Solusi Masalah Wifi Pada Android Tidak Terkoneksi

Posted by

Solusi Masalah Wifi Pada Android Sering Terputus - 2015, Koneksi atau jaringan memang menjadi suatu hal yang dibutuhkan terutama bagi ponsel pintar atau smartphone. selain menggunakan paket data dari operator seluler kita dengan beragam tarif, kita juga terbiasa menggunakan koneksi data dari wifi yang ada di rumah atau gedung - gedung seperti di kampus, mall, restaurant. namun apa jadinya jika ternyata ketika mencoba menggunakan wifi android kita justru bermasalah dan sering terputus dengan sendirinya.

tidak bisa terkoneksi dengan jaringan wifi
tidak bisa konek ke wifi ?

nah, pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana Solusi Masalah Pada Wifi Android  yang Sering Terputus. memang menjengkelkan rasanya, ketika teman kita bisa terkoneksi dengan jaringan wifi di tempat yang sama, tetapi android kita justru bermasalah. masalah koneksi terputus ini memang bisa terjadi pada versi Android apapun baik gingerbread, ICS, jellybean, bahkan kitkat. lalu bagaimana kah solusinya ?

Koneksi WIFI terkadang hilang dan tersambung kembali

masalah ini merupakan masalah yang paling umum ditemukan dimana koneksi wireless sering putus nyambung tanpa alasan, atau ketika smartphone nyala koneksi wifi bisa tersambung, tetapi ketika layar smartphone android mati, tiba - tiba koneksi wifi terputus dengan sendirinya dan bisa menyala dan tersambung kembali ketika layar android kembali aktif. 

sebenarnya hal tersebut bukanlah akibat dari kerusakan hardware ataupun software yang ada di android kamu, melainkan karena settingan Sleep Policy pada Android yang aktif .

Sleep Policy pada android merupakan sebuah pengaturan dimana smartphone akan menjalankan perintah tertentu ketika posisi android kita sedang sleep atau tidak beroperasi. biasanya sleep policy ini akan aktif pada power saving mode di aktifkan. entah oleh software penghemat baterai atau memang di atur oleh pemilik androidnya.

untuk mengaturnya ikuti langkah - langkah berikut :

tampilan pada device asus Zenfone 5
cara mengatur sleep policy wifi pada android

  1. Masuk ke pengaturan > cari wifi  setting.
  2. Setelah masuk ke pengaturan wifi, kamu tap pojok kanan atas, lalu pilih advanced.
  3. Disini kamu masuk ke pengaturan advaced wi-fi, kamu bisa melihat pengaturan Keep Wi-fi on during sleep.
  4. Tap, lalu kamu bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan kamu. namun jika masalahnya wifi kamu selalu mati ketika layar mati, kamu harus mengganti ke pilihan "Always".

Catatan : Harap di perhatikan bahwa tampilan menu pengaturan sleep policy mungkin akan berbeda di setiap device tergantung versi android dan UInya, seperti contoh di atas merupakan tampilan pada device Asus Zenfone 5. akan berbeda tampilannya dengan Samsung Galaxy. namun pada intinya pengaturannya sama, hanya urutannya saja berbeda.


Android tidak bisa terkoneksi jaringan Wifi Speedy

 Sebenarnya bukan hanya jaringan Speedy saja, namun hampir rata - rata yang mengalami adalah pengguna speedy. kasusnya adalah Android tidak bisa konek ke jaringan wifi dan tidak bisa browsing, padalah koneksi di komputer lancar dengan jaringan yang sama. penyebabnya adalah karena perangkat android kamu pernah di setting menjadi IP statik secara manual.

yup, pengaturan IP pada android baik itu smarphone maupun tablet ada 2 jenis,

  1. IP Dynamic (DHCP). dimana IP akan secara dinamik berubah menyesuaikan ip yang tersedia pada router.
  2. IP Static. dimana kita mengatur IP secara manual dan tidak akan berganti kecuali kita sendiri yang menggantinya.
nah, masalah yang biasanya terjadi adalah karena kita pernah menggati settingan menjadi IP static, dimana di router yang biasa kita gunakan adalah ip standar 192.168.1.1 namun ketika kita berpindah lokasi yang berbeda jaringan router, misalnya 192.168.1.254 maka secara otomatis android kita tidak akan pernah tersambung ke jaringan yang baru tersebut karena IP gateawaynya tidak sama.

cara menggati settingan IP pada android adalah sebagai berikut.

tap and hold
masuk ke pengaturan Wi-fi. tap > tahan di wifi yang kamu pilih
masuk ke bagian pengaturan wi-fi, setelah daftar wi-fi yang ingin kamu koneksikan sudah muncul, kamu tap lalu tahan beberapa detik hingga muncul dialog box seperti pada gambar di atas. lalu kamu pilih menu Modify Network.

mengatur settingan ip pada android
atur settingan ip pada android

setelah itu kamu scroll kebawah, lalu beri tanda ceklist pada "Show advanced options". scroll lagi kebawah, akan ada IP settings, nah kalau sudah dalam keadaan static, berarti android kamu sudah pernah menggunakan ip manual, silahkan di cek. masukan ip address yang baru, default untuk router speedy 192.168.1.1 - 192.168.1.254 (silahkan pilih dari rentang 1 sampai 254). untuk gateaway, secara default 192.168.1.1, namun jika tidak bisa juga, kamu harus bertanya kepada network admin berapa IP gateaway yang di gunakan. lalu klik save.

setelah itu kamu bisa mencoba mengkoneksikan jaringan wifi tersebut, dan coba browsing. jika berhasil maka masalah Android tidak bisa terkoneksi ke wi-fi sudah teratasi. cukup mudah bukan :)
kedua cara diatas bisa di terapkan di android Samsung, asus, xperia, htc, oppo, lenovo, andromax, dll.

itu saja artikel Solusi Tidak Bisa Connect Wifi pada Android dan Tablet. semoga bermanfaat bagi kamu semua, jika ada pertanyaan silahkan tuliskan kolom komentar di bawah ini atau lewat facebook kami. salam MyRepairSolution.



Blog, Updated at: 3/15/2015

43 komentar:

  1. cara yg pertama sudah di lakukan tapi tetap tidak conect sama sekali, yg kedua juga sudah, hasilnya sama aja. sedangkan yg lainnya teman kantor sendiri semua pada conect normal2 aja, ga ada settingan macem2 apalah apalah..
    kenapa gan, mohon pencerahannya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. COba 'forget' wifinya terlebih dahulu, kalau perlu restart androidnya, biasanya seperti karena msh ada cache network yang menempel..

      Hapus
  2. punya saya pertama konek,, tpi setelah saya disconect lalu coba konek ulang udah nggak bisa,,??

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba forget network terlebih dahulu, terkadang cache juga mempengaruhi bisa atau tidaknya wifi tersebut..

      Hapus
  3. tolong bantuannya, saya udah pake cara di atas tpi ttp ga konek,,,udah restart, forget, bahkan kembali ke pengaturan pabrik tpi masih ga bisa konek. sony xperia s tablet 32GB

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tetap tidak bisa berarti harus setting ip statis, caranya ganti pengaturan wifi dari DHCP ke Static. kemudian tulis manual ip addres serta gateawaynya. namun cara ini kamu harus tau ip address yang sesuai berapa..

      Hapus
  4. jika wifi tidk bisa di aktifkan bagai mna cara mengatasi nya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dicoba menggunakan cara yang ada di artikel ini?
      kalau tidak bsia juga coba forget dulu semua wifi yang ada..

      Hapus
  5. Wifi konek tapi mendadak terputus,setelah itu konek lagi tapi tidak bisa dipakai buat buka inet,saya kira hanya hp(samsung j5) saya tapi ternyata hp(samsung note4) adik saya juga sama,sudah diseting ulang tapi tetap tidak bisa, kira2 kenapa ya gan???? Terimaksih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah coba di forget dulu?
      biasanya tidak konek karena ipnya bentrok dengan yang lain, coba atur menjadi ip statik.. tapi syaratnya harus tau gateaway ipnya berapa..

      Hapus
  6. pertama berkunjung di blog ini salam kenal semua ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, terimakasih kunjungannya yaa..

      Hapus
  7. tetep ngga ngaruh. udah step by step diikuti caranya. Udah reboot. hard reset. clear cache. tetep ngga ngaruh hasilnya. Asus zenfone 2.
    Ini kenapa ya masalahnya, aneh banget sampai ga nemu solusi lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, kalau tetap tidak bisa biasanya itu karena pengaturan dari router wifinya. coba setting ipnya secara manual/statis.

      Hapus
  8. kalau buat oppo mirror 3 buat solusi nya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama ko, ini berlaku buat semua android. coba di praktekan saja.. :)

      Hapus
  9. Maaf gan mau tanya, saya mau masuk wifi kantor ga bisa,,tulisannya kegagalan wlan... Tapi kalau di wifi tempat lain bisa...kenapa ya?sebelumnya bisa gan mohon penjelasannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek dulu apa wifi kantor agan diproteksi?
      coba juga untuk forget wifinya terlebih dahulu..

      Hapus
  10. sudah pake ip manual, tersambung tapi tanda '!' wifinya dan ngga konek internet. butuh solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di ping ke gateawaynya ada bisa tersambung?

      Hapus
  11. mau nanya gan,ane connect.wi-fi tulisannya cuman akses di tolak ataupun disimpan gitu doang,itu buat semua wi-fi gitu trus bang,dan kalo ane nyalahin hot spot buat temen valencia gan? Adakah solusi nya? Udah ane restart pabrik hasilnya sama aja bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ke lacak maksudnya,waktu nyalahin.hotspot

      Hapus
    2. hallo, kalau boleh tau androidnya merk apa ya?
      biasanya kalau seperti itu ada bug dr vendornya..
      lebih baik dibawa saja ke service centernya gan karena defect dr pabrik..

      Hapus
  12. hai mas satriyo....saya pake hp samsung j7.tadinya tidak ada maslah dengan wifi di kantor tapi 2 hari ini ,tidak bisa akses sama sekali,padahal hp temen2 kantor tidak ada masalah.kalau wifi di nyalakan tulisan TERJADI KESALAHAN OTENTIKASI.sudah saya sudah ane ristart pabrik masih sama .
    terimakasih.....
    mohon penjelasanya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba wifinya di forget dulu, biasanya ada kesalahan password pada saat konek ke wifinya..

      Hapus
  13. Saya sudah coba caranya, ganti Ip address berkali kali tetep gabisa, sedangkan di hp lain bisa, cuma hp saya yang gabisa connect. meskipun udah dicoba, cuma connecting doang. Kalo ke wifi lain, baru bisa connect. Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, kemungkinan mac address hpnya masuk ke daftar blocklist. coba tanyakan ke bagian ITnya :)

      Hapus
  14. Mas hp sy oppo A57 gabisa konek ya sama wifi rumahb pdhl kmrn kmrn bisa ko gabisa ya, btw sya tmpilan beda ga kaya di gambar andorid marsmellow 6 mohon Lankah" nya, soalnya mau mencet lankah lankah yg mas tunjukin sy bingung malah gaada menunya hehe mohon bantuany

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahapannya tidak jauh beda kok, ketika keluar daftar koneksinya, di tap tahan lalu pilih modify/advanced/edit.. :)

      Hapus
  15. halo gan ane pake lenovo, sebelumnya ga bermasalah soal connect wifi, tp tiba2 skrg sdh connect tp tetep ga bisa internetan. pdhl kl buat hp or laptop lain bisa wifi FM nya. udah coba masukin beberapa ip address yang sesuai cara2 di atas tp ttp gbsa juga. mau coba reset factory takut semua data ilang dan ga ke back up (pengalaman sebelumnya). mohon pencerahan gan...trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah coba di forget ya ?
      kalau misal memang tidakbisa sama sekali pilihan terakhirnya memang reset factory, dan sebelumnya pastikan backup atau copy data yang ada ke penyimpanan yang lain gan..

      Hapus
  16. hallo gan hp saya Asus zenphone max 3.3 dari kemariin pakai wifi bisa tapi sekarang tidak mau nyambung ke wifi meskipun ada jaringan wifi dan icon wifi di hp saya tidak muncul. suda pakai cara diatas gak bisa kira2 knp yah padahal jaringan wifinya gk ada masalah di hp lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kemungkinan bug dari firmware hpnya, sebaiknya bawa ke service center resminya yaa

      Hapus
  17. saya sudah melakukan segala cara yg ada diblog ini
    tp ttep saja ga bsa konek saja pdhal tulisannya terhubung dan icon wifi nya nyala
    mslahnya dmna yah??.sy bngung cma hp sy yg ga konek

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo bisa jadi karena memang kuota pengguna wifinya sudah maksimal jadi tidak kebagian koneksi. coba gunakan ketika wifinya sedang sepi pengguna

      Hapus
  18. Assalamualaikum
    Saya udh coba steep prtmnya.. nggk brhsil steep kdua jga begitu tdk aada perubahan sama skli

    BalasHapus
  19. mas hp saya samsung galaxy s7 , kaya nya sm seperti yang lain tidak konek ke wifi , tapi apabila hotspot tersambung , itu murni kesalahan wifi rumah saya atau ada yang lainnya? terima kasih mohon bantuannya mas

    BalasHapus
  20. Mas hp saya oppo f1s untuk wifi kantor g bisa tpi klo di gunakan di kantor lain bisa untuk keterangan waktu menyambung ke wifi sudah habis cobalah nanti lagi... Hp udah pksi stastik dan udah tak restat pabrik jga. Sama aja mas trus cara solusinya gmna ya mas

    BalasHapus
  21. thanks agan sekarang ane jadi tau cara mengatasi wifi smartphone yang error
    solder uap 2in1

    BalasHapus
  22. work di hp samsung j500g... mantap.. terimakasih bosku

    BalasHapus
  23. Punya saya konek pas awal doang,setelah 1 menitan gabisa browsing,kalo mau bisa browsing lagi harus matikan wifi dan sambungkan kembali,dan siklus ini pun terus berlanjut😭

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin