Solusi A Disk Read Error Occurred Pada Windows

Posted by

Solusi Atasi a Disk Error Occured pada komputer - myrepairsolution. kalian pasti pernah mengalami masalah crash pada windows secara tiba-tiba. entah itu akibat Overheat atau mendadak Bluescreen atau tanpa sebab dan hanya mengeluarkan pesan tertentu yang membuat kita panik tak karuan karena file penting kita belum di backup sama sekali.

computer crash
computer crash


Tenang !, pada kesempatan kali ini admin akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah ketika komputer atau laptop kita tiba - tiba crash dan mengeluarkan peringatan "A disk read error occurred press CTRL+ALT +DEL to restart" dengan beberapa cara atau tahapan yang bisa kalian ikuti secara seksama.

Indikasi Error

Crash seperti ini memang cukup berbeda dan membingungkan kalau dibanding dengan error yang lainnnya, alasannya adalah karena peringatan yang diberikan tidak menunjukan dimana letak kesalahan atau error yang menyebabkan terjadinya crash sehingga kita tidak tahu bagaimana cara mengobatinya.

Ctrl+alt+del untuk task manager
muncul peringatan
biasanya masalah ini terjadi karena ada kerusakan sistem yang ada di hardisk, tak jarang para teknisi service komputer menyarankan untuk mengganti unit hardisk karena sekali kamu terkena masalah ini biasanya akan sering sekali "kambuh-kambuhan". tapi jangan khawatir dulu,  karena untuk sebagian kasus kamu tidak perlu menjual /mengganti sama sekali, cukup dengan mengikuti cara - cara yang ada di bawah ini.

Resetting / Updating BIOS

yup, solusi yang cukup  sederhana ini rupanya memberikan hasil yang cukup baik dalam mengatasi masalah a disk read error occurred press ctrl+alt+del to restart.

load to default settings
pilih reset to default
langkah-langkahnya, pertama nyalakan komputer atau laptop kamu, lalu tekan tombol Del atau F2 / F10/F11/F11 (tergantung merk motherboard). setelah masuk ke menu bios, kamu cari pengaturan untuk mengubah settingan menjadi default

Note : khusus pengguna windows 8.1, jika kalian kesulitan untuk masuk ke menu BIOS, kalian bisa lihat tutorial Cara Masuk ke Menu BIOS Windows 8.1.

Cara lain untuk mereset BIOS menjadi default adalah dengan mencabut baterai CMOS yang ada di motherboard. caranya dengan mencabut kabel power, lalu buka casing dan cari lokasi baterai CMOS yang ada di motherboard, setelah ketemu, kamu angkat baterai CMOS tersebut.

cabut batere cmos laptop dan PC
lepaskan baterai CMOS
setelah tercabut, kamu tekan tombol power selama 10-15 detik dengan keadaan kabel power masih belum tercolok. tujuannya agar tidak ada  lagi sisa arus yang ada di kapasitor, setelah itu kamu masukan lagi baterai CMOS seperti semula, colokan kabel power dan coba masuk ke BIOS menu, kamu akan di arahkan untuk mengatur ulang pengaturan dasar sepert waktu tanggal, dll.

itu lah dia cara mengatasi masalah a disk read error occurred, press ctrl+alt+del to restart dengan  mereset pengaturan BIOS.


Memindahkan Hardisk ke Unit PC lain

yup, ini merupakan salah satu cara yang bisa kalian coba untuk mendeteksi kira-kira apa yang menyebabkan komputer atau laptop kita terkena masalah "a disk read error occurred" ini. caranya cukup simple, kamu cukup pindahkan hardisk kamu ke unit PC atau laptop lain yang berjalan normal, coba lakukan booting dari komputer tersebut. 

jika hasilnya hardisk kita berjalan dengan lancar di unit PC lain, itu tandanya ada kerusakan pada komponen hardware seperti VGA, RAM, atau motherboard kita. namun jika sebaliknya hardisk kita tidak dapat berjalan, itu berarti masalah ada pada hardisknya sehingga memerlukan adanya tindak lanjut yang lain lagi seperti membersihkan Bad sector yang ada pada hardisk kita.


itulah dia Solusi Atasi A Disk Read Error Occurred, Press CTRL+ALT+DEL to Restart. semoga bermanfaat bagi kalian semua para pengunjung setia. jika kalian mempunyai pertanyaan seputar masalah komputer, kalian bisa bertanya di kolom komentar di bawah ini atau melalui fanspage Facebook kami. salam Blog Solusi Masalah Komputer.


Blog, Updated at: 3/29/2015

15 komentar:

  1. Terimakasih banyak gan atas sharenya, saya kira ini bermanfaat untuk orang banyak juga ..!!
    Salam sukses dan terus menulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mas Sigit atas support dan kunjungannya.. :)

      Hapus
  2. Nice Info Jangan Lupa Kunjung Blog Saya
    http://sewaprojectormurahsurabaya.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Mas, saya mengalaminya kadang-kadang saja. Tapi setelah tekan Ctl+ALT+Delete langsung bisa masuk ke sistem. saya pakai ASUS X450JN Windows 10. Kira-kira apa yang salah, Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya koneksi antara hardisk dengan laptopnya bermasalah.Bisa dicoba untuk melepas dan memasang hardisknya kembali.

      Hapus
  4. Oh masalah ini lebih pada ke hardware ya mas

    Belajar seo blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul, ini lebih ke masalah hardisk

      Hapus
  5. apakah kemungkinan kabel hardisknya yg minta ganti apa hardisknya gan yg sudah perlu diganti????

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masalahnya seperti ini harus dicoba ganti kabelnya dulu apakah memang kabelnya yang bermasalah atau tidak. tapi dalam kebanyakan kasus, hardisk badsector itu memang karena hardisknya yang sebaiknya diganti..

      Hapus
  6. ane sudah coba langkah2 semua yg di atas tetap blm kelar masalahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masalahnya seperti ini harus dicoba ganti kabelnya dulu apakah memang kabelnya yang bermasalah atau tidak. tapi dalam kebanyakan kasus, hardisk badsector itu memang karena hardisknya yang sebaiknya diganti..

      Hapus
  7. apakah ada cara terbaik untuk mencegah kejadian yg diterangkan di artikel diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. mencegahnya dengan menggunakan PC se'sehat' mungkin. lakukan update antivirus dan jangan lupa istirahatkan komputer agar tidak terjadi overheat dan mati mendadak..

      Hapus
  8. saya langsung coba cara yang Resetting / Updating BIOS langsung bisa gan, thanks atas infonya gan. sangat membantu

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Google+ Followers

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin