Akibat dan Solusi Mengatasi Laptop Tersiram Air atau Kehujanan

Posted by

Solusi Mengatasi Laptop Tersiram Air atau Kehujanan - 2015. ya, siapa yang pernah menduga bahwa aperangkat bantu paling penting saat kita bekerja yaitu laptop kita itu bisa terkena musibah. contoh paling simple dan sederhananya adalah terkena air. laptop tersiram oleh air bisa mengakibatkan system failure dan sangat fatal bahkan walau hanya satu tetes saja. bisa juga ketika laptop berada di tas namun ternyata kehujanan. wah ini yang paling sering sekali dialami oleh orang di sekitar kita.

akibat dan cara mengatasi jika laptop tersiram oleh air
akibat dan cara mengatasi jika laptop tersiram oleh air

pertanyaannya, lalu bagaimana cara mengatasi jika Laptop atau Notebook kita Terkena Air ? apakah ada cara mencegahnya, dan bagaimana jika laptop kehujanan ?. nah pada kesempatan kali ini, akan kita bahas mengenai Kerusakan apa yang bisa timbul jika laptop terkena air. dan Bagaimana langkah yang harus dilakukan jika laptop dalam keadaan sudah terlanjur basah. langsung saja kita simak :)

Kerusakan yang Bisa Timbul Jika Laptop Tersiram Air 

Berikut ini merupakan kemungkinan yang terjadi jika perangkat yang satu ini terkena air hujan, air kopi, teh atau air putih. diantaranya yaitu :
  • Terjadi Short atau Konsletting Listrik akibat bahan cair yang bersentuhan dengan komponen yang sedang di aliri listrik.
  • Terjadi Short akibat residu cairan yang sudah mengering
  • Terjadi Korosi atau karatan pada komponen laptop.
  • Terjadi ledakan kecil pada power supply yang menyebabkan komponen hangus.

Komponen Paling Rentan Terhadap Air

Pada laptop / notebook / netbook, terdapat beberapa celah yang memungkinkan air dapat masuk kedalam komponen yang vital. dan disinilah kewaspadaan kita harus selalu dijaga agar sebisa mungkin jangan sampai air masuk kedalamnya.
  • Keyboard
keyboard lokasi paling rentan terhadap air
keyboard pada laptop / netbook
keyboard pada laptop merupakan tempat paling rawan masuknya air karena di setiap sisi terdapat rongga yang membuat air dengan mudah masuk kedalam komponen. namun untuk beberapa merk laptop seperti Lenovo seri Thinkpad sudah di bekali dengan aliran khusus agar air tidak dapat menembus masuk kedalam.

  • Lubang udara Laptop
lubang udara pada laptop
lubang udara pada laptop
Area ini juga sangat rentan terhadap kemasukan air, jadi kita harus selalu waspada pada saat ingin meletakan di meja apakah meja tersebut terdapat genangan air atau tidak. untuk beberapa merk laptop seperti Lenovo, MSI, lubang ini justru berfungsi untuk mengeluarkan air  yang telah masuk.

Cara Mengatasi Laptop Tersiram Air / Kehujanan

Jika laptop terlanjur tersiram air pada saat keadaan nyala hal yang harus pertama kali lakukan adalah Cabut Kabel Power dan Matikan Laptop sesegera mungkin !. hal ini dilakukan agar tidak terjadi arus pendek short listrik pada laptop.
jika laptop kehujanan, hal yang pertama kali dilakukan adalah Jangan Langsung Dinyalakan. karena jika laptop dinyalakan dalam keadaan masih basah, justru membuat laptop akan mengalami konsleting listrik.
setelah itu, anda bisa melakukan hal - hal dibawah ini :
  1. Cabut Batre pada laptop/ netbook agar tidak ada listrik yang mengalir
  2. Lepas semua perangkat yang terhubung pada laptop, seperti flashdisk, kipas, mouse, speaker, dll
  3. Balikan Laptop dengan posisi keyboard berada di bawah agar air tidak langsung masuk kedalam komponen laptop tersebut. lakukan seperti pada gambar di bawah ini .
balikan laptop agar air mengalir kebawah
balikan laptop
Jika air sudah terlanjur mengalir kedalam laptop, anda haru membuka komponen laptop agar air mudah keluar, yang paling utama adalah keyboard anda. hal ini dilakukan juga agar kita mudah mengeringkan air dan membersihkannya dari residu seperti air kopi atau teh.

lepas dan angkat keyboard agar mudah dibersihkan
buka dan angkat keyboard
Keringkan hingga benar - benar kering dengan kain yang mempunyai daya serap yang tinggi, atau bisa juga menggunakan tissue atau cottonbud untuk menjangkau dan mengeringkan area yang sulit di jangkau seperti misalnya pada mainboard. ingat untuk tidak mengusapkan kain terlalu keras agar tidak terjadi kerusakan.
bersihkan laptop dengan cotton bud
bersihkan dengan cottonbud
nah, jika kasusnya laptop kalian tersiram oleh cairan asam yang dapat mengakibatkan korosi, ada baiknya juga untuk mengoleskan cairan alkohol secara tipis atau carian anti korosi pada bagian yang terkena air tersebut. tapi ingat agar tidak terlalu banyak.

         4.  Masih dalam keadaan terbuka, silahkan anda gunakan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan laptop ini. pastikan sampai benar - benar kering.

         5. Nah jika sudah dipastikan kering, silahkan anda rakit ulang komponen tadi seperti semula dan coba nyalakan kembali. jika berhasil selamat, namun jika laptop dapat menyala namun terjadi Kegagalan pada proses Booting, anda bisa melihat artikel kami disini . namun jika malah terjadi Blue Screen / BSOD. anda juga bisa melakukan identifikasi penyebab bluescreen dengan melihat artikel Penyebab serta solusi Bluescreen.

namun, jika laptop kamu tidak sama sekali berhasil dinyalakan, silahkan hubungi customer service laptop anda atau bawa kepada pihak yang bisa melakukan reparasi. kemungkinannya adalah bahwa telah terjadi konsletting pada bagian power atau chipset laptop tersebut. 

Nah, demikianlah artikel mengenai Akibat dan Cara Mengatasi Laptop Terkena Air atau Kehujanan. semoga artikel ini dapat membantu anda. jika anda menyukai artikel ini, silahkan beri komentar atau beri +1 :) jangan lupa juga untuk like fanspage kami agar anda bisa berlangganan informasi menarik seputar pemecahan masalah pada komputer atau laptop :). salam Solusi Masalah Komputer.


Blog, Updated at: 5/10/2014

106 komentar:

  1. sangat bermanfaat mas,,,,,
    saya sering bongkar laptop tapi bukan karena basah air, tapi kipasnya penuh debu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kunjungannya.. :)
      wah iya, memang perawatan laptop harusnya dilakukan secara berkala ya untuk membersihkan komponen dari debu juga..

      Hapus
  2. mas,netbook sy krendem air susu panas .udh coba dkeringn dblikin gt cma gak nyala2.pas d charge sh masuk tp lyar.a pas di nyalain ya it gk nyala :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai !
      yang terandam bagian laptop mananya ya ?
      kalau layarnya juga ikut tersiram sepertinya masalah ada pada LED layar laptop anda.. :)

      Hapus
  3. mas mau tanya,kalo memori internal rusak.apa data2.a msh akn ada ato trhapus?

    BalasHapus
  4. maksd.a data2 kya video ,foto,musik dll

    BalasHapus
  5. kalo dlm komptr dlm keadaan mati,dan memori intrnal.a rusak,tetpi ktka nyala dan memori.a diganti .data2 it mash ada bhkn smua.a ada.itu kra2 bsa ky gt gmana cra.a ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo,
      1. kalau datanya di simpan di memori internal dan memorinya rusak biasanya datanya pun akan ikut rusak. tapi tergantung kerusakannya juga, kalau masih bisa di perbaiki nanti bisa di coba di recovery datanya dengan software recovery data seperti "recuva" dll.

      2. kalau memorinya di ganti, otomatis datanya tidak akan tersimpan.. :)

      Hapus
  6. mas notebiik aku mati total , lampu led dan di cahrger juga gak bisa gimana ngatasinya ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Dian, Sepertinya ada kerusakan pada IC powernya. baiknya segera bawa ke service center terdekat saja.. :)

      Hapus
    2. Mas ane juga sama kaya gitu... tapi laptop ane masih bisa nyala pas udah dibiarin beberapa jam... tapi gak lama langsung mati lagi.. apa masalahnya sama ???

      Hapus
    3. hallo, bisa jadi terkena masalah di fannya akibat terkena air, sebelum terjadi yang lebih parah, bawa saja ke service center terdekat untuk dilihat lebih lanjutt...

      Hapus
    4. Mas lptop sy juga gitu, kena air dan mati total tpi lampu led msh bisa nyala. udh di bawa ke tukang service lptop, alhmdulillah udh bisa nyala lagi. kalau kayak gitu, laptop saya bakalan ada kemungkinan rusak lagi apa ngk ya? :((

      Hapus
  7. Laptop saya kena tetes air hujan, pas saat dinyalakan ada blank putih hitam garis2. Itu bisa diperbaiki atau sudah harus ganti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, ada dua kemungkinan yang pertama masih ada air di dalam lcd, solusinya keringkan menggunakan hair dryer atau biarkan mengering. yang kedua adalah jamur, biasanya karena dalam keadaan basah dan lembab akan muncul jamur di bagian lcd. solusinya harus dibersihkan dari dalam, saran saya kalau dalam waktu 1 minggu tetap tidak hilang coba bawa ke service center untuk dibersihkan..

      Hapus
  8. Leptop saya terkena air di TouchPad nya terus saya hidupi masih bisa tapi TouchPad nya tidak bisa saya gerakin habis itu saya matin leptop nya terus pas saya nyain lagi tidak bisa nyala2 dan pas saya Chager juga gk bisa lampu indikator nya juga tidak menyala apakah itu ada saut paut nya sama TouchPad Yg terkena air?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bisa jadi karena ada beberapa merk laptop yang touchpadnya air bisa meresap, coba bongkar trus keringkan jika msh ada yang basah komponennya. tapi saya sarankan bawa ke service center terdekat saja..

      Hapus
  9. mas...mau tanya laptop saya pas mau dihidupin tombol powernya gak nyala2 knpa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah sebelumnya laptopnya tersiram air?
      kalau iya, bisa jadi IC powernya konslet mas..
      coba keringkan terlebih dahulu, karena kalau basah kita paksa hidupkan maka bisa fatal akibatnya..

      Hapus
  10. mas...mau tanya laptop saya pas mau dihidupin tombol powernya gak nyala2 knpa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah sebelumnya laptopnya tersiram air?
      kalau iya, bisa jadi IC powernya konslet mas..
      coba keringkan terlebih dahulu, karena kalau basah kita paksa hidupkan maka bisa fatal akibatnya..

      Hapus
  11. mau tanya laptop saya hbs terkena air hujan, sudah saya keringkan masih bisa nyala tp apakah tetap harus diservice juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah dipastikan benar2 benar kering dan laptopnya nyala tidak ada masalah sih tidak perlu diservice juga..

      Hapus
  12. Mau tanya,laptop saya tadinya mau nyala,tiba2 mati gitu aja,trus pas ditekan tombol power nggak mau hidup,dan di charge lampu ny nggak hidup.kira2 masih bisa dbetulkan tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, penyebabnya apa ya?
      kemungkinan IC powernya sudah kena..atau bisa juga motherboardnya sudah kena.. kalau IC power yang kena masih bisa dibetulkan, tapi kalau sudah motherboardnya yang rusak, sangat kecil kemungkinan bisa dibetulkan..

      Hapus
  13. Mas laptop saya kesiram air, trus lngsng saya hidupkan gak bisa, langsng saya sambil cas jga gak bisa? Trus ap dampak nya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya jangan langsung dinyalakan, pastikan airnya sudah mengering terlebih dahulu..
      dampaknya bisa konslet dan membakar IC powernya..
      coba segera bawa ke service center terdekat saja..

      Hapus
    2. Sama mas, kemungkinan yg kena apa ya mas? Sekalian angaran biayanya mas

      Hapus
  14. mas laptop saya kehujanan saat didalam tas, udah saya keringin pake pengering rambut, udah copot batre juga tapi tetep ganyala, itu kenapa ya? apakah ic powernya dan berapa biaya kalo diganti ya?
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dipastikan kering sampai kedalam2nya kah?
      kalau kena IC power harganya berbeda2 tapi dikisaran 500rb keatas mas..

      Hapus
    2. Mas.. kalau kena percik2 air. . Terus keyboard nya kaga bisa itu bisa diperbaiki g mas.? Dan kalau diganti keyboard nya kisaran berapa ya ?

      Hapus
    3. halllo, diperiksa dulu mas, tp kebanyakan kasus kalau sudah error 1 tombol karena air biasanya akan menyebar mas lama2..
      kisaran 300 mas..

      Hapus
    4. Jadi kalau laptop nya yg rusak. Apa masih bisa pakai keyboard laoptopnya. Karena keyboardnya error. Akibat kena air. Apa nga ada solusi lain selain ganti keyboard

      Hapus
  15. mas laptop saya kan keujanan udh di keringin dan di rendem beras juga dan udh bisa nyalaa tuh tapi kan laptop saya di passwords dan gabisa di buka misalnya kalo ngetik k jd kk gitu, itu knp ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ini penyakitnya kalau kena hujan, keyboardnya jadi ada yang tidak berfungsi. baiknya bawa ke service center untuk cek keyboardnya. karena kalau keyboard biasanya akan menjalar ke tombol2 yang lain..

      Hapus
  16. Kisaran biaya servicenya brapa ya mas kalo ga bisa nyala krn kena air?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kerusakan mas, kalau yang kena keyboard itu kisaran 300-400 tapi kalau kena IC power bisa 500an. atau bahkan bisa juga matitotal mas.

      Hapus
  17. Laptop saya merek lenovo , masalahnya kena air hujan , ketika baterai dipasang , bisa menyala tetapi tidak bisa dicharge , dan ketika dicabut baterainya , ttap keadaan masih dicharge tanpa baterai , tidak bisa menyala , pada posisi laptop dinyalakan pada saat dicharge dan dipasangin baterai , bisa nyala , tpi tidak bisa dicharge , lampu charge malah kedip kedip

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh kesalahan yang pertama baterai langsung dipasang dan dicharge, otomatis ketika itu ada air yang masuk kedalam yang membuat konslet..
      baiknya coba periksakan ke service center saja mumpung kerusakannya belum menjalar kemana-mana..

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. gimana nie bisa gak laptop saya udah terendam selama 3 jam udah dikeringkan tapi gak bisa hidup sama sekali,dan dan udah service masih belum bisa di perbaiki gak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti konsletingnya sudah parah dan membakadrIc powernya mas..
      baiknya ganti saja ke servive centernya...

      Hapus
  20. Gan touch pad saya terkena air tapi bisa gerak atas bawah yg kanan dan kiri ga bisa di gerakin solusinya gimana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tes menggunakan mouse usb, lalu gunakan juga touchpadnya apakah bisa dipancing sperti itu.. ?

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. mas mau tanya kalau laptop bagian kipasnya kena air, merambat smpai ke batre dn keyboard, pas dinyalain lampu ny gk nyala. tapi pas di cas laptopny panas, kira2 masih berkemungkinan untuk hidup lagi gk laptopnya mas? trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahduh, kalau sudah merambat ke batre dan keyboard biasanya akan terjadi short listrik alias konslet.
      harus diperiksa dulu apakah IC powernya masih bisa hidup atau tidak, biar lebih jelas bisa dibawa ke service center terdekat saja mba.. :)

      Hapus
  24. mas mau tanya kalau laptop bagian kipasnya kena air, merambat smpai ke batre dn keyboard, pas dinyalain lampu ny gk nyala. tapi pas di cas laptopny panas, kira2 masih berkemungkinan untuk hidup lagi gk laptopnya mas? trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahduh, kalau sudah merambat ke batre dan keyboard biasanya akan terjadi short listrik alias konslet.
      harus diperiksa dulu apakah IC powernya masih bisa hidup atau tidak, biar lebih jelas bisa dibawa ke service center terdekat saja mba.. :)

      Hapus
  25. mas laptop sy kena air, dinyalain msh bisa tapi keyboardnya gak berfungsi. itu gmn ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, harap segera di perbaiki karena biasanya keyboardnya nanti merembet ke komponen yang lain..

      Hapus
  26. Mas laptop saya kesiram toner sama anak saya banyak sekali di bagian keyboard. Sama sepupu saya lgsg dikeringkan dg kipas. Beberapa jam kemudian saya coba nyalain lampu LEDnya akhirnya bisa setelah saya coba terus tapi tombol powernya gabisa dihidupkan. Itu kira2 udah rusak apanya ya mas? Dan kalau diperbaiki kena biaya berapa ya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, kemungkinan itu karena belum kering benar. biasanya ic powernya atau keyboardnya yang kena. kalau diperbaiki tergantung yang kena komponen apanya.. sebaiknya diperiksakan ke service center terdekat ya :)

      Hapus
  27. mas mau tanya nih. laptop saya dikencingin kucing waktu di charge. udah saya keringin sebisa saya, tapi cuma yg bagian luar doang, soalnya batrw laptop saya tipe batre yg gabisa dilepas. pas saya nyalain, bisa nyala tapi sekilas ada garis garis gitu dilayarnya, tapi cuma sebentar habis itu normal lagi. itu konslet apa engga ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, sebaiknya dipastikan dulu kalau kondisi laptop dan komponen dalamnya kering, karen kaalu belum kering bisa konslet

      Hapus
  28. laptop baru saja terkena air kopi di keyboar dan parah nya langsung saya hidupkan ... trus bisa hidup tpi layar nya ga nya ada garis garis gmana gan apakah masih bisa baik klo da kering

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk layar agak sulit, soalnya dia bisa merusak komponen dalamnya, baiknya coba dibawa ke service center terdekat supaya tidak merembet ke masalah yang lain.

      Hapus
    2. saya juga kaya gitu mas, nyala tapi layarnya enggak tapi saya bingung itu karena kesiram air atau karna saya cabut tiba2 karna saya panik jadi saya langsung cabut charsnya tapi kirain saya enggak parah, saya langsung nyalain eh tiba2 cuma nyala tapi layarnya enggak ada. itu kira2 berapa ya mas banyarya ?

      Hapus
    3. sebaiknya kalau memang belum yakin dengan penyebabnya bisa di cek ke service center atau ke orang yang tau. karena kalau memang kesiram air harus dipastikan benarbenar kering sebelum dinyalakan

      Hapus
  29. Mas laptop saya kesiram air, terus touchpadnya ketika di pakek dia otomatis nge-klik 2 kali. Tapi waktu pakek mouse bisa, itu kira-kira gimana ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya ada air yang merembes ke dalam touchpad. coba keringkan menggunakan hair dryer

      Hapus
  30. Mas barusan laptop saya kesiram kopi. Tp gak banyak. Dan posisi laptop ketutup. Sudah saya lap tp masih gak nyala. Coba di charger tetep gak yala lampunya. Kira2 masih bisa di betulin gak ya mas ? Kisaran berapa ya kalo di service mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau kopi harus dicek mas soalnya kandungannya lengket dan akan menempel walaupun hanya sedikit..
      kisaran harganya tergantung kerusakannya mas

      Hapus
  31. Mas mau nanya , laptop saya kan kehujanan terus udah di keringkan, tapi pas coba dinyalakan cuma muncul logo merek terus mati dan bunyi beep banyak, itu kenapa ya kira kira?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti ada konslet di bagian dalamnya, bunyi beep berkali kali juga menandakan ada kerusakan pada hardwarenya

      Hapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  33. min maaf sekitar 4 hari yang lalu laptop saya kesiram air dikit dibagian deket tombol power on. pas kesiram sih galangsung mati tapi saat dimatikan lalu ingin dihidupkan, 4 detik mati sendiri berulang ulang di tekan on mati idup mati idup terus. solusinya gimana ya? ):

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya sebaikny bawa ke service center agar bisa di bersihkan, khawatir jika dibiarkan justru merembet ke bagian motherboard

      Hapus
  34. Min, laptop saya kehujanan pas ditaruh didalam tas, saya udah coba keringin pake hair dryer, dibalik, copot keyboard, terus dijemur, habis itu saya nyalain, tapi pas dinyalain cuma indicatornya aja yang nyala, habis itu mati lagi, dan dari fan sampingnya kayak ada bau kebakar, kira - kira apa yang kebakar? Laptop saya itu Acer Ferrari One, belum sempat dibuka mesinnya, jadi cuma dikeringin bagian depan (keyboard), bagian belakang, sama fan samping, Mohon Pencerahannya Min, Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kekurangan netbook macam ferari one seperti itu karena posturnya yang kecil jadi kalau ada air akan cepat menyentuh bagian sensitif netbooknya.sebaiknya dibawa ke service center saja dan jangan dicoba dihidupkan lagi karena pasti akan merembet kebagian lain

      Hapus
  35. Mas, laptop ane kehujanan dalam keadaan mati (batre kosong) udah ane diemin 6 jam lebih. Ane charger cuma lampu indikatornya gak nyala. Kira kira problemnya dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan ada konsletin di bagian powernya.. sebaiknya diperika ke service center terdekat dan jangan dinyalakan dulu sebelum kita yakin bahwa laptop sudah kering terutama komponen dalamnya

      Hapus
  36. Salam mas..laptop sy kehujanan. .sy on ngak mnyala.. Saya charge bisa connect.. Tpi laptop ngak bisa nyala jg.. Gi mna ni?

    BalasHapus
  37. maaf mau tanya laptop saya ke siram air dan katax karatan di dalam nya apakah masih bisa di perbaiki? makasih

    BalasHapus
  38. Mas notebook saya (serial lenovo ideapad 310s) kemarin tersiram teh panas. Tapi saya baru tau tadi pagi. Nb nya nyala cuman keyboard sama mousepad nya ga fungsi. Pas tau kesiram, tadi pagi saya langsung kipas pakai kipas angin sekitar 2 jam an. Tapi tetep aja masalah. Kira kira bisa dibenerin ga ya mas?

    BalasHapus
  39. Mas gmn klo laptop acer touchscreen yg terkena air ? Laptop tipis, batre internal. Dan msh bunyi bep2 ini blm sy nyalakan. Cuma dibiarin aja biar kering ini

    BalasHapus
  40. laptop saya merk dell terus tersembur air, tapi tidak apa". apa ada resiko setelahnya?

    BalasHapus
  41. Mas laptop saya kena air hujan, udah saya keringin dicas bisa,dihidupin lampu powernya juga hidup, cuman laptopnya kok ga nyala, itu gmana mas laptop saya masih ada harapan kah klo dibawa ke service center?

    BalasHapus
  42. mas tolong jawab plis
    lettop saya terkena air hujan selama 1/2 jam (saya tinggal sebentar)
    dan saat saya sudah keringkan dan saya nyalakan yang nyala hanya lampu led saja (hanya beberapa detik lalu mati)
    dan kipas tidak bisa berputar
    tolong di jawab segera mas
    semuber penghasilan saya cuma itu mas (desainer)
    saya sudah setengah tahun nyari kerja belum ada yang menerima
    dan saya harus membiayai keperluan rumah saya karena saya yatimpiatu

    BalasHapus
  43. mas tolong jawab plis
    lettop saya terkena air hujan selama 1/2 jam (saya tinggal sebentar)
    dan saat saya sudah keringkan dan saya nyalakan yang nyala hanya lampu led saja (hanya beberapa detik lalu mati)
    dan kipas tidak bisa berputar
    tolong di jawab segera mas
    semuber penghasilan saya cuma itu mas (desainer)
    saya sudah setengah tahun nyari kerja belum ada yang menerima
    dan saya harus membiayai keperluan rumah saya karena saya yatimpiatu

    BalasHapus
  44. Mas leptop saya kesiram aer minum terus karna panik saya malah teken tombol power, itu kira kira kalo dibenerin bisa gak ya..... Gimana ya caranya

    BalasHapus
  45. Mas saya mau nanya ini laptop saya tadi terkena air hujan banyak banget terus saya gak sengaja nyalain waktu pertama itu nyala sebentar trus pas saya matiin udah gak bisa nyala lagi , trus pas di cas lampu buat ngecas nya gak nyala sama pas mau di nyalain gk bisa nyala lagi padahal sebelumnya masih ada baterai nya nah saya coba nyalain lagi gak bisa itu kira kira kenapa ya mas terus misalnya saya servis di reparasi officalnya yg ACER (karena laptop saya acer aspire) kira kira brp ya mas (saya masih ada garansi nya) sama mas boleh saya minta nomor nya gk buat nanya lebih lanjut.

    BalasHapus
  46. Gimana lo labtop kena hujan mati trs batraix tanam?
    Apa langkah mmbersihknx ttap sperti itu??

    BalasHapus
  47. Mas laptop saya baru aja khujanan tapi yg kena air di seluruh bagian kiri karna saya gk ngerti tadi cba saya hidupkn gk bsa, trus saya cabut batreinya dn skarang cma saya kasih kipas angin, gk berani ngebongkar. Kira2 pas saya hidupin td terjadi konsletting gak ya?

    BalasHapus
  48. Mas laptop saya terkena air dan dia tidak hidup kecuali di cas dan saat di cas laptopnya hidup cuman ada beberapa tombol keyboard yg susah ditekan dan touchpadny lelet jdi itu gimn mas selain itu baterai di laptopnya itu silang mas

    BalasHapus
  49. Mas saya bawa ke tukang service, kok katanya harus ganti mesin y? Soalnya di dalamnya ada yang kebakar gitu

    BalasHapus
  50. Hallo Kak laptop Saya kena air Sekitar 3 sendok diarea Spasi dn touchpad. Lalu Saya matikan dn terbalikkan. Lalu bawa ke service center. Setelah service Awalnya Bisa nyala lalu pas dimatikan ga B's dinyalakan lagi. Lalu Kata Bapaknya bagiannpower nya Ngak bs ngangkat nyala lg. Gimana ya pak?

    BalasHapus
  51. hallo ka ,, saya punya laptop dan terkena air karena saya aga panik langsung saya nyalakan laptop tersebut , tiba2 langsung mati begitu saja , ada tips ya ga ka untuk ini , trims

    BalasHapus
  52. sangat informatif sekali

    kunjungi situs aku ya di 107.152.32.218/ Agen Casino Online Terpercaya
    www. perisakti .info (hapus spasi) Perisakti Prediksi Togel dan Bola Paling Jitu

    BalasHapus
  53. Min, kalau laptop terkena air,tapi masih bisa nyala tapi pass nyampe desktop langsung layar putih bagaimana?

    BalasHapus
  54. Apa solusinya kalo macbook saya mati karena kena air.
    Sebelumnya saya tidk tau bahwa macbook saya kena air, saya tekan tombol power lampu menyala tiba-tiba mati akhirnya saya charger. Lmpu charger nya juga tidk mau hidup. Terus apa yg saya harus lakukan?

    BalasHapus
  55. Jadi kemarin laptop saya tersiram air, setelah saya balik selama kurang lebih smpai 5 jam, kipasnya berbunyi setelah itu laptop bisa menyala kembali. Namun ada sedikit masalah di touchpadnya, touchpadnya menjadi sangat sensitif, tersentuh jari saya sudah seperti mengklik jadi kalau digerakkan susah dan mengganggu. Ini gimana ya solusinya?

    BalasHapus
  56. Kak, mau tanya.
    Kan laptop saya kena air, udh di balik smpe gak ada air lagi yg keluar nah lampu indikator nya tuh nyala warna putih tapi pas di pencet power, laptopnya gk nyala²
    Itu sebaiknya diapain ya kak?

    BalasHapus
  57. boleh di cek link nya, semoga terbantu https://qr.ae/pGBEWD

    BalasHapus
  58. Wah terima kasih atas informasinya ya kak!

    kami juga punya artikel sejenis untuk sharing informasi,

    https://bangamingadget.com/penyebab-utama-kerusakan-laptop-dan-solusinya/

    yuk sharing ilmuu

    Terima Kasih

    BalasHapus
  59. Mas laptop saya terkena air ac awal nya masih aman digunakan masih normal tapi pas sudah saya keringkan awal booting bunyi beep dua kali setelah itu touchpad nya tidak berfungsi bagaimana cara mengatasinya mas

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin