Solusi Mengatasi Cursor Mouse yang Bergerak dan Pindah Sendiri

Posted by

Cursor menjadi salah satu unsur penting yang ada di dalam system komputer maupun laptop karena Cursor menjadi suatu indikator penunjuk yang bisa kita lihat sehingga kita dapat melakukan suatu perintah tertentu terhadap komputer. nah tapi pernahkah kalian mengalami ketika sedang asyik menggunakan komputer atau mengetik Tiba - tiba cursor pindah atau lompat dengan sendirinya, padahal touchpad maupun mouse tidak kita sentuh sedikitpun. hal sederhana seperti dapat menggangu pekerjaan kita karena misalnya ketika kita sedang mengetik dokumen dan cursor pindah dengan sendirinya, maka ketikan kita itupun akan kacau. contoh lainnya misal ketika kita sedang bermain game tiba - tiba cursor berpindah dengan sendirinya tentu akan membuat kita kesal dan marah,.

Cara Mengatasi Cursor Mouse yang bergerak sendiri
kesal mouse suka gerak sendiri ?

pada kesempatan kali ini lah admin akan memberikan Solusi Mengatasi Cursor Tiba - tiba Pindah atau Lompat Dengan Sendirinya. diharapkan setelah membaca artikel ini kamu yang memiliki masalah dengan cursor atau mouse tersebut dapat memecahkan masalahnya sehingga dapat beraktifitas dengan normal.

Solusi Umum

Masalah seperti ini biasanya terjadi pada laptop atau notebook karena sensitivitas mouse/cursor yang terlalu tinggi, sehingga cursor akan sangat mudah bergerak walau hanya tertiup oleh angin. :p. nah cara mengatasinya ikuti langkah berikut ini :

1. Masuk ke Control Panel ( untuk windows XP, windows 7, dan Windows 8 ), lalu pilih menu Mouse Options. maka akan keluar jendela pengaturan Mouse.

mouse option untuk mengurangi speed cursor
Pengaturan Cursor
setelah itu lalu klik tab Pointer Options dan hilangkan tanda centang pada menu Hide Pointer While Typing .ini akan membuat cursor mouse kita akan hilang pada saat kita melakukan kegiatan mengetik sehingga tidak ada lagi kasus tulisan kita berantakan karena pointer mouse ini :). disini anda juga bisa mengurangi speed pointer jika dirasa kecepatan mouse terlalu cepat. cara ini berlaku untuk seluruh versi windows ( Win 8, 7, XP, vista ).

Solusi Pilihan

Jika Cara diatas masih belum manjur, anda bisa menggunakan aplikasi mouse dan keyboard Navigation bawaan dari vendor laptop atau hardware mouse anda.  
berdasarkan pengalaman dan keluhan dari teman - teman. masalah ini sepertinya lebih sering dihadapi oleh laptop merk Toshiba Satelite dan Asus, namun tak menutup kemungkinan juga merk yang lain akan mengalami hal yang sama (Acer, Axio, dll).

berikut ini akan saya berikan informasi website dari masing - masing merk laptop untuk melakukan download driver untuk mempermudah anda. 

  • Toshiba Driver Download all Series : Drivers
  • Asus Driver Download all Series : Driver
  • Acer Driver Download : Drivers
  • HP Driver Download : Drivers
  • Axio Laptop Driver Download : Drivers
  • Lenovo Driver Download : Driver
nah setelah masuk website masing - masing anda bisa melakukan pencarian Touchpad Driver atau Hotkey Driver. setelah terinstall anda bisa melakukan konfigurasi untuk meminimalisir terjadinya malfungsi pada cursor touchpad anda.

Solusi Alternatif

Nah jika kedua solusi diatas masih belum juga memberikan hasil, solusi lainya coba anda cek apakah masalah cursor dan pointer berpindah secara sendirinya tersebut terjadi ketika charger laptop sedang di colok ? mengapa saya bertanya demikian ? karena untuk beberapa kasus, charger laptop  yang kurang baik dapat juga memberikan masalah dan malfungsi pada cursor touchpad kita. ini dikarenakan kualitas charger yang kurang bagus sehingga aliran listrik membuat kacau touchpad kita. oleh karenanya saran admin adalah "Gunakan Charger Original dan berkualitas" . hal ini bisa juga terjadi dan mengakibatkan Laptop kita tidak bisa mengeluarkan suara lho. 

paling berbahaya jika kita menggunakan charger Universal karena bisa mengakibatkan konsleting listrik untuk jangka panjang dan Baterai tidak mengisi 100% untuk jangka pendek.

nah demikianlah Cara Mengatasi Cursor Mouse Bergerak Dengan Sendirinya. semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu kalian dalam menghadapi masalah tersebut. jika berkenan silahkan tinggalkan komentar atau beri +1 pada google plus kami dan like fanspage facebooknya ya untuk selalu mendapatkan informasi terbaru seputar Masalah Teknologi dan Komputer.


Blog, Updated at: 5/22/2014

141 komentar:

  1. mas mau tanya kenapa kursor tanpa di tekan dia bergerak sendiri,,thanks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, biasanya karena ada masalah di kabel mouse, atau kalau di laptop itu touchpadnya sudah tidak sensitive lagi. solusinya, coba download driver terbaru kalau untuk laptop.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Makasih informasinya bos...
    Akhirnya ketemu juga penyakitnya, gara-gara cas yg gak ori ....

    Semoga tambah sukses Blognya ya bos ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah selamat kalau begitu, dan terimakasih telah berkunjung :)
      semoga bermanfaat..

      Hapus
  4. Mas mau tanya nih
    Saya punya macbook pro , lah kadang tuh touchpadnya klik kanan sendiri, kadang normal sendiri , begitu seterusnya, itu kenapa yah mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, untuk macbook karena dia tidk ada sistem install driver touchpad maka sepertinya kerusakan ada pada hardware touchpadnya itu, mungkin karena tertindih benda yang cukup berat sehingga sensor touchpadnya menjadi error. saran saya coba bawa ke service center terdekat untuk di cek sensornya.. :)

      Hapus
  5. Mas mau tanya nih
    Saya punya macbook pro , lah kadang tuh touchpadnya klik kanan sendiri, kadang normal sendiri , begitu seterusnya, itu kenapa yah mas ?

    BalasHapus
  6. saya mau tanya mas cara utk mernormalkan kembali komputer saya tampilannya/tulisan bergerak sendiri. sehingga sulit untuk melihat atau membaca karena bergerak sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, sepertinya kalau tulisannya bergerak sendiri itu bukan soal cursor, tapi ada masalah pada layarnya.
      coba gunakan pixel repair master..

      Hapus
  7. Ass kalo pointer mati hidup melulu, seperti kalo mo rename nama file susah. Kita ketik2 dianya mati. Harus ditekan lagi pake mouse. Gimana solusinya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, itu laptop atau PC?
      biasanya ada masalah di mouse atau touchpadnya. coba ganti dengan unit mouse yang lain apakah masalahnya tetap ada atau tidak..

      Hapus
  8. ini mouse d komputer saya kok suka gerak2 sendiri ? bagaimana solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, bisa dicoba dengan cara yang ada di artikel ini, silahkan dicoba.. :)

      Hapus
  9. Hallo ,mas laptop merk HP punya ane kursor nya bergerak sendiri ,..sudah di akalin pake mouse tetep bergerak sndri.kalau baru pemakaian normal setelah beberapa menit langsung error
    Solusi nya dong mas broo

    BalasHapus
    Balasan
    1. errornya seperti apa ya? bisa kasih screenshot?
      solusinya bisa dicoba dengan menonaktifkan touchpadnya lalu gunakan mouse. kalau touchpad masih aktif dan menggunakan mouse pasti hasilnya akan sama saja..jadi, touchpadnya di nonaktifkan dulu. biasanya ada tombolnya kalau di HP

      Hapus
  10. Bang, kalo di casnya yang bermasalah, itu di instal driver touchpad tetep gerak2 sendiri gak ya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba dulu saja, kalau memang masalahnya ada di driver pasti touchpadnya tidak akan bergerak sendiri lagi. tapi kalau masalahnya ada di hardware biasanya masalah akan tetap ada..

      Hapus
    2. Hallo kak, saya punya laptop toshiba, kalau saya lagi ngetik tugas, kursor nya otomatis bergerak sendiri, dan ketikan tulisan saya jadi kacauu. Ini gimana ya?

      Hapus
  11. mas saya mau tanyaketika pake mouse biasa lancar tpi pas pake mouse gaming ko bergerak terus sendiri ke pinggir kiri bawah layar

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, mouse gamingnya apa ya?
      sudah dicoba ke laptop lain/kompputer lain?
      kemungkinan ada error di port mousenya///

      Hapus
  12. Mas,, tanya,, ini laptop acer 4736Z saya kok kursornya bergerak sendiri,, padahal sudah dimatikan dan diganti pake mouse. Setiap mau ngetik langsung loncat sana sini ga beraturan..
    Ada saran mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba touchpadnya dinonaktifkan.. biasanya masalahnya ada di touchpad. sensornya terlalu sensitif atau rusak..

      Hapus
  13. Bro saya udah lakuin semua masih begini juga masih gerak sendiri solusi nya gmn

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai mouse usb apakah masih bisa?

      Hapus
    2. A leading service provider in the printer, imaging, and scanner system devices, we deliver high quality services that can exceed the expectation of our customers.

      For more details https://www.printerofflinefix.online

      Hapus
  14. Mas mau tanya kenapa kursor laptop gerak ke bawah terus ya sampai mencoba menggunakan keyboardpun tetap bergerak kebawah ya punya solusi gak mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya itu karena touchpad tertekan sesuatu,.alternatifnya nonaktifkan touchpad dan gunakan mouse usb

      Hapus
  15. bang, laptopku mau pake touchpad ataupun mouse selalu keatas terus, sekali dimaatiin Fn+F7 bisa cuma semenit terus keatas lagi begitu terus berulang ulang. udah coba uninstal ga berhasil.
    itu apanya ya ? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, sepertinya itu yang error dr laptopnya ya kalau misalkan usb ttp seperti itu jadi touchpadnya tidak bisa dinonaktifkan..
      saran saya coba install ulang lalu update driver semuanya ya..

      Hapus
  16. Ka mau nanya kadang keyboardnya suka error gitu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. errornya gimana ya ?
      bisa dijelaskan lebih rinci lagi ?

      Hapus
  17. Kalau punya saya Pointernya selalu pindah ke sisi kiri atas halaman word. Terus kalo di klik ke bagian lain ga bisa. Tetep diam di situ, dan berkedip kedip lebih cepat dari biasanya. Kata tukang servis, itu keyboardnya harus ganti. Apa iya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini laptop atau PC ya ?

      ada dua kemungkinan. yang pertama betul keyboardnya, jadi seperti ada tombol yang selalu menekan tanpa henti. yang kedua mouse/touchpadnya, biasanya karena tertindih bendar yang terlalu berat atau basah.

      Hapus
  18. Asalamualaikum. Mau tanya gan laptop saya Acer dan kursor nya selalu begerak terus kearah kiri, sampai saya akalin untuk tidak memakai touchpad nya. Konektor touchpadnya saya tidak sambungkan ke laptop. Tapi masih seperti itu gan. Mohon bantuannya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kemungkinan errornya di bagian touchpad ke mobonya gan. sebaiknya di cek ke service center terdekat deh

      Hapus
  19. Permisi gan, Saya Mau Tanya, gimana ya cara membuka mouse yang tidak ada bautnya?, mohon di jawab gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya mouse tipe seperti itu tinggal di congkel saja gan. cari bagian yang mudah untuk di congkel. tapi harus hati2 yaah sebaiknya kalau ragu dibawa ke service center saja mousenya

      Hapus
  20. Mantabs,,, terimakasih sudah sangat terbantu. Sukses selalu...

    BalasHapus
  21. betul min setelah berbagai cara tdk sembuh ga taunya alternatif trakhir soal charger setelah sy cabut sembuh..mksh artikel ny sgt membantu..

    BalasHapus
  22. Laptop saya kan chargernya udah rusak. Pas beli yg baru malah error ke kursornya, kalo di sentuh malah kemana2. Pertanyaanya gmna kalo pake mouse ? Bisa normal lagi apa nggak kursornya ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, pemakaian mouse tidak akan mempengaruhi kursornya karena sepertinya yang bermasalah itu dr komponen hardwarenya. tapi bisa jadi solusi agar laptopnya bsa digunakan kembali

      Hapus
  23. Gan laptop saya sony vaio pocket, kenapa ya cursornya bergerak sendiri terimah kasih!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan pernah ada air atau short listrik dr touchpadnya. sebaiknya coba bawa ke service center trdekat :)

      Hapus
  24. Gan laptop saya sony vaio pocket, kenapa ya cursornya bergerak sendiri terimah kasih!!!

    BalasHapus
  25. Laptop saya toshiba, kalau saya lagi ngetik kursor nya tiba2 bergerak ke awal paragraf dan otomatis tulisan saya menjadi kacau, ini gimana dong?

    BalasHapus
  26. terimakasih banyak mas, artikel ini sangat membantu saya. semoga menjadi amal kebaikan anda..

    BalasHapus
  27. It is a very suitable blog based on my requirement as I had an issue of printer driver installation and by going through this blog I can easily set it up instantly by my own. I also found allitservices.us helpful to me as they also provide valuable information in an easy and simple language.

    Antivirus Support ,
    Data Recovery Support ,
    Browser Support ,
    hp printer support ,
    hp printer offline ,
    hp printer setup ,
    canon printer support ,
    canon printer offline ,
    canon printer setup ,
    browser support ,
    browser support Number ,
    browser support phone number
    Printer Offline ,
    WPS Pin on HP Printer ,
    HP Printer Support Phone Number ,
    www hp com 123

    BalasHapus
  28. Get instant help for install/Download Drivers & softwares from http://123helpline.com/hp-printer-setup/ Printer Setup page 123helpline.com website to setup HP Printer.

    HP Printer Support , |
    HP Printer Customer support , |
    HP Printer tech support Number , |

    BalasHapus
  29. Unable to download, install, or uninstall HP printer driver? Get connected with the technicians at HP printer driver support by simply dialing the toll-free number.

    BalasHapus
  30. Aslm... mas mau tanya mohon solusinya . Masalahnya dari mouse susah di atur kalo pas di aplikasi coraldraw susah group objek.

    BalasHapus
  31. Thanks for writing a this blog. It help me a lot to find right HP drivers. If any one looking HP.com/support/envy 5000 follow our blog HP com support.

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Yuk Buruan ikutan gabung di situs TANPA ROBOT DAN TANPA ADMIN YANG IKUT BERMAIN.

    * Tersedia 5 Jenis Permainan Dalam 1 Akun

    * 100% Member vs Member.

    Promo :
    * Bonus Refferal 10% + 10% seumur hidup
    * Bonus Turn Over 0,5%
    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000

    Pelayanan dan Sistem :
    * 100% Member Asli
    * Pelayanan DP & WD 24 jam
    * Livechat Kami 24 Jam Online
    * Bisa Dimainkan Di Hp Android & Iphone

    Kami Menyediakan 6 Bank Lokal :
    BCA - BNI - Mandiri - BRI - Danamon - CIMB Niaga

    Untuk Pendaftaran, Silakan Kunjungi :
    WWW.TAPAKNAGA.INFO

    Contact :
    WHATSAPP : +855967014811
    LINE: Cs_nagaQQ
    TELEGRAM: +855967014811

    BalasHapus
  34. Skype Support is here to help you with all of your The new Skype for Android and Video calls, Group calls, Skype to Skype, Skype to Phone, Skype Number

    skype Support
    skype Support Number
    skype Technical Customer Support

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. AVG antivirus is the top of the line antivirus for the assurance of your computerized gadgets. It is intended to keep you protected and secure. It secures your significant information and documents, out of the compass of programmers.
    It examines the information put away in your PC regardless of whether you are away from your PC.
    http://wwwavgcomretail0.yolasite.com/

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Thank you for sharing such a nice information about the business but we are one of the center in San diego which provide following treatment in Our rehab centre to know more click below link
    Safe Detox Center In San Diego
    Addiction Intervention In San Diego
    San Diego Rehab For Neurological
    Stroke Rehab In San Diego
    San Diego Rehab For General Debility
    San Diego Rehab For Orthopedic

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Arch dental is #1 dentist in Northampton because they have quality services & excellent customer reviews on google to know more visit the website

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Solusi Mengatasi Cursor Mouse yang Bergerak dan Pindah Sendiri-Thankyou for all your valuable efforts on this blog.I looking forword to read more.I really want to post the comment in order to express gratitude to you.
    How to delete AOL Mail Account?

    BalasHapus
  46. Bang kenapa kalo saya menulis tiba-tiba touchpad saya pindah ke depan

    BalasHapus
  47. Bang kenapa ya mouse aku gerak - gerak sendiri padahal sama sekali gak di gerakin , gara2 setelah update/pembaharuan windows 10 , ada solusi nya kah?!

    BalasHapus
  48. If you need to use any type of model of HP printer for your printing needs, you can set up your suggested model number of HP printer using printer setup. This website assists you to set up the suggested model number of your HP printer in the suitable ways. First of all, you want to open this link in your suggested browser and download the application step by step. After that, you want to perform shown steps in the direct ways. If you get jammed in the procedure, you can take the good technician from an online technical specialist.

    BalasHapus
  49. iot training in chennai - Iot Training in Chennai - IOT is an latest trending technology in which most of students are literally Interested to start there career in. Find the Best IOT Training Institute in Chennai.

    DevOps training in chennai - Start to learn the DeVops technology from the Best DeVops training Institute in Chennai.

    blue prism training in Chennai - Join the Robotic process automation from the Best Blue prism training in Chennai and go forward in your career.

    uipath training in Chennai - Join the uipath course and training in Chennai a web application course that will help you to schedule, monitor as well as manage the Robots.

    microsoft azure training in chennai - Microsoft azure is an course for both freshers and experienced, get trained under the Best Microsoft azure training Institute in Chennai.

    BalasHapus
  50. Hi Very Nice Blog I Have Read Your Post It Is Very Informative And Useful Thanks For Posting And Sharing With Us. Thanks for sharing! Know about fubo.tv/connect enter code.

    BalasHapus
  51. Install AOL Desktop Gold software is a very simple easy steps process. Do not require any technical knowledge for installing Downloading AOL Desktop Gold Download or visit primevideo.com/mytv

    BalasHapus
  52. I hope to see more post from you. Thank you for sharing this post. Your blog posts are more interesting and impressive

    TN Treasury ePayslip Download, ECS Status Check, TN Treasury, TN Treasury Pay Slip

    BalasHapus
  53. Want to build a single vendor or multi-vendor eCommerce store? Goappx Ecommerce clone app
    can help you launch one with the hassle of coding and testing.

    BalasHapus
  54. Due to poor technical knowledge, I am getting jam in the middle of the setup process of the HP printer. What to do? I am unable to guess the setup process of the HP printer. It has become a risky task for me, so I need to take the master technical help from a certified technical specialist.
    hp deskjet 2652 wireless setup

    BalasHapus
  55. Due to poor technical knowledge, I am getting jam in the middle of the setup process of the hp deskjet 2652 wireless setup printer. What to do? I am unable to guess the setup process of the HP printer. It has become a risky task for me, so I need to take the master technical help from a certified technical specialist.

    BalasHapus
  56. Your blog is filled with unique good articles! I was impressed how well you express your thoughts.

    Mudra Yojana | PM Mudra Yojana

    BalasHapus
  57. Nexivo Consulting is the indias No.1 Zoho Premium Partner know More

    BalasHapus

  58. Thanks for sharing the valuable information. keep sharing the information.
    visit here:SAAS Application Development company in India.
    Mobile Application Development company in India.
    Ai Solutions Development company in India.
    Web Application Development company in India.
    Ecommerce Development company in India.

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin