Mengatasi Masalah Scroll Mouse yang Rusak

Posted by

perangkat keras pada komputer yang dibutuhkan oleh pengguna adalah mouse, perangkat ini merupakan perangkat yang dihubungkan baik melalui wire (kabel) atau wireless(tanpa kabel). fungsi mouse merupakan sebuah alat untuk menginput perintah pada komputer dengan cara mouse digeserkan pada permukaan yang datar. kemudian digunakan sebagai penggerak pointer untuk menentukan kursor terhadap layar. mouse dapat digunakan dengan beberapa cara, yaitu
  • Double Click ( untuk membuka atau mengeksekusi suatu file atau program )
  • Right Click ( untuk menampilkan menu perintah )
  • Drag and Drop ( untuk memilih satu atau beberapa item )
  • Scrolling ( untuk memindahkan atau menggeser layar )
nah untuk yang satu ini, hal yang paling mudah rusak adal scroll mouse, karena pemakaian yang melewati batas atau bisa juga karena memang terdapat kerusakan pada komponen mouse. tentu saja kita akan kesulitan jika scroll pada mouse tidak berfungsi dengan baik, lalu bagaimana solusinya? tenang saja, pada postingan kali ini, saya akan memberikan cara bagaimana mengatasi  dan memperbaiki scroll mouse dengan mudah.

ada beberapa peralatan yang kita butuhkan, diantaranya :

  1. Obeng ( + ) ukuran kecil
  2. Lem ( UHU, Alteco, dll )
DWYOR ( DO WITH YOUR OWN RISK ! ) segala sesuatu yang anda lakukan merupakan tanggung jawab dan resiko anda sendiri.

Langkah 1

Buka, dan bongkar mouse anda dengan obeng ( + ) yang sudah disediakan, harus hati - hati karena ukuran baut yang tergolong kecil.
memperbaiki mouse
lepas baut mouse


Langkah 2

selanjutnya, coba anda lepas roda mouse atau wheel mouse yang terdapat pada rangkaian, berbentuk bulat berada di tengah - tengah rangkaian. harap hati - hati dalam melepas roda mouse, karena sangat rentan dan terbuat dari karet.
rangkaian pada mouse
roda atau wheel mouse

Langkah 3

Dengan menggunakan lem yan sudah di sediakan sebelumnya, silahkan anda lepas karet dari rollernya lalu oleskan lem pada pinggiran karet roller tersebut.
mengoleskan lem pada scroll mouse
oleskan lem pada karet scroll
harap di perhatikan, jangan mengoleskan lem terlalu banyak pada scroll mouse ini, karena jika terlalu banyak justru akan membuat mouse susah di scroll nantinya, jadi oleskan secukupnya.



Langkah 4

Oleskan juga lem pada batang kecil sisi yang masuk ke dalam lubang scroll mousenya tadi ( untuk membuat gear berputar )
memperbaiki scroll mouse yang rusak
oleskan lem pada batang kecil tempat gear


Langkah 5

Sebelum lem mengering, pasang kembali semua komponen mouse dengan benar, dan sekali lagi harap di perhatikan untuk tidak berlebihan mengoleskan lem karena kemungkinan lem akan menempel pada komponen yang lain dan mengakibatkan kerusakan. setelah terpasang dan lem dipastikan kering, kini Scroll mouse anda pun sudah normal kembali.. :) jika sudah berhasil, harap diingat agar tidak membongkar kembali mouse, karena kemungkinan yang terjadi adalah batang kecil tadi akan patah.

jika cara diatas masih belum berhasil, kemungkinan kerusakan terdapat dalam papan sirkuit mouse tersebut, dan sayangnya ini berarti anda harus membeli perangkat mouse yang baru.:(

demikian cara memperbaiki scroll mouse yang telah rusak. semoga dapat membantu menyelesaikan masalah anda. pada postingan selanjutnya, akan saya bagikan cara mengatasi 'double click' mouse yang rusak.


Blog, Updated at: 11/26/2013

6 komentar:

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin