan? minta bantuannya yaa...
    link gambarnya gan: http://imgur.com/808UsKH

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, kalau dilihat sekilas tidak ada kerusakan yang berarti ya, hanya pixelnya saja yang terlihat menjadi pattern disebalh kanan. sepertinya lebih mengarah akibat overheating GPU deh tapi tidak begitu parah..

      Hapus
  4. gan tolong solusinya

    kok akhir akhir ini ane entah streaming atau nonton
    suka ada garis putuih lurus gitu ya?
    1 garis doang
    terus ilang kadang muncul lagi
    itu kenapa ya?

    thx a lot!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, itu cuma terjadi pas lagi streaming dan video saja?
      coba deh gunakan aplikasi yg ada di artikel ini http://myrepairsolution.blogspot.co.id/2015/03/solusi-mengatasi-layar-bergaris-pada.html.
      ada kemungkinan VGAnya ada artifactnya atau overheat..

      Hapus
  5. bro, VGA laptop ane nVidia tapi dah overheat itu gimana baikin nya bro supaya kaya semula gitu brapa biaya nya bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ganti thermal pastenya dengan yang baru, lalu bersihkan fan dari debu yang menempel..

      Hapus
  6. Gan laptop ane AMD radeon, knp pas instal driver kok lambat sih, trus pas di tulisan welcom pasti macet , harus nunggu lama untuk masuk dekstop gan.
    Solusinya apa ya gan pleasee

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, memang kekurangan dari AMD RADEON adalah dari sisi drivernya. coba uninstall kemudian install ulang driver radeonya dengan versi yang sesuai ya..

      Hapus
  7. Gan GPU saya geforce gt 430, dicek di device manager ada tanda seru kuning pada display adapternya nvsia geforce gt 430, terus keterangannya code 43.
    Ane udah instal driver terbaru samapai yg terlama, tetap ga bisa gan..
    Main game sekelas empire earth sampai dota 1, dota 2 aja,muncul keterangan 3d not support cek your driver..
    Itu kenapa ya gan?
    Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. code 43 terjadi karena driver nvdia bentrok dengan driver bawaan dari microsoft. cara mengatasinya pertama cegah supaya tidak mengnstall driver otomatis. caranya, klik kanan di start menu, pilih "system", "hardware tab", "device setting" lalu kasih centang di "never install driver software from ms update" save.

      setelah itu kamu hapus atau uninstall driver yang sudah ada lewat device manager. restart kemudian baru install driver baru nvdianya.

      Hapus
  8. Gan pc ane suka ngehang beberapa menit itu yang kena vga apa ramnya yah ? terus kadang ga bisa nyalah kipas si nyalah tapi ga ngehasilin apa apa di monitor. TQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan ada hardware yang tidak berfungsi ataupun rusak, coba periksa apakah Ramnya sudah pas, hardisknya sudah pas dan fan processornya juga sudah pas...

      Hapus
  9. Gan pc ane kan pke kabel dvi buat display n sering maen game,tp skrang muncul garis vertikal kyk yg agan jelasin diatas dvi coruption..ganti kbel dvi yg pndek ttep ja gtu gan..solusi gmn ya gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti masalahnya bukan dikabel gan, tapi diportnya...
      coba deh ganti dari dvi ke HDMI..

      Hapus
  10. Numpang tanya kalau yang muncul garis-garis vertical kadang kuning kadang merah saat mulai kemudian muncul logo windows muncul windows recovery kemudian launch (recomen) dan startup repair setiap mulai

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinannya ada 2, antara OSNya yang bermasalah atau hardisknya yang bermasalah..
      saran saya coba lakukan recovery ke waktu sebelum error tersebut muncul..

      Hapus
  11. artikel yg bermanfaat banget..
    sdikit kesimpulan yang ane baca intinya kalo gpu yga bermasalah ada titik2 pixel2 yang salah warnanya ya, kalo ram vga yg bermasalah, objeknya jd aneh ya.
    sedikit tambahan dari pengalaman ane, kalo problem tint screen (di monitor lcd pc)biasanya dari kabel konektor vga ke monitor (biasanya ane goyang2 lg jadi bener lg).
    trims ya admin atas info bermanfaatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih gan,
      yup betul banget. kalau tint screen di laptop juga masalahnya biasanya ada di fleksibelnya konektor antara laptop ke monitor..
      terimakasih kunjungannya yaa

      Hapus
  12. Gan mau tanya , VGA ane Nvidia gt630 artefaknya kadang muncul kadang nggak kalo lagi main game yg agak berat, kalo gk main game gk muncul . Dan pas ada artefak ane biarin aja game nya force close ke Desktop gan.. trs ada muncul driver nvidia bla bla gtu di pojok dkt jam .. Itu knpa ya gan?

    Tk.s

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, biasanya itu krna vganya tidak kuat gan atau overheat atau ada kesalahan hardwarenya..
      baiknya coba cek deh

      Hapus
  13. Gan ane mw tnya knp y d monitor pas maen game battlefield d tampilan awal ny normal.. tp pas udh maen ny. Suka ad garis merah ny.. sedangkan klo buat maen game kya pes atau naruto gk ad kendala..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu berarti vganya kemungkinan overheat. soalnya kalau battlefield dia berat tidak seperti pes atau naruto yang vga masih bisa handle gan..

      Hapus
  14. Gan monanya nih vga saya gts 450 no display setelah ga dipake beberapa bulan mohon solusinya gan. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi fan nya masih jalan gan

      Hapus
    2. no display berarti monitor tidak mendeteksi adanya koneksi ke VGA, coba cek portnya.,. kemungkinan port VGA yang error atau port monitornya yang error

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Gan kalo tiba-tiba muncul "Display driver stopped responding and has recovered", terus kalo di pakek game ntar jadi BSOD Keluar pesan 0x0116 ATIKMDAG.sys crash. Padahal udah instal ulang, update driver.
    Terus pas ane Rating Windowsnya (Windows 7) pas step "alpha blend assessment" keluar tuh GPU Artifact terus blank bentar muncul pesan "Display AMD...." kemudian BSOD dengan pesan sama

    Solusinya Gimna gan??
    Japri gan kalo boleh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, wah kalau seperti itu ada kerusakan di VGAnya, cek apakah fan VGA nyala atau tidak. karena kalau tidak nyala bisa karena overheat juga

      Hapus
  17. lappy saya acer dgn vga nvidia gt 540 1gb, kalo dimainin game seperti pes 2013 yg notabene masih ringan, layar seperti yg agan jelasin di atas (GPU Artifacts) kemudian hanya beberapa saat lappy bluescreen, adakah solusi selain di atas? thx banget udah bikin artiel ini, bermanfaat sekali. mohon penceraannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, sayangnya jika kita mengalami masalah-masalah seperti diatas itu berarti ada masalah hardware. untuk GPU artifact sendiri sebenarnya masih bisa diakali untuk kasus2 tertentu seperti dengan membersihkan VGAnya, tapi itu juga tidak menjamin mas..
      langkah yang paling awal bisa kita lakukan sih dengan membersihkan debu pada VGA dan mengaplikasikan thermal paste agar VGA tidak overheat.. :)

      Hapus
  18. laptop sy asus x450j W10. barusan sy hidupkan tp tidak bisa masuk ke windowsnya. tampilan layarnya berubah-ubah warna, seperti saat selesai inul. pertanyaannya, apakah VGAnya bermasalah? (VGAnya : nvidia gforce 840M 2GB). makasih pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, coba koneksikan dengan monitor eksternal apakah hasilnya sama atau beda?

      Hapus
  19. Gan saya mau tanya tapi sebelumnya ini spek PC saya
    Proc : i5 6600
    mobo : asus b150m pro gaming
    Ram : Team Delta 2 x 4 gb
    VGA : Power color Red Devil Rx 480 8 GB (freesync)
    momry : samsung evo 750 120 gb
    monitor : AOC freesync
    Ini PC baru gan dan saat saya ambil ke penjualnya dan saya test, pertama freesync nya tidak suported padahal seharusnya suported, terus setelah saya coba instal game, gamenya tidak bisa di jalankan atau crash, kalau game yang berat seperti battlefield akan crash lalu muncul notif "Display driver stopped responding and has recovered" kadang2 langsung bluescreen dan restart sendiri, setelah saya coba mengganti driver vganya saat instal driver tiba crash juga, lalu restart sendiri pas masuk desktop langsung ada artifact banyak di monitor lalu langsung blue screen dan akhir restart lagi, apakah saya salah instal driver atau memang VGA nya yang rusak gan ? soalnya main game kecil 200 mb saja tidak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, wah speknya cukup dewa ya :D
      biasanya itu karena bug atau defect dr pabrikan VGAnya gan, temen saya juga pernah soalnya. baiknya bawa ke service center POwer Colornya untuk minta unit replace gan..

      Hapus
  20. iya Gan, speknya cukup dewa tapi buat mainin game bawaan windows saja yang chess titans pasti tidak bisa karena game lagsung crash trus muncul notif dari amd settingnya "Display driver stopped responding and has recovered" -_- iya gan ini mau minta pertanggung jawaban dari yang merakit PC saya Gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu sepertinya memang ada indikasi kerusakan hardwarenya terutama VGAnya.. di claim saja mumpung garansi..

      Hapus
  21. Gan, klo pc restart terus pada saat setel video knp ya?? Tp klo untuk office lancar??

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya format videonya tidak sesuai, coba install VLC.
      tapi kalau sampai restart ada yang tidak beres dengan VGAnya, coba copot lalu pasang lagi..

      Hapus
  22. gan ? kalo saya masalahnya dinomor 2 pada saat streaming , dan blacksreen saat putar film di pemutar film .. apakah vganya itu udah artifact

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, cek kipas VGAnya apakah berputar atau tidak karena biasanya itu akibat dr overheat

      Hapus
  23. gan pc saya baru saja diinstal ulang,, setelah melakukan instal driver vga ny saya restar ketika masuk dist
    arting window ada garis" gajelas terus kipas vga ny berjalan lebih cepat masalhnya dan solusi ny gmna ya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, coba uninstall drivernya.kemungkinan ada ketidakcocokan versi software dengan hardwarenya.
      lalu cek juga apakah vganya sudah terpasang dengan benar ?

      Hapus
  24. gan gini ,pc ane tiba" padam dikarenakan vga nya, soalnya pas vganya saya copot pc nya bisa hidup, dan ketika saya pasang kembali vga nya tidak bisa hidup, apa penyebabnya itu apa vga sudah rusak, tolong solusinya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, ada kemungkinan VGA konslet. coba di cek ke service center yaa :)

      Hapus
  25. Gan... laptop ane sedikit menguning knapa ya....? Dinyalakan biasa tp setelah loading sbentar menguning dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, ada kemungkinan VGAnya overheat sebaiknya di cek juga deh fleksibel dr monitornya mungkin kabelnya ada yang mau putus

      Hapus
  26. sya pake vga hd 6570,install driver suksess,,nah pas sya buka gpu z kan core clock def nya 650 mhz dan memory 667mhz,tpi ko di tab sensor cuma kbaca 100 mhz dan memory 150 mhz?trus coba maen game ko langsung hang,test window skor (wei)jg selalu hang saat alu assisgment,suhu gpu 38 derajat, klo gk dipake maen game dan nonton film hd ya normal aja,yg rusak apanya ya gan,mohon bantuanya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, coba downgrade driver vganya. kelemahan dari graphic ATI memang ada di drivernya sih.

      Hapus
  27. gan ini kenapa ya http://i.imgur.com/2fTwCFH.png
    ngeganggu banget pas main game sering freeze & bluescreen

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu VGAnya kena artifact gan..
      coba di cek deh, kemungkinan karena overheat jadi dia bluescreen..

      Hapus
  28. Gan VGA GTX 680 ane kok setiap ane install driver kok No display ya? klo gak ane Install drivernya normal. udh ane Install Ulang Os, Gonta-ganti driver tetap sama. Dulu sih normal gan.. gak tau kenapa sekarang jadi begitu. Itu kira-kira apanya yg rusak yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dari monitornya gan. monitornya tidak terdeteksi oleh driver VGAnya.. coba tes deh gunakan monitor lain. kalau versi 680 bagusnya yang support HDMI biar mantap..

      Hapus
  29. Gan VGA card punya saya cuman timbul walfan aja tapi kalo ga pake VGA biasa normal solusinya gan...
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di setting resolusinya di kecilkan, mungkin monitornya tidak support resolusi tinggi gan..

      Hapus
  30. Maksudnya cuman timbul walfaper aja ga ada icon

    BalasHapus
  31. ane mau nanya gan, Klu VGA panas permasalahannya apa tu gan...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi dua hal gan, karena memang VGAnya dipaksa jalan terlalu lama misal bermain game dengan settingan kualitas grafis yang tinggi atau kipasnya kurang baik bekerja misal terlalu banyak debu.

      Hapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. laptop saya terkena artifact setelah menginstal ulang dari wins 7 ke wins 10, tetapi setelah saya disable fungsi vganya malah lancar ya vga saya radeon 7640g+ 7470m

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di disable, yang jalan itu display vga standar.. coba update driver sesuai dengan OSnya ya

      Hapus
  34. permisi gan, saya menggunakan vga GTX 1050 oc 2gb, sudah memakai 6 bulan.. bebrapa hari yang lalu saat menghidupkan tombol power pc, tiba2 keluar asap dan bau sangit kebakar.. dan ternyata itu bersumber dr vga, karna masih garansi saya coba untuk klaim langsung ke distributornya, ternyata garansi tidak berlaku bila ada komponen dr vga terbakar/hangus (menurut mereka akibat kecerobohan user), dan kemudian saya coba ke tempat servis vga umum, ternyata yg terbakar itu regulatornya dan tidak bisa dibetulkan.. karena penasaran saya mencoba untuk menghidupkan pc dengan menggunakan vga lama saya, dan hasilnya pc hidup berjalan normal tanpa masalah.. yang saya ingin tanyakan, apa penyebab vga baru saya bisa hangus dan mengeluarkan asap? apa karena listriknya? padahal saya susah menggunakan stabiliser dan menggunakan PSU pure dr corsair dengan daya 500 watt.. Mohon pencerahannya dr agan.. terima kasih sebelumnya...
    spek pc :
    mobo ECS A785GM-M
    proc AMD Phenom II X4 955
    Memory VGen 4GB x 2 PC 10600
    VGA Galax Nvdia GTX 1050 2Gb oc series single Fan (VGa lama Zotac Geforce GT 240)
    PSU Corsair CX500

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo,
      wah kalau terbakar berarti ada short/konslet listrik di motherboardnya. sebaiknya dicek apakah arus stabil dan colokan vga sudah tercolok dengan betul atau tidak.

      Hapus
  35. Kalo vga saya suka freze/hang itu kemana ya terus kadang pas main game tampilannya warna jadi aneh gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu berarti VGAnya tidak mampu memproses game yang dimainkan. sebaiknya kalau seperti itu jangna dipaksakan karena kalau dipaksakan VGA bisa overheat dan terjadi konslet

      Hapus
  36. Hello gan, saya mau nanya.. kenapa saat saya memasang vga card ke pc saya itu monitor tidak mau menyala, berbeda dengan saat saya menghubungkan monitor dengan mainboard. Pedahal pada saat itu pengaaturan bios sudah di atur, dan saat cpu nya dinyalakan kipas vga card tersebut tetap berputar tetapi tidak dapat menampilkan gambar di layar monitor, nah dalam kejadian tersebut yang kemungkinan komponen yang bermasalah itu apanya yah? Apakah slot vga, vga cardnya sendiri atau mungkin konsumsi daya dari power supply nya sendiri yang kurang?
    Mohon balasan dan bantuannya ya gan
    terima kasih

    BalasHapus
  37. jasa bypass vga servis untuk Macbook Pro
    http://zapplerepair.com/kelemahan-Macbook-Pro-yg-bypass-vga-hanya-pakai-Intel-graphic.html

    BalasHapus
  38. Hello...
    Vga saya asus hd7770.yang mau sya tanyakan, vga normal kalau tanpa driver, tapi setelah sya pasang/ instal driver malah timbul bintik bintik artefak, driver Vga udah saya ganti berulang - ulang tapi hasilnya tetep,
    Yg mau saya tanyakan apa penyebabnya dan solusinya gimana.
    Trimakasih

    BalasHapus
  39. mas saya mau nanya,saya punya laptop yang laptop nya itu dia hidup tapi layar nya hanya putih doang,katanya sih itu kerusakan software nya,tolong penjelasan nya yaa mas

    BalasHapus
  40. kalau misal kan nya ada solusi kirim ke Email saya aja yaa mas

    albinziskind37@gmail.com

    BalasHapus
  41. Hallo gan, Laptop saya asus n56vz, vga intel,4000 hd Nvidia Geforce GT650M, ada kendala kenapa setiap intal driver bawaan laptop mati dan ada suara seperti Duff gitu, tapi kalau diinstal driver terbaru gak ada masalah, sayangnya sekarang main games jafi dredet2 seperti pes2016, tomb rider, dll suka dredet dan makin lama makin lambat dan panas, padahal dulu semua main sangat lancar gan, saking penasaran suatu hari kematin saya tiban langsung driver bawaan dan alhasil perform gamesnya bagus kembali, tapi setelah restart, penyakitnya balik alias laptop mati pas masuk windows... Saya paki ram oppotop 16 GB, oh iya waktu bln kmrn saya juga sufah semoat sevice cleaning laptop dan ganti thermal pastanya, mnta pencerahannya gan...

    BalasHapus
  42. Pak,bileh minta nomor telfon?,sy mau ngeluh masalah VGA saya... Terimakasih

    BalasHapus
  43. Permisi Gan,tolong tanya nih,aku pake laptop asus n56vz ,pada saat masuk ke windows 7 kadang kadang laptopnya jadi hang,layarnya manjadi blank dan muncul bintik2 di sebelah kiri layar,tapi ketika saya masuk lewat safe mode,aman2 aja,itu knp ya ? Terima kasih.....

    BalasHapus
  44. Permisi gan, numpang tanya nih. Kalau kerusakannya seperti GPU artifacts itu, VGAnya diganti yah. Makasih.

    BalasHapus
  45. gan anu saya,,,kalo di idupin awal awal kipas kenceng...deres tp setelah beberapa menit layar gelap , kipas cpu idup, kipas anu idup, lampu power nyala, lampu hdd nyala normal, nmlock keyboard normal...itu kenapa ya gan...

    BalasHapus
  46. Gan numpang nannya laptop saya pake gtx1050 pas awal hidup normal, nah selang beberapa saat itu driver gk ngedetek lagi, trus kalow di restar hidup lagi tapi ngulang seperti yang pertama

    BalasHapus
  47. http://omah-download.blogspot.com
    TUTORIAL SERVIS LAPTOP GRATIS

    BalasHapus
  48. Gan cpu ane pake vga gtx 1050 & ada vga onbordnya mainbord gigabyte (intel core i3 7100) , itu kl dinyalakan sekali ada bunyi bib , tombol numlock nyala tapi tidak bisa ke layar , dan harus dipejet tombol restar baru bisa masuk ke layar , dan kadang pas posisi nyala ada bunyi bib dari mainbord itu apanya ya ?

    BalasHapus
  49. Mau tanya dong kak... saya pakai GTX 1050 dan entah kenapa sering berhenti dan saat saya menyalakan pc tiba² gtx 1050 nya tidak kedeteck dan suka keluar sendiri saat bermain game

    BalasHapus
  50. Salam orang baikku .......

    Nama saya Sartika Dewi dari kota Batan Miroto Semarang di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk berhati-hati mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak pemberi pinjaman di sini penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari Anda uang, saya mengajukan pinjaman sekitar 80 juta Rupiah dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka berulang kali meminta pembayaran, saya membayar hampir 6 juta uang sehingga saya tidak mendapatkan pinjaman,

    Terima kasih kepada Allah, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman dari REBACCA ALAM LOAN COMAPANY, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada Mrs. Rabacca Alma, dan saya menyerahkan 200 juta rupiah, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya mendapat pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan.

    Jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu yang baik dan dengan rahmat ALLAH Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.
    Ny. Rebacca Alma, melalui email: rebaccaalmaloancompany@gmail.com
    Mrs. Rebacca Alma Nomor Whatsapp: +14052595662

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email:
    TESTIMONI OLEH Penerima Manfaat: Sartika Dewi
    Email: {sartika2dewi89@gmail.com}
    Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga Allah terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    Assalanualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  51. Salam orang baikku ......

    Nama saya Sartika Dewi dari kota Batan Miroto Semarang di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari Anda uang, saya mengajukan pinjaman sekitar 80 juta Rupiah dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka berulang kali meminta pembayaran, saya membayar hampir 6 juta uang sehingga saya tidak mendapatkan pinjaman,

    Terima kasih kepada Allah, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman dari REBACCA ALMA LOAN COMAPANY, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada Mrs. Rabacca Alma, dan saya menyerahkan 200 juta rupiah, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya mendapat pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan.

    Jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu yang baik dan dengan rahmat ALLAH. Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.
    Ny. Rebacca Alma, melalui email: rebaccaalmaloancompany@gmail.com
    Mrs. Rebacca Alma Nomor Whatsapp: +14052595662

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email:
    TESTIMONI OLEH Penerima Manfaat: Sartika Dewi
    Email: {sartika2dewi89@gmail.com}
    Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga Allah terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    Assalanualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  52. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  53. Kabar baik!!!

    Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
    pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

    Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Email saya: teddydouble334@yahoo.com

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin