Solusi Print Spooler Error 1068 Dengan Cepat

Posted by

Beberapa waktu yang lalu, admin sudah memberikan informasi mengenai cara mengatasi error ink absorber full Pada Printer Canon dan tak ketinggalan juga bagaimana cara melakukan reset pada printer canon IP 2770. nah pada kesempatan kali ini admin akan memberikan sebuah informasi mengenai error yang biasanya juga terjadi pada hampir semua printer ( HP, Canon, Epson, dll ).

cara atasi print tidak bisa
Cannot start Printing ?

ketika kita hendak melakukan proses printing yang dilakukan dari komputer kita, atau banyak juga kasus yang terjadi ketika kita hendak melakukan proser print melalui koneksi lokal (LAN) tiba - tiba terdapat notifikasi warning error yang menyatakan "Could not start the Print Spooler service on Local computer". hal ini sama seperti yang admin alami beberapa waktu kemarin, dan itulah kenapa pada kesempatan kali ini admin ingin memberikan informasi Solusi Mengatasi Error Print Spooler Service menggunakan beberapa metode. silahkan disimak.

Indikasi Error Print Spooler

masalah seperti ini biasanya terjadi pada printer yang terkoneksi dengan jaringan lokal seperti LAN yang merupakan masalah umum sebuah driver printer. Print Spooler merupakan sebuah software yang mengkomunikasikan antara printer dan Sistem operasi windows. tapi terkadang proses tersebut mengalami kerusakan akibat driver yang corrupt  dan akhirnya service print spooler mengalami gangguan dan tidak bisa meregistrasikan statusnya. kita bisa memperbaiki "print  spooler error 1068" dengan melakukan beberapa cara yang akan kita bahas.

jika komputer kita mengalami masalah Print Spooler Service error ini, maka akan keluar notifikasi seperti berikut 
masalah print spooler di windows XP
print spooler error XP
“Services
Could not start the Print Spooler service on Local computer.
Error 1068: The dependency service or group failed to start.”
gambar diatas jika terjadi di sistem operasi windows XP, sedangkan jika terjadi di windows 7 maka akan muncul seperti ini.
print spooler error di windows 7
print spooler error windows 7

“Services
Windows could not start the Print Spooler service on Local computer.
Error 1068: The dependency service or group failed to start.”

Cara Mengatasi

Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk mengatasi Error 1068 Print Spooler langkah yang awal yang dapat dilakukan adalah dengan mengaktifkan secara manual services print spooler. pertama, buka "services.msc" pada kotak dialog run.

akses konfigurasi services windows
ketik services.msc lalu tekan ok
setelah itu akan muncul jendela services windows, disini kita cari service print spooler, jika ada double pada pilihan tersebut.
daftar services windows
daftar services windows

selanjutnya setelah keluar jendela service print spooler, kita klik START, biasanya akan ada dialog konfirmasi, klik yes.

mengaktifkan service print spooler
klik start pada service status
sekarang, coba lakukan print dokumen. jika belum berhasil, silahkan ikuti langkah selanjutnya.


Metode Fixit

ini merupakan metode dengan menggunakan software bantuan dari techsupportall dimana fungsinya dapat secara otomatis memperbaiki jika terjadi error Print Spooler : Error 1068. caranya, silahkan dapatkan toolsnya di bawah ini.



jalankan Print Spooler Repair Toolsnya, lalu klik Scan maka secara otomatis aplikasi tersebut akan memperbaiki masalah print spooler, tunggu kira - kira 3 menit hingga proses selesai, setelah selesai, coba sekarang test print. dan voila ! printer kamu sudah bisa di gunakan kembali tanpa ada masalah :)

itulah dia Cara Memperbaiki Masalah Print Spooler Error 1068, semoga bermanfaat dan tentunya membantu kamu. jangan lupa tinggalkan komentar dan like fanspage kami untuk selalu mendapatkan informasi terbaru seputar Solusi Masalah Pada Komputer ya..

Segenap Admin MyRepairSolution Blog Mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin."




Blog, Updated at: 7/27/2014

2 komentar:

  1. Terimakasih kasih banyak atas pencerahannya tentang spooler error 1068. dan software Print Spooler Repair Tool, semoga ilmu yang bermanfaat untuk orang banyak mendapat berkah.Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama.. mudah2an bermanfaat ya..
      terimakasih atas kunjungannya..

      Hapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin