Cara Menghapus Aplikasi Secara Bersih Dengan Revo Uninstaller

Posted by

Pada tahun 2013 - 2015 ini, aplikasi untuk komputer sudah berkembang sangat pesat, mulai dari aplikasi untuk kantoran hingga game. bukan hanya fitur serta keanekaragaman yang bertambah, tetapi juga ukuran yang sangat besar. contohnya bagi kalian para gamer pasti sudah merasakan betapa besar ukuran sebuah game terbaru seperti sebut saja Far Cry 4, Watchdog, Dragon age Inquisition, dll.satu aplikasi atau game bisa memakan hingga 30 GB space hardisk. nah, kalau sudah begini pasti kalian bingung untuk menghapus salah satu aplikasi demi dapat menginstall aplikasi atau game terbaru. tapi seringkali untuk dapat menghapus aplikasi ini tidaklah mudah, karena jika kita mengandalkan fitur add/remove program dari control panel tidak lah cukup bersih dan akan meninggalkan "sampah" yang hanya menggangu kinerja komputer kita.

panduan menghapus aplikasi dengan revo uninstaller
bingung caranya ?

nah, tapi jangan khawatir karena ada aplikasi yang dapat memudahkan kita menghapus sebuah aplikasi atau game dengan sangat bersih sehingga tidak meninggalkan bekas yaitu dengan menggunakan REVO UNINSTALLER. Pada kesempatan ini, admin akan memberikan tutorial bagaimana cara mengapus sebuah aplikasi dengan Revo Uninstaller Terbaru. silahkan disimak :)

Persiapan

hal yang perlu dipersiapkan tentunya adalah kalian harus menginstall software Revo Uninstaller. aplikasi ini bisa kalian dapatkan di website resminya.


Langkah - langkah

setelah revo uninstaller berhasil di install di komputer kamu, selanjutnya kamu bisa langsung menghapus aplikasi yang kamu ingin hapus dengan menggunakan revo uninstaller ini. caranya adalah sebagai berikut.

1. Buka aplikasi revo uninstaller untuk dapat menghapus aplikasi secara bersih. 

buka revo uninstaller
tampilan revo unsintaller

setelah terbuka, selanjutnya akan tampil daftar aplikasi - aplikasi yang ada di komputer atau laptop kamu, nah kamu pilih aplikasi yang ingin kamu hapus secara bersih. lalu tekan tombol Uninstall di menu bar.

2. setelah di klik, akan muncul jendela penghapusan aplikasi, dimana proses pertama yang dilakukan oleh revo uninstaller terbaru adalah melakukan backup data, dan pembuatan restore point.

proses analysis revo uninstaller
pembuatan system restore point.

3. nah, setelah revo uninstaller berhasil melakukan backup, maka kita akan diberikan pilihan metode pembesihan yang bisa dilakukan, seperti pada gambar di bawah ini.

pilih scanning mode moderate
pilih moderate
scanning mode yang disarankan adalah moderate, karena pembersihan cukup bersih tanpa takut merusak sistem yang ada.

4. nah ketika tombol SCAN ditekan, maka akan muncul wizard uninstall aplikasi tersebut. disini kalian hanya tinggal klik next - next saja seperti uninstall biasa. setelah selesai selanjutnya akan masuk ke fase dimana revo memberikan kita pilihan untuk dapat menghapus registri aplikasi yang sudah kita hapus tadi agar benar - benar bersih.

pilih registri yang huruf tebal saja
pilih registri yang huruf tebal
seperti pada gambar diatas, pilihlah registry yang dalam keadaan huruf tebal saja, ingat huruf tebal, jadi jangan semua kamu beri tanda ceklist. jika semua kamu beri tanda ceklist, akan berakibat fatal karena dapat menghapus registry utama system.

setelah kamu yakin telah memberi tanda checklist pada daun registry yang tepat, sekarang kamu klik tombol Delete. maka revo uninstaller akan menghapus registry sisa tersebut.

5. setelah fase menghapus registry sisa, selanjutnya akan masuk fase menghapus file atau folder yang tidak di pakai lagi.

beri tanda centang pada semua file dan folder
pilih semua folder dan file yang tersisa

pada tampilan kali ini, kalian bisa Memilih semua file dan folder yang ada pada daftar tersebut, karena file tersebut merupakan file sampah dan sisa. biasanya file serta folder ini merupakan file yang berisi data pengguna aplikasi dan save game yang telah kita mainkan.

(ingat !, tujuan kita menghapus aplikasi dengan revo uninstaller adalah untuk menghapus secara bersih tanpa meninggalkan apapun yang berkaitan dengan aplikasi tersebut)

Demikianlah Cara Menggunakan Aplikasi Revo Uninstaller Terbaru dengan mudah, sekarang tentunya space hardisk kamu akan semakin lega karena tidak ada lagi file sampah yang tertinggal. :)

untuk catatan, jika kamu ternyata masih ingin menggunakan aplikasi yang sudah kita hapus dengan revo uninstaller tersebut, tenang saja, karena ingat pada fase pertama, revo uninstaller secara otomatis membuat backup restore point, maka kamu bisa me-restore aplikasi yang telah dihapus dengan system restore milik windows, bagi pengguna windows 8.1 kalian bisa baca petunjuknya di Cara Menggunakan System Restore Windows 8.1.

Terimakasih telah mengunjungi blog Solusi Masalah Pada komputer ini, semoga kalian betah, jangan lupa tinggalkan komentar dan like fanspage kami :)

Happy New Year 2015 !! (^_^)


Blog, Updated at: 1/01/2015

5 komentar:

  1. sangat membantu gan,,tapi untuk aplikasi yang di backup gak ada yang mengalami perubahan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, maksudnya aplikasi yang di backup bagaimana ya ?

      Hapus
  2. Terkadang saya suka jengkel kalau uninstall lewat add/remove program karena msh suka menyisakan sampah. Terimakasih mas lengkap sekali tutornya.

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat sekali mas info nya. Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas, semoga bermanfaat.. :)

      Hapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Google+ Followers

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin