Penjelasan Tentang DirectX Pada Komputer

Posted by

Jika kalian sering berkutat dengan komputer ataupun laptop, pasti kalian pernah mendengar kata "Directx". setiap kita hendak bermain game, atau menyetel musik pada komputer baru pasti kita seolah - olah di wajibkan untuk menginstall directx terlebih dahulu, bahkan  banyak sekali dari kita yang menjadikan hasil diagnosa dari directx ini untuk dapat melihat spesifikasi dari suatu komputer dengan dxdiag.

directx microsoft
apa itu directx ?

nah, apakah kalian sudah mengetahui, sebenarnya apasih directx itu ? kenapa sih harus ada directx ? yup, pada pembahasan kali ini admin ingin menjelaskan Pengertian Apa Itu Directx ?. dan Apa Itu Fungsi Directx? agar kita semua menjadi paham betul, sebenarnya seberapa penting aplikasi yang satu ini.

Apa itu DirectX ?

Directx adalah sebuah aplikasi yang pada dasarnya menghubungkan sebuah program terhadap hardware. seperti misalnya mengizinkan game untuk berinteraksi dengan gamepad dan video card. biasanya disebut dengan istilah Application Programming Interfaces (API). Definisi yang lain yaitu directx merupakan sebuah kumpulan API yang berisi command atau perintah untuk menangani hal dalam pemrograman multimedia khususnya game dalam sistem operasi Microsoft Windows.


Komponen DirectX

DirectX memiliki beberapa komponen yang saling melengkapi untuk dapat mengoptimalkan kinerja hardware, diantaranya :

1. DirectX Graphics.
merupakan komponen dalam directx yang menangani masalah pada graphic, biasanya sangat dibutuhkan oleh games yang akan kita mainkan. mulai dari direct draw ( graphic 2 dimensi ) sampai direct3d ( graphic 3 dimensi.

2. DirectX Input.

komponen pada directx yang menangani bagian peripheral hardware input, seperti mouse, keyboard, joystick, dll.

3. DirectX Sound
komponen dasar yang berisi konfigurasi audio pada komputer. banyak media player yang mewajibkan adanya direct sound ini seperti misalnya VLC player dan WinAMP.


Cara Kerja DirectX

 DirectX merupakan penghubung interface antara hardware dalam komputer kita dan Sistem operasi, yang merupakan bagian dari Windows API (Application Programming Interface). Dalam penerapannya, ketika developer game ingin memutar file suara, maka mereka hanya perlu memanggil library yang sesuai. Pada waktu game berjalan, ia memanggil DirectX API, yang akan memutar file suara. 

Dengan kata lain developer game tidak perlu tahu jenis sound card apa yang diakan dipakai oleh user, apa yang dapat dilakukannya, atau bagaimana berbicara kepadanya. Microsoft telah menyediakan DirectX, dan pabrikan sound card telah menyediakan driver yang berkemampuan DirectX. jadi developer hanya menanyakan suara yang ingin dimainkan, dan ini berlaku untuk semua jenis komputer.

jika komputer kita tidak memiliki directx, jangan khawatir karena fungsi komputer akan tetap berjalan seperti biasa, tidak akan ada kerusakan seputar Booting atau lainnya.

Cara Check Versi DirectX

terkadang game yang ingin kita install membutuhkan sistem yang memiliki versi directx tertentu, misalnya pada game - game terkini, di rekomendasikan untuk mempunyai versi directx11. nah apakah anda tahu versi directx yang ada pada komputer anda ?
cara mengeceknya cukup mudah., ikuti langkah - langkah berikut ini :
pertama, tekan tombol CTRL + R hingga muncul kotak dialog run, lalu ketik "DXDIAG" dan tekan enter.

cara menjalankan dxdiag
ketik dxdiag
setelah itu akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tools. kita sebut dxdiag saja, nah disini kita bisa melihat spesifikasi komputer ataupun laptop kita secara ringkas Nama komputer, waktu, bahasa, processor, memory RAM, Bios dan tentunya Versi DirectX.

versi directx
Versi Directx
nah seperti pada gambar diatas, komputer admin memiliki directx versi 11. dengan sistem operasi windows 7. yup, memang benar bahwa versi paling terbaru saat ini masih pada versi 11, namun kabarnya pada tahun 2014 ini microsoft akan meluncurkan directx versi 12. wow, tentunya smakin bagus graphic yang akan mampu di hasilkan oleh komputer kita nantinya.

tapi harap jangan salah bahwa directx ini tidak membuat performa grafis komputer kita naik, melainkan hanya mengoptimalkan saja. performa grafis tetap di pengaruhi oleh kartu grafis atau VGA yang kita gunakan.

nah itulah dia artikel mengenai Pengertian dan Komponen DirectX, semoga bermanfaat bagi kamu semua. jangan lupa tinggalkan komentar atau like fanspage kami untuk selalu mendapatkan update seputar dunia komputer tentunya dari blog Solusi Masalah Pada Komputer.


Blog, Updated at: 8/07/2014

88 komentar:

  1. Senang sekali membaca artikel diatas, sangat mudah dipahami dan informatif.. terima kasih sudah berbagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, terimakasih atas kunjungannya.. :)

      Hapus
    2. Maaf gan,sy ada mslh di game warcraft III yg versi lama,stelah d install,pas mau main ada keterangan tentang direct 8.1..jujur sy msh 0 tntg komputer..mhn pencerahan nya gan

      Hapus
  2. terima kasih artikelnya mudah di mengerti :)

    BalasHapus
  3. Om kalo dari direcxt 11 ke 9 bahaya ngga yah mengakibatkan rusak ngga laptopnya? Tolong om pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, maksudnya menggunakan aplikasi yang directx 9 di laptop yang sudah support directx 11 ?
      kalau seperti itu tidak ada masalah kok..

      Hapus
  4. Saya Masih Bingung Tentang Versi DirectX

    Versi DirectX saya Di DXDIAG DirectX 11, saat saya instal pes 2015 saya disuruh untuk instal directX 9 saat saya instal Malah eror.
    Pertanyaan saya,
    "Bukannya DirectX 11 itu udah punya fitur dari directx 9 kenapa disuruh instal lagi saat instal pes 2015?"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo,
      yup betul, tetapi karena directx 9 masih tetap mendapatkan update, terkadang directx 11 yang sudah ada di komputer kita memerlukan update dari directx 9 tersebut jadi tidak heran terkadang kita masih diharuskan untuk menginstall directx9 terbaru sesuai dengan updatenya..

      Hapus
    2. Oo.. begitu.. jd biarpun directx bawaan os sudah dx11, klo pas ada app yg minta dx9, diinstal aja gpp yah! thanks infonya

      Hapus
    3. yup, di install saja..
      biasanya juga installnya dengan koneksi internet karena pasti dia melakukan update baru..

      Hapus
    4. Directx bawaan laptop saya 12 tpi ada aplikasi harus pakai directx 9 ,di install apa GK bang ??

      Hapus
  5. Kalau dari hasil pengalaman saya ternyata directx dengan tinggi versi akan meningkatkan ketajaman cahaya, dan lainnya. Tapi kalau spesifikasi laptop kita ga memungkinkan malah terasa lambat. Lebih baik yang sesuai aja dengan kebutuhan daripada directx tinggi tapi kinerja ga sesuai harapan. Makasih mas ulasannya sangat mencerahkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas, terimakasih juga atas kunjungannya. :)

      Hapus
  6. Saya awam dlm merakit pc, mau tanya kalau di spek motherboard directx 11 dan VGA card direct 12, apakah peforma VGA jd kurang maksimal atau bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. performa akan tetap maksimal hanya saja fitur2 yang ada di directx12 tidak akan bisa digunakan misalnya seperti shader dan antialiasingnya.. :)

      Hapus
  7. gan sayakan habis instal ulang nih, directx juga harus dinstal ya? kalo mau main game? habisnya gak bias main game, emang kalo habis instal ulang directx nya gak instal otomatisya? wkwk sorry gan kurang ngerti nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, rekomendasinya lakukan update directx terlebih dahulu dan juga .NET yang update..
      habis install ulang hanya file intinya saja yang terinstall mas..

      Hapus
  8. Gan apa Pc saya udh direx 11 tapi msh ga bisa main game, apa vga pengaruh juga, vga sy 512 Mb 256 bit, tolong pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa main gamenya bagaimana gan? karena ada banyak faktor. VGA juga berpengaruh karena game 2015 keatas minimum VRAMnya sudah 2GB. performa VGA juga berbeda antara VGA inboard (intel) dengan VGA extended (NVDIA/RADEON)..

      Hapus
  9. mau nanya dong min, saya directx udh 11 , tapi ketika bermain permainan selalu masih munculkan kotak dialog directx 11 required dan permainan tersebut tidak bisa dimainkan, ya saya ambil contoh seperti permainan State of Decay YOSE atau watch dog, tolong pencerahannya min :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau seperti itu tandanya directx kita perlu di update. coba sambil terkoneksi internet, update directxnya agar game tsb bisa dimainkan..

      Hapus
    2. gan cara update nya bagaimana, sori pemula soalnya sama seperti yg lain directx sudah 12 main game harus instal versi 9. juga ga bisa instal karena masalah .netnya.
      mohon pencerahannya🙂

      Hapus
  10. thanks gan menambah wawasan MANTAP!!!!!

    BalasHapus
  11. kak bisa gak bantu masalah error oxcoooo7b bingung cari kemana

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, error oxcoooo7b ada banyak penyebabnya biasanya karena ketidakcocokan versi 64bit di 32bit..
      pertama coba update .NET Frameworknya.. kalau tidka bisa juga, run as admin. kalau tidak bisa juga coba update directxnya..

      Hapus
  12. Gan apa benar direct dianggap virus sama anti virus, lalu APA alasannya Dan sulusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejauh yang saya tahu, belum ada antivirus yang mendeteksi directx sebagai virus... kemungkinan terdetek karena memang ada virus/worm/malware yang masuk ke folder directx tersebut ..
      solusinya di scan saja lalu hapus virusnya. setelah itu install lagi directxnya..

      Hapus
  13. Bro komputer saya direcxtnya 10 terus saya mau mainkan game yg direcxtnya 11,itu kalo ngga sama dirextnya efek pas saya lagi mainkan gamenya gmna ya bro? *TolongJawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, biasanya game akan memiliki pilihan apakah mau menggunakan directx 11 atau 10, bedanya dari detail shader dan shadownya mas biasanya..

      Hapus
  14. Gan kalau misalkan stop working,, tu bisa jadi dari directx nya juga yah gan,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung, biasanya kalau dari directxnya di notifikasi stop workingnya ada keterangannya kok..

      Hapus
  15. vang kan banyak game yg directX nya harus versi 9.0 itu kalau directx saya versi 11 itu harus di downgrade atau ngak perlu

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak perlu, karena pada dasarnya directx 11 sudah mengakomodir kebutuhan di directx 9.. tapi biasnya kalau ada error, bisa lakukan update directxnya..

      Hapus
  16. Di PC saya sudah dirext x 12 tapi saya instal lagi dirext x 9 apa ada pengaruhnya? Apa dirext x yang tadinya ver 12 berubah jadi 9 atau bagaimana? Mohon penjelasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak akan berpengaruh ko, justru biasanya ketika install directx9 akan ada update terbaru lagi, jadi biarkan saja.. :)

      Hapus
  17. Saat memperbarui directx apakah semua data di laptop/PC akan hilang?

    BalasHapus
  18. Kenapa ya saat buka file god of war tiba-tiba muncul kotak untuk mengunduh directx 9 tapi directx saya versi 12 dan nggak bisa dimainkan kalau belum mengunduh directx 9 dulu? Apakah tidak apa-apa kalau directx 12 ke 9

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak apa2, memang sebagian game membutuhkan file basic directx 9 untuk dapat dijalnkan..

      Hapus
  19. kenapa ya laptop saya direct10 mau di upgrede ke directx11 tidak bisa apakah karena VGA laptop saya tidak support direct 11 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kemungkinan seperti itu, coba cek spesifikasinya di internet apakah VGANya support dengan dx11 atau tidak..

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. malem gan ane mau nanya, notebook saya kan directx 12 tapi game yg saya
    instal menggunakan directx 11. apakah game bisa dimainkan atau game akan ngelak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pagi gan, tentu bisa kok malah gamenya bisa jadi berjalan lebih lancar :)

      Hapus
  22. Gan saya kan mau beli VGA baru karena vga saya yang skarang udh gak mumpuni buat ngegame.. Nah saya liat spesifikasi vga yang mau saya beli ada tulisan Direct X 12..nah pc saya skarang ini directx 11 .. Klo dipasang vga yng saya beli itu kemungkinan ada kerusakan/error gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak akan rusak kok, justru nanti pcnya bisa support directx 12 karena dr vganya yang bisa support directx 12 :)

      Hapus
  23. Kak saya main game left4dead2 Udah Directx 12 tapi gamenya tidak muncul suara karakter nya tolong kak solusinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, coba cek driver audionya.. cek juga pengaturan audio di game left4deadnya..

      Hapus
  24. bro saya mau bertanya, waktu saya install windows 10 ternyata waktu gw cek di dxdiag directx gw versi 12, tapi waktu gw install gpu-z untuk mengetahui gpu gw bkerja atau tidak,nah yg gw bingung di gpu-z ternyata vga fw supportnya dengan directx 11. sedangkan di laptop gw sudah direct 12, nah yg saya pertanyakan apakah akan terjadi masalah kalau itu di biarkan di directx 12 ? atau saya turunkan lg jadi directx 11 ?

    spek pc gw :
    -I3
    -nvidia geforce 820m
    - dengan vga 2GB
    -windows 10 pro

    makasih bro, mohon di bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak perlu diturunkan. yang pasti ketika VGAnya bekerja seperti misalnya bermain game maka akan otomatis menjalankan yang VGAnya yaitu directx11.

      Hapus
  25. bro, saya mau tannya.. sayakan pengguna directX 11 dan mau instal directX 9 agar bisa bermain game yg membutuhkan directx 9 tersebut akan tetapi, kenapa ya saat instal directX selalu error
    dan ini yg membuat saya bingung.

    "An internal system error occurred. Please refer to DXError.log and DirectX.log in your Windows folder to determine problem."

    padahal saya sudah mengikuti petunjuk, mematikan antivirus sampai mengikuti cara yg ada di youtube seperti mengedit regedit pun saya coba..
    alhasil tetap saja gagal dan tetap ada notif yg ada di atas..

    Bro. minta tolong dong sarannya, langkah apa yg harus saya lakukan agar berhasil.. :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya tidak selalu error di directxnya, lakukan update directxnya kemudian pastikan gamenya benar bisa berjalan, biasanya ada masalah sama cracknya..

      Hapus
  26. Gan, cara instal direct lainnya gmana?
    Misalnya nih aku skrg pakek direct 12 trus mau instal dirext 9.0
    caranya gmana?
    soalnya ini ada aplikasi minta direct 9.0

    BalasHapus
    Balasan
    1. di download saja directx 9nya.. biasanya kalau game dapet installernya kok

      Hapus
  27. Gan mau nanya
    Vga saya geforce 930mx
    Jika saya main game gta v, wd, sleeping dogs kok "has stopped working" tapi kalo ane disable vga nvidianya bisa, tapi cma windowed bkan fullscreen
    Mngkin ada msalah di directx/.net framework atau lainnya
    Tapi di game wd2, fifa18 dll kok bisa ya
    Mhon solusinya gan
    Trma kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, ada kemungkinan di system file gamenya masing-masing gan. ada komponen yang membuat game tidka bisa berjalan..solusinya bisa dicoba lakukan install ulang game dan install semua versi directxnya

      Hapus
  28. Misi gan mau nanya,saya punya spec pc prosesor a8-7600 (radeon R7 series) 3,1 ghz,jadi klo buat mainin game terkini gak keangkat gan,soalnya game terkini butuh spec (3,8 ghz - 4,1 ghz)
    Yg jadi pertanyaannya, klo menurut agan,apakah saya mesti upgrade prosesor atau Vga nya ya? Dan klo andai kata saya cuma upgrade VGA apakah bisa memainin game ter-kini ?
    Mohon pencerahannya gan, masih newbie soalnya! Trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo agan maininnya di PC dengan processor itu masih angkat gan walau agak 'dipaksa' kalau disuruh memilih saya pilih upgrade VGA.. memang sebelumnya VGAnya apa nih?

      Hapus
  29. Mas,saya udh install crusader 2 sama directx jg tp koq saat dibuka setelah install malah sistem error d3dx9_43.dlll. mksdnya apa ya sya udh berkali install ulang ttp gagal padahal directx bawaan laptop saya directx 11 mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. install juga directx bawaan installer gamenya, karena component yang dibutuhkan dr game itu directx9 bukan 11.. :)

      Hapus
  30. Bang, kalo misal game yang based di DirectX 11 dimainin di pc DirextX 12 bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok, mungkin hanya butuh update komponen directx11nya saja

      Hapus
    2. Cara update ny gimana bang, sya jga punya keraguan sperti teman elvien purnawan ???

      Hapus
  31. Permisi bg mau nanya
    Kalau versi directx saya 12 saya mau mainin far cry 3 yg butuh directx 9
    Kira kira saya download dan install directx 9 gak ya bg?
    Makasih bg :)

    BalasHapus
  32. Om apakah direct x versi terbaru membuat FPS saat bermain game bertambah?

    BalasHapus
  33. mas klk kita pakek direcx 12 lalu mainin game yg direcx nya ada di bawahnya bisa ngak

    BalasHapus
  34. Bro gua mau nnya,gua kan udah instal directx 12 trus gua mau instal directx 9 tpi gabisa trus gua uninstal directx 12 mlah error ketika saya instal directx 9 mohon pencerahanny gan tpi wktu saya buka dxdiad directx 12 gua msih ada trus ini gimana bang?

    BalasHapus
  35. Ni gimana ya pas aku nginstal game assasin pertama kali bisa dimainkan tapi pas abis nginstal ulang pc gk bisa dibuka ??

    BalasHapus
  36. mas, kalo mod game directx 2.0 itu apa ya?

    BalasHapus
  37. DirectX Saya Versi 11,, Kok Ga Bisa Buka GTA SA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu karena untuk memainkan GTA SA butuh directX 9,sedangkan pc anda punya directX 11, untuk solusinya tinggal instal directX 9 lewat gta sa nya,saya juga pernah mengalami kejadian itu,pas waktu buka gta sa ada notif untuk install directX 9 setelah itu saya install dan akhirnya saya buka ulang gta sa dan bisa ...

      Hapus
  38. nanya gan , nob mau rakit pc 😅 .
    klo spek di mobo suport directx12 bisa gak upgrade ke 13/14 dan seterusnya ?
    terus klo mobo sekarang msi x570 meg ace directx12 dan x570 aorus master directx 14 pilih mana y ? bisa up gak msi acenya ?
    kli ja da yg bisa bantu jwb 😅

    BalasHapus
  39. bagus banget informasinya gan.. Salam sukses dari para pecinta

    IDN Poker Terbaik

    Judi Slot Uang Asli

    Live Casino Online

    BalasHapus
  40. Mas, game yg mau saya mainin minta install directx 11. Saya install dan berhasil. Tp game nya tetap minta install directx 11, itu knp yaa mas? Mohon bantuannya. Thanks

    BalasHapus
  41. bro kenapa ya laptop ane gabisa timpa derex11 kebawah, padahal ane mau main game farcry4 gta5 dll yang menyangkut derectx 11 kebawah :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus knapa kalo maen minecraft+halflife 2 jalan :')

      Hapus
  42. Salam orang baikku ......

    Nama saya Sartika Dewi dari kota Batan Miroto Semarang di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari Anda uang, saya mengajukan pinjaman sekitar 80 juta Rupiah dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka berulang kali meminta pembayaran, saya membayar hampir 6 juta uang sehingga saya tidak mendapatkan pinjaman,

    Terima kasih kepada Allah, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman dari REBACCA ALMA LOAN COMAPANY, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada Mrs. Rabacca Alma, dan saya menyerahkan 200 juta rupiah, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya mendapat pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan.

    Jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu yang baik dan dengan rahmat ALLAH. Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.
    Ny. Rebacca Alma, melalui email: rebaccaalmaloancompany@gmail.com
    Mrs. Rebacca Alma Nomor Whatsapp: +14052595662

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email:
    TESTIMONI OLEH Penerima Manfaat: Sartika Dewi
    Email: {sartika2dewi89@gmail.com}
    Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga Allah terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    Assalanualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  43. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  44. MSI MEG X570 Motherboard in UAE, ACE AM4 Motherboard in UAE, ATX Motherboard in UAE
    https://pcdubai.com/msi-meg-x570-ace/
    MSI MEG X570 Motherboard in UAE, Safe Shopping Multiple Payment Options Express Delivery PC Dubai Moneyback Guarantee.
    1634610347002-15

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin