Solusi Mengatasi Laptop dan Komputer Tidak Bisa Mengeluarkan Suara

Posted by

Komputer dan laptop kini menjadi sebuah kebutuhan bagi kita, tidak memandang apapun pekerjaan yang kita lakukan kini hampir semua berbasiskan teknologi. bukan hanya faktor pekerjaan saja tetapi juga multimedia kini menjadi topik yang sangat menarik untuk di perbincangkan. nah berbicara mengenai multimedia, multimedia ini terdiri dari Audio, dan Video, serta Animasi. siapa diantara kita yang tidak suka dengan multimedia, apalagi dengan perangkat komputer / laptop yang kita miliki, misalnya saja menonton Film kesukaan, mendengarkan musik yang sedang populer, bermain video games yang seru. namun apa jadinya jika Komputer Tidak Bisa Mengeluarkan Suara atau Speaker laptop tidak mengeluarkan suara ?

cara cerdas mengatasi driver sound yang belum terinstall
Laptop kamu tidak ada suaranya ?

nah pada pembahasan kali ini, saya ingin memberikan sebuah tips bagaimana mengatasi masalah jika komputer atau laptop kita tidak dapat mengeluarkan suara atau speaker tidak berbunyi sebagaimana mestinya. Sebenarnya untuk permasalah audio seperti ini ada beberapa hal yang menjadi faktor kenapa audio tidak berbunyi, untuk penjelasannya simak artikel dibawah ini.

Penyebab Sound Audio Tidak Mengeluarkan bunyi

Untuk dapat mengatasi masalah yang berkaitan dengan suara ini, sebelumnya kita harus mengetahui penyebab dari permasalahan ini,diantaranya :

1. Volume Speaker kosong
2. Volume Speaker dalam keadaaan mute
3. Port audio tidak terhubung
4. Port audio rusak karena lama tidak dipakai atau terkena air
5. Driver Audio Card belum terinstall
6. Driver Audio Card Conflict / tidak cocok
7. Speaker eksternal yang tidak cocok.
8.    Virus

Nah dari beberapa permasalahan diatas, tentunya akan mempermudah kita untuk mendiagnosa kira – kira bagaimanakah cara mengatasinya.

Solusi Mengatasi Audio Laptop tidak Bersuara.

Langkah pertama yang paling simple yang bisa kita lakukan adalah melakukan check volume pada speaker. Cara melakukan pengecekan yaitu klik simbol speaker di system tray yang ada di bawah kanan layar. Pastikan juga tidak dalam keadaan Mute.

Jika volume sudah di cek, sekarang saatnya melihat koneksi kabel speaker (jika menggunakan speaker eksternal) apakah kabelnya benar – benar tercolok dengan benar ataukah tidak.

Selanjutnya, jika sudah benar dipastikan tidak ada kerusakan pada speaker eksternal, hal yang mungkin terjadi adalah terjadi masalah pada driver audio / sound card komputer atau laptop. Bagaimanakah cara melakukan ceknya.

     1.Klik kanan pada my computer, lalu pilih properties lalu klik tab Hardware dan klik Device manager. Atau klik kanan my computer dan klik Manage > Device manager.

jendela device manager
jendela device manager

    2. Disini anda bisa melihat hardware yang sedang terhubung dengan komputer / laptop anda saat ini. Periksa pada bagian sound atau audio, apakah terdapat tanda warning kuning seperti ini ?

peringatan driver belum terinstall
terdapat tanda peringatan berwarna kuning


Jika ya, berarti memang Driver sound audio anda belum terinstall, namun jika tidak terdapat simbol kuning seperti tadi,  ada kemungkinan terjadi konflict hardware yang tidak cocok dengan versi driver yang anda install.  Untuk mengatasinya ikuti langkah berikut :

   A. Download Audio card versi terbaru sesuai dengan tipe merk laptop anda di website resminya masing – masing. (HP, ACER, LENOVO, ASUS, VAIO)

   B. Atau bagi yang tidak mengetahui jenis atau merknya, kita bisa mendownload secara manual driver audio card yang ingin kita cari menggunakan Device ID. Caranya klik kanan pada audio yang masih terdapat warning tadi, lalu pilih properties. Selanjutnya akan muncul jendela properti audio card seperti ini :

audio card properties device manager
properties audio card


Setelah itu, klik tab Details, lalu lihat pada device idnya. Catat pada notepad kode yang terdapat disitu.

cara mencari driver yang belum terinstall
copy device id tersebut

Khusus untuk windows 7, pada saat di tab details, pilih compatible ids seperti di bawah ini.

mencari device id untuk windows 7
untuk windows 7


Lalu buka website WWW.DEVID.INFO. Pastekan kode yang dicatat tadi di kotak pencarian website tersebut, lalu anda pilih sesuai dengan Sistem operasi yang anda pakai. Setelah itu silahkan install driver tadi.

paste kode dev id lalu klik search
tampilan website devid.info

Catatan :
Direkomendasikan untuk melakukan restart sesaat sesudah driver tadi di install.
cara ini juga berlaku untuk mencari Driver hardware lain yang belum mempunyai driver seperti VGA, atau bluetooth, atau USB atau perangkat peripheral lain seperti Ethernet. :).

Sekarang, coba nyalakan sebuah file musik atau video, kini suara pada laptop dan komputer anda sudah bisa kembali terdengar lagi. Jika terjadi bluescreen, berarti memang perangkat hardware audio anda sedang terjadi masalah, anda bisa melihat artikel Mengatasi Bluescreen pada windows.
setelah itu mungkin anda tertarik untuk membaca mengenai solusi jika laptop tidak bisa mengirim atau menerima file lewat bluetooth.

Itulah tadi Solusi mengatasi masalah Audio yang tidak berbunyi. Semoga artikel ini dapat membantu anda, jika berkenan silahkan tinggalkan komentar dan beri +1 atau like fanspage kami untuk senantiasa mendapatkan info – info terkini dan postingan menarik secara uptodate milik My repair Solution.


Blog, Updated at: 5/18/2014

51 komentar:

  1. Thanks sob untuk informasinya :)
    http://goo.gl/lwhQW2

    BalasHapus
  2. Kalaw laptop hp pavilion g4 gx mau suara vidio ny gmna bg.. law audio ny bunyi bg.. yg vidio ny yg gx brsuara bg.. apa solusi ny bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba install Klite codec pack terbaru atau VLC player terbaru. jika sudah ada hapus yang lama terlebih dahulu..

      Hapus
  3. kalau hp pavilion 20 tidak ada suara..gmana caranya. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, install driver audionya bisa dicari di website resmi HP. Cari yang sesuai dengan versi laptopnya ya

      Hapus
  4. kalo laptopku habis terkena air terus gak keluar suaranya :( gimana nih cuman kelua kalo pake headset :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau habis terkena air ada kemungkinan konslet. baiknya diperiksakan ke service center terdekat saja..

      Hapus
  5. asus x200ma driver terinstal tapi gak ada suaranya, harus pake intel display audio baru bisa kalo pakai realtek high definition gak bisa, cuma bisa pas pake headset aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba hapus driver realteknya kemudian install dengan update yang baru.. biasanya beda versi berpengaruh..

      Hapus
    2. buka device manager. => pilih sound, video and game controllers. => klik kanan realtek audio => uninstall=> stlah di un install. klik scan for hardware changes. dengan sendirinya sistem mencari driever. maka sound hidup baik di speaker maupun headset .selesai alias done

      Hapus
  6. gan klo laptop saya kadang keluar suara kadang gak keluar...
    contoh: saya nyalakan pertama suara gk keluar terus saya restart suara keluar.... itu kenapa ya gan ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa pernah mengsintall aplikasi sound enhancer? atau driver audio card yang double ?
      coba hapus audio driver kemudian install dengan driver yang lebih update..

      Hapus
  7. Gan ko speaker ane gak ada suaranya ya, padahal device manager aman" saja
    tapi kadang keluar suara cman trututtrut kalo di nyalain musik tuh
    tes pake headset sama aja gak keluar. solusinya gmna gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. drivernya coba dihapus dulu kemudian install dengan yang versi paling terupdate.. biasanya itu karena driver yang tidak compatible..

      Hapus
  8. Komputer saya tersambar petir, port audio-nya doank gak fungsi. Biasanya pakai headset nyala, ini nggak. :( Gimana ya penanganannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, segera service mas.
      rusak akibat tersambar petir lama-lama bisa menyebar kerusakannya.

      Hapus
  9. HP 430 ane tiba2 ga ada suara trus ane coba nyetel video, video nya ga jalan gan berenti di 00:00 itu kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, sepertinya ada masalah antara driver audio atau codecnya.. coba install VLC Player terupdate dan cek status driver audionya mas..

      Hapus
  10. saya coba play musik lewat hp pake bluetooth ke laptop, ada dialog box menunjukan musik sedang berjalan tapi tidak keluar suara, ada solusi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. playernya menggunakan apa?
      biasanya itu cuma karena sinkronisasi yang belum tepat aja.. pastikan playernya juga support bluetooth music ya..

      Hapus
  11. Apaanya yang diinstal kok nggak ada petunjuk jelasnya,,,,

    BalasHapus
  12. laptop saya asus X453M, tiba-tiba kalau buat nonton video sma musik tidak keluar suaranya, trus restart sndiri nanti muncul suara lalu ilang lagi. Padahal dr awal beli aman aman saja.
    mohon solusinya..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, biasanya ada driver audio yang conflict atau tidak cocok. coba install driver dengan update terbarunya.. dan coba uninstall codec seperti klite media player dan ganti menggunakan VLC player

      Hapus
  13. Asslamualaikum.. laptop saya ada masalah sound speakernya ada pada mulanya,tapi selepas 5-10 minit soundnya hilang terus.. jika pkai headset soundnya okay sahaja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam, sudah coba update driver audionya mas?
      kalau misal pakai headset baik2 saja kemungkinan speakernya konslet. tapi coba update driver audionya terlebih dahulu..

      Hapus
  14. Saya mahu tanya bagaimana kalau laptop saya speaker nya bunyi nya nyit2 lepas itu salah satu speaker nya enggak berfungsi tiba2...ada cara atur nya enggak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, biasanya berbunyi seperti itu karena ada komponen hardware yang bermasalah.. coba periksakan ke service center saja agar masalahnya bisa diketahui lebih lanjut..

      Hapus
  15. Laptop saya conect dengan speaker bluetooth buat mainkan musik bs tp saat main game ga ada suaranya gmn solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di cek di options gamenya terkadang game secara otomatis memilih audio built in dibanding dengan speakernya.. atau bisa juga diatur audio bluetoothnya sebagai default di pengaturan audio di control panel..

      Hapus
  16. Laptop saya suara bermasalah.. Awalnya waktu melepas colokan speaker ekternal dari laptop tibaa suara dari laptop keceng banget.. Habis itu enga ada lagi suara dari laptop.. Ane check pake headset biasa ada suaranya tapi kecil bangettt padahal volumennya udah maximal semua (player & volume laptop). Kira-kira kenapa yah?? Apakah waktu nyabut colokan ada konslet atau bagaimana?? terus solusinya di apaain nih laptop biar menggeluarkan suara lagi.. Makasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, bisa jadi juga terjadi konslet..
      karena suara terlalu kencang juga bisa mengakibatkan speaker bawaan menjadi pecah.
      saran saya coba hapus driver audio lalu install lagi..

      Hapus
    2. Terima kasih responnya Mas..
      Kalo pecah berarti sudah tidak bisa pake lagi yah??

      Kemarin ane coba pake HDMI suara masih bagus baguss aja..

      Atau coba di uninstall dulu aja yah driver audionya??

      Hapus
    3. kalau pecah ya akan pecah terus suaranya..
      tapi coba dulu saja uninstall drivernya

      Hapus
    4. Owhh.. Maksudnya suara pecah..

      Ini enga ada suaranya sama sekali dari speaker laptop..
      Ane udah uninstall lalu install lagi masih tetap enga keluar suaranya mungkin emang rusak speaker laptopnya..

      Pas make HDMI (masih bagus) sama earphone ( suara kecil mungkin earphonenya yang jelek hehee)..

      Ok deh Gan.. makasih ata pencerahhannya.. Salam

      Hapus
  17. Kalau laptop hp suaranya keluar terus di colokin jack/headshet keluar suaranya malah di laptop bukan di headshet harus digimanain ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba atur output audionya di control panel audio.
      disana bisa diset kok

      Hapus
  18. Pas sdh di atur suaranya kembali tpi pas di matiin terus dinyalain kembali suaranya hilabg lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. atur audio driver defaultnya deh di control panel > audio.
      biasanya kalau seperti itu artinya tidak tersimpan driver defaultnya

      Hapus
  19. asus x450l kalau music dan video suaranya ada, tapi pas main game suaranya 100% nga ada gan. gmn solusinya apa yg harus sy lakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek driver audionya, biasanya itu karena ada conflict dengan drivernya..

      Hapus
  20. gan kalo di directX di sound tulisannya n/a itu gimana?ato hardware nya rusak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak rusak kok, itu karena biasanya tidak ada driver yang dikenali oleh directx, biasanya soundcardnya onboard motherboard

      Hapus
  21. Kalau awal booting nyala om, tapi misal udah nnton skitar 10 detik ilang, trus misal keluar dr film itu buka kg muncul lg dan mati lg, jika dengan external kaya soundsystem atau headset aman aja, apa ya masalahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dilihat dari kasusnya sepertinya bagian internal speakernya yang rusak. coba dulu update audio drivernya deh

      Hapus
  22. Bagaimana mengatasi tidak boleh merakam audio dalam laptop os win 7

    BalasHapus
  23. Saya sudah periksa dan tidak ada masalah. Saat memutar video dan musik suaranya keluar. Hanya ketika notifikasi muncul seperti terjadi kesalahan, notifikasi baterai lemah saja yang tidak berbunyi. Saat mau mengatur volume naik atau turun juga tidak berbunyi. Kira-kira masalahnya apa yah?

    BalasHapus
  24. Komputer saya tdak ada suara sama sekli kk, itu knapakah... ? Apkah hrus pkai speaker lg?

    BalasHapus
  25. kak,kenapa ya laptop saya tidak bersuara, tetapi kalau pake earphone dan speaker aktif suaranya ada.
    Perkenalkan kak saya mirnawati dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  26. baca ini juga ya https://bangamingadget.com/mencegah-kerusakan-speaker-laptop/ untuk nambah referensi

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin