Solusi Masalah Pada Port USB

Posted by

Banyak sekali pertanyaan yang masuk mengenai masalah pada Port USB baik di komputer maupun laptop mereka. memang port USB menjadi salah satu komponen penting yang ada selain main hardware yang kita kenal karena pada sekarang masa ini hampir seluruh peralatan elektronik yang terhubung dengan komputer menggunakan port USB baik itu Flashdisk, Smartphone, Modem, dan yang lainnya.

USB Port error
usb port kamu error ?

nah, pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai Solusi Masalah Pada Port USB yang biasa terjadi pada kita. karena banyak sekali yang terkadang salah kaprah mengira bahwa masalah terjadi pada perangkat Flashdisk seperti pada artikel USB Not Recognized itu, padahal yang mengalami kerusakan adalah portnya bukan Flashdisknya. 

Pengertian Port USB

Sebelum membahas masalah pada port USB Hub, terlebih dahulu kita bahas apasih sebenarnya port USB itu ?

Menurut bahasa, Port USB terdiri dari dua kata, yang pertama adalah  
  • Port, yaitu tempat untuk memasukkan kabel / peripheral lainnya ke komputer atau laptop kita,
  • USB, yaitu merupakan singkatan dari Universal Serial Bus. dengan makna lain dapat dikatakan standar interface sebuah device, 
dengan kata lain pengertian dari Port USB adalah hubungan serial antara periferal dengan komputer.

Port USB adalah suatu teknologi yang dapat memungkinkan kita untuk bisa menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti Printer, Scanner, mouse, keyboard, alat penyimpan data (zip drive), flash disk, kamera digital, smartphone atau perangkat lainnya ke komputer kita.

Komputer (Personal Computer) serta Laptop saat ini, umumnya sudah memiliki port USB. Biasanya disediakan minimal 2 port. Jika dibandingkan dengan paralel port dan serial port, penggunaan port USB lebih mudah dalam penggunaannya.

Konektivitas antara PC (Personal Computer) dengan perangkat USB dihubungkan dengan kabel khusus. Sebuah kabel berisi empat buah kawat menghubungkan periferal ke PC melalui port USB yang terdapat pada keduanya. Di dalam kabel tersebut, dua kawat akan menangani transmisi data, sebuah lagi menangani ground dan sebuah lagi akan menyimpan daya listrik sebesar lima volt ke peripheral. Nah, terkadang jenis kabel data USB juga ada dua, yaitu yang hanya memasok listrik (biasanya kabel untuk charge seperti kabel Power Bank) dan ada yang untuk menangani transmisi data.

Penyebab Dan Solusi Port USB

Kabel Terdeteksi pada Smartphone tetapi tidak pada Komputer

Masalah ini yang paling sering ditemui oleh para pengguna smartphone dimana ketika kabel dicolokkan ke perangkat smartphone tetapi hanya terdeteksi untuk melakukan charging saja dan tidak tedeteksi sebagai penghubung data.

port usb error
kabel tidak mendeteksi sebagai penghubung data
Solusinya :
  • Ganti kabel dengan kabel bawaan, jangan menggunakan kabel dari power bank karena kabel ini hanya di fungsikan sebagai pemasok listrik saja bukan transmisi data.
  • Kalau menggunakan android, Aktifkan fitur Media Device (MTP) di Setting > Storage > logo USB > centang MTP.

 Port USB Longgar

ini sering terjadi pada pengguna laptop dimana salah satu port longgar sehingga menyebabkan perangkat yang dimasukan tidak terdeteksi.
Penyebab masalahnya sudah jelas terdapat pada Koneksi yang buruk pada Motherboard dan Port USB, atau  Port USB sudah rusak.

Solusinya :
  • Bongkar laptop anda lalu solder ulang koneksi antara port dengan motherboard (dibutuhkan keahlian khusus). jika masih tetap tidak bisa terdeteksi
  • Port USB rusak harus diganti dengan yang baru. atau menggunakan slot card PCMCIA
converter PCMCIA to USB
converter PCMCIA to USB 2.0

Semua Port USB pada laptop / komputer tidak terdeteksi

Masalah ini kalian alami jika semua port yang ada tidak berfungsi sama sekali dan tidak mengeluarkan notifikasi apapun kecuali "Not Recognized".
penyebabnya ada pada masalah Software driver USB Hub port atau kerusakan Controller USB.

Solusinya :
  • Setting pengaturan pada menu BIOS, caranya Restart komputer / laptop kamu, lalu tekan tombol Del atau f2 atau f12 (tiap merk laptop berbeda-beda) untuk masuk ke menu BIOS. lalu masuk ke menu Power Management setelah itu cari pengaturan dan aktifkan/enable USB Port. (Mengubah pengaturan ini tidak menyebabkan kerusakan atau Blue screen, )
  • jika belum bisa atau sudah aktif sebelumnya, lakukan uninstall driver USB port yang sudah ada pada device manager ,setelah itu restart laptop kamu. biarkan komputer  mendeteksi dan menginstall semua driver USB hub seperti semula
uninstall usb hub lalu restart
uninstall USB Hub
  • Jika cara diatas masih belum bisa, maka coba lakukan install ulang OS  dari awal agar semua system file yang terkair dengan hardware terutama port USB dapat kembali normal.
  • Jika setelah dilakukan install ulang tetap tidak memberikan hasil berarti port USB kamu rusak, maka harus di ganti. lakukan claim garansi jika garansi kamu masih berlaku. atau gunakan PCMCIA card to USB converter.
nah demikian lah Solusi Masalah Pada Port USB semoga bermanfaat bagi kamu semua, jangan lupa tinggalkan komentar jika ada pertanyaan dan like fanspage kami untuk selalu mendapatkan update terbaru :) salam MyRepairSolution - Blog Solusi Masalah Komputer.


Blog, Updated at: 10/12/2014

6 komentar:

  1. gan ane mau tanya..di netbook ane itu ada satu colokan usb yang eror ..lah ane udh ngikutin cara2 benerinya tp msh ttp aja ane lom bisa..itu yang other device ada keterangan unknown device...udah ane uninstall ttp aja blm bisa..mohon pencerahanya..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo sudah menggunakan cara di atas tetapi masih belum bisa ?
      coba install aplikasi "driver booster 2" dengan aplikasi itu nanti otomatis mendeteksi driver hardware yang belum terinstall dan kita bisa langsung install driver yang bersangkutan lewat aplikasi itu..
      semoga terbantu..

      Hapus
  2. gan, di rumah saya ada printer jadul epson kx 800.. karena pake laptop jd saya beli usb untuk menyambungkan nya... tapi tiap kali usb nyambung jaringan wifinya jadi tidak terdeteksi, saya udah coba troublesooter tp tetep ga jalan.. tp ketika kabel usb printernya di lepas terus laptop nya di restart wifi nya bisa jalan lagi... itu apa masalahnya dari kabel usb nya atau dari wifinya... padahal ini masih baru laptopnya juga... mohon bantuanya...

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin