Cara Melihat Windows Experience Index (WEI) di Windows 8.1

Posted by

Bagi pengguna sistem operasi Windows 8.1 pasti banyak yang tidak mengetahui bahwa ada salah satu fitur atau tampilan yang dihilangkan dari versi Windows 7 yaitu Windows Experience Index (WEI) yang biasanya ada pada properties komputer. WEI akan menunjukan score atau nilai yang di dapat oleh komputer kita meliputi nilai Processor, Graphic, Memory, Hardisk, dll. nilai dari WEI ini acapkali dijadikan patokan oleh sebagian orang untuk dapat menilai seberapa baik kah performa dari komputer atau laptop itu.

Windows experience index pada windows 7
tampilan WEI win7


Tapi bagi para pengguna Windows 8.1 jangan khawatir karena kita tetap bisa melihat Score WEI dengan bantuan software pihak ketiga, yaitu WinAero WEI Tools. Dengan aplikasi ini kita dapat dengan mudah melihat score layaknya WEI yang ada di windows 7.

WinAero WEI Tools

Merupakan software yang dapat menghitung dan memberikan nilai sebagai acuan kita sebagai user dapat mengetahui index score laptop atau komputer kita sendiri. WinAero Tools dapat menilai beberapa component dibawah ini :

  • Processor | menghitung kalkulasi kecepatan per-detik
  • Memory RAM | menghitung kecepatan memori per-detik
  • Graphic | Menghitung performa grafis tampilan
  • Desktop Graphic | Menghitung performa grafis 3d dalam hal gaming
  • Primary Hardrive | menghitung rata - rata kecepatan transfer.
untuk bisa mendapatkannya bisa di unduh secara cuma - cuma karena software ini bersifat Freeware.


Cara menggunakan WinAero WEI Tools

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, buka file hasil unduhan dari link di atas, setelah itu double click file .zip tersebut lalu klik  WEI.exe

Jalankan aplikasi WEI.exe
Jalankan WEI.exe


setelah itu tanpa melakukan installasi, progam ini akan langsung berjalan dan memberikan kita hasil dari perhitungan aplikasi ini seperti tampak pada gambar di bawah ini.

score indexing winAero pada windows 8.1
hasil Score winAero WEI

Namun jika anda telah melakukan perubahan, misal menambah RAM atau ganti VGA tentunya score tersebut dapat kita update dengan mengklik link "Re-run the assesment". secara otomatis sistem aplikasi akan mejalani sebuah proses untuk menilai ulang.

proses penilaian ulang WEI di windows 8.1
tampilan Scoring ulang WEI di windows 8.1

Perlu diperhatikan bahwa penggunaan aplikasi ini tidak mengubah performa komputer anda, dan dapat berfungsi baik untuk versi win8.1 32bit atau win8.1 64bit. Penggunaan aplikasi ini juga tidak menyebabkan kerusakan sistem atau Windows Gagal Booting.

Demikianlah Cara Melihat WEI (Windows Experience Indexing) di Windows 8.1. semoga bermanfaat bagi anda semua, jangan lupa tinggalkan komentar atau beri like fanspage kami agar selalu mendapatkan berita terbaru seputar Teknologi Informasi yang ada di blog My Repair Solution aka Solusi Masalah Komputer.


Blog, Updated at: 8/29/2014

7 komentar:

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin