Cara Mencegah Update Driver Otomatis di Windows 10

Posted by

Cara Uninstall dan Block Update Driver di Windows 10 - 2015, OS terbaru yang dikeluarkan Microsoft adalah Windows 10. Windows 10 pun tentunya hadir dengan segudang update mulai dari update soal keamanan/security, fitur, dan driver. Tapi sayangnya fitur update pada windows 10 adalah otomatis sehingga tidak cocok untuk sebagian orang yang mempunyai koneksi internet terbatas dan apabila terdapat masalah pada driver yang di update tentu akan menjadi sebuah masalah tersendiri.

block driver download windows 10
block driver download windows 10

Pihak Microsoft tidak memberikan pengguna fitur untuk melakukan block atau menonaktifkan fitur update driver di Windows 10, tetapi Microsoft memberikan kita satu software atau tool yang bisa memberikan pilihan untuk menyembunyikan permintaan update driver di Windows 10 layaknya windows 7. Setelah kemarin kita membahas bagaimana caranya menonaktifkan otomatis update windows 10, sekarang admin akan memberikan kamu tutorial cara mencegah update driver otomatis di windows 10. tutorial kali ini bisa diadaptasikan untuk semua merk laptop maupun komputer mulai dari ASUS, HP, DELL, SONY, Lenovo.

Melihat Driver Yang Baru Saja Di Update

Kamu bingung melihat driver mana atau update windows mana yang baru saja terinstall dan mengakibatkan masalah pada komputer kamu ? tenang, kita bisa melihat daftar update dan driver yang sudah terupdate, caranya yaitu:
  • Buka "Setting app"
  • Pilih "Update & Security
  • Di bawah windows update, scroll kebawah dan pilih "Advanced Options"
  • Pilih "view your update history"
daftar driver & update windows 10
daftar update windows 10

kamu bisa melihat apa saja driver yang telah di update oleh windows dalam bentuk daftar disini. 

Uninstall Driver di Windows 10

Di Windows 10 ada satu hal yang membuat banyak penggunanya kesulitan yaitu mengenai driver hardware. Terkadang ada driver yang ingin kita install secara terpisah, misalnya driver VGA atau touchpad milik asus tapi, jika kita menginstall driver secara terpisah, Windows update akan tetap mendeteksi driver belum diupdate akan terus melakukan download dan proses installasi secara berulang-ulang dan menimpa hasil installasi driver yang sudah kita pilih sebelumnya.

tapi walau bagaimanapun, kita tetap bisa mensiasati agar windows tidak lagi mendownload driver tertentu sesuai dengan keinginan kita dengan memblock driver update untuk bisa terinstall via Windows update. tapi pertama-tama jika driver sudah terlanjur tertimpa oleh windows update yang pertama kita harus lakukan adalah menghapus atau uninstall driver tersebut.

cara menghapus driver yang sudah terinstall adalah sebagai berikut:
  • Klik kanan pada tombol Start di sebelah kiri bawah atau tekan tombol windows + X.
  • Pilih Device Manager.
  • Cari hardware yang ingin kamu hapus drivernya.
  • Klik kanan dan pilih uninstall
  • Beri centang pada tulisan "Delete driver software for this device" dan klik OK.
uninstal driver via device manager
uninstall driver via device manager
setelah di klik OK, Windows akan menghapus/uninstall perangkat dan menghapus driver yang di download secara otomatis dari windows update. dan kamu bisa menginstall driver baru sesui dengan keinginan kamu. 

Uninstall Update Windows 10

Yup, di Windows 10 kita bisa menghapus Windows update yang telah terdownload namun belum terinstall di komputer ataupun laptop kita. pilihan menu ini ada di Setting App. Buka settings dan arahkan ke Update & Security > Windows update > Advanced options > view your update history. disini kamu bisa melihat sebuah link yang bertuliskan "Uninstall updates" diatas daftar riwayat update.
pilih update yang ingin di hapus
update history
disini kamu bisa memilih update apa saja yang ingin kamu hapus jika memang update tersebut membuat masalah pada sistem komputer kamu.

Disable Automatic Download Driver dari Windows Update

Sebenarnya untuk versi final Windows 10 nantinya akan ada pilihan "Never install driver software from Windows Update" di control panel, namun untuk sekarang ini amat sangat jarang kalian temui yang sudah memiliki fitur tersebut jadi cara untuk men-disable automatic download driver di Windows 10 salah satunya adalah dengan menggunakan Tool yang disediakan oleh pihak microsoft yang bisa kalian dapatkan pada link ini :

"Show or Hide windows update for windows 10
setelah kalian menuju link yang ada diatas, silahkan cari tombol download seperti pada gambar dibawah ini:
klik save untuk mendapatkan tools show or hide windows update
klik save
ketika kamu menjalankan program ini, maka secara otomatis akan mencari update yang sedang tersedia dan kamu bisa menyembunyikannya, mencegah windows untuk otomatis menginstall driver tersebut. kedepannya jika ada update baru kamu bisa menjalankan aplikasi ini lagi untuk menyembunyikan update tersebut. Ya, memang cara ini bersifat sementara dan harus secara berkala di jalankan namun lebih baik bukan daripada secara terus-menerus driver hardware kita di install sembarangan oleh windows :)

menyembunyikan updates windows 10
menyembunyikan updates win10


Atau, jika kamu tidak ingin windows melakukan update sama sekali, kamu tinggal ganti tipe koneksi kamu menjadi "metered". kalau bingung caranya kamu bisa melihat artikel Cara mengganti tipe koneksi di Windows 10 agar tidak melakukan update.

itulah dia langkah-langkah bagaimana Uninstall dan Block Update dan Driver Download di Windows 10. semoga berguna bagi siapapun kamu yang membacanya. jangan lupa share ke teman-teman yah dan jika kamu memiliki pertanyaan silahkan kirimkan pertanyaan kamu melalui kolom komentar dibawah ini atau via fanspage facebook kami. salam MyRepairSolution Blog's :)


Blog, Updated at: 9/13/2015

3 komentar:

  1. Mantap Kang, kami masih jarang menggunakan windows 10. Artikel ini sangat membantu Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, terimakasih atas kunjungannya ya... :)

      Hapus
  2. Laptop saya thosiba l510 pakai win10 setelah update tiba" driver vga kembali tidak berfungsi.. Saya instal ulang driver tetap aja.. Bagaimana solusinya bang

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin