Solusi mengatasi virus Shortcut

Posted by

Flashdisk terkena virus Shortcut, data asli menghilang ? jangan khawatir, pada artikel kali ini saya akan membagikan bagaimana cara mengatasi masalah jika terkena virus shortcut. Virus shortcut merupakan virus yang menginjeksi flashdisk dengan meng-hidden file serta program yang ada di dalamnya dan membuat replika file atau folder tersebut sehingga kita tertipu dan akhirnya mengeksekusi virus tersebut. hal ini cukup merepotkan ketika virus semacam ini menyebar, tentu saja bukan hanya kita yang terkena dampaknya tetapi teman kita pun akan ikut terkena dampat ketika mencolokan flashdisk di komputer atau laptop kita.

yang pertama kita lakukan adalah melihat apakah file atau folder asli kita ada dan tidak hilang, caranya :
1.  buka my computer atau windows explorer, klik menu view -> folder option.


2.  lalu pilih tab view, di dalam kotak advanced setting ubah tanda centang menjadi Show hidden files, folders, and drives. lalu hilangkan centang hide extension for known file types (untuk melihat apakah vius mengganti ekstensi file atau tidak), hide protected operating system files (recommended). jika terdapat kotak dialog, klik yes saja. lalu klik apply atau OK.

3.  sekarang coba lihat file yang ada di flashdisk anda, apakah terdapat folder serta file asli anda ? dan pastikan ekstensi file (.doc, .exe, dll)  tersebut benar dan tidak berubah. jika ada, selamat data dalam flashdisk anda aman :).

tapi virus masih belum hilang karena prosesnya memang belum selesai. Untuk menghilangkan virus tersebut dan membuat folder atau file kita kembali normat, ikuti langkah - langkah berikut :

1.   Klik Start lalu klik RUN atau tekan tombol windows + R, maka akan muncul kotak dialog Run.


2.   selanjutnya, ketik cmd dan tekan enter, maka akan muncul jendela CMD atau Command Prompt berwarna hitam. lalu ketik drive flashdisk anda, misalnya drive E: ( untuk melihatnya, buka windows eksplorer). maka ketik E: lalu tekan enter.


3.   sekarang untuk membuat file dan folder anda menjad normal, ketik attrib  -s -r -h /s /d dan tekan enter.



sekarang lihat hasilnya kembali di flashdisk anda, semua sudah normal dan status file serta folder sudah tidak terhidden. sekarang anda dapat menghapus file serta folder shortcut yang menggangu tersebut. jangan lupa untuk menghapusnya dengan cara seleksi file serta folder shortcut aneh tadi lalu hapus dengan menekan tombol Shift + del, akan ada dialog box, tekan ok saja. ini akan membuat file serta folder shortcut tadi dihapus secara permanen.

namun ternyata untuk beberapa kasus, file serta folder RECYCLER akan kembali lagi setelah dihapus, jangan khawatir, hal ini disebabkan karena folder autorun.inf sudah terinjeksi. cara mengatasinya adalah :

1.   buka kotak CMD seperti langkah di awal, pastikan sudah masuk ke dir flashdisk anda ya atau kalau belum ketik lagi E:. ketik perintah seperti ini :

RD / S / Q \\.\ Nama Drive\Nama folder

contohnya :

RD / S / Q \\.\E:\autorun.inf
lalu tekan enter dan ketik lagi :

RD / S / Q \\.\E:\RECYCLER
lalu tekan enter lagi.
sekarang anda bisa menghapus ulang file shortcut yang membandel lagi dan kini mereka pun takkan kembali.. :)

mudah bukan ? tidak memerlukan antivirus untuk mengatasi hal ini. cukup sekian cara bagaimana mengatasi solusi virus Shortcut dengan mudah.
semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat bagi yang membaca.. :)



Blog, Updated at: 11/22/2013

4 komentar:

  1. Pas bgt FD saya terkena virus shortcut dari warnet tetangga. Terimakasih mas artikelnya sangat bermanfa'at buat saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, semoga bermanfaat ya.. :)
      terimakasih sudah berkunjung kesini...

      Hapus
  2. Makasi infonya gan membantu sekali karena virus ini selalu datang dan membuat jengkel.

    Bagi yang ingin menambah ilmu di bidang komputer bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/

    BalasHapus
  3. Gan kok punya gw folder nya semua gak ada

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin