Cara mengganti urutan booting menjadi CD atau DVD

Posted by

hei sahabat blogger, untuk melakukan install ulang komputer atau laptop terdapat beberapa cara yaitu melalui CD/DVD atau removable disk seperti disket. namun pada umumnya kita melakukan instal ulang melalui media CD untuk windows xp dan dvd untuk windows 7. untuk melakukan instal ulang melalui optical disk (cd/dvd) pertama - tama harus kita atur booting melalui cd/dvd rom agar komputer dapat membaca file installernya. nah bagi sebagian orang yang awam atau belum paham betul, mungkin akan sedikit kesulitan mengganti urutan booting ini. kali ini saya akan memberikan cara agar komputer dapat membuat cd/dvd bootable.

sebenarnya agar membuat cd/dvd menjadi bootable sangatlah mudah jika kita mengetahui caranya. tahap pertama yaitu pada saat komputer pertama kali menyala masukan CD/DVD Installer OS,lalu masuk ke menu BIOS dengan menekan tombol F1, F2, F10, atau DEL ( setiap PC atau laptop berbeda - beda, biasanya ada command di layar untuk masuk ke menu BIOS ) .

*tampilan menu BIOS kemungkinan akan berbeda pada masing - masing PC/laptop namun alurnya kurang lebih sama

setelah masuk ke menu BIOS, selanjutnya anda akan melihat tampilan berupa beberapa menu, saya peringatkan untuk hati - hati karena jika salah setting kemungkinan akan menyebabkan error.

antarmuka menu BIOS

selanjutnya silahkan masuk ke menu tab Boot.

tampilan menu boot
biasanya disini akan ada urutan device yang akan di baca / bootable. nah disini silahkan anda atur dan ganti susunannya dengan menekan tombol + / - atau f5 / f6 (tergantung masing - masing menu boot) menjadi :

1st Boot device        -     CDROM/DVDROM
2st Boot device        -     Hard Drive / Harddisk
3st Boot device        -     Biarkan 'disabled'

setelah sususan sudah benar, silahkan tekan tombol untuk Save and Exit.
tampilan menu save & exit
dan komputer akan restart secara otomatis, lalu tunggu pada saat booting, akan ada tulisan 

Press any key to boot from cd...

dan voilaa.. komputer akan membaca file installer oS yang ada pada CD.
jika proses instalasi sudah selesai, jangan lupa untuk kembali mengatur urutan boot device menjadi semula, yaitu 1st boot device sebagai harddisk / hard drive.

bagaimana, cukup mudah bukan ? dengan demikian untuk orang awam pun sebenarnya dapat menginstall komputernya sendiri tanpa perlu pergi ke tempat service komputer.. :)

demikian yang bisa saya sampaikan, semoga artikel kali ini bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan isi pada kolom komentar di bawah ini.. :)



Blog, Updated at: 11/23/2013

0 komentar:

Posting Komentar

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Google+ Followers

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin