Cara Mudah Tes Power Supply

Posted by

Hallo semuanya, setelah kemarin kita membahas mengenai Ciri Power Supply Berkualitas untuk komputer. dimana pada postingan tersebut berguna bila kalian ingin membeli power supply baru. nah, pada kesempatan kali ini admin ingin memberikan sebuah tips seputar cek power supply juga nih dimana nantinya bisa kalian praktekan sendiri dirumah dengan peralatan yang mudah di dapatkan.

how to test power Supply
testing power supply

Jika kalian mendapat power supply baru entah itu 2nd atau BNIB dari toko tentunya kalian ingin mengetesnya bukan ? apakah PSU ini Bekerja atau tidak . atau contoh kasus jika tiba - tiba komputer kamu mendadak mati tanpa tahu penyebabnya, mungkin kamu berfikiran bahwa ada kerusakan pada power supply kamu karena ketika tombol power ditekan komputer tidak nyala. nah berdasar hal itulah admin akan memberikan Tips Cara Mengecek Power Supply sudah rusak atau belum.

Persiapan

untuk melakukan pengetesan ini, alat yang kamu butuhkan adalah sebagai berikut :
  • Power Supply
  • Paperclip
  • Fan / kipas komputer

Cek Fungsionalitas Power Supply

setelah perlengkapan diatas terpenuhi, sekarang saatnya kita test apakah PSU yang kamu punya masih berfungsi baik atau tidak. 

1. Langkah pertama, pastikan PSU tidak teraliri listrik. cabut kabel power untuk keamanan agar kita tidak terkena strum. walaupun sebenarnya aliran listrik pada PSU sudah di rancang tidak begitu besar tapi alangkah baik kita melakukan pencegahan bukan. :)

2. ambil paperclip yang sudah kita persiapkan, lalu bentuk  sepertu huruf "U" seperti pada gambar di bawah ini
.
Ubah paperclip menjadi huruf 'U'
bentuk paperclip menjadi huruf 'U'

3. sekarang, ambil kabel pin-24 pada power supply, lalu cari kabel berwarna hijau dan hitam. warna hijau unuk menggerakan kipas PSU dan hitam untuk ground listrik.

Cari kabel warna hijau dan hitam
cari kabel warna hijau dan hitam
4. setelah itu, colokan atau masukan kedua ujung paperclip ke bagian lubang kabel hijau dan hitam tadi seperti pada gambar di bawah.

sambungkan kabel hijau dan hitam
koneksikan kabel hijau dan hitam seperti pada gambar

5. nah sekarang, coba kamu colokkan power supply ke sumber listrik dan nyalakan. jika performa power supply masih bagus, maka seharusnya kipas yang ada di power supply akan berputar. harap diingat jangan menyentuh paperclip ketika power supply sudah tersambung dengan listrik.

kabel power supply berputar
kipas power supply berputar

cukup mudah bukan Cara Tes Fungsionalitas Power Supply ini. tapi jika kamu masih kurang yakin, kita bisa coba tes koneksi power supply terhadap hardisk, tetapi untuk mengamankan hardisk kita bisa menggantinya dengan kipas / fan komputer. pertama, pastikan kipas yang kalian pakai berupa 4 pin sama seperti kabel untuk hardisk, jika tidak kalian bisa membeli sambungan dari 2 pin ke 4 pin seperti gambar ini.

kabel connector untuk PSU
kabel connector pin 2 to pin4

sebelumnya, jangan lupa untuk mencabut aliran listrik agar aman yah, ingat Safety First guys !. lanjut kita pasang fan ke power supply. dan nyalaan aliran listriknya. Voila!

power supply dalam keadaan bagus
kipas akan berputar
kesimpulannya :

Jika setelah dilakukan tes diatas kipas dapat berputar, maka power supply kalian dalam keadaan bagus. tapi jika tidak berarti ada kerusakan pada power supply kamu. saatnya mengganti dengan yang baru dengan melihat panduan pada artikel berikut Memilih Power Supply Berkualitas.

Power Supply memang sebuah hardware yang cukup penting bagi fungsionalitas sebuah PC, jadi harus selalu kita jaga dengan meletakan PC di tempat yang jarang berdebu agar performa kipas PSU dapat terjaga dan yang terpenting untuk selalu memperhatikan keselamatan kita dengan menjaga tegangan listrik agar tetap stabil.

Sekali lagi harap perhatikan keselamatan dengan tidak menghubungkan aliran listrik sebelum melakukan pengetesan dan tidak menyentuh paperclip ketika aliran listirk sudah disambung !

Demikianlah artikel mengenai Cara Test Performa Power Supply semoga bermanfaat bagi kalian. jangan lupa untuk meninggalkan komentar atau like fanspage MyrepairSolution blog untuk mendapatkan tips terbaru seputar permasalahan komputer.


Blog, Updated at: 11/16/2014

5 komentar:

  1. gan, layar laptop ku bermasalah nih ada solusi atau penjelasan untuk gambarnya lihat disini http://www.kaskus.co.id/post/547c7827bccb17c70a8b4577/1#post547c7827bccb17c70a8b4577

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, setelah dilihat, sayang sekali sepertinya LCD layar monitornya sudah kena masalah. berhubung ini masalah hardware, silahkan di periksakan ke teknisi service center laptopnya.. :)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Great job for publishing such a beneficial web site. Your web log isn’t only useful but it is additionally really creative too. There tend to be not many people who can certainly write not so simple posts that artistically. Continue the nice writing 9k3m9

    BalasHapus
  4. Bang fan pada psu cuma berputar 5 detik itu kenapa ya bang?apa emang gitu?

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin