Cara Menggunakan Linux Live USB Creator dengan Flashdisk

Posted by

Linux Live USB atau biasa disebut LiLi USB Creator merupakan sebuah tools atau software gratis free yang digunakan untuk membuat Bootable Linux dengan USB flashdisk. jadi ketika kita ingin install linux ( Ubuntu, Backtrack, debian, dll )di netbook atau tidak melalui Media CD/DVD, maka kita dapat menggunakan software ini.
cara membuat flashdisk bootable linux
ilustrasi

Update versi terbarunya sudah dapat membaca versi linux yang paling terbaru, misalnya saja Ubuntu 13.10 ( Saucy Salamander) caranya cukup mudah, yang perlu dipersiapkan adalah :
  1. File .ISO, .IMG, .ZIP atau CD atau anda juga bisa download melalui aplikasi ini.
  2. 1 buah USB Flashdisk ukuran min 2GB.
  3. dan tentunya  Tools Linux Live USB Creator versi terbaru.
anda dapat mendapatkan file LiLi USBnya melalui Website resminya disini .

Setelah anda mendapatkan semua yang perlu di persiapkan, mari kita mulai Set-up linux livenya.

interface Linux Live USB Creator
Antarmuka Linux live usb Creator
Berdasarkan Gambar diatas, terdapat 5 buah langkah yang perlu kita lakukan untuk menjadikan USB flashdisk kita dapat bootable dan menjalankan live CD. 

Langkah Pertama 

Pilih USB Drive yang akan dijadikan Bootable, harap diperhatikan minimal 2GB yah, dan pastikan juga flashdisk anda kosong atau tidak terdapat data penting.

Langkah Kedua

Pilih sumber OSnya. disana terdapat 3 pilihan, :
  1. ISO/IMG/ZIP merupakan sebuah drive virtual yang biasanya anda dapatkan kalau download dari website resmi distro linuxnya.
  2. CD, jika anda mempunyai CD distro linux anda
  3. Download, jika anda belum mempunyai data mentahannya dan ingin mendownload. banyak pilihan distro dari versi awal hingga versi paling terbaru.
Langkah Ketiga

Setelah memilih jenis media, selanjutnya anda bisa mengatur berapa banyak alokasi size yang dapat dijadikan live mode. saran saya jika anda hanya ingin meng-install. jangan ubah atau ganti nilai disini.

Langkah Keempat

Disini ada beberapa opsi, pilih atau centang Hide Created Files, Format in the Key FAT32

Langkah Kelima

Ini merupakan langkah terakhir, anda klik gambar Ligthning, dan tunggu sampai proses selesai. jika sudah selesai indikator akan menunjukan progress 100 %. anda bisa mencabut flashdisk anda. 

Sekarang anda bisa melakukan instalasi Linux berbagai macam distro melalui flashdisk USB anda. tinggal ubah settingan yang ada pada menu BIOS untuk mengganti urutan priority booting. nah demikian yang bisa Myrepairsolution blog sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda. :)


Blog, Updated at: 12/18/2013

2 komentar:

  1. mantap dah artikelnya kawan
    http://acemaxs31.com/obat-herbal-hernia-ampuh/

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Google+ Followers

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin