Resize Banyak Foto Dengan Photoshop

Posted by

Cara Meresize Banyak Foto Dengan Photoshop - Banyak diantara kita pasti yang suka sekali mengkoleksi foto baik itu memang sekedar hobi ataupun tuntutan pekerjaan. bagi sebagian dari kita, tidak afdol rasanya jika setiap momen tidak di abadikan oleh jepretan kamera, mulai dari kamera digital, kamera DSLR, atau kamera android. namun, seiring berjalannya waktu maka tumpukan file foto tersebut akan memenuhi media penyimpanan kita baik di laptop ataupun di smartphone, nah kalau sudah penuh lantas apa yang harus kita lakukan ?

resize photo dan gambar dengan photoshop
bingung mau kecilin ukuran gambar tapi banyak ?


yup, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan solusi bagi kalian yang mengalami masalah memiliki foto yang berukuran terlalu besar yaitu Bagaimana Cara Meresize Banyak Foto Dengan Photoshop hanya dengan sekali klik saja. silahkan ikuti tutorialnya dan rasakan manfaatnya ! :)


Keuntungan Batch Resize Dengan Photoshop

keuntungan dari melakukan resize banyak foto dengan photoshop ini adalah antara lain :
  1. Mudah, dapat meresize satu folder foto sekaligus.
  2. Support file .JPEG dan .PNG
  3. Dapat mengatur ukuran yang diinginkan
  4. Mempermudah agar kita dapat upload foto ke media sosial :)

Langkah Kesatu

klik file > script > image processor
aktifkan fitur image processor

Buka Photoshop kamu ( bisa digunakan mulai dari photoshop CS4, CS5, CS6, CC ) lalu klik menu file > Scripts > Image Processor. setelah itu akan keluar dialog box yang menunjukan langkah untuk dapat meresize gambar secara bersamaan.

Langkah Kedua

image processor menu dialog
dialog image processor
di menu ini, pertama kamu harus memilih folder yang berisi foto yang ingin kamu ubah ukurannya dengan klik Select Folder. jika di dalam folder tersebut ada folder lagi dan kamu juga ingin merubah sizenya, beri tanda centang "include all sub-folder".

Langkah Kedua

setelah itu langkah kedua kamu pilih folder tujuan. klik  Select Folder atau pilih "save in same location" jika kamu ingin menaruh foto hasil kompresi di folder yang sama.

Langkah Ketiga

nah, disini kamu bisa memilih tipe file yang ingin kamu jadikan hasilnya. saran saya pilih Save as JPEG. pilih kualitas kompresi, baiknya biarkan saja 5. atau jika kamu mau mengatur ukurannya kamu bisa centang "resize to fit" lalu isi weight  dan heightnya.

Langkah Keempat

sekarang kamu tinggal klik RUN untuk menjalankan perintah mengkompress ukuran gambar atau foto secara sekaligus lewat photoshop ini. selama proses berlangsung, akan secara otomatis gambar-gambar yang kamu pilih akan terproses jadi tunggu hingga tidak ada lagi foto yang tampil di layar kamu.

Hasil

nah, jika kalian penasaran sejauh apasih hasil kompresi atau resize foto yang sudah di proses tadi, maka kamu bisa melihat gambar di bawah ini.

tidak ada perbedaan yang berarti
perbandingan kualitas gambar

Jika kalian lihat pada gambar diatas, tidak ada sama sekali perbedaan yang terlihat oleh mata kita. itulah keunggulan Resize Dengan Menggunakan Photoshop

sebelah kiri sebelum | sebelah kanan sesudah
perbandingan gambar sebelum dan sesudah resize
bisa kalian lihat lewat gambar diatas bahwa foto yang sudah di proses bisa turun sejauh 70% tanpa mengurangi kualitas.

sebelah kiri sebelum resize dan sebelah kanan yang sudah resize
detail dimensi, dpi dari dua gambar yang sama

sementara untuk bagian detailnya sama sekali tidak ada perubahan, dimensi yang tidak berubah ukuran panjang lebar yang tetap sama bahkan DPI yang sama. luar biasa bukan ?

jika kalian penasaran ingin melihat file asli dari kedua gambar tersebut, kalian bisa menghubungi admin lewat fanspage facebook kami. ( just in case ada yang tidak percaya :p ).

itulah dia artikel Cara Resize Banyak Foto Bersamaan Dengan Photoshop. semoga bermanfaat bagi kalian semua. Jika punya pertanyaan atau komentar seputar masalah komputer, silahkan konsultasikan melalui kolom komentar di bawah ini. salam Myrepairsolution - Blog Solusi Masalah Komputer dan Android.


Blog, Updated at: 4/25/2015

7 komentar:

  1. tutorial tentang resize banyak photo dengan photoshopnya sangat membantu. tks.

    BalasHapus
  2. pengetahuan baru mas, ternyata bisa menggunakan fasilitas diphotosop..
    sering merisize tapi hasilnya jadi pudar..
    makasih mas, trik langsung mau saya coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, banyak yang belum tahu sebenarnya ada fitur seperti ini di photoshop.. :)
      sipp, silahkan mencobaa..

      Hapus
  3. wah, makasi banyak gan atas infonya. saya akan coba dulu ni.

    www.manganopo.blogspot.com

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin