Cara Atasi Bad Sector Pada Hardisk Komputer

Posted by

Setelah kemarin kita membahas mengenai Apa itu Bad Sector dan penyebabnya serta cara melakukan pengecekan terhadap harddisk kita apakah terdapat bad sector atau tidak, kini tak ketinggalan admin ingin memberikan sebuah tutorial mengenai Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Harddisk dengan berbagai cara yang tentunya hal ini akan membantu mengatasi masalah pada hardware penyimpanan kita.

atasi bad sector dengan dua cara
hardisk kamu terdapat bad sector ?

seperti yang kita tahu bahwa jika harddisk kita memiliki bad sector maka performa serta kapasitas hdd tersebut akan menurun, hal ini tentulah sangat merugikan kita sebagai pengguna walaupun biasanya adanya bad sector ini tidak kita sadari karena memang pengaruhnya tidak terasa secara langsung. sebagai informasi bahwa Bad Sector itu terbagi menjadi dua, yaitu Hard Bad Sector dan Soft Bad Sector, dimana Hard Bad Sector terjadi karena kerusakan fisik secara permanen sehingga tidak bisa kita perbaiki, misalnya kerusakan pada head hardisk. sedangkan untuk  Soft Bad Sector dapat kita perbaiki karena kerusakan hanya terjadi pada system yang terdapat di dalam hdd tersebut.

nah pada kesempatan kali ini admin ingin memberikan cara bagaimana memperbaiki Bad Sector pada hardisk dengan dua cara, yaitu yang pertama menggunakan fitur bawaan dari windows dan yang kedua menggunakan tools / software.

Menggunakan Fitur Error Checking

Cara ini cukup mudah dan tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan dan hanya menggunakan fitur bawaan yang sudah ada di Sistem Operasi XP, windows 7, windows 8/8.1. silahkan perhatikan langkah - langkahnya:

  1. Buka My Computer atau windows explorer anda.
  2. Selanjutnya pada hardisk yang ingin kita perbaiki bad sectornya, klik kanan lalu pilih properties.
  3. Setelah itu akan muncul jendela properties hdd yang kita pilih.
  4. Disini kita klik tab Tools lalu pilih atau klik check now pada menu error checking
reparasi bad sector menggunakan fitur windows
klik check untuk melanjutkan
selanjutnya jika muncul pertanyaan pilih yes maka proses pengecekan bad sector sekaligus perbaikan bad sector akan berjalan.

Catatan :

Harap diperhatikan bahwa proses ini biasanya akan berjalan cukup lama, jadi disarankan jika ingin memulai proses ini harus dalam keadaan komputer tidak dipakai.
Harap diperhatikan juga bahwa cara ini tidak bisa digunakan untuk mengapus virus atau malware misal Sality atau shortcut. 

nah itulah dia cara memperbaiki bad sector pada hardisk menggunakan fitur "chkdsk" tanpa perlu menggunakan aplikasi apapun.

 Menggunakan Aplikasi SpinRite Versi 6

Bila kita lakukan cara diatas yang cukup mudah, namun biasanya hasil yang kita dapatkan juga kurang akurat. nah jika anda menginginkan hasil yang benar - benar bagus, admin sarankan untuk menggunakan aplikasi yang satu ini, yaitu SpinRite V6. Sebenarnya SpinRite merupakan aplikasi Recover Data yang hilang namun keunggulannya bahwa aplikasi ini juga dapat melakukan reparasi Bad Sector pada hardisk. 

sebelum memulai proses check hdd, terlebih dahulu kita persiapkan yang diperlukan. yaitu 
  • CD/DVD atau Flashdisk (kosong)
  • PC (admin sarankan menggunakan PC desktop mengingat lamanya proses yang akan berjalan)
  • Aplikasi SpinRite v6.
jika semua bahan diatas sudah tersedia, saatnya kita mulai. langkah pertama, silahkan dapatkan SpinRite v6 Disini. setelah itu buka hasil yang sudah di dapatkan tadi dan jalankan aplikasi spinritenya.

pilih ISO jika ingin install melalui CD atau install on Drive jika ingin install melalui Flashdisk
klik ISO / on Drive
sekarang, jika anda ingin melakukan proses nantinya melalui CD/DVD, silahkan pilih Create ISO or IMG File, sedangkan jika ingin menggunakan Flashdisk yang bersifat lebih stabil, silahkan pilih Install SpinRite on Drive. jika memilih pilihan yang kedua, selanjutnya kamu isi drive letter flashdisk yang sudah kamu colok ke komputer sebelumnya. setelah itu akan ada proses install bootable spinrite. setelah selesai, kamu bisa klik close.

Langkah selanjutnya, colok media yang kamu pilih ( CD/DVD atau flashdisk) dan restart komputer kamu. masuk ke menu BIOS dan atur Boot Priority menjadi CD/DVD first atau Removable media ( tergantung pilihan kamu) lalu save & exit.

Setelah itu komputer akan melakukan booting SpinRite V6 ini.

interface SpinRite v6
tampilan awal spinrite

selanjutnya setelah melakukan optimasi pengaturan, untuk dapat recovery bad sector pada hdd, maka akan ada pilihan action dan kamu bisa pilih level 5.

pilih level 5
pilih level 5
setelah ini maka kamu akan dihadapkan pertanyaan untuk memilih partisi hardisk yang ingin kamu recover sectornya. pilih salah satu yang ada di daftar seperti pada gambar di bawah ini.

pilih partisi hardisk yang kita inginkan
pilih partisi hdd
setelah itu maka proses pun berjalan. harap diingat bahwa proses ini akan berjalan sangat lama bahkan pada beberapa kasus bisa terjadi sampai hampir satu hari. jadi jangan kaget dan siapkan tempat yang sekiranya aman dari jangkauan anak - anak agar proses recovery bad sector dapat berjalan dengan lancar.

proses perbaikan sedang berjalan
proses sedang berjalan
nantinya tampilan jika proses sudah ingin selesai akan seperti gambar di bawah ini.

proses recovery sector berjalan dengan baik
proses berjalan dengan baik
jika proses sudah selesai maka komputer akan restart dan kamu bisa mengganti kembali urutan booting service menjadi HDD seperti semula. dan segera dapat kamu rasakan perbedaan setelah proses bad sector ini kamu lakukan, silahkan Cek Bad Sector apakah proses yang kita lakukan tadi benar - benar berhasil atau tidak.

Sebenarnya banyak sekali software yang dapat membantu kita untuk memperbaiki hardisk bad sector ini seperti Eassos, HDD Regenerator, HD Tune , dll tetapi rekomendasi admin jatuh kepada SpinRite ini karena memang benar - benar bagus. harap diperhatikan juga bahwa melakukan proses ini tidak menyebabkan windows Gagal Booting apalagi sampai mengakibatkan kerusakan hardware.

demikianlah Tutorial Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk dengan mudah, semoga kalian suka. jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini atau kalian juga bisa konsultasi gratis seputar masalah pada komputer / laptop melalui fanspage Facebook yang kami miliki ini. salam Blog Solusi Masalah Komputer.


Blog, Updated at: 7/16/2014

1 komentar:

  1. Wah terima kasih atas informasi website sehingga kami memahami mengenai tips hardisknya

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir sebagai info untuk beberapa informasi tentang tips menghemat penyimpanan hardisk
    https://bangamingadget.com/menghemat-ruang-hardisk/

    terima kasih


    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin