Solusi Windows 8/8.1 Tidak Bisa Shutdown & Sleep

Posted by

Windows 8.1 dengan segala daya tarik serta fitur yang ditawarkan memang menjadi salah satu pilihan Sistim operasi bagi perangkat PC ataupun laptop kita. selain karena kemudahan yang ditawarkan. terutama masyarakat Indonesia yang kini juga menjadi pengguna setia sistim operasi besutan Microsoft ini. namun dari kemudahan dan kecanggihan yang ditawarkan tersebut, masih ada saja permasalahan yang ditemui oleh para pengguna windows 8/8.1 ini. diantaranya adalah permasalahan seputar Laptop atau komputer tidak bisa shutdown, restart, sleep, stanby ataupun hibernate. ini yang menjadi dasar dan tema pada artikel yang saya tulis kali ini.

Mengatasi komputer tidak bisa shutdown di win8
title

1. Windows 8.1 tidak bisa Sleep / stanby

Pernah mengalami hal tersebut ? ya, mungkin masalah laptop tidak bisa standby ini bukan lah suatu hal  yang banyak di alami oleh pengguna windows karena fitur ini jarang digunakan apalagi pada perangkat PC Desktop. namun lain halnya jika masalah ini dialami oleh pengguna yang menggunakan laptop dan bekerja secara mobile artinya perlu secara sering membuka dan menutup laptopnya. windows 8 tidak bisa sleep akan membuat pekerjaan menjadi lebih lambat dan terganggu karena baterai laptop juga akan cepat terkuras dan mengakibatkan baterai laptop menjadi bocor.

Penyebab :

Biasanya hal ini disebabkan oleh anda yang menginstall software aplikasi Virtual Box. karena driver jaringan yang tidak bisa dimatikan pada saat laptop atau komputer akan melakukan proses Sleep atau standby.

Solusi  :

cara untuk mengatasi masalah ini cukup mudah. Lakukan uninstall atau hapus program virtual box, maka komputer atau laptop anda akan kembali normal setelah sebelumnya tidak bisa melakukan proses sleep atau stanby.

2. Windows 8 / 8.1 tidak bisa Shutdown atau dimatikan

masalah ini cukup banyak terjadi di kalangan masyarakat kita. memang tentunya cukup menggangu ya, bagaimana tidak kita tidak bisa membuat laptop atau komputer kita mati. tentu saja membuat panik :D. mungkin bagi yang belum tahu akan berpikiran bahwa "ada yang salah dengan laptop saya" atau "wah ternyata laptop / komputer saya bervirus". tapi tenang saja! jangan terburu - buru mengambil keputusan untuk melakukan downgrade menjadi win7 lagi. karena sesungguhnya masalah komputer di windows 8 tidak bisa shutdown ini cukup simple.

Penyebab :

Fitur Fast Startup atau "Hybrid Shutdown ini lah yang menjadi dalang penyebab kenapa windows 8.1 tidak bisa melakukan proses shutdown atau terkadang ketika baru proses login tiba - tiba reboot secara sendirinya. 

awalnya pihak microsoft mengklaim bahwa fitur "hybrid shutdown" ini akan mengurangi keseluruhan waktu startup dengan melakukan hibernasi pada kernel session daripada menutup aplikasi startup tersebut yang akan membuat waktu loading dari proses hibernate akan lebih lama. Namun ternyata fitur ini malah menyebabkan masalah baru.

Solusi :

  1. Jika anda berada di tampilan awal, cukup ketik kata "Power" maka akan muncul hasil yang berkaitan dengan hal ini.
  2. jika anda berada di desktop, arahkan kursor menuju posisi kanan atas, akan muncul charm bar dan ketik kata "power" pada kotak pencarian.
  3. sekarang klik pada menu setting yang ada di sebelah kanan hasil pencarian dan klik "Changes what the power buttons do".
mengganti setting power di windows 8 / 8.1
menu setting power pada win8
anda juga bisa mengakses hal yang sama dengan cara mengetik kata "powercfg.cpl" pada menu RUN yang bisa di akses dengan menekan tombol ( windows + R ).

mengatasi windows 8 / 8.1 tidak bisa shutdown
shutdown settings
setelah itu akan ada menu shutdown settings. lalu scroll terus kebawah sampai anda menemukan pilihan "Turn on fast startup (recommended)." lalu disable atau non-aktifkan pilihan ini dengan menghilangkan tanda centang yang ada. namun jika tidak bisa dirubah atau tidak menemukan hal diatas, coba anda scroll lagi keatas dan klik pilihan changes setting that are currently unavailable .

jika cara di atas belum juga menyelesaikan masalah kita. coba anda akses command prompt dengan klik kanan di sebelah kiri bawah tampilan windows. dan masukan command berikut :
bcdedit /set disabledynamictick yes
setelah itu klik Save changes dan silahkan lakukan restart. selamat masalah laptop atau komputer tidak bisa shutdown telah terselesaikan :)

CATATAN :   Cara ini bisa dilakukan baik untuk Windows 8  dan atau  Windows 8.1 :).

Jika anda merupakan seseorang yang baru dan belum mengerti bagaimana cara menggunakan sistim operasi windows 8 /8.1, anda bisa melihat artikel berikut ini : Tutorial cara penggunaan windows 8 di notebook. dan jika anda mengalami masalah pada windows 8 mungkin anda tertarik untuk melihat : mengatasi masalah pada windows 8.

kami dengan sangat senang hati jika anda terbantu dengan adanya artikel ini, silahkan komentar atau sekedar memberi +1 dan like pada fanspage kami :)


Blog, Updated at: 3/13/2014

66 komentar:

  1. Balasan
    1. hallo mas RIIZKYY INSOMNISA,
      sudah dicoba di matikan atau uncheck fitur turn on fast startup nya?
      kalau sudah namun belum berhasil, coba tekan tombol power selama beberapa detik, lalu nyalakan kembali, check lagi apakah fitur "turn on fast startup" sudah benar2 mati.. lalu silahkan coba shutdown dengan normal..

      terimakasih telah berkunjung :)

      Hapus
    2. Mas kalau udah lakuin yg diatas tetap ga bisa shutdown gimana mas?

      Hapus
  2. Punya masalah nih di win 8.1 pro.

    - kalau di shutdown, lama bgt. pas gitu, pencet sekali tombol shutdown nya. malah langsung mati sekaligus. kayak yang BSOD. padahal posisinya, layar black screen lagi shutdown.
    - kalau sleep, hibernate, fungsinya jadi shutdown. malah mati sekaligus kayak di poin pertama.

    adakah solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Wira Sukma,
      1. merk laptop/komputernya apa ya ? soalnya untuk beberapa merk memang masalah ini ada dan berbeda - beda penyebabnya..
      yang pertama, lakukan hal seperti artikel diatas, lalu pada saat ingin shutdown, coba akses task manager, lihat apakah ada aplikasi yang memakan memori cpu terlalu banyak ? jika ya coba matikan proses tersebut.
      selanjutnya, hal ini bisa terjadi karena malfungsi driver hardware, biasanya ( wireless, bluetooth ) coba update driver perangkat tersebut pastikan versi terbarunya. jika motherboardnya intel, coba update juga "Intel management Engine" bisa di download di website resmi intel.
      2. kalau hibernate memang fungsinya sama seperti shutdown, hanya saja data masih tersimpan seperti terakhir sedang dipakai. kalau sleep hanya mematikan layar saja.

      Hapus
  3. mas kenapa ya windows 8.1 saya pas dihidupin fungsi sleep otomatis dan dim otomatis malah layarnya mati tapi komputer tetap nyala dan tidak bisa di apa-apain. itu kenapa ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo Madara Adhit, kalau sleep itu memang tidak membuat komputer mati tetapi hanya mematikan layar saja, sedangkan untuk fungsi Dim Screen, itu hanya membuat layar redup saja dan tidak membuat komputer mati, kecuali fungsi shutdown dan Hibernate.
      jadi hal tersebut memang normal kok mas. :)

      Hapus
  4. mas ini tetep nggk bisa yang cara kedua nggk ngerti cara pertama nggk bisa tolong mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Nanda Bagus, untuk cara yang kedua cukup simple..
      buka search lalu ketik "Power Options" lalu pilih power managementnya. setelah itu pilih "Changes what the power buttons do" lalu hilangkan tanda centang pada "Turn on Fast Startup"

      :) semoga berhasil..

      Hapus
  5. berhasill, tpi sleep x lg yang bermasalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo Angel black, bisa dijelaskan lebih detail lagi sleepnya bermasalah seperti apa ?

      Hapus
  6. udah aku lakuin cara mas di atas semuanya tapi tetp gak bisa shutdown dan restart...gimana ya mas? tolong bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo Azka Erisa, kalau boleh tau spesifikasi laptopnya apa ya ?
      ada kemungkinan komponen hardwarenya memang tidak cocok dengan sistem operasi windows 8

      Hapus
  7. gan ane udah coba semua step di atas tapi udah berapa kali instal ulang windows tetep aja ga mau mati pas di shutdown.. ane pake win 8 dan 8.1 di coba tetep gan..minta bantuan nya gan trims...
    rig ane pake amd..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, SONNIAIUEO lebih jelasnya AMD seri apa ya ?
      soalnya untuk beberapa seri AMD memang ada yang belum support dengan windows 8/8.1 jadi sistemnya tidah mau untuk di lakukan shutdown..

      Hapus
    2. ohh..emang ada yang gasupport yah gan dari hadware nya ?
      ane pake AMD FX 6300 gan..

      Hapus
    3. kalau dilihat sih AMD FX 6300 sudah support windows 8..
      iya betul, terkadang ada hardware yang tidak bisa didukung dengan windows 8 seperti drivernya..
      ini PC atau laptop ?

      Hapus
    4. PC gan.. padahl ane coba gak di instal driver2 hadware nya gan..
      soalnya kan di windows 8 udah pada ke detect kecuali driver vga aja..

      Hapus
    5. nah coba sekarang agan cari driver hardwarenya di web resminya.. kalau ada driver untuk Win 8.1 berarti sudah support, tapi kalau dari websitenya tidak menyediakan driver untuk windows 8.1 berarti hardware tersebut belum support.. :)

      Hapus
  8. pas masukkin command prompt kok access denied yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Putri Amalia, coba matikan dulu UAC (User account control) yang ada di control panel > account > change UAC.. tarik ke bagian paling bawah.. :)

      Hapus
  9. makasi banyak bro gw udah bisa shutdownin nih laptop soalnya laptop punya orang,, thanks y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, Sama - sama bro, makasih kunjungannya.. :)

      Hapus
  10. bro padahal UAC nya udah di tarik paling bawah kok masih access denied yah ? tolong bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, pastikan juga account yang sedang dipakai itu running sebagai administrator yah..

      Hapus
  11. Mas, saya sudah mencoba semua cara diatas tetapi tetap saja laptop saya tidak mau shutdown/restart. akhirnya berulang kali saya force stop dengan menekan tombol shutdown yang lama. mohon pencerahannya mas, saya menggunakan laptop merk dell jenis inspiron 14. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas LUTHFI NUR AGUSTIAN, apakah merk laptop anda sudah benar2 fully compatible dengan windows 8 ?. jenis processornya AMD atau intel ya ? karena ada processor AMD untuk notebook yang memang kurang support dengan windows 8..
      solusinya coba cek keseluruhan driver apakah sudah terinstall dan berjalan baik di windows 8 ? dan kalau bisa update ke versi windows 8.1..
      semoga membantu..

      Hapus
  12. Gan mau tanyak ni, kenapa ya model Acer Aspire E3-112 (Model terbaru) kalo shutdown itu cepat tapi masalahnya ketika windows mati, layar mati, namun lampu indikatornya yang lama mati bahkan mesinnya masih berjalan, sekitar 3 menit baru mati. Ketika masih menggunakan Windows bawaan dari kotak (Windows 8 Build 9200) tidak ada masalah namun ketika saya instal ke Windows 8.1 kejadian seperti itu ketika shutdown, apa ada pencerahannya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Reza, masalah itu bukan cuma di laptop merk ACER saja kok, tapi untuk beberapa jenis laptop memang seperti itu. itu karena fitur Fast Startup punya windows 8.1. jadi untuk efisiensi mesin, yang lebih dulu di matikan ketika shutdown adalah layar. nah ketika layar mati, baru mesin yang jadi prioritas kedua.
      kalau mau, dicoba saja matikan fitur "Fast Startup"nya.. nanti bisa diliat perbedaanya.. :)

      Hapus
    2. Okelah gan emangnya kalo uda matikan fitur "Fast Startup" uda dipastikan layar mati mesin mati secara tidak lama berlebihan?

      Hapus
    3. Vro udah kelar blm masalah ente?
      Punya ane kasusnya mirip sama ente, lptopnya pun sama.
      Gmana kabar lptop ente skarang?

      Hapus
  13. ye ahirnya.... thank to your support ....

    BalasHapus
  14. Mau tanya pc/laptop ane pake window 7 tidak bisa sleep otomatis meskipun setingannya sudah diatur sesuai timer yang ada. Sudah coba solusi agan untuk hapus Virtual Box tapi ane cari2 ga ada tuh app semacam itu di pc. Mungkin ada solusi lain? thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, harusnya sih sudah bisa ya kalau windows 7.
      coba dlihat aplikasi yang running di background. biasanya tidak bisa sleep karena ada aplikasi yang running jadi komputer tidak bisa sleep..

      Hapus
  15. mass kalo cara d atas sudah d lakukan, tapi pada saat shutdown laptop lampu indikator warna hijau n orange masih menyala alias laptop dalam keadaan sleep dan untuk menghidupkan laptop harus menekan tombol "assist" bukan tombol power. Dimana ya letak salahnya gan, mohon pencerahannya . . thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, coba hilangkan tanda centang "sleep" pada saat pengaturan what power button should do. dan atur power plan yang ada..
      semoga membantu :)

      Hapus
  16. laptop sy jd gk support hybrid shutdown setelah d upgrade bios nya,,, pdhl wktu d bios lama bz... ane pake Axioo rne 54345s ada yg mau copy in bios bawaannya buat sy ? atau d solusi lain agar support lg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, kalau seperti itu betul berarti pengaruh dari BIOS drivernya, coba cek driver yang sesuai di web officialnya :http://www.axiooworld.com/supports/
      atau coba solusi dengan mencentang fast startup seperti pada artikel ini. :)

      Hapus
  17. mind gimana cara memaksa menghntikan dri task manager?
    aku gak tahu program mana..
    minta solusi dengan gambar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, kamu tekan tombol CTRL + ALT + DEL secara berbarengan, setelah itu kamu klik tab process dan kamu cari program yang ingin kamu stop. setelah itu kamu klik kanan pada daftar tersebut dan pilih "kill" atau "stop"

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. mas mw tanya. ini laptop saya kok restart nya lama amat y. bisa nyampe 1 jam gak kelar2

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo,kalau seperti itu ada proses yang biasanya masih berjalan di background. coba close semua program yang masih berjalan (lihat di task manager).
      semoga membantu.. :)

      Hapus
  20. knapa pas di menu power, kok ga muncul shutdown, restart dan sleep. ketika di tekan tombol alt+F4, langsung muncul restricing (this operation has been cancelled due to restrictions in effect on this computer. Please contact your system administrator.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo kalau kasusnya seperti itu ada policy yang sudah terubah agar tidak bisa melakukan shutdown. baiknya lakukan udpate OS agar bug dapat di patch, cara lainnya adalah lakukan scanning agar terhindar dari virus script.
      untuk sementara sampai masalahnya diselesaikan kalau mau shutdown jangan menggunakan ALT+f4 tetapi tombol windows + L.

      Hapus
  21. laptop saya asus x45a pake windows 8 ,Turn on fast startup (recommended)udah di centang darisana nya tapi laptop masih belum bisa di restart ,sleep gan gimana solusinya ane males instal ulang soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, hilangkan tanda centangnya mas. setelah itu restart.
      kalau tetap tidak bisa, coba updgrade ke windows 8.1 yang lebih stabil :)

      Hapus
  22. Gak kepikiran kalau dalangnya adalah Virtual Box, pas gue uninstall shutdownya normal lagi, thanks banget ya!

    BalasHapus
  23. mas saya mau tanya, kenapa laptop saya kalau di sleep setelah 5 menit laptop saya mati sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, coba lihat to power option yang ada di cpanel. itu berarti pengaturannya setelah sleep > iddle akan shutdown dalam waktu beberapa menit..

      Hapus
  24. Maaf mas mau nanya, ane punya masalah tentang sleep mode pada win 8.1 laptop asus A455L core 15, masalahnya ketika laptop dalam mode sleep hanya bertahan sekitar beberapa detik aja mas, trus hidup sendiri laptopnya
    Mohon bantuannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, sepertinya karena ada aplikasi yang masih berjalan di background. coba cek di task manager process apa saja yang berjalan ketika sedang akan di sleep..

      Hapus
  25. saya tinggal di banyuwangi. mas mau tanya. laptop saya masih baru 9 bulan. nah kmaren tuh masalahnya laptop emang bener bener lemot. trus kakak saya minggu lalu nginstalin ke temannya. orangnya bukan sarjana komputer. tapi dia mngajar plajaran komputer di salah satu sma swasta. kata dia laptop saya dari baru blum pernah diinstal, instalannya masih instalan dari awal. saya juga gak tau. soalnya yang belikan baru ibu saya. setelah diinstal. 2 hari saya gunakan tiba2 laptop saya ada masalah tidak bisa dimatikan. terpaksa saya matikan otomatis tekan tombolnya. terus setiap kali saya pakai mau saya matikan tetap saja tidak bisa. nah itu sudah hari jumat. dan keesokannya saya pulang ke kediri dari banyuwangi. khawatir laptop saya knapa2 karna memang tidak bisa dimatikan.kmaren hari senin sy bawa ke computer service system yg bangunannya besar. terus saya tanya. di computer service system. saran dia diinstal ulang aja, mungkin intsalan yang ke tman masmu itu blum tuntas. akhirnya saya instal ulang, baru kmaren slasa pagi diinstal. trus hr selasanya masih nornal. saya pakai biasa sbnyak 3kalii. tiba2 pas rabu sore ini saya hidupkan lalu sy matikan. kasusnya sama lagi. laptop tidak bisa dimatikan. saya takut laptop saya knapa2. kira2 yang russak apanya ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, OS yang diinstall apa ya?
      kalau windows 8 keatas kemungkinan karena fitur turn on fast startupnya yang belum di nonaktifkan, kalau misal OSNya windows 7 mungkin karena ada proses update yang sedang berjalan. saran saya coba matikan fitur windows updatenya..

      Hapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. laptop ga bisa sleep otomatis, pas saya ketiduran bangun bangun batre laptop udah habis, dan katanya uninstal virtual box, sedangkan saya ga punya. solusinya gmn ya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sleep otomatis ada pengaturannya di control panel > power, coba di cek deh

      Hapus
  28. Ko dari semua cara gabisa semua ya :(( aku baru ngalamin nih. Abis ketik windows + R malah the aplication was unable to start correctly (0xc0001142). Click ok to close the application.

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung bluescreen?
      coba via safemode apakah bisa ?

      Hapus
  29. Permisi gan mau tanya,
    Kalo tombol alt+f4 nya ga bisa menampilkan menu shutdown kenapa ya?

    BalasHapus
  30. Mas, Laptop saya Stuck ketika Ingin di restart dan di shutdown setelah saya install driver amd, apa haru di uninstall dribernya?

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin