Penyebab dan Solusi Mengatasi Baterai Laptop Tidak Terisi 100%

Posted by

pada awal tahun 2013  hingga sekarang, pertumbuhan laptop atau komputer jinjing sangatlah luar biasa. sebagaimana bisa kita lihat bukan hanya orang - orang IT saja yang memakai laptop / notebook ini tetapi orang yang pekerjaannya bukan di bidang IT pun sekarang memilikinya. karena tuntutan pekerjaan dan mudahnya bekerja secara mobile dengan perangkat gadget yang satu ini. namun seiring berjalannya waktu, kini penggunaan laptop pun menuai banyak pertanyaan seputar masalah yang biasa terjadi terhadap komponen - komponen yang ada di laptop salah satunya adalah baterai.

Solusi dan Penyebab laptop tidak bisa melakukan Charge sampai penuh
mengatasi batre laptop tidak 100%

 Pernahkan anda mengalami ketika baterai sudah di cas (charge) selama beberapa jam namun Baterai laptop tidak kunjung penuh ? atau batere notebook tidak sampai 100%  (fully charged) dan selalu berada di bawahnya selama apapun kita melakukan charge. dan di indikator baterai, muncul tulisan "Battery not Fully charged" ?  ya, pada bahasan kali ini akan kita bahas, Penyebab dan Tips Solusi Mengatasi Baterai Tidak Terisi Penuh. silahkan disimak.

Penyebab Baterai Tidak Kunjung Penuh

biasanya hal ini terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya :
  • gangguan listrik. Seringnya mati lampu dan tidak stabilnya listrik membuat ketahanan baterai cepat menurun karena pasokan yang masuk tidak sesuai dengan daya tampung yang ada sehingga mengakibatkan baterai mengalami malfungsi.
  • Membiarkan Laptop mati karena kehabisan baterai. hal ini yang sayangnya masih sering di anggap lumrah oleh kita. padahal sebenarnya betari laptop mempunyai counter limit penggunaan berapa kali kita melakukan charge. 
  • Critical Battery Level yang terlalu rendah. pengaturan critical battery level di bawah 5% dapat menyebabkan kondisi baterai tidak tahan lama, oleh karenanya aturlah sebisanya pada level 10%.

Solusi Pengisian Baterai notebook Tidak Terisi Penuh 

setelah kita mengetahui penyebab dan faktor terjadinya hal ini, kali ini akan kita bahas bagaimana cara yang dapat kita lakukan agar umur baterai dapat bertahan lama kembali terisi penuh.

1. Biasakan untuk langsung melakukan Charge / cass baterai sebelum benar - benar mati. hal ini untuk memperpanjang cycle counter yang ada pada baterai laptop.

2. Ubah Critical Battery Action menjadi Hibernate jadi pada saat batre sudah habis, otomatis komputer akan melakukan hibenasi dan data kita aman karena tersimpan.

3. Ubah nilai Critical Battery Level di atas 5% dan low battery level menjadi 10%. jika bingung cara merubahnya, ikuti cara berikut :

Untuk Windows 7 :

Klik tombol Start > Control Panel > Security > Power Options. lalu pada pilihan "Select a power plan" klik pilihan "Change plan setting" pada bagian kanan. setelah itu akan muncul jendela "change setting for the plan" . Klik "change advanced power Setting" . lalu klik tanda (+) pada pilihan Battery, low battery level, dan critical battery level. disini anda bisa rubah angka persentase yang anda inginkan.

Untuk Windows 8 :

hampir sama seperti windows 7, akses control panel melalui Start Screen, Apps, Control panel. lalu cari bagian Security dan power options. selanjutnya langkahnya sama.

4. Setelah itu, lakukan pengecasan pada kedaan batre masih terisi penuh (bukan kosong atau low ). nah disini lakukan pengecasan dalam waktu yang lama, bisa lebih dari 5 jam. tenang saja, baterai tidak akan overcharged atau terbakar, karena batere laptop zaman sekarang sudah di lengkapi teknolog kalau baterai penuh maka proses charge akan berhenti dengan sendirinya.

5. setelah itu bisa dilihat penambahan 1% dari sebelumnya, jadi untuk memperoleh 100% anda bisa lakukan hal ini berulang kali.

6. Jika laptop tidak dipakai, maka lakukan pengecasan dalam keadaan laptop mati (shut down) ini akan mempercepat proses regenerasi cell - cell pada baterai. saran saya, lakukan cass pada malam hari ketika anda tidur, jadi keesokan harinya bisa dilihat hasilnya. namun, jauhkan posisi laptop dari tempat anda tidur, karena walaubagaimanapun radiasi barang elektronik yang dekat tidak bagus ketika kita sedang tidur.

*untuk poin nomor 6, pastikan selalu listrik di rumah anda benar- benar stabil sebelum melakukan charge pada malam hari.

UPDATE: Jika kamu pengguna windows 8 keatas dan ingin mengetahui kesehatan baterai kamu atau sekedar melihat sudah berapa cycle count / wear level baterai kamu, kamu bisa membaca ulasannya di => Kapan waktu yang tepat untuk mengganti unit baterai ?

Nah demikianlah Penyebab dan Solusi Batre Laptop Tidak Bisa Terisi Penuh semoga bermanfaat bagi anda. jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah ini atau kalau kalian suka, kalian bisa beri +1 atau like fanspage Solusi Masalah Komputer untuk mendapatkan informasi terbaru terkait masalah yang terjadi pada komputer. :)


Blog, Updated at: 4/20/2014

345 komentar:

  1. saya mau tanya, kalau saat cas berhenti di 88% dan tidak mau bertambah lagi, solusinya bagaimana? mohon bimbingannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, untuk menambah wear level batre, bisa di coba cara seperti pada postingan di atas :)
      ada baiknya dimulai dengan keadaan batre kosong ya..

      Hapus
  2. Saya ingin bertanya, jika ketika charge baterai tetap di angka 0% padahal keterangannya "Pluged in, charging". Itu apa yang terjadi lalu bagaimana solusinya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, jika sudah di colok dan statusnya "plugged in, charging" itu artinya sedang melakukan charge tetapi jika baterai tidak bertambah - tambah itu bisa jadi baterainya sudah tida mampu menampung daya lisrik lagi alias bocor.
      kalau dalam keadaan tidak sedang charge, laptopnya bertahan berapa lama ya ? kalau sudah di bawah 5 menit, baiknya segera ganti baterai dengan yang baru ya..

      Hapus
  3. jadi kalau dimulai dengan baterai kosong itu harus dipakai sampai mati dulu atau gimana?
    soalnya ini dari tadi 91% terus
    mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, 91% terus statusnya apa ya ? apakah "plugged in, not charging" atau "plugged in, charging" ? kalau not charging, berarti normal, karena laptopnya menggunakan daya listrik langsung tanpa melalui baterai.
      kalau tetap charging di 91% tetapi tidak bertambah2, coba cabut colokkannya, shutdown laptopnya, lalu colok lagi casannnya.. tunggu sampe 1-2 jam dalam keadaan laptop mati. stelah itu nyalakan laptopnya.

      Hapus
  4. saya Baru beli laptop scond waktu pertama dihidupkan batterei 79% adaptor dalam keadaan nyolok ke laptop ada tulisan plugged in.charging tapi lampu indikator batterei gak nyala dan betteri tetap kedi 79 %...besoknya saya hidupkan lagi...batterei tinggal 60% adaptor tetap nyolok seperti diatas...sekarang tinggal 40%..mohon pencerahan mengapa dan apa solusinya...Swun

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, apakah setelah di charge baterainya tidak naik2 ? wah kalau seperti itu biasanya baterainya sudah bocor..
      coba gunakan sampai baterai benar - benar habis atau pakai aplikasi untuk kalibaris baterai, setelah itu baru di charge dalam keadaan laptop mati. tunggu sekitar 2-3 jam, lalu lihat, apakah ada pertambahan status baterai..:)

      Hapus
  5. saya jg bingung mslh itu tjadi ketika umur batr saya 1thnan,,,saya beli lg yg baru, belum ada 2bln hal yang sama trjadi batre ga ngisi sempet ad peringatan consider replacing your batery...lampu indikator merah walau dalam keadaan ngcharge dalam posisi off,,kasian sama suami,,,bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, indikator "consider replacing your battery" adalah salah satu ciri baterai laptop telah rusak / bocor.
      coba untuk yang berikutnya, biarkan baterai terpasang dan listrik tercolok. kalau mau dipakai tanpa listrik, jangan biarkan baterai benar - benar kosong karena hanya akan mengurangi life cycle baterai tersebut.

      Hapus
  6. Untuk admin mohon maaf saya mau nanya, yang dimaksud dengan "Bocor" apa yah? Baterainya pecah atau apa?. Oh iya saya juga mengalami hal yang sama, yaitu tidak mau 100% saat di charge. Terus misalkan ini berhasil mencapai 100% hal tersebut akan terulang kembali tidak saat kosong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, pertanyaannya sudah di jawab di facebook yah :)

      atau admin post disini lagi agar teman yang lain yang punya pertanyaan yang sama bisa terbantu juga..

      yang dimaksud baterai bocor adalah kondisi dimana baterai tidak lagi mampu menyimpan daya listrik, jadi baterai akan cepat habis (waktunya bervariasi) walaupun sudah di charge sampai penuh. atau, baterai di ketahui bocor ketika ada tanda silang merah di lambang baterai sebelah kanan bawah layar..

      untuk pertanyaan kedua, tergantung dari pemakaian kita setelah memakai cara yang ada di blog . sebaiknya setelah berhasil mencapai 100%, maka jangan biarkan baterai habis ( 0% ).. hal ini agar usage counter baterai tidak cepat habis.. jadi solusinya selalu charge baterai sebelum baterai kosong..

      Hapus
  7. gan baterai ane mentok di 85% ane udah coba cara di atas, ane cas pas laptop mati seharian gak nambah gan.......
    ada solusi lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba setelah di cas seharian, agan cabut terus baru colok dan di nyalakan.
      kalau tetap tidak bisa, agan coba pakai aplikasi kalibrasi baterai untuk laptop.
      semoga berhasil.

      Hapus
  8. apa dengan cara kalibrasi bisa kembali 100 %?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kondisi baterai, kalau masih bagus maka kemungkinannya bisa 100%, tapi kalau kondisi baterainya sudah lama mungkin hanya sekitar 75% keberhasilannya..

      Hapus
  9. Maaf mau tanya kalu batrei 93% pluged not charging gimana ya kalu saya on nggak sambil di cas kok nggak bisa, saya pake window 7,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau notifikasi "plugged in not charging" itu tandanya listrik langsung masuk tanpa melalui baterai, karena baterai sudah penuh. dan itu hal yang normal.
      tetapi kalau kasusnya jika di nyalakan tanpa colok charger laptop tidak bisa dipakai ,itu berarti baterai anda sudah tidak mampu lagi menyimpan listrik. sarannya, sebaiknya ganti dengan unit baterai baru. :)

      Hapus
  10. Hallo...aplikasi kalibrasi batre kyk gmn ya?tlg share libk downloadnya donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dengan aplikasi battery care, atau lebih efektinya lakukan kalibrasi manual, caranya yaitu :
      1. lakukan charge sampai penuh.
      2. setelah penuh, diamkan sampai kurang lebih 2 jam ( charger tetap di colok )
      3. setelah itu, setting agar sistem hibernate otomatis, jika baterai laptop sudah habis. caranya :
      - masuk ke power setting (klik kanan pada logo baterai)
      - klik "change plan setting"
      - lalu klik change "advanced power setting"
      - nah ganti critical batterynya : hibernate pada saat 5%.
      lanjut lagi ke tahap selanjutnya.
      4. cabut charger, biarkan beterai laptop habis hingga melakukan hibernasi secara otomatis.
      5. nah, selagi baterai dalam keadaan hibernate. biarkan selama kurang lebih 8 jam dengan kondisi baterai dipasang, tanpa charger.
      6. setelah 8 jam, colokan charger hingga baterai penuh. namun tetap dalam keadaan laptop hibernate ya (jangan di nyalakan).
      7. setelah penuh, baru silahkan kamu nyalakan laptop kamu kembali.

      proses calibrasi baterai sudah selesai :)

      Hapus
  11. kalau lampu indikatornya merah terus itu kenapa gan ? pdhl ane baru beli laptop dan sudah di cas full 100% ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo !
      apakah ketika charger di cabut lampu indkatornya tetap berwarna merah ?
      lalu berapa lama baterai bertahan tanpa di charge ?

      kalau baterai bertahan tidak sampai 1 jam, sebaiknya klaim garansi agar diganti unit baterai yang baru. :)

      Hapus
  12. Gan...baterai notebook sy cm mentok di 69% dan gak nambah lg. lampu indikator jg blm berubah warna alias blm full.apakah bisa menggunakan cara kalibrasi gan?trs saat kalibrasi indikator full sampai brp persen?kn baterai saya di level 69% sdh tidak bisa namabh lg.mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo !,
      iya bisa dicoba dengan kalibrasi. indikatornya coba sampai lampu indikatornya berubah warna hijau ya.

      Hapus
  13. saya baru ganti batre notbook HP 2510p pas dipasang, levelnya naik 5 kali. sesudah itu gak bergerak lagi.. dicas lama juga gak nambah. bahkan dari 6% kini tinggal 4%.. bisa jelaskan gak mas. trims sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya levelnya naik 5 kali itu apa ya ?
      bisa diperjelas lagi pertanyaannya ? :)

      Hapus
  14. Yups. Terima kasih untuk bantuanya, sekarang baterai lapot saya kembali normal lagi. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, terimakasih atas testimoninya ya.. :D
      senang bisa membantu.. :)

      Hapus
  15. Mas, untuk nurunin wear level gmn caranya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, caranya hampir sama.. pertama charge battery hingga 100% dalam keadaan hidup, setelah itu diamkan selama kurang lebih 2 jam (dalam keadaan charge). setelah 2 jam, cabut chargernya.. mainkan laptop hingga battery benar - benar kosong (mati sendiri) setelah mati, ditunggu lagi selama 2 jam, kalau sudah 2 jam, colok lagi chargernya (dalam keadaan laptop mati), lalu tunggu hingga lampu indikator battery penuh biasanya warna hijau, stelah itu baru nyalakan laptopnya dalam keadaan charger tetap terpasang.. :)

      Hapus
  16. pak laptop saya gak mau naik 0% pas saya cabut charger nya dan saya pasang kembali malah 100% penuh, trus saya lepas charger dan saya mainkan malah mati laptop nya. solusi nya gmna pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau seperti itu berarti wear level batterynya sudah hampir 100%, kalau begitu salah satu solusinya adalah dengan mengganti unit battery dengan yang baru.
      saya sarankan segera, karena jika terus2an seperti itu bisa berakibat fatal ke komponen yang lain.. :)

      Hapus
  17. mas kok laptop saya gk penuh penuh ya saat di carger ?? 0% terus ni mas .. apa batrenya rusak ya ?? mohon penjelasannya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, kalau selalu 0%, itu berarti baterainya sudah tidak mampu menampung listrik lagi..
      solusinya, bisa dengan mengganti unit baterai yang baru.. :)

      Hapus
    2. makasi infonya mas satrio .. ternyata saat saya coba charger dalam keadaan mati, ternyata battrenya sudah full mas, mungkin itu karna terlaulu habis battrenya.

      sekali lagi terimakasih mas atas infonya.

      Hapus
    3. iya sama - sama mas, wah sudah bisa di atasi ya, senang bisa membantu..
      terimakasih kunjungannya ya..

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. mas, saya punya masalah dengan baterai saya. pada awalnya laptop saya shut down dan waktu itu baterai laptop saya 84%, ketika saya ingin power on laptop saya tidak bisa dan saya cas baru bisa hidup dan baterai nya 0%... nah sekarang walaupun saya cas baterainya tetap 0%... dan chargernya tidak bisa di cabut dan juga lampu casnya kelap kelip. apakah harus ganti baterai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo !
      coba di kalibrasi dulu baterainya.. kalau masih seperti itu berarti batrenya sudah drop..

      Hapus
  20. Halo mas, saya memilki masalah pada baterai saat dicharge tidak bisa melewati angka 84% keterangannya plugged in charging. Nah jika dikalibrasi bagaimana cara melakukannya padahal baterai saya tidak full 100%, apakah bisa berpengaruh mengkalibrasi saat batrai 84%? Dan juga apakah kalibrasi bisa mengurangi persentasi battery wear? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa tetap di kalibrasi, jika dirasa sudah penuh atau mentok 84%, cabut charger dan biarkan hingga mati dengan sendirinya, setelah itu cabut charger diamkan 5 menit, setelah itu colok lagi dalam keadaan laptop mati. tunggu hingga lampu indikator di laptop menunjukan sinyal penuh. tunggu lagi 5 menit baru nyalakan laptopnya..
      untuk pertanyaan nomor 2, jawabannya adalah iya, kalibrasi bisa mengurangi persentasi battery wear. oleh karena itu tidak dianjurkan untuk melakukan kalibrasi secara sering..

      Hapus
  21. saya mau nanya
    lampu indikator saya berkedip ketika sedang di cas,padahal charger dan baterai leptop sy baru sy ganti sekitar 1 bln yg lalu di service center.
    cas dgn baterainya sy beli dalam keadaan ori.
    mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo !, berkedip dalam jangka waktu yang lama atau sebentar ?
      baiknya di bawa ke service center saja lagi, takutnya yang masalah ada pada konektor charger di laptop dan bukan pada chargernya..:)

      Hapus
  22. mas, saya 2 hari yg lalu beli baterai. kmrn saya nyoba cas baterainya dan laptop dalam keadaan mati, ngecas udah lama tapi cuma sampai 99% aja mas ga bisa full 100%. tadi saya coba lg ngecas laptop keadaan nyala, juga gitu mas sampai 99% aja gabisa full 100%. dan statusnya charging terus mas. saya harus gimana? makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo !
      baterai unit baru ya ?
      kalau iya, itu wajar kok.. memang untuk baterai baru butuh waktu lebih lama buat bisa sampai 100% (deep charging).. :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. terimakasih mas. kira-kira tips untuk merawat baterai yg baik dan benar bagaimana ya mas? kalau di rumah terus pake listrik langsung gapake baterai (baterainya dilepas) apa gapapa mas? makasih :)

      Hapus
    4. hallo, nah untuk perawatan baterai yang benar itu harusnya jangan pernah lepas baterai dari laptopnya.. karena listrik langsung ke laptop itu terlalu bahaya..
      jadi biarkan laptop di colok charger dengan keadaan baterai terpasang..

      tipsnya, kalau sudah 100%, cabut chargernya lalu tunggu sampai 97-98%. setelah itu pasang lagi chargernya sampai status baterainya "plugged in, not charging"..
      itu dia, semoga bermanfaat :)

      Hapus
    5. mas maaf mau tanya lagi, ini baterai saya kok dari 99% ke 100% nya tetep lama ya? ini apa wajar? kira-kira waktu yg dibutuhkan dari 99 ke 100% itu berapa menit sih mas.... makasih hehe

      Hapus
    6. kalau normalnya 10-15 menit.. tapi kalau kondisi baterai baru mungkin bisa sampai 20-25 menit..
      statusnya plugged in, charging atau plugged in, not charging ?

      Hapus
    7. plugged in, charging mas

      Hapus
    8. berarti masih mengisi..
      kalau sekarang bagaimana, apa sudah bisa sampai 100% ?

      Hapus
  23. mas, notebook saya mereknya Asus, batrenya baru-baru ini juga mengalami hal yg sama. hanya masalahnya jika dalam kondisi sleep batre bisa terisi penuh, namun dalam kondisi shutdown batre hanya bisa sampai 89% .. kira2 bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, saya baru tahu kasus seperti ini mas.. wear level baternya sudah sampai berapa % ya ?

      Hapus
  24. gan laptop sya kira kira 1 bulan sya gak hidupkan . lalu setelah sya hidupkan 0% ternyata lalu sya charge fullnya hanya 67% .dan sekarang cuma 51%... mohon bantuannnya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, biasanya kalau baterai tidak lama di gunakan daya tampungnya akan berkurang..
      bisa dicoba lakukan kalibrasi baterai agar bisa sampai 100% kembali..

      Hapus
  25. gan cara ngatasinnya gmana ?
    netbook saya kalau di charge dalam keadaan mati, baterainya mentoknya terisi sekitar 88%. kalau di charge netbooknya sambil dinyalain sebelum mentok bisa sampe sekitar 94%.
    memperbaikinya gmana ?
    thanks

    BalasHapus
  26. terus misalnya kapasitas baterai sya 3000 mAh, di charge sampai full (88%) dan kapasitasnya cuma 2640 mAh. terus besoknya lagi aku charge fullnya 88% juga, trus kapasitasnya menurun jadi 88%nya 2640 mAh = 2323 mAh. lha trus memperbaikinya gimana ?
    setiap kali charge kapasitas baterainya malah menurun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, coba install aplikasi CPUID Hwmonitor Pro.. di aplikasi itu bisa terlihat berapa full designed capacity sama full capacity pada saat di charge.. disitu juga bisa terlihat sudah berapa % wear levelnya...

      sepertinya mas ini suka CDC (charge discharge) ya ? jadi di charger, lalu ketika penuh di cabut sampai baterai habis lagi lalu di charge lagi... kalau iya, penyebabnya adalah ini..
      solusinya coba lakukan kalibrasi baterai..

      Hapus
  27. aku CDC setelah baterai eror. aku coba kalau kemungkinan bisa normal, tapi malah gak ngaruh. pemakaian baterai saya : 39,6 % of 33.750 mWh. aku pake app batterybar pro

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh berarti memang sudah keadaan bocor ya ?
      kalau wear levelnya sudah tinggi agaknya susah untuk bisa sampai 100%, paling mentok hanya bisa sampai 90% saja..

      Hapus
  28. halo gan, saya punya masalah pada Notebook saya. saya sdh cas nb saya tapi knp lampu merahnya tidak menyala yh gan, sedangkan lampu biru pada casan nya sdh menyala? biasanya jika dicas lampu merah pada NBnya menyala dan lampu biru pada casan menyala. type nb saya asus ee pc .
    sebelumnya/hari kmrin saya cas dalam keadaan sleep, lalu saya pakai sampai batre 5%, lalu ketika saya cas kembali malah tdk bisa dicas alias lampu merah pada pc nya tdk menyala. dan saya sdh periksa kabel nb nya terpasang dgn baik, saya sdh lepas batre dan pasang kembali, tapi msh blum menyala lampu merah pada nb nya. itu masalahnya apa yh gan? dan solusi nya bagaimana?. Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah ketika di colok charger status baterainya tetap bisa mengisi ? berapa % ?
      karena setahu saya, lampu indikator berwarna merah ketika baterai sedang mengisi, tetapi ketika penuh maka lampu indikator berganti warna menjadi hijau/biru.

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Halo kak. Batre saya bermasalah nih. Pertama, saat saya charge itu mentok di 90% dan gak naik-naik. Statusnya plugged in, charging. Terus saya matikan. Beberapa jam saya liat lampu batrenya kok masih merah. Awalnya saya biarin dan tetep dalam keadaan charge masih tersambung ke listrik karena saya kira bakal penuh. Setelah hampir seharian, warna lampunya masih tetep merah, malah sama kedip-kedip gitu. Terus saya coba hidupin laptopnya dan saya liat keterangannya plugged in, not charging dan tetep di posisi 90. Dan kalo saya cabut chargernya itu lampunya masih kedip-kedip dan baru mau mati kalo di shut down. Terus saya hidupin lagi lampunya udah gak kedip-kedip lagi. Itu kenapa dan bagaimana solusinya?
    Kedua, batre saya selalu mati mendadak tanpa pemberitahuan saat batrenya masih 20%. Padahal biasanya bisa bertahan sampe 10% dan ada pemberitahuan kalo batrenya lemah. Tapi ini langsung mati di 20 tanpa ada apa-apa. Itu kenapa dan bagaimana solusinya??
    Ohh ya satu lagi, karena 2 masalah tersebut, batre saya hanya bisa bertahan selama 2 jam atau kurang dari itu. Pdahal dulu bisa sampe 3 atau 4 jam. Mohon solusinya. Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Fida,
      Pertama: sepertinya cycle count wear level baterainya sudah hampir maksimal, makannya laptop kamu kesulitan untuk bisa mengidentifikasi jumlah %nya. solusinya coba lakukan kalibrasi baterai. note: status plugged-in not charging di level 90an itu normal kok. tapi yang membuat tidak normal adalah kondisi lampu indikatornya.

      kedua: coba ubah peringatan baterainya. caranya, kamu klik kanan di logo baterai yang ada di pojok kanan bawah laptop kamu lalu klik "power options". setelah itu kamu klik "change plan" (balanced sama power save). nah disini kamu ganti waktunya sesuai dengan keinginan..

      maaf ya baru sempat dibalas, semoga bermanfaat.. :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Apa tidak masalah baterai dikalibrasi dalam keadaan tidak full? Soalnya saya pernah nyoba, di posisi 90% saya kalibrasi manual, lalu di posisi 20% langsung mati tiba-tiba seperti biasanya, tanpa hibernasi. Lalu saya biarkan sampai seharian penuh. Setelah seharian, saya coba charge baterainya hampir seharian, tapi tidak mau full juga dan lampu indikatornya kembali kedip-kedip. Bagaimana solusinya?? Apakah ada cara khusus untuk mengkalibrasinya??
      Untuk penjelasan yang kedua, maaf saya kurang paham. Tolong lebih dijelaskan lagi. Terima kasih

      Hapus
    4. tidak masalah selama dilakukan tidak sering. baiknya coba cek wear level baterainya dulu menggunakan aplikasi CPUID HW monitor. kalau wear levelnya sudah sangat tinggi dan bila kapasitas full dengan kapasitas totalnya jauh baiknya juga dilakukan penggantian unit baterai dengan yang baru.. :)

      Hapus
  31. gan mo tanya.... kalo listrik dirumah gx stabil kan batterai laptop sebaik'y tetap terpasang...
    berarti kan tuh battery juga berfungsi menahan arus listrik rumah yg berlebih yg dpt merusak komponen laptop...
    tuh kan kalo terus tercolok begitu lama kelamaan battery bener" rusak total.... nah ketika baterry itu benar" dlm keadaan rusak... tepat'y kalo di cas pun tetap 0%...
    nah dlm keadaan batterai rusak (0%) tuh batterai msih bsa sbg penyetabil arus listrik ke lptop... atau walaupun dlm kondisi batteai terpasang tuh batterai gx bsa menyetabilkan arus yg ke laptop... atau bsa di katakan batterai terpasang pun seolah" gx terpasang jadi sama juga bohong layak'y main laptop tanpa batterai atau gmana gan?

    mohon pencerahan'y :'v (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo..
      pertama, betul sekali fungsi baterai salah satunya adalah penstabil arus listrik yang keluar masuk. tapi sebetulnya dengan di colok terus menerus itu tidak merusak baterai.
      nah, tapi jika kondisi baterainya benar-benar sudah rusak alias (0%), fungsi baterai sebagai penstabil arus listriknya akan hilang karena setelah arus listrik mati otomatis laptopnya juga akan mati. jadi betul juga bahwa sama saja seperti tidak terpasang sama sekali. oleh karena itu penting bagi kita untuk merawat kondisi baterai.

      semoga bermanfaat.. :)

      Hapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. wow....senang sekali baca diskusinya benar-benar nambah wawasan. salam kenal semuanya...


    http://ahlirental.blogspot.com/

    BalasHapus
  34. numpang nanya ga.. Laptop saya Asus type X450C. sejak kemaren saya cas ko menemukan kejanggalan, yaitu sudah 3 jaman saya cas ko ampu indikatornya belum berubah ke warna kuning yang seharusnya full. padahal biasanya 2 jam cas aja udah full. setelah saya nyalakan, batre menunjukkan angka 92% saya tunggu sambil buka internet, eeeeh tidak ada peningkatan, itu gimana ya mengatasinya sob??? sebelumnya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, 92% itu statusnya apa ya ? "plugged in, not charging" atau "plugged-in charging" ?
      kalau not charging itu masih wajar dan kemungkinan lampu indikator tidak berubah karena wear levelnya sudah bertambah..

      Hapus
  35. Mas laptop saya baterenya "plugged in, not charging" tapi icon baterenya kosong, cuma keisi 7%. Lampu indikator juga ngga nyala sama sekali. Udah nyoba solusi dengan cabut adaptor dan batere kaya diatas, tapi ternyata ngga berhasil dan ngga ada hasil :( kenapa ya mas? masa harus ganti batere :( mahal :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo :), icon baterai kosong dengan tanda silang ? coba install aplikasi yang bisa melihat wear level baterai. kalau wear levelnya sudah tinggi itu berarti tandanya harus ganti dngan baterai yang baru..

      Hapus
  36. Rupanya ada solusi pula unutk baterai Laptop saya gan, Makasih gan, nmpang shre http://setkamarjepara.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama ya, terimakasih kunjungannya...

      Hapus
  37. hal apa yg harus mengkalibrasi baterai? apa harus full dulu sblm kalibrasi? baterai sy 85% plugged in, charging tp kok lama fullx? gmn mengatasinya. maksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo sebaiknya full tapi kalau memang sudah tidak bisa naik lagi tidak apa-apa..

      Hapus
  38. mas mau nanya laptop saya kalo mati dia bisa nge charge tapi kalo laptop di hidupin laptipny gak ngecharge lagi tulisanny "plugin, not charging" udah coba cara cabut adaptor uninstal ACPI msh tetap gak bisa. mohon bantuan ny mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, bisa dijelaskan lagi status "plugin, not charging" itu pada saat persentase baterainya berapa % ?

      Hapus
  39. hallo, kalo cas baterai sdh 100%, tapi sangat cepat habis/ laptop 1 menit mati apanya yg rusak mas.
    tapi ketika dicek baterai dg meter ternyata masih 11.1 volt masih bagus (artinya 100% charged).
    tlg yaaa , trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, sudah di cek dengan aplikasi CPUID HWmonitor berapa wear levelnya ?
      karena kalau dalam waktu 1 menit sudah mati itu sepertinya ada masalah antara baterai atau memang laptopnya.

      Hapus
  40. Halo. Help ya mz...
    Laptop saya acer aspire 4743. Beli 2010, sekarang kurang ebih sdh 5 tahun.
    Brp wktu lalu batere lappy msh normal ngchas, full.
    Karena takut sering ketiduran sambil ngchas, maka batere aku lepas, jadi dipakai secara tanpa batere listrik ngisi langsung. Listrik rumah termasuk stabil.
    Pemakaian seperti itu kurang lebih 1 minggu.
    Pas batere kembali dipasang, ternyata ga ngchas, tidak ada tanda silang merah di indikator batere. tepatnya klo baru nyala di indikatornya naik turun - ngchas gitu. Tapi kok 0% terus ya.... ga nambah2.
    Klo listrik mati, kabel charger kelepas, langsung mati deh.
    Mohon infonya ya. Thanks a lot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, nah sebenarnya pemakaian laptop tanpa baterai (langsung colok) itu bahaya. resikonya bisa seperti itu. jadi baterai tidak terdeteksi oleh laptop. baiknya coba di bawa ke service center terdekat saja. tanda silang merah di indikator baterai itu berarti antara baterai tidak terdeteksi atau baterai sudah bocor..

      Hapus
    2. malam...
      Tidak ada tanda silang di gambar batere.
      Tulisannya "0% availabel (pulgged in, charging)
      dan lampu indikator warna merah, tidak kedip2...
      klo gitu gimana?
      terimakasih

      Hapus
    3. itu berarti belum ada kerusakan, coba di charge saja yang lama. Kemungkinan wear level batterynya sudah sangat lemah..

      Hapus
    4. saya juga mengalami masalah yang sama..kadang2 berdedip merah tpi paling 1detik abis itu hilang.
      tpi di icon batrei ngecas tpi gk naik2

      Hapus
    5. coba cek sudah berapa wear levelnya. kalau charge lama tapi tidak naik2 kemungkinan baterainya sudah tidak bisa menampung daya listrik lagi..

      Hapus
  41. mas, notebook saya mereknya Asus, batrenya baru-baru ini juga mengalami hal yg sama hanya bisa sampai 88% sttus awal nya sih plugged in charging tp kelamaan malah jadi plugged not charging trus lampu nya malah jadi kedip2 warna merah setelah di cabut juga ttp masih ngedip, kira2 bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, coba cek sudah berapa % wear level baterainya...
      kalau sudah tinggi coba ganti unit baterainya, tapi saran saya coba pinjam baterai teman apakah gejala indikator kelap kelipnya masih ada atau sudah hilang.. kalau sudah hilang berarti solusinya hanya ganti unit baterai saja, tetapi kalau masih kedap kedip sepertinya harus segera dibawah ke service center terdekat.. :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. wear nya udah nyampe 46% mas..
      tpi itu kedip2 ny Jrang gtu klo ngecas trus baru kedip2 mas...
      batre nya batre tanam mas..
      trus walau pun udh gk ngecas lampu masih ngedip sampe NB nya mati mas..

      Hapus
    4. wah wear levelnya sudah tinggi.
      itulah kekurangan laptop dengan baterai yang tidak bisa dicopot..
      coba lakukan kalibrasi baterai, semoga baterainya bisa seperti semula lagi :)

      Hapus
    5. klo udh tinggi gtu wear nya gmna mas?
      kalo di kalibrasi kan mesti 100% ini kan gk nyampe, jadi kya gmna tau full nyah??

      Hapus
  42. Admin, saya mau tanya, saya punya laptop asus X451CAP, laptop saya baterei nya sudah mengalami consider replacing your battery dengann kata lain di charge tetapi tetap 0% terus dan ketika dicabut adaptor baterey nya langsung mati total. solusinya harus seperti apa yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, kalau sudah muncul peringatan "consider replacing your battery" itu tandanya harus segera ganti unit baterai baru karena biasanya cycle count dan wear level baterainya sudah habis..:)

      Hapus
  43. Kak cara ini aman gak? Nb ku asus udah 1 tahun an dan baterai gak bisa dicopot. Kalo di charge cuma sampe 89%. Kalo di charge lama juga gak nambah2. Mohon solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara ini aman kok, sebelumnya coba cek sudah bera wear levelnya.. :)

      Hapus
  44. cara nurunin wear level gimana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wear levelnya sudah 37,93% ya...
      coba lakukan kalibrasi baterainya.. :)

      Hapus
  45. Gan baterai ane kalo dipasang udah 100% full tapi kok kalo dicabut malah berubah jadi 45% gimana gan solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, sebaiknya jangan suka cabut baterainya mas karena tidak baik. memang kalau tidak dipasang atau didiamkan isi dari baterai tersebut bisa berkurang..

      Hapus
    2. Gan baterai ane sekarang kalau di cas 100% full, dan kalau dicabut casnya masih 100% tapi baru beberapa detik laptop mati sendiri dan tidak bisa menyala jika casnya tidak dicolokkan ke laptop. ini kenapa gan ?

      Hapus
  46. apa ada pengeruhnya terhadap ketahanan baterai laptop jika sedang ngisi di aktifkan terus, mohon solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, tidak berpengaruh banyak karena laptop sekarang sudah memiliki fitur autocut power bila baterai penuh. lagipula juga bisa menghemat wear level baterai juga.. :)

      Hapus
  47. Mas kemaren baterai saya hanya terisi sampai 95% dan statusnya charging. Trs saya pakai sampe baterai 5% hingga laptop hibernet sendiri.. Lalu saya diamkan sampai 8jam dalam keadaan hibernet. Kemudian saya lakukan charging dalam keadaan laptop hibernet tetapi pas ditengah ngecharge indikator baterai saya kelap kelip. Saya cabut chargeran, lalu saya colok lagi sehabis itu saya nyalakan laptop dlm keadaan charging tapi pas saya liat icon baterai, malah jadi 0% dan status charging, lalu saya coba charging lama tetap 0% itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya ada error dengan wear level baterainya,. saran saya coba lakukan kalibrasi baterai..

      Hapus
  48. mas mau nanya laptop saya kalo bisa nge charge , tulisanny "plugged in, not charging" udah coba cara cabut adaptor uninstal ACPI msh tetap gak bisa. mohon bantuan ny mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, status "plugged in not charging" dalam baterai berapa % ya ?
      kalau diatas 95% itu bagus karena dengan demikian berarti laptopnya sudah support dengan autocut power.. :)

      Hapus
  49. mas mau tanya , saya ada masalah dengan batrei latop yang droup tiba2. padahal kondisi ngsi diatas 95%. trus ada tulisan plugged in, charging. udah coba uninstal ACPI msh tetap droup ja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, sudah coba cek berapa wear level baterainya ? coba lihat artikel disini:http://myrepairsolution.blogspot.com/2015/10/mengetahui-kapan-harus-mengganti.html

      Hapus
  50. mas mau tanya, kalo saya pengguna windows 10 laptop asus, batere cas dibawah 100 persen tapi berkedip antara charging sama not charging setelah itu sy coba lepas batere gak lama laptop mati. tp kalo baterenya 100 persen, dicopot batere. charger digoyang2 gak mati laptopnya. adakah faktor bug dr OSnya?? atau kondisi listrik yang naik turun?? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, maksudnya berkedip antara charging sama not charging itu bagaimana ya ? biasanya kalau berkedip berarti kondisi baterai dibawah 15% dan di windows sendiri memang ada fitur save power dimana jika dibawah 15% layarnya akan otomatis mati.
      kalau masalah bug, sudah dilakukan update paling akhir belum ?

      Hapus
  51. mas mau tanya dong, batere laptop saya silang merah, malah pas di cash jadi ga ke cash gitu malah kosong. itu cara ngatasinnya gimana ya? apa saya harus ganti? laptop saya baterenya batere tanam jadi bukan batere copot pasang. thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mba Zara, coba cek berapa wear level baterainya dengan aplikasi CPUID HWmonitor. kalau sudah lebih dari 50% dan jarak antara designed capacity dan full capacitynya sudah jauh baiknya segera bawa ke service center terdekat. usahakan service center resmi terlebih dahulu ya..
      semoga membantu.. :)

      Hapus
    2. tapi ga mesti harus ganti laptopkan ya? itu kalo seperti itu masih bisa dibenerin ga ya mas? tadi saya coba cash ampe 100% malah ga dapet 100% malah. thank you

      Hapus
    3. kalau masalah baterai masih bisa direparasi kok. tapi ke service center resmi yah.
      paling maks dapat berapa %?

      Hapus
  52. bang boleh minta no yang bisa dihubngi, atau email. ad yang ingin ditnya menyangkt baterai jg ne. mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, maaf baru sempat balas komentarnya, kalau ingin bertanya bisa langsung di kolom komentar dibawah ini atau fanspage facebook kami. Pesan atau pertanyaan pasti dibalas :)

      Hapus
  53. Gan Batre Laptop Saya gk Nambah Nambah nih klo di cas maximal nya %59 doang.. kalo di instal ulang bisa bener gk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, install ulang laptop tidak akan mempengaruhi kapasitas penyimpanan baterai karena memang kapasitasnya ada di baterai itu sendiri. jadi sebaiknya coba lakukan kalibrasi baterai.

      Hapus
  54. gan, batre saya mentok di 89% (Plugged in, Charging) dan ga bisa full 100% padahal da di chass seharian, Notebook saya merek asus x200MA dan baru beli sekitar 3 bulan yang lalu (beli baru bukan second), pas cek wear levelnya ternyata uda 41%, solusinya gimana ya..., apa harus ganti batre baru?? tolong di bantu... thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, seharusnya umumr 3 bulan wear levelnya masih dibawah 10%. sebaiknya lakukan kalibrasi untuk memulihkan wear level baterai. setelah itu kurangi CDC (charge discharge) agar wear level tidak bertambah.

      Hapus
    2. kalibrasi batre itu seperti yg dijelasin diatas ya..?, biarin dulu laptop hibernasi sendiri bru di charge lagi setelah di diamkan selama sekitar 8 jam ?, lalu maksud mengurangi CDC itu apa ya? maaf kalo banyak nanya, soalnya saya awam kalau soal laptop, thanks

      Hapus
    3. iya betul, atau kalau mau bisa juga dengan bantuan aplikasi hibernasi untuk baterai laptop.
      CDC itu Charge-Discharge, jadi colok laptop sampai penuh lalu cabut dan di colok lagi ketika baterai kosong. Nah hal itu yang harus dikurangi, karena semakin banyak kita melakukan CDC maka wear level baterainya akan bertambah sehingga mengurangi kapasitas maksimal baterai..

      Hapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. mas laptop saya kok batrenya 66% tapi pas di cabut colokan chargernya laptop mati. gimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, sudah di cek berapa wear levelnya ?
      apakah ada tanda silang di notifikasi baterai ?
      dari indikasinya sih sepertinya baterainya sudah drop, baiknya ganti dengan unit baterai baru..

      Hapus
  57. mas leptop saya kalo di charge batre nya mentok di 91% terus tulisannya plugged in, charging, nah pas diliat wear levelnya udah 32%, itu maksud nya 32% apa ya ? solusinya gimana mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, itu tandanya kapasitas penyimpanan baterai sudah sampai 32%..
      solusinya, coba sesekali kalibrasi baterainya

      Hapus
  58. min aku mau nanya dong . ini aku sambil cas tapi 90 persen terus ga nambah nambah . status nya plugged in , not charging . gimana ya cara benerin nya ? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, status "plugged in not charging" itu artinya arus listrik yang masuk tidak masuk ke penyimpanan baterai tetapi langsung ke laptop. tidak ada caranya memang laptop jaman sekarng ketika sudah lebih dari 90% akan otomatis cut menjadi plugged in not charging dan itu normal kok.. :)

      Hapus
  59. maaf mau tanya, laptop saya di cas naiknya lama bgt sampe 87% mentok, kalopun bisa naik itu harus cabut trus di colok lg baru bisa sampe 90% doang .. Padahal statusnya plugged in charging, itu gimana cara benerinnya ya ? makasih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai riris !
      coba lakukan kalibrasi baterai untuk menetralkan wear level baterainya.

      Hapus
  60. assalam. sy mau tanya, laptop saya kadang-kadang tidak mau mengisi sewaktu dicas dalam keadaan hidup, yang terjadi 2 lampu indikatornya berkedip-kedip. tapi kalau laptopnya dicas dalam keadaan mati tidak ada masalah. gimana solusinya ya mas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam, sepertinya OSnya mengindikasikan baterai sudah perlu di ganti, coba kosongkan baterai sampai benar-benar habis dalam keadaan hidup, setelah mati dengan sendirinya, colok charger dan tunggu sampai penuh dalam keadaan mati. nah setealh penuh nyalakan kembali laptopnya, sekarang coba colok charger apakah masih kedap kedip atau tidak.

      Hapus
  61. Bang nih kejadian sama laptop saya Lenovo lupa tipenya baru umur 3bulanan lah ini mentoknya di 60% gk naik2, statusnya plugged in, not charging bang gmna solusinya bang??? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, status plugged in-not chargning artinya aliran listrik yang masuk tidak mengisi baterai. sudah dicek berapa wear levelnya ?

      Hapus
  62. kak bagaimana jika note book sedang dalam keadaan mati total, saat kita ingin mengecas tapi lampu pada tempat casnya tidal menyala. Dan saat kita mencoba menghidupkan notebooknya masih mati. notebook saya merk hp. mohon bantuannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, kalau ketika di colokkan lampu indikatornya tidak menyala itu tandanya listrik tidak mengalir masuk, baiknya coba dengan charger yang lain apakah sama atau tidak.

      Hapus
  63. Kak notebook hp kan colokkan harus ditambah gitu pake colokan nah pas mau ngecas kok gk bisa gitu lampunya batrenya jg mati. notebook juga msh dalam keadaan mati karena dipakai until menonton film. to long doing kak binging nih rusak do bagian apanya colokan nya, kabel casan, apa batrainya. biasanya kalo gk masuk colokan kabelnya diteken dulu baru masuk tapi Semarang udah diteken masih gak bisa. thanks kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, saama seperti jawaban diatas ya, bisa jadi ada pada charger atau kabelnya kalau lampu indikatornya tidak menyala. saran saya coba gunakan charger sejenis milik untuk mengetahui apa yang rusak.

      terimakasih sudah berkunjung.. :)

      Hapus
  64. hallo kak.
    kak saya sudah lama ga pake baterai jadi kalo pake laptop langsung pake charge. hari ini saya berencana beli baterai baru. dan saat proses charge pertama bisa tapi tiba2 baterai tidak terisi. jadi terisi sebentar ketika awal di charge. lalu tiba2 tidak bisa. kenapa ya kak? laptop saya acer aspire 4736
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, sebenarnya kebiasaan tidak memakai baterai itu tidak bagus karena listriknya akan langsung masuk tanpa melalui baterai. kalau seperti itu coba di test biarkan baterai berkurang hingga mati total, lalu charge sampai penuh dalam keadaan laptop mati.

      Hapus
  65. iya kak. kemarin waktu beli itu di suruh coba dulu sama yg jual. trus aku coba deh awalnya masuk. yg jual bilang dicek dulu smpek isi nambah 1 persen. tapi kok tiba2 gak keisi. sampek ganti beterai 3x ttp gt. jadi waktu awal di charge keisisi. trus tiba2 gak keisi. gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah 3x ganti baterai tapi tetap begitu?
      sepertinya kalau begitu masalahnya ada di IC powernya, sudah coba dengan charger yang lain juga ?
      sebaiknya diperiksa ke service center saja, takutnya menular ke bagian yang lain..

      Hapus
  66. saya udah coba kalibrasi tapi tetep ga ngaruh itu gimana solusinya ya ? waktu itu sempet 100% batrenya tapi lampu indikatornya masih merah .. kalo udh 83% isi lama bgt naiknya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wear levelnya sudah berapa % ? cek dengan aplikasi CPUID HWmonitor, nanti akan terlihat design kapasitas sama kapsitas penuh yang sekarang, kalau bedanya jauh berarti baterainya sudah leak alias bocor.

      Hapus
  67. maaf mau tanya. laptop saya tetep di 84% di charger g nambah2 tulisannya plug not charger di nyalain g turun2, tp dibiarin lama jadi mati sendiri. lampu indikator kedip2 merah terus saat sedang di charge dan di lepas chargernya.
    pas mati di charger lg, awalnya normal pas di 84 % balik lg gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, wear levelnya sudah berapa % ? cek dengan aplikasi CPUID HWmonitor, nanti akan terlihat design kapasitas sama kapsitas penuh yang sekarang, kalau bedanya jauh berarti baterainya sudah leak alias bocor. dan coba pasang menggunakan baterai berbeda apakah indikatornya tetap stuck di 84% atau tidak.

      Hapus
  68. Balasan
    1. wahh 44% sudah cukup signifikan berkurangnya kapasitas baterai.. sudah coba kalibrasi baterainya ?

      Hapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  70. kalau di kalibrasi itu dari presentase maksimal sampai turun yah, mati sendiri? tp laptop saya tampilan presentasenya g bisa turun dari 84 %, tp di pakai lama setelah beberapa jam mati sendiri. setelah itu di charger normal dari 0% lampu indikatornya g kedip2.tp pas di 82% balik lg g bisa turun dan naik, juga lampu indikatornya kedip2. belum di coba dg baterai lain sich.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul sampai mati dengan sendirinya, nah pas sudah mati cabut listriknya, diamkan beberapa menit terus colok lagi diamkan laptop dalam keadaan mati. tunggu sampai lampu indikator menyala hijau. baru nyalakan laptopnya.
      nah, coba deh dengan baterai lain. kalau sama seperti itu berarti IC powernya ada masalah, tapi dugaan saya sih masalah ada di baterainya saja kok..

      Hapus
  71. Balasan
    1. iyaa, sama-sama..
      kalau ada pertanyaan lagi jangan sungkan-sungkan ya..

      Hapus
  72. -Kang.. tolong saya..
    bterai saya hanya mengisi 84%..
    pada awalnya saya mencharge PC saya semalaman,karena biasanya tidak terjadi apa2.. ketika pagi laptop saya indikator baterai saya berkedip(seperti tanda baterai kurang dari 10%) lalu saya searching di google dan ketemu artikel di blog lain tapi artikelnya mirip yang disini.. setelah saya coba dan saya mencharge laptop saya semalaman akhirnya lampu indikator berkedip lagi dan sekarang baterai maksimumnya 84%( berkurang 1% yang seharusnya bertambah 1%) kalau saya coba kalibrasi baterai bagaimana kang? apa bisa pulih lagi?? dan kalau saya install ulang apa yang terjadi pada baterainya..??? mohon jawabannya kang!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, kasusnya sama seperti yang ada di atas. coba install software CPUID HWmonitor lalu lihat berapa wear levelnya. Silahkan dicoba lakukan kalibrasi, kalau masalah pulihnya biasanya tidak sampai 100% lagi tapi naik sekitar 4-5% (tergantung wear level).
      untuk soal install ulang tidak berhubungan dengan baterai kok..

      Hapus
  73. Gini kang.. setelah saya cek wear levelnya 32%, apakah itu sudah parah?? lalu saya sudah melakukan kalibrasi baterai tapi tidak berpengaruh apa2, apakah ada cara lain?? lalu sebaiknya apa yang harus saya lakukan? kalau baterai penuh saya 84% apakah bisa bertambah buruk lagi? lalu bagaimana cara mencegahnya supaya tidak lebih buruk? Minta solusinya kang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, untuk 32% sebenarnya wajar kalau hanya sampai 84%. coba cek diaplikasi tsb ada perbandingan antara desain kapasitas baterai dengan kapasitas penuh baterai yang sekarang. terlihat perbandingan yang cukup jauh bukan ?
      nah, hal tsb tentu semakin lama akan semakin bertambah buruk, cara mencegahnya agar tidak cepat drop adalah dengan selalu melakukan colok baterai :)

      Hapus
  74. maaf ka mau nanya, kenapa yah baterai laptop saya saat keadaan charge, tulisannya plugin charging, tetapi tidak mengisi? namun saat baterainya di pindahkan k laptop lain, bisa terisi penuh ka. mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, sepertinya ada masalah di indikaor baterai laptopnya, coba pancing menggunakan baterai yang berbeda di laptop tersbut. :)

      Hapus
  75. sony VAIO, klo adaptor dipasang indikator charger di laptop berkedip, dinyalakan Plug in, charging tp tetap di 1% tidak bisa mengisi,, di cabut adaptor langsung mati,, saat dicharging dalam keadaan mati jg gak bisa,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah berapa % wear levelnya ?
      sepertinya baterainya sudah bocor parah kalau seperti itu. saran saya segera ganti dengan unit baterai yang baru.. :)

      Hapus
  76. wear level 0,00% cma charge/discharge rate : 0

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah cukup aneh, wear level 0% seperti belum pernah dipakai tapi ketika dicabut langsung mati ya. sepertinya benar kondisi baterainya sudah parah.
      kalau masih ingin tahu, coba pasang baterai tsb di unit laptop laing yang sejenis. lihat apakah sama kinerja baterainya..

      Hapus
  77. Mas kenapa stelah cabut charger pada icon batre masih terdapat gambar colokan sperti saat batre di isi, dan pada saat laptop dalam keadaan mati lampu indikator batrenya tetap nyala,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, kalau kasusnya seperti itu biasanya ada yang error dengan indikator baterai atau bahkan IC powernya, solusinya coba biarkan laptop kehabisan baterai sampai laptop mati, lalu colok charger dan diamkan sampai penuh setelah itu cabut dan nyalakan laptopnya. skrg coba colok lagi..

      Hapus
  78. assalamualaikum mas, laptop saya ketika di charger hanya mentok di 90 % dan ada bacaan plug in not charging, padahal belum 100%, tetapi indikator nya sudah berwarna putih, yang berarti susah full charged, gimana nih mas, mohon solusinya. terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, status plug in, not charging di level 90% adalah hal yang wajar. itu artinya laptop mengalihkan arus listrik langsung ke laptop bukan ke baterai. kalau mau menaikan sampai 100%, coba cabut charger sampai dibawah 90% lalu sekarang colok lagi.

      Hapus
  79. Mas kenapa baterai saya selalu 6%,sudah saya charger tpi tetap 6%.Tulisannya 6%available (plugged in,charging)Minta solusinya Mas !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, coba cek sudah berapa % wear levelnya dengan aplikasi CPUI HWmonitor, jika sudah tinggi maka kemungkinan baterai sudah bocor jadi kapasitasnya memang hanya mampu menampung sebanyak 6% saja.

      Hapus
    2. Mas,Harga baterai mahal gk ?

      Hapus
    3. Hallo, baterai laptop dipasaran ada tiga jenis, yang pertama original harganya bisa 700k, yang kedua OEM kisaran harga 300-400k, yang ketiga kw harga 300k kebawah..

      Hapus
  80. baterai laptop saya tetap 0% meski di cas berulang-ulang. laptop saya merk ASUS. tolong berikan solusi boss.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, coba cek berapa wear levelnya dengan aplikasi CPUID HWmonitor, bandingkan juga berapa kapasitas full saat ini, kalau sudah sangat kecil, baiknya ganti unit baterai dengan yang baru tetapi kalau belum, lakukan kalibrasi..

      Hapus
  81. Numpang tanya gan.. kenapa saya charging cuma sampai 92% sekarang cuma 82% setelah itu dia plugged in, not charging, bermaslah gak yah ? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, plugged in not charging itu normal kok itu adalah fitur laptop jadi ketika baterai dirasa penuh akan otomatis mengalirkan listrik ke laptop dan tidak melalui baterai. itu kenapa laptop jaman sekarang tidak perlu lagi khawatir yang namanya baterai bocor :)

      Hapus
    2. emhh gitu... lalu apa pnyebab gak bisa sampai 100% yah.. ? apa ada solusi agar bisa full kembali..
      maaf banyak nanya..
      Terimakasih

      Hapus
    3. kalau tidak bisa mencapai 100% itu berarti wear level baterainya sudah bertambah dan kapasitasnya berkurang dari desain pabrikannya. untuk bisa tau berapa wear level kita, coba install aplikasi CPUI HWmonitor :)

      Hapus
  82. mau tanya, ni notebook saya dalam kondisi di cas dan tidak di cas selalu bertuliskan "plugged in, not charging" dan sedangkan dalam kondisi mati lampu indikator berkedip padahal tidak sedang di cas, kira-kira tu kenapa?? tolong bantu menemukan solusinya..
    terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, sepertinya baterainya perlu di kalibrasi ulang agar laptop dapat mengukur seberapa besar daya penggunaan baterai yang sesungguhnya..

      Hapus
  83. Mohon maaf saya mau tanya , kalo laptop sedang cas dalam keadaan mati dan warna lampu batrenya sudah pindah itu berarti sudah full dan ketika laptop dinyalakan batre baru terisi 97% tapi plugged in , not charged . saya baca ke komen yg sebelumnya kalo itu gk apa2 normal saja karena laptop jaman sekarang memang begitu .. Pertanyaan saya kalo begitu apakah laptop harus diisi penuh sampe 100% , atau batre sudah 97% boleh dicabut dan langsung dipake ? Kalo harus diisi sampe 100% itu membutuhkan waktu berapa lama? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, betul sekali rata-rata memang laptop akan stop charging ketika sampai 97-98% kalau mau sampai seratus harus dikurangi dulu sampai 95 % lalu colok lagi. jadi dari status "plugged in not charging" menjadi "plugged in charging". untuk lamanya tergantung kondisi baterai. tapi tidak akan lama biasanya hanya butuh 5-10 menit saja.

      Hapus
  84. Mohon maaf saya mau tanya , kalo laptop sedang cas dalam keadaan mati dan warna lampu batrenya sudah pindah itu berarti sudah full dan ketika laptop dinyalakan batre baru terisi 97% tapi plugged in , not charged . saya baca ke komen yg sebelumnya kalo itu gk apa2 normal saja karena laptop jaman sekarang memang begitu .. Pertanyaan saya kalo begitu apakah laptop harus diisi penuh sampe 100% , atau batre sudah 97% boleh dicabut dan langsung dipake ? Kalo harus diisi sampe 100% itu membutuhkan waktu berapa lama? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, betul sekali rata-rata memang laptop akan stop charging ketika sampai 97-98% kalau mau sampai seratus harus dikurangi dulu sampai 95 % lalu colok lagi. jadi dari status "plugged in not charging" menjadi "plugged in charging". untuk lamanya tergantung kondisi baterai. tapi tidak akan lama biasanya hanya butuh 5-10 menit saja.

      Hapus
  85. Numpang nanya nih, saya baru beli Asus ROG GL552V minggu lalu. saya memiliki keluhan pada baterainya (sebelumnya belum pernah menggunakan laptop). Pada saat saya charge dalam keadaan nyala hingga 100%, besoknya baterai sisa 91%. Saya juga menggunakan untuk bermain HD (DOTA2) tidak sampai 10 menit baterai dari 90%an langsung menuju ke 50%. Saat pembelian saya merasa curiga karena saat pasang pelindung screen, laptop saya dibawah kedalam ruangan yang tertutup. apakah ada kemungkinan baterai saya ditukar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, sangat tidak wajar untuk laptop baru apalagi sekelas Asus ROG untuk 10 menit dari 90% ke 50%. sebaiknya tanyakan ke toko tersebut kenapa seperti itu karena benar takutnya ada kecurangan dari pihak toko.. :)

      Hapus
  86. Saya mau tanya.. batre laptop HP saya tidak bisa di cas.. saat dicolokan tulisannya plugged in, not charging, batre 2% tidak nambah", kalau di cabut laptop langsung mati, mohon bantuannya.. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, kalau seperti itu tandanya baterai sudah tidak bisa mengisi atau menambah daya lagi, baiknya segera ganti dengan unit baterai yang baru..

      Hapus
    2. walaupun saya disitu not charging.. ?
      tp wear levelnya 0 %
      saya cek lewat mana yah wear levelnya biar fix ??
      saya cek di hwmonitor bagian mana yang melihat wear level

      Hapus
    3. iya, not charging yang normal adalah di angka 99-97%. tapi kalau dibawah 50% sudah not charging berarti baterainya sudah tidak mampu menyimpan daya lagi.

      di hwmonitor ada di bagian bawah, bagian baterai.

      Hapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Google+ Followers

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin