Penyebab dan Cara Check Bad Sector Pada Harddisk

Posted by

Hardisk merupakan salah satu komponen terpenting yang ada di komputer atau laptop kita, karena Fungsi Hard disk sebagai media penyimpanan menjadi sangat vital. bayangkan saja jika komputer kita tidak menggunakan hardisk tentu saja banyak sekali pekerjaan yang sangat sulit dilakukan. Perkembangan Hardisk juga sangat signifikan, awalnya dari port IDE dengan besar 8GB hingga kini dengan port SATA 2 TB !.

Cara mudah check kondisi harddisk
Hardisk kamu lola / lambat ?

Namun layaknya perangkat elektronik lain, hardisk juga mempunyai kerentanan akan mudahnya kerusakan, yang biasa kita sebut Bad Sector. Bad Sector pada hardisk merupakan keadaan dimana satu sektor dalam hard disk atau flashdisk ( removable disk) mengalami kerusakan sehingga tidak dapat digunakan kembali sebagai tempat penyimpanan data. nah hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, misalnya saja koneksi yang putus saat adanya transfer data atau bisa juga di sebabkan oleh benturan keras yang mengakibatkan mal function pada system hdd.  Nah pada kesempatan yang berbahagia ini, admin akan menjelaskan Faktor dan Penyebab Bad Sector pada HDD dan juga Cara Mengetahui HDD Bad Sector. silahkan disimak.

Penyebab Bad Sector pada Hard Disk

ada banyak sekali penyebab bad sector pada hardisk, diantaranya :

  1. Melemahnya Magnetic disk pada piringan hdd. hal ini bisa saja terjadi karena daerah magnetic disk tersebut telah kehilangan daya cengram sehingga kemampuan untuk menyimpan datanya menjadi lemah.
  2. Goncangan atau benturan. hal tersebut menjadi faktor yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang terutama pada penggunakan hard disk eksternal. saat sedang melakukan proses baca dan tulis dan terjadi guncangan maka head akan menggesek pinggiran dari hdd itu sendiri sehingga menyebabkan goresan pada piringan.
  3. Tidak stabilnya listrik. daya listrik yang menurun secara tiba - tiba dapa mengakibatkan head akan berhenti secara mendadak sehingga akan rentan membuat bad sector.
  4. Data / File yang berantakan. membuat hdd kesulitan mencari file jika sedang ditbutuhkan dan membuat head dapat menggesek platter dari hdd dan mengakibatkan bad sector pada hardisk.
sifat dari Bad Sector ini juga dapat menyebar jika terus dibiarkan, efeknya tentu saja akan membuat komputer menjadi lambat dan volume hardisk berkurang dari kapasitas yang seharusnya. Nah, setelah kita mengetahui apa yang menyebabkan bad sector pada hdd. sekarang bagaimakah cara mengecek kondisi hardisk kita ? apakah hdd kita dalam kondisi baik, atau justru penuh dengan bad sector ? berikut ini caranya.

Melakukan Check Bad Sector pada Hard disk

sebenarnya banyak sekali software diluar sana yang memudahkan kita dalam melakukan check hardisk, seperti HD Tune, EaseUS, dll. tapi sebenarnya kita juga dapat melakukan check kondisi hardisk tanpa perlu menginstall aplikasi - aplikasi tersebut. caranya dengan menggunakan command prompt bawaan windows. cara ini dapat dilakukan oleh Windows XP, Vista, 7, windows 8 bahkan windows 8.1 yang paling terbaru. caranya ;

  1. Buka command prompt dengan cara Klik Start > All programs > accessories > Command Prompt. atau bisa juga dengan Tekan tombol (windows) + R > ketik "cmd".
pengecekan bad sector dengan cmd
tampilan saat sedang melakukan check
  1. lalu ketik CHKDSK C: lalu tekan tombol Enter. ( C: dapat diganti dengan partisi hardisk anda yang lainnya, jika anda membuat partisi tersendiri sebelumnya ).
  2. Setelah itu akan muncul hasil dari proses yang baru saja di lakukan oleh system. 
hasil pengecekan bad sector
hasil scan
dari gambar diatas bisa kita tarik kesimpulan bahwa dari Harddisk yang berkapasitas 200GB, terdapat 2,954 file yang disembunyikan oleh system dan berjumlah 8,599 folder serta 124.733 file total. nah pada hardisk tersebut terdapat 16 kb Bad Sector. lalu bagaimanakah dengan komputer atau laptop anda ? jika hasil bad sector menunjukan angka "0" makan bersyukurlah bahwa kondisi harddisk anda masih sehat.

nah itulah dia Penyebab dan Cara Melakukan Check Hard disk Bad Sector. semoga bermanfaat bagi anda. ikuti terus karena pada postingan selanjutnya akan kita bahas bagaimana cara mengatasi hardisk bad sector. :). jangan lupa tinggalkan komentar dan like fanspage kami agar selalu mendapatkan informasi ter-update dari blog Solusi Masalah Komputer ini.


Blog, Updated at: 7/08/2014

7 komentar:

  1. thank's.. artikel yang bermanfaat. simple tapi penting

    BalasHapus
  2. Gan belum bisa kok ya laptop saya dell n4050 64 bit Windows 7 ultimate

    BalasHapus
  3. Gan belum bisa kok ya laptop saya dell n4050 64 bit Windows 7 ultimate

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum bisanya seperti apa ya ?bisa dijelaskan lebih detail lagi?

      Hapus
  4. scan packe cmd sangat cepat. Thanks!

    BalasHapus
  5. Mantap gan, sy udh coba d windows 8.1. dan hdd sy aman.... Thanks trick nya gan

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin