Solusi Menghilangkan Adware "Ads not by this site" dan "Ads by media Player" dengan Mudah

Posted by

Surfing di internet memang menjadi sebuah hobby dan kebiasaan tersendiri di jaman sekarang ini, mudahnya mencari dan mendapatkan informasi menjadi salah satu faktor masyarakat suka dengan internet. Namun, semakin banyak pengguna maka semakin banyak pula pihak – pihak yang secara sengaja menyebarkan program – program “jahat” yang tujuannya beragam, mulai dari sekedar iseng, mencuri data, hingga mengambil keuntungan tersendiri lewat program jahat tersebut.
menghilangkan adware pada browser
ilustrasi
Selain Virus, Malware, Worm ada lagi program jahat yang sekarang ini sedang marak beredar di internet, yaitu Adware. Adware merupakan sebuah program dimana ketika kita membuka web browser (Mozilla, chrome) maka aka muncul satu atau beberapa box yang muncul berupa iklan. Iklan ini akan terus muncul di website apapun dan tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan kita. Bukan hanya membuat tidak nyaman saja, tetapi ternyata secara diam – diam, “ads by not this site” atau “ads by media  player” ini akan mengambil keuntungan pada setiap kali kita meng-klik iklan tersebut, bahkan ada yang secara otomatis melakukan download malware terhadap computer atau laptop kita. Nah berdasar hal inilah MyRepairSolution kali ini akan membahas “Bagaimana Cara Menghapus Adware Iklan di Browser”.
 Adware is the common name used to describe software that is given to the user with advertisements embedded in the application. Adware is considered a legitimate alternative offered to consumers who do not wish to pay for software. -webopedia

Penyebab

contoh adware
contoh adware
Biasanya adware ini menjangkit computer kita karena kita telah melakukan install suatu program yang tidak jelas asal – usulnya berbarengan dengan program yang kita pernah install. Maka dari itu, cara pencegahan utama yang bisa  dilakukan adalah jangan pernah melakukan install aplikasi yang tidak jelas asalnya, dan jika memang harus, harap perhatikan pemilihan aplikasi tambahan (plugin, search bar, dll) pada saat proses install.

contoh adware "ads not by this site"
contoh adware yang menggangu

Solusi Menghilangkan “Ads by not this site” atau “Ads by Media player”

Berikut ini merupakan cara dan langkah – langkah yang bias kamu lakukan untuk menghilangkan iklan tidak jelas yang berlabel ads by not this site / ads by media player.

1. Menghapus program tidak jelas di computer
    uninstall program adware pada komputer
    uninstall program adware pada komputer
Buka Start > Control Panel > cari add or remove program. Setelah itu cari dan lakukan uninstall aplikasi – aplikasi berikut :

  • SaveAs
  • SelectionLinks
  • WebCake
  • Yontoo
  • Searchnewtab
  • Media Player
  • Media View
  • Media Watch
  • dan-lain-lain
*mungkin pada setiap Komputer akan berbeda namanya, oleh karena itu coba cermati iklan adware yang ada pada browser)

2. Menghapus ads not by this site atau ads by media player di ekstensi browser
Untuk browser Mozilla, klik tombol firefox, buka add-ons, lalu akan muncul jendela extension.
klik "add-ons"
klik "add-ons"

Sekarang anda hapus atau disable extension yang mencurigakan dan anda tidak tahu. Kemudian restart browsernya.
disable / remove yang tidak diketahui
disable / remove yang tidak diketahui

Untuk browser Google Chrome, klik tombol menu, pilih tools > extension.
klik menu tools > extensions
klik menu tools > extensions

Kemudian anda hapus extensi yang mencurigakan dan yang tidak anda inginkan.
klik icon 'tempat' sampah untuk menghapus
klik icon 'tempat' sampah untuk menghapus

Catatan : Nama – nama program adware ini mungkin akan berbeda – beda pada tiap browser dan computer, jadi tidak selalu sama seperti pada gambar diatas.

Untuk pengguna Internet Explorer, klik icon “gear” lalu klik ‘manage-addon’.
tombol untuk akses add on pada IE
tombol untuk akses add on pada IE

Disini akan muncul daftar addon yang sebenarnya berupa adware, jadi silahkan anda pilih nama – nama yang menurut anda muncul ketika iklan adware ada. Kemudian kliik disable.
hapus ekstensi / addon pada iE
hapus ekstensi / addon pada iE


3. Menghapus Adware menggunakan Removal Tools
Ada tipe adware yang akan langsung terhapus hanya dengan lewat brower tadi, tapi banyak juga adware yang bandel dan akan terus muncul walaupun sudah kita disable lewat browser tadi. Nah untuk mensiasati jenis adware yang bandel ini, diperlukan suatu software berupa adware removal tool. Pada kesempatan kali ini, saya menggunakan ADW Removal Tools.

Lihat juga : Solusi Menghapus Virus Shortcut yang Menggangu

Langkah pertama, silahkan anda download ADW removal tool yang bersifat Free ini Disini :

setelah itu, tutup semua aplikasi yang sedang berjalan (termasuk browser anda). Lalu silahkan jalankan ADW cleaner
aplikasi AdwCleaner
aplikasi AdwCleaner

sekarang anda klik tombol SEARCH sehingga AdwCleaner akan melakukan scanning apakah masih ada adware “Ads not by this site” / “ads by media player” atau tidak.
proses menghapus adware dengan ADW cleaner
proses menghapus adware dengan ADW cleaner

Setelah itu akan muncul notepad yang berisi data – data adware yang terdeteksi oleh adw cleaner, silahkan anda close notepad,  lalu untuk menghapusnya, anda klik tombol DELETE setelah itu adwcleaner akan menghapus adware “ads not by this site” tersebut. Setelah selesai, adw cleaner akan meminta computer anda untuk reboot. Klik OK.

Setelah computer reboot, maka kini computer anda bebas dari adware “ads not by this site” maupun “Ads by Media Player”. Silahkan coba melakukan browsing  atau surfing internet menuju website kesukaan anda.
Demikianlah tips dan  trik untuk menghapus dan menghilangkan Adware “ads not by this site” dengan mudah. Semoga bermanfaat bagi anda. Jangan lupa tinggalkan komentar atau beri +1 dan like fanspage kami untuk mendapatkan artikel gratis ! . salam Solusi Masalah Komputer.


Blog, Updated at: 4/09/2014

3 komentar:

  1. thanks infonya.. bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo intan, sama - sama terimakasih kunjungannya..

      Hapus
  2. makasih infonya bermanfaat bgt kebetulan ane lagi cari cara menghilangkan iklan di youtube. mungkin cara ini bisa dipake yah?

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin