Solusi Windows 8.1 Tidak Bisa Connect Wifi

Posted by

Windows 8.1 dan Windows 10 Tidak Bisa Connect Wifi - 2016, OS keluaran terbaru dari windows yakni windows 8.1 dan windows 10 memiliki bug yang berkaitan dengan wifi. Pengguna sering mengeluh kesulitan untuk dapat mengkoneksikan laptopnya dengan wifi yang tersedia. Mulai dari masalah Limited Connection hingga indikator yang terus berputar tanpa berhenti.

solusi wifi limited
Wifi sulit connect ? selalu limited ?


Pada kesempatan kali ini admin akan membahas Solusi Windows 8.1 tidak bisa connect wifi. Pada pembahasan kali ini akan ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Harap diingat bahwa cara-cara ini sudah dicoba dan berhasil. Silahkan disimak ya.

Apa Penyebab Masalah Wifi di Windows 8.1 ?

Setelah melakukan diagnosa terhadap beberapa kasus yang kerap terjadi, bisa diambil kesimpulan bahwa tidak bisa connect wifi bisa disebabkan oleh 2 hal, yaitu tipe security yang tidak cocok atau IP yang tidak cocok dengan gateaway. Nah ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi windows gagal Wifi ini.

Cara Pertama - Forget Network

Jika kamu mendapati pesan 'Can't connect to this network' setelah meng-klik 'connect'. Maka, solusi pertama adalah dengan melakukan Forget Network. Caranya yaitu, 

solusi-gagal-connect-wifi
cari 'Network Connection Settings'
Tekan tombol CTRL+S lalu ketik Network dan pilih Network Connection Settings. setelah itu akan kelular jendela pengaturan network. Disini jika kamu mengalami gagal connect wifi maka akan terlihat tombol yang bertuliskan "Manage known Networks".
solusi windows 8 tidak bisa connect Wifi
Manage Known Networks
Pilih daftar hotspot yang sebelumnya gagal kita koneksikan lalu klik "Forget".

solusi windows 10 gagal connect wifi
klik tombol forget

Nah, jika kamu tidak bisa melakukan langkah diatas, jangan khawatir, kita bisa melakukan forget network melalui command prompt/CMD. caranya buka CMD lalu ketik:
netsh wlan show profiles
tekan tombol enter, akan muncul daftar wifi yang sudah pernah terdaftar di laptop kita, nah sekarang catat detail SSID wifi yang ingin kita forget tadi, jika sudah ketik perintah berikut ini:
netsh wlan delete profile name="NetworkName" 
Ganti "NetworkName" dengan SSID wifi yang akan kita forget lalu tekan enter. Maka secara otomatis SSID Wifi tersebut akan hilang alias ter-forget.

Windows gagal konek wifi
forget network via cmd
Setelah kamu selesai melakuka  Forget Network, kamu akan diminta untuk memasukan kembali password Wi-fi yang baru saja kita forget, dengan begini maka konfigurasi IP akan reset secara otomatis dan kamu sudah bisa terkoneksi dengan Wifi.

Cara Kedua - Network Diagnostic Tools

Cara kedua ini adalah cara yang cukup efektif dalam mengatasi masalah Wifi tidak bisa connect. Dengan menggunakan fitur Windows Diagnostic Tools yang sudah ada/terinstall di setiap OS Windows 8.1 keatas.

solusi-windows-gagal-konek-wifi
Windows network diagnostics


Caranya, klik kanan pada icon wifi di tray kamu lalu pilih Troubleshoot Problems. Secara otomatis windows akan melakukan pemindaian untuk mencari masalah yang ada, nah ketika sudah selesai windows akan memberikan kita info hal-hal yang menyebabkan masalah kenapa Wifi tidak bisa terkoneksi, lalu pilih 'Next' dan tunggu hingga selesai.

Cara Ketiga - Restart Component Service

Jika kedua cara diatas belum mengatasi masalah Wifi tidak connect, kamu bisa mencoba langkah yang ketiga ini yaitu melakukan restart services. Caranya, yang pertama buka control panel lalu double klik pada Administrative Tools. Selanjutnya, buka Component Services

Wifi-error-windows
Component Services - Restart
Pilih tab menu Services (local) yang ada disebelah kiri, kemudian kamu harus merestart secara manual 3 services yang ada yaitu DHCP Client, DNS Client, WLAN Autoconfig. Caranya satu persatu kamu buka seperti pada gambar dibawah ini.

cara atasi wifi tidak bisa connect
Restart services
Pertama, Stop services yang sedang berjalan, kemudian tunggu beberapa detk dan sekarang kamu Start kembali lalu klik OK. Ulangi langkah tersebut untuk 3 service lainnya. Setelah selesai silahkan kamu restart laptop kamu dan lihat hasilnya :)

Jika dari ketiga cara diatas masih belum menyelesaikan masalah Wifi Tidak Bisa Connect di Windows 8.1 keatas, berarti ada masalah pada Router wifi yang ada. Silahkan di cek segal pengaturan IP Addres serta gateawaynya, Jika kamu memiliki Router Linksys dan lupa password, baca artikel Mengatasi Lupa Password Router Linksys

Itulah dia Solusi Mengatasi Windows 8.1 Tidak Bisa Connect Wifi. Semoga berhasil, jika ada pertanyaan seputar masalah komputer, mulai dari program, hardware, android, aplikasi, silahkan tanyakan saja melalui kolom komentar dibawah ini ya atau bisa juga dengan like fanspage facebook kami. Salam MyRepairSolution.

Tags: #gagal-connect-wifi #wifi-tidak-bisa-konek, #windows-8-wifi-error, #windows-10-wifi-error, #tidak-bisa-konek-speedy, #wifi-speedy-error


Blog, Updated at: 7/09/2016

30 komentar:

  1. saya pengguna windows 10. laptop saya tdk bs connect ke wifi dan saat dilakukan troubleshoot hasilnya "the DNS server isn't responding". saya sdh mencoba semua langkah2 di atas tapi tetap saja tdk bisa walaupun sdh restart laptop. mohon bantuannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo coba trik ini, ubah DNSnya menjadi 8.8.8.8 dan 8.8.4.4.. :)

      Hapus
  2. Terima kasih banyak min postingnya sangat membantu saya, karena saya sampai download driver network adapter itu juga tidak berguna hehe sukses terus min.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillaah rasa galau ini terobati, terima kasih artikelnya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  4. sudah saya coba semua cara, tetap saja tidak bisa connect dengan wiffi bolt saya, padahal sblmnya pernah bisa. saya connect pk wiffi hp bisa connect. tp bolt gagal terus

    BalasHapus
  5. min klo gak bisa mendeteksi wifi gmn solusinya?

    BalasHapus
  6. Saya tidak bisa menggunakan wifi saya, connect untuk menghidupkan wifi nya tidak ada

    BalasHapus
  7. Min, sudah saya coba cara diatas, namun tetap juga gak bisa min, bisa gak di bantu lagi solusinya

    BalasHapus
  8. Nggak work min, sy coba di windows 8.1. 32 bit gk bisa.

    BalasHapus
  9. Eh work min. Untuk cara no. 1 setelah selesai di reset jangan dimasukan password dulu. Alangkah baiknya di Restart terlebih dahulu pcnya terus baru masukin passwordnya.

    BalasHapus
  10. Min saya gk bisa connect ke wifi laptop nya,karena saya gk punya laptop:(

    BalasHapus
  11. Min saya gk bisa connect ke wifi laptop nya,karena saya gk punya laptop:(

    BalasHapus
  12. Ga bisa min
    Gimana cara nya
    Cara lain

    BalasHapus
  13. terimakasih min..cara nya berhasil di laptop saya win 8.1

    BalasHapus
  14. Di laptop sya win 8 sinyal wifi muncul tanda seru min.. Gmn solusinya min...

    BalasHapus
  15. Di laptop sya win 8 sinyal wifi muncul tanda seru min.. Gmn solusinya min...

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Permisi, min. Saya sudah mencoba 3 cara diatas. Adakah solusi lainnya supaya bisa menghilangkan/terlepas dari bug wi-fi limited dari Windows 8.1?

    BalasHapus
  18. Min kalo network cable unplugged itu gmn ya? Bluetooth juga gabisa, Nerima hotspot atau WiFi jg gabisa

    BalasHapus
  19. MasterCeme, Agen CEME IDNPLAY Terpercaya di INDONESIA
    masterceme.com
    HOT PROMO :
    - THR akhir Tahun 2019
    - Referral 20%
    - Cashback 0.3%
    - Bonus Deposit Harian 5.000 / hari

    Link Alternatif :
    masterceme.info
    masterceme.net

    WA: +85578968600
    Line : Masterceme

    BalasHapus
  20. Terima Kasih, sangat membantu sekali :)

    BalasHapus
  21. Saya sarankan jika cara diatas itu masih belum berhasil, sebaiknya lakukan penginstalan driver secara manual bergantung dari driver Wi-Fi dan/atau jenis produk laptop yang digunakan. Tetapi tetap hati² dalam melakukan instalasi secara manual, karena ada kemungkinan terjadinya "Device Manager" mengalami hang, sehingga bisa membuat performa dari PC / laptop berkurang, atau bahkan dapat merusak software sehingga tidak bisa masuk OS Windows.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin