Menggunakan Thermal Paste Yang Benar

Posted by

MyRepairSolution - 2015, Seperti yang sudah teman - teman ketahui, banyak sekali hal dan faktor yang menyebabkan laptop dan komputer kita panas sehingga mengakibatkan performa komputer dan laptop kita menjadi lag, suka mati sendiri. untuk menghindari hal tersebut kalian bisa membaca artikel Solusi Mengatasi Laptop Panas. nah, selain faktor yang ada di artikel tersebut, ada satu lagi hal yang membuat suhu komputer bisa di dinginkan dan tidak panas, yaitu dengan menggunakan Thermal CPU Paste.

Cara pakai thermal paste
bingung cara menggunakannya ?

yup, pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan kalian pengetahuan tentang Cara Menggunakan Thermal Paste / Compund Yang Benar. banyak sekali tutorial yang ada di internet tentang cara peng-aplikasian thermal paste ini tetapi ternyata banyak juga yang memberikan info yang keliru seputar thermal grease ini. bukan hanya cara menggunakannya secara benar, tetapi juga akan dijelaskan apa itu thermal paste. yuk, langsung disimak !

Apa itu Thermal Paste / Compound / Grease / Heatsink Paste ?

yup, pasti di antara kalian ada yang bertanya dan bingung, apasih Thermal Paste itu ? karena memang diantara komponen komputer lain, pasta ini jarang sekali di bahas padahal fungsinya cukup penting lho.

Thermal Paste, thermal compound, thermal grease adalah sebuah cairan kental yang memiliki sifat seperti minyak, yang berguna untuk meningkatkan konduktivitas thermal antara dua buah permukaan dengan mengisi celah-celah mikroskopis sehingga penhantaran panas akan lebih cepat.

ilustrasi cara kerja thermal paste
ilustrasi

jadi, Fungsi utama sebuah thermal paste adalah bukan untuk mendinginkan tetapi melainkan untuk mempercepat proses penghantaran panas dari processor ke heatsink sehingga processor tidak akan cepat panas.

Membedakan Thermal Compound Yang Bagus

banyak sekali jenis thermal paste yang ada di pasaran saat ini, mulai dari perbedaan harga, hingga bentuk kemasan.  perbedaan berdasarkan harga di pasaran ada yang mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 200.000. sedangkan untuk kemasan sangat beragam, mulai dari botolan, sachet, hingga yang berbentuk suntikan. jadi semakin harganya naik biasanya semakin bagus kualitasnya.

beragam macam thermal compound
berbagai macam bentuk

Cara Menggunakan Thermal Compound Yang Baik

Seperti yang sudah admin katakan di awal, bahwa banyak sekali informasi di internet yang mengajarkan cara menggunakan thermal paste ini secara keliru. nah, lalu bagaimana sebenarnya cara mengaplikasi thermal paste yang baik dan benar, kamu bisa simak berikut ini :

1. Membuka Heatsink dan fan processor dari motherboard

pertama, buka casing PC kamu, lalu copot kipas serta heatsink yang menempel pada processor. itu, namun jangan angkat processor untuk membersihkannya, dan jangan kamu sentuh bagian pin yang ada di bawah processor, karena jika kamu sentuh efeknya bisa fatal untuk komputer misalnya saja komputer menjadi lag atau lelet. atau bahkan bisa - bisa processor tidak terbaca oleh motherboard karena area ini harus benar - benar bersih.

jangan menyentuh bagian pin dari processor
jangan menyentuh bagian pin processor

2. Bersihkan sisa - sisa thermal paste yang ada di bagian depan processor
bersihkan sisa - sisa thermal paste lama yang ada di processor, bersihkan dengan menggunakan tissue yang dibasahi konsentrat alcohol. pastikan benar - benar bersih tanpa tersisa.

berihskan sisa thermal paste yang lama
bersihkan processor


3. Buka kemasan thermal paste
Buka kemasan thermal compound kamu, bagaimanapun bentuknya, 

buka kemasan thermal paste
buka kemasan thermal paste

thermal paste sachet
bentuk sachet


4. Gunakan Thermal Paste Sedikit Mungkin Tetapi Cukup
apply thermal paste tepat di tengah processor kamu, sedikit tapi jangan terlalu sedikit, banyak tapi jangan terlalu banyak. harap diperhatikan, metode menerapkan thermal paste ini banyak sekali, ada yang dengan mengoleskan keseluruh permukaan processor ada juga yang mengoleskan berbentuk huruf x. tetapi, pihak intel telah mengeluarkan statement bahwa paling tepat dengan mengoleskan seperti gambar di bawah ini.

oleskan di tengah
oleskan di tengah

tidak perlu banyak - banyak
tidak perlu banyak
dengan peletakan seperti ini maka thermal paste akan merata secara sendirinya akibat tekanan dengan heatsink processor.

5. Pasang kembali kipas dan heatsink
Pasang kembali kipas processor secara benar.

pasang kipas dan heatsink
pasang kipas dan heatsink

setelah itu kamu bisa pasang casing PC kamu seperti semula, pastikan semua kabel terpasang kembali, jangan sampai Komputer Gagal Booting karena kabel kurang kencang yah. dan proses mengganti thermal paste pun selesai.

nah sekarang kamu bisa mencoba menyalakan komputer kamu lalu lihat hasilnya, kamu bisa menggunakan aplikasi CPU-core atau CPUID Hwmonitor untuk dapat melihat suhu komputer kamu sekarang.

suhu normal 30-60 derajat
suhu turun setelah thermal paste diganti

Sumber ilmu : intel.com

Demikian lah artikel tentang Cara Mengganti Thermal CPU Paste Dengan Mudah, semoga bisa membantu kamu, jangan lupa juga untuk meninggalkan komentar atau sekedar like fanspage facebook kami yah, terimakasih telah menjadi pembaca yang baik (^_^). salam Myrepairsolution | Blog Solusi Masalah Teknologi.


Blog, Updated at: 1/23/2015

66 komentar:

  1. terima kasih gan, postingannya sangat membantu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama ya, senang bisa membantu :)

      Hapus
    2. Berapa lama di tunggu mengering thermal paste baru du pasang?

      Hapus
    3. hallo, thermal paste tidak akan mengering dalam waktu singkat mas dan memang dipasang dalam keadaan basah..
      kalau mengering bisa sampai 2 tahun tergantung pemakaian..

      Hapus
  2. gan mau nanyak ini.

    laptop saya kalau offline masih tetap panas dan tidak mati sendiri.
    Tapi, kalau Online (terkoneksi WIFI, Modem,) bentar aja panasnya luar biasa, dan tidak sampai 10 menit mati sendiri, shut down sendiri.

    Itu kenapa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau sudah sampai mati sendiri itu berarti sudah over heat, saran saya segera ganti thermal paste dan bersihkan komponennya dari debu, takutnya kalau dibiarkan akan merusak..

      Hapus
  3. wah terima kasih atas info cara penggunaanya boss =D
    btw mas mau nanya...dulu kan paste yang lama mengering ....itu berpengaruh juga kah dengan batre......si levi punya saya boros betul maka cuma buka browsing aja, maka si levi punya saya itu batre nya saya rawat sesuai dengan petunjuk di internet.
    Apakah kalo dah di ganti dgn paste baru batre nya gk terlalu boros lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sama-sama ya..
      sebenarnya tidak ada hubungan secara langsung antara paste mengerin dengan baterai kok, paste mengering hanya akan membuat suhu laptop tinggi sehingga proses yang dilakukan laptop pun akan menjadi cepat/panas. nah karena terlalu cepat/panas otomatis baterai juga akan tersedot lebih cepat.
      jadi, iya saran saya cepat ganti thermal paste yang mengering tersebut..

      Hapus
  4. gan kalau pin prosesor nya rusak,bagamaina cara memperbaikinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, wah kalau salah satu pinnya rusak / patah sudah tidak bisa diperbaiki. solusinya harus ganti dengan yang baru. soalnya pin processor sangat vital dan rapuh.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. mas biasanya rata2 setiap pc itu butuh waktu berapa lama baru ganti thermal paste?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung pemakaian, tapi rata-rata sekitar 2 tahun thermal paste bawaan pabrik pasti sudah ada yang mengering. jadi sebagiknya segera diganti..

      Hapus
  6. mantab gan infonya tentang pasta laptop,
    ini gan kalau mau servis jual beli laptop bekas https://laptopbekasjogja.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, silahkan tanyakan langsung kesini ya.. :)

      Hapus
  7. terimakasih Info nya Sangat Membantu Karena Laptop Saya Sudah 9 Tahun Belum Di ganti thermal pasta nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh laptopnya awet juga ya, coba diganti deh dan rasakan perbedaannya.. :)

      Hapus
  8. Salam bos...mau tanya kalo pasta mengering indikasi nya apa saja y..soalna pasta laptop sy dah kering bahkan habis trs laptop saya bru d hidupin selang brp menit mati bgtu strsnya dalam berpa mnt mati tiba2 apa it krna pasta mengering??terikasih bnyak bila sudi menjwabnya keluhan saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. indikasinya, suhu meningkat drastis padahal proses CPU sedang idle..
      nah, coba cek berapa suhu laptopnya pada saat nyala apakah normal atau tidak..
      tp kalau memang sudah mengering berarti memang itu penyebabnya (overheat) saran dari saya segea ganti thermal paste dengan yang baru dan sekaligus juga bersihkan fan dari debu.. :)

      Hapus
  9. Mohon pencerahan, gan..

    kalo PC restart sendiri sebelum masuk BIOS itu karen apa ya...??
    soalnya setelah ganti thermal grease malah restart sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dilihat lagi apakah setelah mengganti grease semua baut ke heatsinknya kencang ? dan semua kabel sudah terpasang?
      karena kalau restart sebelum masuk bios berarti ada masalah pada hardwarenya..

      Hapus
    2. bntu jawab. mngkin karena thermal pastanya yang murahan, pernah dlu beli yg warna abu" dipasang laptop malah restart sendiri. beli yang mahalan harga 50rban warna putih normal laptopnya seperti seda kala

      Hapus
  10. Sebenarnya berapa lama sih thermal pasta itu hrus diganti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya dalam jangka waktu 2 tahun thermal paste bawaan sudah kering dan akan lebih baik jika diganti.
      pokoknya indikasinya kalau laptop sudah terasa panas..

      Hapus
  11. makasih gan infonya. dan ane mau nanya gan kalo bersihin sisa pasta keringnya emang harus pake alkohol? atau bisa pake yg lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bisa jga hanya dengan menggunakan tissue kering.. penggunaan alkohol akan lebih bersih dan aman..

      Hapus
  12. maksih gan dan mau nanya 1x lagi rekomendasi selain alkohol ada gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain alkohol tidak ada gan, kecuali ya tidak pakai larutan sama sekali, pakai tissue saja sudah cukup tapi pastinya kurang begitu bersih..

      Hapus
  13. gan kalau thermal paste yang bagus berapabya harganya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau soal bagus dan harga sih relatif mas, masing-masing punya penilaiannya tersendiri, tpi bagi saya biasanya yang harganya 200k keatas itu udah cukup bagus..

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Gan Pake aplikasi apaan tu liat suhu CPU ?

    BalasHapus
  16. Gan, suhu temperatur normal brp kira2? kalo aku 70'C 68'C 76'C

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, normal kisaran dari 50'C - 75'C
      diatas itu sudah bisadibilang overheat..

      Hapus
  17. Min mau tanya kalo pasta oles caranya gimana ya? Di coel pake cari lalu di oles2 ke processornya gpp min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai bekas ujung kartu sim juga bisa agar tangan tidak terkena pastanya...

      Hapus
  18. gan kenapa setelah saya ganti thermal paste laptop sy, kok kipasnya berputar sangat kencang...thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, ada dua kemungkinan sih.. yg pertama karena ketika kita mengganti thermal paste kan pasti sekalian membersihkan kipas dari debu ya, jadi setelah dipasang lagi kipasnya berputar lebih cepat krna tidak ada debu yang menempel yang menggangu perputaran kipas itu.
      atau kemungkinan kedua karena tidak cukup kencang memasangnya jadi suhu malah semakin panas yang membuat kipas berputar lebih cepat..

      Hapus
  19. berputar kencangnya disaat tertentu gan..misl ketika kita nonton youtube, kipasnya itu berputar kencang lalu laptop mati..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya berarti itu overheat mas, baiknya coba cek lagi deh apa sudah kencang memasang heatsinknya..

      Hapus
  20. Mas mau nanya setelah saya ganti thermal pasta vga laptop saya jadi cepat panas ya dan laptop saya overheat,tapi procienya tidak cepat panas. baru buka browser aja vganya sudah 100derajat tapi procie masih dibawah 45 derajat. solusinya mas supaya laptop saya tidak overheat lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dicek lagi, kemungkinan pasang VGAnya kurang kencang.. ganti ulang lagi thermal pastenya, karena suhu 100 derajat sudah berbahaya..

      Hapus
  21. Gan klo saya punya laptop yang ngga bisa nyala. Tapi lampu indikator hidup sebentar lalu mati. Saya coba cek ram. Ternyata bukan. Sdh buka hardisk,dvd room dll. Tpi masih blum bisa. Jadi saya ambil kesimpulan. Mgkin mainboard atau cpu nya yang rusak. Apakah ada huhungannya dgn thermal gan. Soalnya laptop ane udah 4 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dr pertamakali dinyalakan sudah seperti itu kemungkinannya kecil, karena masalah yang berkaitan dengan thermal adalah overheat. misalkan laptop kita nyalakan beberapa jam kemudian mati sendiri dan tidak nyala2 lagi sampai laptop dingin baru itulah masalah thermalnya..

      Hapus
  22. Halo bang. Maaf bertanya nih.
    Saya baru selesai mengganti thermal pasta namun stelah saya susun lagi sesuai dengan prosedur perakitan ke semula malah laptop tidak hidup bang. Yang hidup cuma lampu powernya saja dan hanya 3 detik. Kenapa itu ya bng? Mohon infonya bng

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, coba cek lagi kabel2 dan semua pinnya apakah sudah terpasang dengan benar atau belum ?
      kalau seperti itu kemungkinan ada komponen yang belum terpasang dengan benar misalnya hdd, ram, vga..

      Hapus
  23. kalo kunci plastiknya patah gmn gan?
    patah 1 nih kaki heatsink nya :(
    jual kaki nya aja ada ga yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo, ada kok yang jual bracket plastiknya.. tapi satu set.. bisa dicari

      Hapus
  24. Postingannya membantu sekali mas, selama ini salah kalo ngasih thermal pasta sampe kebanyakan. Nemu pencerahannya disini

    Btw, kalo untuk vga kan sebelumnya thermal pad ya mas? alternatifnya apa bisa diganti thermal paste apa thermal compound ya mas? laptop kalo buat game berat esti overheat trus mati :D

    Lalu kalo boleh tau, celah heatsink sama vga rata2 berapa ya mas? kalo dikasih thermal pad apa harus sesuai celahnya ya mas? sorry banyak tanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa diganti kok thermal pad dengan thermal paste/compound asal sisa thermal padnya dibersihan terlebih dahulu.

      kalau untuk celah bisa disesuaikan dengan keinginan saja. tidak perlu terlalu tebal dan jangan terlalu tipis juga karena sifat thermal paste/compound/pad itu kan hanya menghantarkan panas

      Hapus
  25. halo gan..setelah saya ganti thermal pasta maen game kenceng tp kesendat sendat ya..mohon ilmunya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kencang tapi tersendat2 itu gimana ya maksudnya ?
      coba cek kabelnya apakah sudah terkoneksi dengan sempurna atau belum

      Hapus
  26. infonya kirim ke WA no ini ya gan ..saya jarang online 085738608754 terimakasih..

    BalasHapus
  27. Gan perbedaan thermal pasta yg suntik sama yang salep itu gmana yah ?
    Soalnya thermal pasta yg salep lebih murah dari yg suntik.
    Bagus nya pake yg mana ?

    BalasHapus
  28. gan mau nanya dong ada hubungannya ga sih kalo cpu usage idle diatas 90% sama penggantian thermal paste? soalnya pc ane belom buka program apa apa udah 90%an cpu usage.. makasih sebelomnya

    BalasHapus
  29. Gan numpang nanya, laptop ane sering overheat akibatnya sering mati sendiri, pas di cek thermal pastenya udah kering, cuma yg aneh thermal nya seperti karet nenpel di heatsing...curiga ini bukan thermal paste tapi thermal pad, ada saran gan mending ane kasih termal paste atau ane ganti thermal pad-nya...

    BalasHapus
  30. Klo vga bisa gak tuh di kasih Thermal Paste?

    BalasHapus
  31. Min saya dah ganti thermal paste tpi pas beberapa jam kemudian malah overheat lagi dan mati, setelah d cek thermal paste nya tidak mengering tpi semuanya keluar sisi dari tengah prosessor nya jdi tengah nya tidak terkena thermal paste nya padahal sudah saya ratakan,bawaan thermal paste nya asalnya warna putih klo tidak salah tpi karna saya tidak tau itu jenis apa jadi saya pakai thermal grease

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gan. Punya saya abis ganti mati sendiri. Apa mungkin kebanyakan kasih kayaknya. Yang tau tolong dijawab

      Hapus
  32. Makasih info nya sangat membantu
    Saya mau tanya gan cara atasi komputer yg lag gimana ya jadi ga bisa apa-apa tapi kursor mouse jalan

    BalasHapus
  33. gan mau nanya, laptop saya setelah ganti thermal paste kok malah jadi drop yaa fpsnya?

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin