Solusi Memperbaiki Ekstensi .exe Tidak Bisa Dibuka

Posted by

Pada sistim operasi besutan microsoft, yakni keluarga Windows sebuah program atau aplikasi dapat dijalankan dalam bentuk yang berbeda - beda tergantung ekstensi file tersebut. misal saja untuk file musik file ekstensi yang digunakan adalah .mp3 .wav. sedangkan untuk file program aplikasi dapat berekstensi .exe. Tapi waspadalah karena beberapa virus atau malware dapat mengakibatkan kerusakan yang cukup fatal, yaitu membuat file ber-ekstensi .exe tidak dapat dibuka atau membuat file ber-ekstensi .exe tersebut membuka aplikasi lain. semisal notepad  atau winamp.


solusi memperbaiki file .exe | .lnk yang error
solusi memperbaiki ekstensi .exe dan .lnk

Tentu saja hal ini akan membuat kita kesulitan menjalankan dan menggunakan komputer atau laptop kita, karena kita tidak dapat membuka aplikasi .exe., biasanya orang yang sudah panik dan tidak tahu cara memperbaiki hal tersebut akan segera melakukan install ulang namun hal ini tentu saja akan mengakibatkan data yang kita punya hilang. tapi jangan khawatir, berdasar pada kasus diatas saya akan memberitahu bagaimana cara memperbaiki file ekstensi ( .exe ) untuk sistim operasi Windows 7. 

Ciri - Ciri Kerusakan

ciri - ciri yang bisa diamati ketika terjadi error pada file ekstensi .exe adalah ketika kita membuka sebuah aplikasi tiba - tiba muncul kotak dialog seperti ini :

windows cannot open this file
windows cannot open this file
ini mengindikasikan bahwa program yang mempunyai ekstensi .exe tidak bisa dibuka dan komputer menyuruh kita untuk memilih membukanya dengan menggunakan aplikasi tertentu, padahal ini adalah program utama.

atau mungkin bisa juga terjadi karena kesalahan user itu sendiri, dimana tidak sengaja mengubah atau menentukan  file .exe dibuka dengan menggunakan program tertentu, 

memperbaiki file .exe dan .lnk
pemilihan program berekstensi .exe
hal ini akan berakibat semua file yang berekstensi .exe akan dibuka hanya oleh satu aplikasi saja.

Cara Memperbaiki .exe yang Hilang


cara memperbaiki hal ini adalah dengan mengubah registry dan mengembalikan perintah tertentu seperti semula. tapi tenang saja, anda tidak perlu mengutak - atik registry tersebut, anda bisa dapat langsung mendapatkan file .reg yang telah dibuat ini.

  • Dapatkan file EXE Fix Disini.
cara menggunakannya cukup mudah, extract file ExeFix yang telah di dapatkan tadi.jika file winrar anda error anda bisa melakukan extract di komputer atau laptop lain.
Cara memperbaiki .exe tidak bisa dibuka
pilih Merge

setelah itu anda akan mendapatkan file EXE_Fix_TWC.reg. klik kanan lalu pilih Merge. jika muncul kotak dialog permission, klik OK maka akan muncul dialog untuk meyakinkan kita. 
cara mengembalikan file .exe
registry editor ask
klik saja YES, dan lakukan restart pada komputer atau laptop anda. maka file .exe pun akan kembali berfungsi seperti sedia kala.

CATATAN :

untuk kasus file ekstensi .lnk yang hilang, anda bisa menggunakan registry LNK Fix yang bisa di dapatkan disini. cara penggunaanya pun sama seperti cara memperbaiki file .exe diatas tadi.

Jika setelah melakukan perbaikan diatas tiba - tiba icon aplikasi yang ada di komputer atau lapop anda berubah, anda bisa melakukan icon cache rebuild dengan menggunakan Icon Cache Rebuilder.

Demikianlah tutorial Cara Memperbaiki ekstensi .exe yang tidak bisa dibuka, semoga bermanfaat bagi kalian. jika kalian mempunyai masalah terhadap virus sality, kalian bisa membaca artikel Solusi menghilangkan Virus Sality dengan mudah.


Blog, Updated at: 3/23/2014

79 komentar:

  1. Makasi gan tips nya bermanfaat sekali ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kunjungannya ya, semoga bermanfaat.. :)

      Hapus
  2. dulu saya pernah ngalamin kang.... Tapi karena khawatir dan memang gak tahu ada cara kaya gini, jadi aja langsung instal ulang.

    BalasHapus
  3. dulu saya pernah ngalamin kang.... Tapi karena khawatir dan memang gak tahu ada cara kaya gini, jadi aja langsung instal ulang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah sayang sekali ya.. padahal sebenarnya bisa di atasi..

      Hapus
  4. mas.. SAYA GASENGAJA UNINSTALL DI CONTROL PANEL YANG TULISANNYA "WONDOW (blablabla)" ITUKAN ARTINYA PROGRAM WINDOWS, NAH SAYA SETIAP BUKA FILE .RAR ATAUPUN .ZIP TIDAK MAU TERBUKA TIBA TIBA HILANG GITU, SOLUSINYA GIMANA YA? tolong send jawabannya klo bisa bantu. maaciw ya atas info ini sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo !
      coba sebelum terlambat, gunakan fitur system recovery.. ada di Start > accesories > system > system recovery.. pilih tanggal sebelum terjadi uninstall..
      jika tidak bisa, coba install winrar yang baru..

      Hapus
  5. Gan, terus gimana kalo keluar kayak gini "Cannot import data c\...... Not data has succsecfully written to registry. Some keys are open by the system or the other procces"
    kalau keluarnya gitu gimana, gan?
    tolong dijawab , terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, coba lakukan restart terlebih dahulu.. dan pastikan run as admin ya... :)

      Hapus
    2. sudah tapi tetep gk bisa
      masalahnya itu berawal dari saya scan antivirus dengan smadav lalu muncul banyak aplikasi yang berekstensi ".exe" misal cmd.exe yang bertuliskan "the application was unable to start correctly (0x0000142). Click OK to close the application" lalu saya coba untuk restart dan melakukan scan dengan smadav tapi malah smadav saya yang bermasalah dan juga semua aplikasi misalnya opera mini setelah saya membukanya beberapa menit muncul kontak dialog yang berisi rujukan agar saya menghentikan aplikasi itu. juga aplikasi lain misalnnya notepad, itu saat diklik malah tidak bisa terbuka dan hanya mouse saja yang berbentuk bulat (memproses) lalu biasa saja
      nah itu dia masalah saya tolong dibantuannya gan saya gk bisa main game gara2 masalah ini
      tolong dijawab, trims

      Hapus
    3. hallo, sepertinya itu bukan ekstensi ".exe" asli, tetapi virus yang menyerupai ekstensi file tersebut.. memang sekali di klik hasilnya akan merembet kesemua aplikasi yang berekstensi .exe..
      ada dua kemungkinan, karena virus sality atau hidden shortcut..
      coba yang pertama basmi virus sality menggunakan cara yang ada disini : http://myrepairsolution.blogspot.com/2014/02/solusi-menghilangkan-virus-sality-w32.html#axzz3Zw8pDTr7,

      jika tetap tidak bisa, coba gunakan fitur system recovery/restore kembali ke tanggal sebelum terjadinya masalah itu..

      semoga membantu :)

      Hapus
  6. Gan bagi yang belum bisa cara yang diatas, coba code ini.
    1.buka windows cmd dengan cara (tekan "shift+klik kanan di desktop")
    2.klik "open command windows here"
    3.masukkan code "assoc.exe=exefile" tanpa tanda kutip]

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas Digo atas sarannya, ijin untuk di taruh di bagian postingan yah..

      Hapus
    2. Tapi kak, CMD nya juga gak bisa dibuka... Semua aplikasi yang formaatnya EXE itu gak bisa kebuka.. malah kebukanya moila, terus disurung nge--safe apalah itu..

      Hapus
    3. Hallo @fania -mufti

      download file registrinya saja, itu filenya bentuk .reg bukan .exe jadi pasti bisa kok.. :)

      Hapus
  7. gan kan saya marge terus saya klik run pas klik run ada tulisan kayak gini " Registry editing has been disabled by your administrator " tolong jawab gan plissssssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah login sebagai administrator ?
      coba tekan ctrl+r, ketik gpedit, cari User Configuration – Administrative Templates – System., lalu cari Prevent access to registry editing tools, double klik, lalu ganti menjadi "not configured" dan save.

      semoga membantu.. :)

      Hapus
    2. Msh blm bs juga. Apa virusnya sdh tau trik ini?

      Hapus
    3. hallo, coba jalankan via safemode mas. caranya pada saat booting tekan tombol f8 dan pilih safemode mas..

      Hapus
  8. Saya memiliki kasus, apabila saya double klik pada file ekstensi .exe, maka file exe akan hilang. apa kasus tersebut sama dengan kasus ini? saya ud coba pakai cara mas satrio, tapi gk ngefek apa2. mohon bantuannya.

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, sepertinya kasusnya berbeda.. kalau ini cara jika double klik pada file .exe yang keluar program tertentu.. kalau menghilang sepertinya itu akibat terkena malware atau virus.. sudah di scan ?

      Hapus
  9. hallo mas
    mau tanya kalo masalahnya kejadian di windows xp gimana ya? mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dengan cara diatas, beberapa ada yang mencoba dan bisa.. kalau tidak bisa coba search "Exe fix for XP"

      Hapus
  10. Gan, aplikasi exe fix nya juga gabisa dibuka itu gimana ya caranya ?(tulisannya juga open with...)

    BalasHapus
    Balasan
    1. exe fixnya bentuknya file registry kalau seperti itu kasusnya coba jalankan di safe mode atau lewat CMD..

      Hapus
  11. malam, gan.
    mau tanya nih, kenapa mymc.gui.exe saya gak bisa kebuka.
    selalau ada muncul MSCVR71.dll is missing in ......
    meskipun saya sudah instal MSCVR71 dan sudah saya copy di windows system32 tetap muncul teks tsb.
    mohon penjelasan dan solusi nya, gan.
    makasih sebelumnya and succes selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, coba cari tau terlebih dahulu mtmc.gui itu proses untuk aplikasi apa. file .dll terkadang juga perlu di copy di direktori appsnya bukan hanya di system32 saja.

      Hapus
  12. trims,skrg ini file terserang file exe tpi tidak dapat dibuka tulisannya hanya application memuat 256 KB sya bingung tolong dibantu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, coba bersihkan dulu dengan antivirus yang sudah update ya, karena biasanya kalau file .exe berubah size menjadi sama misal 256kb semua itu akibat virus mas..

      Hapus
  13. Bang ada kontak yang bisa di hubungi dengan cepat gak? sepertinya saya butuh bantuan abang kali ini buat repair file exe,tolong perhatiannya bang terimakasih :(

    BalasHapus
  14. Kenapa kosong file exe fix nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok, downloadnya melalui perangkat yang berbeda ya. jangan menggunakan komputer/laptop yang sedang error exenya..

      Hapus
  15. Bisa minta pin gak min? Saya juga bingung pas registry editor ada tulisan "not all data was successfully written to the registry. Some keys are open by the system or other"

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah coba run as admin belum ?

      Hapus
    2. hallo, coba jalankan via safemode mas. caranya pada saat booting tekan tombol f8 dan pilih safemode mas..

      Hapus
  16. Linknya mati gan, aktifkan dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. linknya sudah di test per 5 desember 2016 masih aktif kok. Untuk dapat download di 4shared harap untuk registrasi terlebih dahulu disana..

      Hapus
  17. tolong mastah, sy habis install game red alert 2, tapi pas diklik ra2.exe nya gak ada respon sama sekali (dirun as jg sama), padahal klo aplikasi/game lain sekali diklik langsung bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dipatch belum?
      cek juga antivirusnya.. atau bisa juga spesifikasi OSnya tidak cocok mas..

      Hapus
  18. Saya punya Game tetapi setiap kali dibuka tidak ada perubahan sama sekali, seperti tidak merespon

    BalasHapus
  19. Aplikasi di laptop saya satu per satu nggak bisa dibuka. Di cek di task manager sempat jalan, tapi habis itu hilang. Setelah di cek di troubleshooting compability, problem nya Incompability Application. Sudah diubah ke semua mode windows tetep nggak mau jalan. Sudah di scan tdk ada virus. Sudah install ulang, tetep aja nggak berubah. Ada solusi kah..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau boleh tau aplikasi apa ya?
      mungkin memang ada ketidakcocokan versi OSNya atau perlu install semacam .NET framework untuk bisa berjalan..

      Hapus
    2. Aplikasi spt Chrome, WinRar, GOM player, dll dan itu unistaller nya nggak bisa jalan. Os saya Win 7 Ultimate SP1. Net Framework sudah saya update terbaru. Microsoft Visual sudah update, Java sudah update... Ada solusi kah..?

      Hapus
    3. kemungkinan terinfeksi malware deh, coba tes scan menggunakan Malwarebytes anti malware..
      atau coba kirim screenshootnya lalu send ke fanspage facebook saja ya..

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Gan,sy mau buka aplikasi berupa game.
    Pas di klik ada loading di samping kursornya.
    Setelah selesai aplikasi tersebut tidak mau terbuka tanpa meninggalkan kalimat-kalimat (seperti error atau open with).
    Kalo seperti itu gimana ya.??....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, kalau untuk game biasanya itu karena belum di crack.. coba perhatikan instruksi installasinya yaa

      Hapus
    2. mas saya sma kyk gitu , uda sya instal ulang ttp gak bisa

      Hapus
  22. bang kalo Aplikasi kaya game gk bsa dibuka gimana yg bawaan?

    BalasHapus
  23. mas, sy mw buka file helper pmp. exe tp yg kluar mlh spt ini :
    Run time error'214746 (80004005)':
    [microsoft][ODBC Driver Manager] Data source name not found and no defaultdriver specified tolong solusinya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo itu error di ODBC database drivernya, tidak ditemukan, coba dicek lagi apakah sudah sesuai atau belum..

      Hapus
    2. Bang tolong bantu saya bang 😥
      Saya dlm masalah sepeeti itu juga.. apa yg harus saya lakukan?

      Hapus
    3. Bang tolong bantu saya bang 😥
      Saya dlm masalah sepeeti itu juga.. apa yg harus saya lakukan?

      Hapus
  24. Bisa minta nomor w.a / line bang, mau nanya nanya ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kirim disini saja pertanyaannya nanti dijawab kok :)

      Hapus
  25. Selamat malam gan, saya punya aplikasi namanya driver pack, tapi kog tiap saya buka karena mau instal driver jd ndak bisa ya gan? Ndak tampil apa2, mohon solusinya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, tidak tampil apa2 maksudnya gimana ya gan ?
      mungkin bisa diperjelas lagi masalahnya

      Hapus
  26. gan saya di game satu hari bisa buka game nya tapi besoknya dia gak ad respon waktu di buka, gak ad pringatan2 lainya ,
    gimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dicoba copy ulang cracknya karena biasanya cracknya sudah hilang dirazia antivirus

      Hapus
  27. Mas, kalau file minergate.exe hilng bisa pake cara ini juga gak? tulisannya "windows cannot find ". make sure window type the name correctly, and then try again

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk file aplikasi tertentu tidak bisa, karena cara ini hanya untuk mengembalikan fungsi .exe seperti semula saja

      Hapus
  28. mas, kalau file minergate.exe hilng bisa pake cara ini juga gak? tulisannya "windows cannot find minergate.exe". make sure window type the name correctly, and then try again

    BalasHapus
  29. Mas minta wa penting ini soalnya ini wa saya 085701628505

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, bila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar disini saja yaa

      Hapus
  30. Saya baru install game, setelah saya doubdo klik, kursor nya berubah sbntar tp ga trbuka game nya. Saya cek d task mmanager, pop up nya micul sktar 4 detik trus hilang lg. Itu gmna gan?
    Windows 10 64bit

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan gamenya belum compatible dengan komputernya gan.
      bisa di cek lagi speknya

      Hapus
    2. Gan saya mau nanya ini saya baru mendownload game pas di ekstrak semua itu file setup.exe nya kok hilang sendiri pas mau di ekstrak??
      smoga di jawab!!

      Hapus
  31. boleh tanya knp cannot import bla bla bla NOT ALL DATA WAS SUCCESSFULLY WRITEN TO THE REGISTRY SOME KEYS ARE BY OPEN BY THE SYSTEM OR OTHER PROCESSES

    BalasHapus
  32. Mas mohon jawab secepatnya. Nih kan awalnya gada masalah. Tiba2 saya buka aplikasi kok ga muncul2 programnya. Lalu iseng saya search google. Ada yg nyaranin pake regedit yg ngubah nilai jadi "%1"%* gitu kan. Entah salah di spasi atau gimana. Begitu saya restart semua aplikasi minta open with. Dan bingung awalnya lgsung saya pilih firefox. Eh bgeitu saya restart semua aplikasi malah jd firefox, sampek cmd dan regeditnya juga klo di klik ke firefox. Udah coba pake yg diatas. Malah yg ada kembali ke permintaan awal minta open with lagi. Acem mana itu bg.

    BalasHapus
  33. C:/Users/huda/Downloads/WallpaperEngine(1).7zPaint cannot read this file.This is not valid bitmap file, or its format is not currently supported.
    gimana sarannya kak/bang cara mengatasinya terimakasih

    BalasHapus
  34. Udh sy instal ulang tp kasusnya msh sya banv tdk bs....terbca spert awal

    BalasHapus
  35. Gan saya mau nanya ini saya baru mendownload game pas di ekstrak semua itu file setup.exe nya kok hilang sendiri pas mau di ekstrak??
    smoga di jawab!!
    Jadinya gabisa install gamee, Mohon solusinya

    BalasHapus
  36. Gan saya mau nanya,pas download game ber file Rar, dan saya langsung ekstrak file nya.Setelah selesai ekstrak saya langsung main game yg berformat exe tapi setelah saya selesai main dan saya shutdown laptopnya dan saya buka lagi game yg berformat exe nya malah menghilang cuma tinggal data gamenya doang. Jadi nya harus ekstrak lagi tapi setelah ekstrak game yg berformat exe nya malah tidak muncul juga
    Semoga dijawab

    BalasHapus
  37. gan kok saya pas buka linknya di situ tertulis "link ini tidak berlaku" mohon di perbaiki ya!

    BalasHapus
  38. Bang. Kalo saya, ada beberapa software yang di buka klik 2x / run Admin tidak terjadi apa apa, tidak terbuka dan juga tidak ada info software rusak, corrupt, error dll. Termasuk Smadav begitu. Solusi tolong bang🙏🏻

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin