Solusi Mengakses Safe Mode Tanpa F8 ( Windows 7 & 8 )

Posted by

Bagi para pengguna sistem operasi Microsoft Windows 7 dan 8 pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya safe mode. Fitur ini disediakan oleh microsoft untuk digunakan jika terjadi kerusakan atau kegagalan pada sistem sehingga dengan menggunakan safe mode ini kita dapat menjalankan komputer kita dengan fitur yang seminimal mungkin jadi kita bisa mendiagnosa kerusakan pada komputer atau laptop kita. biasanya setelah komputer terkena BSOD ( Blue Screen of the dead ).


Cara mengakses fitur safe mode di windows
judul


biasanya cara yang paling umum untuk bisa dapat mengakses Safe Mode adalah dengan menekan tombol F8 pada saat booting setelah proses POST berlangsung. namun bagaimanakah jika kita tidak dapat mengakses safe mode dengan menggunakan tombol F8 ? ini bisa saja terjadi karena adanya virus atau keyboard yang mengalami kerusakan sehingga Tidak dapat masuk Windows safe mode. tapi tenang saja, karena ada cara lain yang bisa kita lakukan pada windows 7 dan 8 untuk bisa dapat masuk ke safe mode.

Cara pertama ( windows 7 )

untuk pengguna windows 7 apapun ( home, basic, premium, profesional, ultimate ) jika tidak bisa mengakses windows safe mode dengan tombol f8. ada cara yang cukup mudah yang bisa kalian lakukan. tahap pertama adalah klik START lalu pilih RUN. atau tekan logo windows + R pada keyboard anda. maka akan muncul kotak dialog run, lalu ketikkan "msconfig" dan tekan tombol Enter.

ketik msconfig pada kotak run
run dialog
Setelah itu akan muncul jendela System configuration, lalu pilih tab boot dan lihat, disana ada tulisan "safe boot" dalam keadaan belum di centang. disini anda juga bisa melihat urutan boot jika anda mempunyai dua OS akan ada daftarnya disini.

tampilan antar muka system configuration atau msconfig tab boot
tampilan system configuration | msconfig
sekarang silahkan anda checklist dan aktifkan safe boot pada "boot options" seperti pada gambar dibawah ini.

beri tanda centang pada pilihan safe boot
aktifkan safe boot
pilh minimal, yang dimaksud minimal ini adalah safe mode yang sama seperti pada saat anda melakukan safe mode dengan tombol f8. namun safe mode bisa diakses tanpa melakukan hal tersebut ( tekan f8 ). sekarang klik OK. maka akan muncul jendela peringatan, anda klik "Restart". maka komputer anda akan restart dan langsung masuk ke safe mode.

cara akses safe mode tanpa f8
pilih restart

jika sudah selesai menggunakan safe mode, jangan lupa untuk mengembalikan settingan seperti semula atau hilangkan centang "safe boot" pada system config diatas.

Cara pertama ( windows 8 & 8.1 )

untuk para pengguna windows 8 / 8.1, cara yang dapat dilakukan untuk mengakses safe mode tanpa f8 ada beberapa, yang pertama yaitu sama seperti cara untuk windows 7 diatas ( melalui msconfig ). namun ada lagi cara yang dapat di lakukan. ikuti langkah - langkahnya sebagai berikut :

Tekan tombol power pada windows login screen atau pada menu setting charm, dan tekan sambil tahan tombol Shift pada keyboard kemudian klik restart (shift + klik restart ).

tahan shift sambil klik restart
tahan shift sambil klik restart
akan muncul beberapa pilihan, dan silahkan pilih menu troubleshoot seperti pada gambar di bawah ini.

klik troubleshoot
pilih troubleshoot

lalu muncul lagi menu pilihan, sekarang pilih menu advanced Options. seperti ini :

akses safe mode di windows 8
pilih advanced options
disini sekarang anda pilih Startup settings..

pastikan pilih startup untuk akses safe mode
pilih startip settings


setelah ini muncul lagi jendela baru, Startup Settings. disini akan ada pilihan safe mode.

daftar pengaturan startup
klik restart

disini kita akan diberitahu hal yang akan komputer atau laptop lakukan pada saat nanti restart, salah satunya adalah safe mode. sekarang klik Restart.

tekan F4 untuk safe mode
pilih Enable Safe Mode
disini kita di berikan beberapa pilihan yang bisa kita lakukan. untuk mengakses safe mode, anda bisa tekan tombol F4 pada keyboard, dan komputer akan restart langsung menuju ke safe mode.


Cara kedua ( Windows 7 & 8/8.1 )

Jika mengunakan msconfig tetap tidak membuahkan hasil, langkah yang bisa dilakukan untuk mengakses safe mode tanpa f8 adalah sebagai berikut :

Advanced Startup Options (Windows 8) :
lihat langkah di atas, setelah klik Troubleshoot, anda pilih menu Advanced options dan pilih Command Prompt.

System Recovery Options (Windows 7/Vista):
buka command prompt dengan klik start > run > ketik "CMD" enter.

setelah jendela Command Prompt terbuka, silahkan anda ketik kata di bawah ini, dan ingat Harus sama persis !

Safe Mode ketik ini:
bcdedit /set {default} safeboot minimal

maka jika berhasil akan ada respon berupa pesan yang bertuliskan "The operation completed successfully". namun jika respon yang diberikan "The parameter is incorrect", atau "The set command specified is not valid", atau "...is not recognized as an internal or external command...", coba cek lagi tulisannya, pastikan sudah benar spasi dan semua karakternya.

sekarang tutup jendela command promptnya,  jika di windows 8 pilih Continue, di windows 7 silahkan restart komputer anda. komputer akan langsung menuju ke safe mode.

CATATAN :

Windows akan terus menuju ke safe mode selama perintah tadi tidak diganti, jadi ketika anda sudah tidak menggunakan safe mode lagi, silahkan rubah command atau perintah untuk mengembalikkannya seperti semula, atau anda akan mengalami Safe mode loop . cara mengembalikkany adalah sebagai berikut :

di dalam safe mode, buka kembali command prompt ( lihat caranya diatas ) lalu ketikkan perintah ini :

bcdedit /deletevalue {default} safeboot
lalu pastikan perintahnya sukses dan silahkan restart, seharusnya komputer anda sudah bia diakses seperti sedia kala lagi.

Demikianlah Cara mengakses Safe Mode tanpa menggunakan F8, berlaku untuk Windows 7 dan 8. anda juga bisa melihat artikel Solusi mengatsi bootloader error di windows 7. semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar atau beri +1 dan like fanspage kami :)
salam Solusi Masalah Komputer. :)


Blog, Updated at: 3/26/2014

19 komentar:

  1. Balasan
    1. ya, sama - sama ya..
      terimakasih kunjungannya.. :)

      Hapus
  2. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi http://sidoarjorental.blogspot.co.id

    BalasHapus
  3. Karna gak bisa masuk win makanya masuk via safe mode....gak bisa masuk safe mode kok di suruh klik start....gak jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho, lihat judulnya dulu mas..
      akses safe mode tanpa tekan tombol f8 yang artinya ini salah satu alternatif untuk masuk ke safe mode jika tombol keyboard tidak bisa menekan f8 namun masih bisa masuk windows seperti biasa..

      Hapus
  4. hallo, sudah pasti masuk menggunakan account administrator kah ?

    BalasHapus
  5. Windowsnya cmn 1 user yaitu administrator dan yang di lupa password administrator nya jd pas masuk safe mode kaga bisa juga karena user administrator juga yg bakal muncul.. Mohon bantuannya gan gmn cara perbaiki laptopnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, wah agak sulit, coba gunakan fitur repair dengan memasukan CD installasi windowsnya..

      Hapus
  6. gan laptop saya lenovo gagal booting... pas di tekan power cuman muncul lenovo sampai berjam-jam mohon solusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau begitu sepertinya sebaiknya lakukan install ulang karena laptopnya tidak lagi bisa membaca booting sect dr harddrivenya

      Hapus
  7. Mas, tolongin saya. Laptop saya begitu dinyalain kedip2. Safe mode hilang, F8 dan tekan tombol windows run tdk bisa. Sebelumnya saya salah disabled semua service di msconfig. Gimana ya, apa msh bisa diperbaiki? Apa laptop saya kena virus? Terimakasih.

    BalasHapus
  8. Dengan cara tekan f8 atau dengan yang anda sarankan, saya masih belum bisa masuk ke safe mode. Ada solusi lain?
    Kondisi laptop saya black screen total. Model laptop saya DELL INSPIRON windows 7

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... inspiron saya juga baru sore tadi mengalami hal yang sama

      Hapus
  9. selain solusi install ulang apa kak? soalnya baru di install ulang beberpaa bulan yg lalu.. dan ada notif "critical service failed"

    BalasHapus
  10. Untuk beberapa kasus tertentu, safe mode memang sangat mempermudah trouble.

    BalasHapus
  11. gan mohon pencerahan saat masuk mode troubleshoot > advanced option >startup setting klik restart kemudian itu gk bisa di klik semua tombol f1-9 yg tertera baik enter juga gk bisa kecuali esc mohon pencerahan

    BalasHapus
  12. Bagaimana caranya membuka Safe Mode Windows10 aku teka f8 tdk mau muncul

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin