Cara Cek Versi BIOS Komputer dan Laptop

Posted by

Cara Cek Versi BIOS Dengan Mudah - 2015, Komputer dan laptop kita tidak akan bisa berfungsi jika tidak ada BIOS di dalamnya. Oleh karena itu fungsi BIOS tentu sangat vital walaupun masih sangat jarang kita mengetahui seluk beluk yang lebih dalam tentang BIOS misalnya untuk melakukan Update Versi BIOS.

cara lihat versi BIOS
bagaimana melihat versi BIOS ?

Jika kamu mengalami Gagal Booting atau tidak laptop menjadi suka error dan Bluescreen / BSOD mungkin kamu akan langsung berpikiran bahwa kerusakan ada pada komponen hardware atau OSnya. Tapi apakah kamu tahu bahwa terkadang BIOS yang tidak diupdate bisa menjadi penyebab masalah pada PC kita tersebut. Nah, oleh karena itu pada kali ini akan admin berikan Cara Mengecek Versi BIOS untuk keperluan update atau yang lainnya.

Apa itu BIOS ?

Sebelum admin menjelaskan langkah-langkah mengecek BIOS ada baiknya kita mengetahui sebenarnya apa sih BIOS itu ?

BIOS atau lengkapnya yaitu Basic Input Output System sederhananya adalah sebuah firmware atau penggerak untuk meload sebuah OS. Jadi jika tidak ada BIOS atau BIOS kamu tidak berfungsi maka Sistem operasi yang sudah terinstall tidak akan bisa berjalan. BIOS bekerja juga dengan memeriksa hubungan antara hardware dengan motherboard kamu bisa terkoneksi.

  1. Memeriksa hubungan dengan RAM dan Processor.
  2. Memeriksa perangkat lain yang terhubung seperti keyboard, mouse, dll
  3. Memeriksa Boot option (dimana akan meload OS)
  4. Load OS.

 Cara Cek Versi BIOS

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk dapat melihat versi dari BIOS kita. yang pertama adalah melihatnya ketika pertamakali komputer booting.

versi bios
versi bios
Cara kedua, menggunakan CMD (command prompt) langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Buka CMD dengan menekan tombol windows + R lalu ketik CMD dan tekan enter.
  2. lalu ketik perintah "wmic bios get smbiosbiosversion" dan tekan enter.
  3. lalu akan terlihat versi dari BIOS kalian.

versi bios via cmd
versi bios via cmd
nah, untuk kamu pengguna Windows 8.1 dan Windows 10 kamu bisa melihat versi BIOS melalui system information dengan tampilan GUI yang lebih user friendly, caranya yaitu:
  1. Tekan tombol windows + R
  2. Ketik msinfo32 lalu tekan enter.

versi bios pada windows 8.1
versi bios lebih jelas

nah, mudah bukan Cara mengecek versi BIOS  ini ?. Sekarang kamu bisa melakukan Update BIOS atau hal lainnya yang berkaitan dengan BIOS. tapi harap berhati-hati ya karena kesalahan sedikit yang terjadi pada BIOS bisa berpengaruh pada performa PC kita nantinya.

Semoga bermanfaat bagi kamu semua, jika ada pertanyaan silahkan kirimkan pada kolom komentar dibawah in atau melalui fanspage facebook kami. :) salam Myrepairsolution.


Blog, Updated at: 10/10/2015

4 komentar:

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin