Cara Menggunakan System Restore pada Windows 8.1 Terbaru

Posted by

Sistem Windows 8.1 kamu error sehingga menyebabkan blue screen atau mungkin aplikasi yang baru saja di install tidak bisa di gunakan malah membuat laptop rusak ? memang masalah seperti itu pasti ada entah karena salah versi dalam menginstall driver hardware atau karena serangan dari virus - virus mematikan yang membuat laptop serta komputer kita tidak bisa digunakan. seperti yang kita semua tahu cara mengatasi hal - hal tersebut yang paling manjur adalah dengan melakukan Install Ulang. eits tapi masih ada lagi cara jitu yang bisa kita lakukan, yaitu dengan menggunakan System Restore yang bisa kita gunakan pada OS Windows 8.l

cara mudah menggunakan system restore
cover post
Pada Dasarnya, Sistem Restore adalah suatu fitur yang ada pada hampir semua versi OS dari Windows, mulai dari win XP, Vista, 7, hingga 8 dan yang paling terbaru adalah windows blue aka 8.1. System Restore windows 8 dapat membuat kita kembali ke pengaturan beberapa waktu lalu. pengaturan yang bisa di kembalikan adalah pengaturan software ( install & uninstall), Registry, Driver hardware. biasanya waktu yang menjadi patokan kita bisa kembali disebut restore point atau checkpoint. istilah kerennya System Restore itu seperti Mesin Waktu jadi kita bisa kembali ke masa lampau sebelum komputer kita rusak.

nah, pada kesempatan kali ini, Blog Solusi Masalah pada Komputer dan laptop ingin memberitahukan cara Bagaimana Melakukan System Restore pada Windows 8.1 karena seperti yang kita semua tahu bahwa terdapat beberapa perubahan tampilan dari windows 7 ke 8 dan tidak semua dari kita paham bagaimana caranya. silahkan disimak semoga bermanfaat.

Fungsi dan Kegunaan System Restore

pada umumnya, dengan memanfaatkan fitur sistem restore ini kita dapat :
  • Mengembalikan pengaturan sistem jika terdapat error
  • Untuk kegiatan Troubleshooting hardware
  • Menghilangkan Virus yang menyerang System
  • Mengembalikan fungsionalitas driver hardware jika terjadi error.
dengan manfaat yang bisa kita dapatkan, cara menggunakannya cukup simple, silahkan ikuti.

Catatan :
Restore Point  ada atau dibuat oleh windows ketika suatu aplikasi telah diinstall atau di uninstall. atau biasanya juga ada checkpoint yang dibuat oleh windows secara periodik.

Langkah - Langkah Menggunakan System Restore win8

Ada dua cara yang dapat kita tempuh untuk mengakses System restore pada windows 8.1 / 8. yang pertama melalu Control Panel dan yang kedua melalui Advanced Startup. 

Melalui Control Panel

untuk dapat mengakses restore sistem melalui control panel, cukup mudah yaitu langkah - langkahnya sebagai berikut :
  1. Buka Control Panel
  2. Pilih System and Security 
  3. pilih System > System Protection
  4. Pilih System Restore
setelah itu kamu akan dapat membuka jendela aplikasi system restore dan melakukan recovery dari sini.

Melalui Advanced Options

Nah jika kondisinya Kamu tidak bisa masuk kedalam windows kamu bisa mengakses System restore melalui Advanced Options. untuk mengetahui bagaimana cara masuk ke advanced options, kamu bisa baca panduannya dalam artikel cara mengakses safe mode tanpa f8 di windows 8 ini.

jika sudah masuk kedalam menu advanced options, langkah selajutnya adalah Klik "System Restore: Use a restore point recorded on your PC to restore Windows". setelah itu komputer akan melakukan restart . dari sini kamu bisa mengikuti panduan gambar berikut :

sesaat setelah restart, masuk dan pilih akun yang biasa kamu gunakan.

pilih akun untuk masuk
Sistem restore

selanjutnya akan muncul jendela aplikasi Sistem restore . disini klik tombol "Next"

jendela Sistem restore
klik Next
Setelah ini akan ada daftar restore point yang tersedia. silahkan pilih menurut waktu dimana komputer kamu sebelum terjadi error. kamu bisa centang pada pilihan "show more restore points" untuk memunculkan restore point yang lain, kamu bisa juga klik "Scan for affected program" untuk melihat kira - kira aplikasi apa saja yang terkena dampak dari sesi restore sistem ini. jika sudah yakin silahkan klik "Next".

daftar checkpoint system restore pada windows 8
daftar restore point
jika sudah akan muncul jendela konfirmasi bahwa kamu akan melakukan restore kembali ke waktu tersebut sesuai dengan restore point yang ada. jika yakin klik "Finish"

konfirmasi akan melakukan system restore
confirm system restore

setelah ini akan muncul peringatan yang intinya menyatakan bahwa sekali System restore berjalan tidak dapat di ganggu. kamu klik Ok saja. :) untuk sekedar catatan, pada saat proses system restore nanti berjalan, di harapkan untuk tidak mematikan secara paksa komputer atau laptop kamu ya.

Klik YES pada peringatan ini
warning, klik YES
selanjutnya akan ada proses bar yang memperlihatkan bahwa komputer kamu sedang di restore sesuai kembali ke waktu yang sudah kamu pilih tadi. tunggu hingga proses selesai maka komputer akan restart dan ada pemberitahuan seperti ini jika proses restore telah berhasil.

system restore succed
restore sukses

namun jika pesan yang muncul seperti ini, berarti system restore yang baru kamu lakukan gagal.

restore failed
system restore gagal

Selamat, komputer atau laptop kamu kini kembali seperti sedia kala, namun harap perhatikan beberapa catatan berikut ini.

Catatan :

Jika kamu menjalankan System restore dari Safe Mode di windows 8, mohon di perhatikan bahwa perubahan yang telah dilakukan setelah system restore tidak akan bisa dikembalikan lagi (undo restore). oleh karena itu cobalah terlebih dahulu system restore dari normal mode, jika normal mode tidak bisa masuk baru kamu bisa lakukan sistem restore dari Safe mode.

Dalam proses restore ini setidaknya terjadi 2 kali reboot jadi jangan khawatir jika komputer kamu restart dengan sendirinya.

Harap diperhatikan juga bahwa system restore hanya merubah seperti sedia kala sistem dan registry serta aplikasi saja. untuk dokumen seperti file - file serta musik dsb itu tidak akan terkena effek dari system restore ini. artinya tidak akan ada file/dokumen yang hilang (kecuali aplikasi dan registri)

Nah itulah dia Cara Menggunakan System Restore pada Windows 8.1 Terbaru, semoga dapat bermanfaat bagi semua, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dan like fanspage kami untuk selalu mendapatkan artikel menarik tiap minggunya ya,, :) salam hangat dari admin MyRepairSolution.


Blog, Updated at: 6/07/2014

10 komentar:

  1. Ada link download windows 8nya g gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo gan, mohon maaf sekali kami tidak menyediakan link untuk download file windowsnya.. :)

      Hapus
  2. kok saya gagal terus ya itu masalahnya kenapa gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai!, bisa dijelaskan gagal bagaimana? sudah coba mengikuti langkah-langkahnya semua ?

      Hapus
  3. setelah saya restore, komputer menjadi lelet, itu knpa ya gan?
    dari booting, masuk ke my computer atau pun sekedar masuk ke sebuah folder aja lama banget, malah bsa ampe not respond, tolong bantuannya, apa perlu di restore lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Bimo, coba cek proses apa yang sedang berjalan tinggi di memori. bisa dilihat di task manager, sepertinya ada proses yang harusnya tidak berjalan yang mengakibatkan komputer menjadi lelet..

      Hapus
    2. Saya mau nanya. Kan saya udah masuk ke control panel, terus pada saat saya mau nge-klik System kok nggak bisa ya?
      Mohon bantuan nya.

      Hapus
    3. ngga bisanya seperti apa ya?
      bisa dijelaskan lebih detail mas?

      Hapus
  4. Gan sya mempunnotioai masalah blue screen .. terttulis your pc bla bla bla ..error code : system servixe exception (notio.sys) ..
    Cara mengatasinya gimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, silahkan baca artikel bagian ini ya..
      http://myrepairsolution.blogspot.co.id/2013/12/penyebab-serta-cara-mengatasi-blue.html

      Hapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Mengenai Saya

Foto Saya

i'd like everything about japanese music and technology. i also love to watch movie and keep update about latest technology. you can visit my blog's at lirikjepangku and myrepairsolution

Popular Posts

Google+ Followers

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin