Solusi Mengatasi Flashdisk Write Protected Dengan Mudah

Posted by

hallo semua, semoga sehat selalu ya..  :) Seperti yang kalian ketahui, Flash Disk atau biasa juga disebut Pendrive merupakan sebuah media penyimpanan yang saat ini cukup populer di kalangan masyarakat kita, baik oleh para anak sekolah, mahasiswa, guru, dosen, pekerja bahkan mungkin presiden :p. Oleh karena itu tidak dapat dipungkiri penemuan flashdisk ini menjadi sangat fenomenal karena ukuran yang sangat kecil dan compact dapat menggantikan fungsi disket sebagai perangkat penyimpanan bahkan hardisk yang mempunyai kapasitas yang cukup besar, mulai dari 512MB, 1GB, 2GB, 32GB bahkan sekarang sudah banyak beredar flashdisk dengan kapasitas hingga 1TB. flashdisk menjadikan sebuah tempat penyimpanan file penting favorit kita.

the disk is write protected
the disk is write protected

Namun seperti yang kita semua tahu bahwa sifat barang elektronik seperti flashdisk pun bisa mengalami kerusakan atau error, entah itu karena faktor internal seperti terkena virus atau faktor eksternal misalnya terkena air atau terjatuh. nah pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan sebuah solusi ketika dimana tiba - tiba flash disk tidak dapat kita format atau bahkan tidak dapat kita akses dikarenakan "The Disk is Write Protected". artinya bahwa perangkat ini tidak dapat di akses dan di format dikarenakan telah terkunci. Berikut ini merupakan ulasannya Bagaimana Mengatasi The Disk is write protected pada Flashdisk, silahkan disimak.

Indikasi dan Faktor penyebab flashdisk ini mengalami write protected adalah karena seringnya flashdisk dicabut dengan tidak melalui safely remove (langsung dicabut) sehingga perangkat flashdisk mengalami malfunction pada bagian aksesnya. maka dari itu untuk dapat menghindari kejadian serupa, hendaknya biasakan diri agar melakukan safely remove setiap hendak melepas flash disk dari komputer atau laptop. Baca Juga cara memperbaiki flashdisk rusak atau tidak terdeteksi komputer.

Solusi Mengatasi Write Protected

yang pertama adalah jangan panik dan gelisah, karena beberapa flashdisk yang mengalami hal ini (write protected) masih dapat kita selamatkan. bagaimana caranya ? tanpa basa basi, yuk langsung saja kita bahas.

1. Colokan Flashdisk (FD) pada Komputer / laptop anda.
2. Setelah terdeteksi, buka jendela Registry Edit milik windows, caranya klik START > RUN > lalu ketik REGEDIT atau tekan tombol win+R dam ketik REGEDIT.

ketik regedit
ketik Regedit

3. Setelah itu akan muncul jendela Registry Edit yang dimaksud, selanjutnya coba anda buka HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Currentcontrolset\control\ dan cari string StorageDevicePolicies. Jika tidak menemukannya, silahkan buat baru, caranya sebagai berikut :
  • langkah pertama, buka HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Currentcontrolset\control\ lalu klik kanan di folder control
  • Pilih New > Key lalu ubah namanya menjadi StorageDevicePolicies
  • Klik kanan di folder StorageDevicePolicies yang baru dibuat tadi, lalu pilih DWORD(32-bit) untuk yang memiliki OS 32bit, atau DWORD(64-bit) untuk kalian yang memilki OS versi 64 bit.
  • lalu ganti lagi nama DWORD yang baru saja kita buat menjaid WriteProtect dan double click lalu ganti value datanya menjadi 0 dengan heksadesimal. lalu silahkan close regeditnya. 
sekarang coba silahkan lakukan refresh pada komputer anda setelah itu lakukan safely remove untuk mencabut flashdisk anda tadi. lalu lakukan restart pada komputer, setelah di restart, coba colok flashdisk lagi kemudian lakukan proses Format. tadaa!! flashdisk kamu pun kini sudah dapat kembali digunakan tanpa perlu membeli flashdisk yang baru. cukup mudah bukan ?, tidak sulit namun harus memperhatikan urutan yang sesuai.

Jika dengan cara diatas tetap tidak bisa, kemungkinan terjadi kerusakan sistem pada firmware flashdisk tersebut dan dibutuhkan proses Flashing. namun flashing membutuhkan waktu dan ketelitian yang cukup rumit sehingga akan kita bahas di lain waktu.

demikianlah  Solusi Mengatasi Flashdisk Write Protected . semoga bermanfaat bagi kamu dan jika usb port kamu memiliki masalah not recognized, kamu bisa cek artikel yang satu ini : Cara mengatasi masalah USB not Recognized.

terimakasih telah mengunjungi Blog Solusi Masalah Komputer ini, support terus kami dengan memberikan komentar baik di blog ataupun fanspage Facebook kami. semoga bermanfaat.


Blog, Updated at: 4/04/2014

38 komentar:

  1. Balasan
    1. hallo Fardin Rokudou,
      sudah dicoba di beda komputer / laptop ?

      Hapus
  2. Makasih banyak gan, berhasil !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo hamid dewa saputra,
      sama - sama, terimakasih kunjungannya.. :)

      Hapus
  3. Alhamdulillah, malahan tadi kendalanya flashdisk ane yang 16 gb baru ke isi 1 mb aja udah mau penuh min..., terus di dalemnya ada tulisan ane dan write protect gitu kalo mau di Format, setelah ngikutin petunjuk joss ente, jadi keren bagus lagi ni flashdisk, kirain ane! ane di tipu ama pihak sellernya...

    Thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Pelaut Sejati!
      alhamdulillah, senang rasanya bisa membantu sesama :)
      terimakasih atas kunjungannya...

      Hapus
  4. Balasan
    1. Hallo Sendy Yansah, kalau dengan cara di atas tetap tidak bisa, kemungkinan besar memang flashdisknya sudah rusak :)

      Hapus
  5. Waw.. makasih ya gan, gara2 postingan dari ente, flashdisk ane makin gak bener ...
    gak bisa diformat, gak bisa di rename, udah makin gak guna flashdisk nya... makasih sarannya ya gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Chendy Yourdan, Tidak mungkin cara yang saya sebutkan diatas dapat membuat flashdisk tidak bisa diformat :) apalagi tidak bisa di rename, karena string registry diatas hanya membuat registry tambahan soal writeprotect.. :)
      kalau ada kesalahan, di ubah kembali seperti semula saja :)

      Hapus
  6. Mantap Tutor bro... FlashDisk 16 GB saya dah selamat...Makasih atas sharenya n moga banyak banyak rejeki, sehat n selalu dalam lindungan Allah SWT....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Romeo Awas, terimakasih atas testimoni dan doanya, senang bisa membantu :) sukses selalu...

      Hapus
  7. Uppss!!! Saya restar lupa bookmark..besok mau baca2 isi blognya...

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. untuk di windows 8 belum dicoba, tapi sepertinya bisa karena struktur registrinya hampir sama dengan windows 7

      Hapus
  9. DWORD itu apa sih mas? punya ku sudah ada file StorageDevicePolicies nya, terus apalagi yang diganti kalau sudah ada file StorageDevicePolicies nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, DWORD itu bisa dibilang sebagai salah satu variable registry komputer.
      nah kalau sudah ada file storagedevicepoliciesnya silahkan ganti menjadi WriteProtect dan double click lalu ganti value datanya menjadi 0 dengan heksadesimal. lalu silahkan close regeditnya. setelah itu restart dan coba format fdnya, kalau tidak bisa bisa juga berarti memang flashdisknya sudah error firmwarenya, kalau sudah begitu, silahkan di ganti ulang regeditnya menjadi storagedevicepolicies lagi.. :)

      Hapus
  10. gak mau, aku coba di memory kamera yg di connect pake card reader. udh bener prosesnya tp tetep gak mau bang(sat)

    BalasHapus
  11. KEREN...BERHASIL.... THANKS GAN...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah selamat ya, senang bisa membantu :)

      Hapus
  12. Makasih banyak gan. Berhasil jos

    BalasHapus
  13. Makasih banyak gan. Berhasil jos

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan, senang bisa membantu :)

      Hapus
  14. Makasih bung... tutorialnya sangat membantu dan saya coba teryata berhasil sukses,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, terimakasiha atas testimonialnya ya..

      Hapus
  15. Mas, udah saya ikutin caranya. Sekarang pas mau diformat tulisannya gini "windows was enable to complete the format" gimana ya biar bisa diformat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, di Regeditnya sudah di ganti belum?
      kalau mengikuti sesuai urutan diatas sih harusnya bisa kok..

      Hapus
  16. gan masih gak bisa saya udah pakai banyak cara dan masih juga gak bisa di format :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti flashdisknya harus di flash ulang gan

      Hapus
  17. Min, saya udh lakukan semua yg ada d tutor tetapi untuk d bagian akhir saya tidak menemukan folder StorageDevicePolicies.
    Gmn pencerahannya ?
    Moho bantuannya, WA : 089679312224

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tidak ada dibikin saja foldernya tidak apa2..

      Hapus
  18. Min, saya udh lakukan semua yg ada d tutor tetapi untuk d bagian akhir saya tidak menemukan folder StorageDevicePolicies.
    Gmn pencerahannya ?
    Moho bantuannya, WA : 089679312224

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tidak ada dibikin saja foldernya tidak apa2..

      Hapus
  19. Trims gan.... flashdisc bs dipakai lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan, senang bisa membantu.. :)

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. trimakasih mas bro mantap flasdisk kembali laggi bisa pake

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Mengenai Saya

Foto Saya

i'd like everything about japanese music and technology. i also love to watch movie and keep update about latest technology. you can visit my blog's at lirikjepangku and myrepairsolution

Popular Posts

Google+ Followers

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin