Cara Mengatasi Mouse Double Click Error

Posted by

Mouse memang menjadi suatu perangkat yang sangat vital dan di butuhkan oleh para pengguna komputer. namun biasanya para pengguna kurang memperhatikan kualitas dari mouse ini sendiri. biasanya mereka hanya berpikir "yang penting bisa dipakai". Padahal mouse juga memiliki tingkat kegunaan yang beragam dan masa pakai dan tentunya sesuai dengan harga. hal ini mungkin tidak terpikirkan oleh kita sebagai pengguna awam yang memang tidak  memerlukan akurasi dan tingkat kenyamanan pakai seperti para gamer dan designer yang memang membutuhkan spesifikasi khusus dalam memilih mouse.



pada awalnya mouse di buat hanya berupa satu tombol pada tahun 1963, namun sesuai dengan perkembangan jaman, mouse pun berevolusi menjadi dua tombol dan tiga tombol dimana saat itu masih menggunakan ball pada bagian bawahnya. kini mouse sudah menggunakan laser optic yaitu berupa sinar infra merah untuk keakuratan yang lebih baik terutama di tahun 2014 dan paling terbaru ini. namun, tahukah anda bahwa mouse optic yang kini beredar mempunyai masa pakai untuk beberapa waktu ?

mengatasi mouse double click
masa pakai mouse
seperti yang terlihat pada gambar di atas ;
  • Resolution: 1000DPI
  • Scanning frequency: 3000FPS
  • The number of key: 3
  • Touch pressure switch: 70-80g
  • Key life: > 2.000.000 times
  • Wheel life: > 2.000.000 times
  • Operating voltage: 5V
  • Operating current: <100mA
  • Chip: Sunplus C2165
Harap di perhatikan gambar diatas berdasarkan mouse optic yang standard biasanya harganya Rp. 25.000 sedangkan untuk mouse yang berharga lebih mahal biasanya memiliki umur serta resolution yang lebih tinggi.
masa pakai atau umur dari mouse optic berdasarkan gambar diatas adalah Touch Pressure, Key life, Wheel life. jadi maksudnya, mouse dapat digunakan secara optimal hanya sampat ketika tekanan yang di berikan sekitar 70 - 80 g, lalu umur mouse juga hanya sampai 2.000.000 klik saja, dan umur roda atau scroll yaitu 2.000.000. dan ketika sudah melebihi batas - batas tersebut, biasanya munculah suatu masalah yaitu Mouse suka double click dengan sendirinya.

nah, pasti kalian tentu pernah merasakan bagaimana rasanya ketika kita klik mouse hanya sekali namun perintah yang terexecute ternyata dianggap sebagai double click. sangat sangat menggangu ya. misalnya ketika kita dikejar deadline harus mengerjakan laporan dan dikirim pada saat itu juga namun karena mouse double klik dengan sendirinya membuat proses mengetik yang seharusnya cepat menjadi lambat.

hal sederhana seperti itu ( mouse yang double klik sendiri ) memang sangat menyusahkan kita sebagai pengguna, membuat kita kesal, bete, marah dan rasanya ingin segera membanting dan membuangnya !. namun, Eitss jangan dahulu anda buang, karena sebenarnya ada cara Bagaimana Mengatasi Masalah Mouse yang sering Double Click dengan Sendirinya dengan menggunakan MouseFix..

ya, dengan software MouseFix, kamu bisa mengembalikan mouse seperti semula. software ini adalah buatan Daniel Jackson.

This is a small utility program I wrote to correct a problem that is experienced by some users of the Microsoft Intellimouse Explorer Optical Mouse, whose devices have defective microswitches under the buttons causing a single-click to be seen by Windows as a double-click (seemingly not "debounced" properly).

Berikut langkah - langkahnya :


  1. Download MouseFix disini.
  2.  lalu Extract dan letakan serta buat folder baru di C:\Program Files\MouseFix
  3. Buat Shortcut file MouseFix.exe dan letakan di dalam folder startup windows ( untuk win 7 :C:\Users\PERSONAL\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup. untuk win XP, biasanya ada di C:\document and user\AppData\microsoft\windows\start menu\programs\startup ) atau jika kamu kesulitan, cara lainnya adalah :
  4. dengan Klik start > all programs > startup ( klik kanan, open explorer )
mencari folder startup windows
folder startup
lalu letakan shortcut MouseFix.exe disana.
setelah itu coba log-off atau restart, maka lihatlah keajaibannya !. mouse anda pun kini sehat kembali dan tidak melakukan double klik dengan sendirinya lagi.

untuk sekedar catatan, bahwa program ini hanya cukup di jalankan sekali dan tidak akan terlihat sebagai program running kecuali melihatnya di task manager.

namun berbeda halnya jika kamu mempunyai masalah pada scroll mouse yang rusak, kamu bisa membuatnya kembali berfungsi dengan melihat artikel yang satu ini : Cara mengatasi Scroll Mouse yang rusak
demikian lah Solusi Mengatasi Mouse yang Suka double click dengan sendirinya semoga anda masalah anda terselesaikan, jika ada masalah bisa di tanyakan di kolom komentar.

salam Solusi Masalah Komputer


Blog, Updated at: 3/01/2014

18 komentar:

  1. Ow, begitu toh caranya, oke gan. ini bisa menjadi solusi jika mouse saya error

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, silahkan di bookmark jika berkenan :)

      Hapus
  2. ituh yg di gambar mirip mous ane hihhihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhehe :D persiapkan gan, siapa tahu nanti butuh jika mousenya sudah mulai doble click sendiri..

      Hapus
  3. Amankah software mouse fix ini gan?

    bagi agan yang berminat belajar komputer administrasi bisnis bisa dilihat di situs berikut ini Kursus Administrasi Bisnis

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, software ini aman kok, karena hanya merubah string pengaturan mouse saja.. :)

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong kalau memberi komentar yang cerdas ya, lihat di linknya, disitu kesimpulannya PROBABLY HARMLESS! There are strong indicators suggesting that this file is safe to use.
      Yang artinya bisa dibaca sendiri :)kalau tidak mengerti bahasa inggris bisa gunakan Google translate.

      memang dari hasil scan tersebut ada dua engine av yang mendeteksi trojan tapi hasilnya tidak membuktikan bahwa file yang saya share bervirus. terimakasih.

      Hapus
  5. kok ga bisa di download,error gan.. ada link lain ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok gan, pastikan login dulu ya di 4sharednya..

      Hapus
  6. How long does a Yorkie live?
    13 – 16 years

    Are Yorkies cuddlers?
    A lover of all things comfortable, the Yorkshire terrier enjoys cuddling with loved ones and snuggling into everything soft and fluffy. And for you, their silky coat isn't too bad for petting. https://www.newdaypuppies.com/

    Adorable Teacup and Toy AKC Yorkie Puppies
    We have adorable Yorkshire Terrier puppies male and female (she is pictured with the bow).The little girl was born on and the male was born on. teacup yorkie for sale Both puppies have started potty training and have had all sets of puppy shots and deworming. They both come with AKC papers.The girl is very petite and has an adorable baby doll face. yorkies for sale near me She is a teacup and will mature to be around just lbs. She is very gentle and easy going She is the princess in our home and loves to be held.The male is full of spunk and is super playful He will mature to be lbs and would make an awesome family dog. He has a gorgeous silky coat and adorable teddy bear face.Both puppies are AKC registered and will come with a health guarantee shot record and sample puppy food. https://www.newdaypuppies.com/teacup-yorkie-puppies-for-sale/

    Adorable Teacup and Toy AKC Yorkie Puppies is a Female, Male Yorkshire Terrier Puppy for sale in US. Adorable Teacup and Toy AKC Yorkie Puppies by newdaypuppies for Female, Male Yorkshire Terrier Puppies. yorkie puppies for sale

    BalasHapus
  7. Hi there, just became alert to your blog through Google, and found that it is really informative. I am gonna watch out for brussels. I’ll appreciate if you continue this in future. Lots of people will be benefited from your writing.

    성인야설
    오피
    마사지블루
    스포츠마사지
    카지노사이트

    BalasHapus
  8. Thanks For this great content. Really Enjoyed.Keep It up. 슬롯머신

    BalasHapus
  9. I will wait for posts like this and will read them with pleasure. 바카라사이트

    BalasHapus
  10. Ternyata masih dapat diperbaiki ya sewaktu mouse rusak biasanya pada cursornya

    Tutorial Komputer

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin