Tutorial Mengganti Thermal Paste Asus A46CB

Posted by

Myrepairsolution - 2015, Mengatasi masalah suhu memang menjadi terkendala bagi pemilik laptop atau komputer jinjing. dalah kurun waktu 2 tahun, jika tidak dirawat maka sudah dipastikan temperatur suhu akan meningkat bahkan hingga 90⁰C pada saat iddle atau tidak melakukan aktivitas apapun. ada berbagai cara untuk menurunkan suhu pada laptop Asus, Lenovo, HP, Dell, Acer, Toshiba, salah satunya adalah dengan Mengganti Thermal Paste.

solusi mengganti thermal paste asus a46cb
solusi mengurangi suhu extreme

Mungkin jika laptop kamu masih tergolong baru dan masih dalam masa garansi, lebih baik kamu minta mengganti thermal paste pada CS asus langsung karena kita tidak memiliki resiko, atau jika masa garansi kamu sudah habis, kamu juga bisa meminta tolong pada toko atau jasa service laptop untuk sekedar membersihkan debu serta mengganti thermal compound kita, nah tetapi jika kamu merupakan orang yang penasaran, dan mau tahu bagaimana prosesnya, pada kesempatan kali ini admin ingin memberikan tutorial untuk Mengganti Thermal Paste di laptop Asus A46CB.  tapi tentu saja bisa dipraktekan juga bagi pengguna laptop Asus dengan model K46CB, seperti Asus A451LB. harapannya semoga  bisa bermanfaat bagi teman - teman semua.

Alat - alat yang di butuhkan

untuk dapat mengganti thermal paste pada laptop Asus A46CB ini, kita membutuhkan peralatan diantaranya yaitu :

obeng kecil untuk keperluan membuka body laptop 

obeng plus ukuran kecil
Obeng plus (+) kecil

selanjutnya yang dibutuhkan adalah Thermal Paste. boleh menggunakan merk atau brand apa saja, tapi untuk prakteknya, admin menggunakan thermal paste merk Cooler Master V1

thermal paste yang digunakan
thermal paste

selanjutnya kita membutuhkan tissue atau  kain halus dan Alcohol untuk membersihkan sisa - sisa thermal compound dan membersihkan debu yang menempel.( catatan : menumpuknya debu juga mempengaruhi kenaikan temperatur laptop lihat Solusi Mengatasi Laptop Cepat Panas ).

Tahap - tahap Mengganti Thermal Compound / paste

nah, yang kita tunggu - tunggu akhirnya tiba, berikut ini adalah tahapan mengganti thermal paste untuk laptop Asus a46cb. silahkan disimak.

langkah pertama untuk dapat mengganti thermal compound guna mengurangi temperatur pada laptop asus adalah, membuka baut yang ada di beberapa tempat seperti pada gambar di bawah ini.

membuka baut yang ada
buka baut yang ada
khusus untuk baut nomor 3, setelah kamu membukanya, kamu tarik DVD ROM keluar agar kita bisa membuka body bagian bawah. setelah itu kamu buka baut nomor 1 dan 2 agar kita bisa mengeluarkan hardisk.

slot hardisk dan ram pada asus a46cb
slot Hardisk dan Ram tambahan
disini kamu bisa melihat slot Hardisk bawaan asus a46cb dan slot RAM tambahan jika kamu pernah memasangnya. lepaskan baut dan tarik untuk melepas hardisk dari slotnya.

nah setelah tahapan ini, kamu bisa melepaskan body belakang laptop asus ini dengan melepasnya dari samping secara perlahan, dan harap berhati - hati pada bagian baterai, karena ada slot yang harus kamu buka.
buka secara perlahan
slot untuk membuka chasing

setelah semua bagian terbuka, kini kita bisa melihat bagian - bagian dalam laptop 'CiBi' ini. disini kita sudah bisa membersihkan debu yang mempel pada bagian motherboard laptop asus ini. 

bagian dalam asus a46cb
bagian dalam laptop asus a46cb

nah untuk mengganti thermal compund, kita harus melepas bagian kipas / fan yang menutupi Chip VGA dan Processor. kalian bisa melihat panduannya di bawah ini.

baut yang perlu di lepas
baut yang perlu di lepas

lepas baut yang admin lingkari pada gambar diatas, nah kalian juga akan melihat stiker berwarna kuning yang menutupi salah satu baut. sticker ini merupakan sticker klaim garansi resmi milik asus, jadi kalau kalian melepas / merobek sticker ini, kalian harus sudah paham bahwa kalian akan tidak bisa klaim garansi lagi. 

Setelah melepas baut - baut tersebut, kalian bisa membersihkan sisa - sisa thermal paste yang sudah mengering menggunakan tissue atau lap yang dibasahi cairan alcohol yang sebelumnya sudah kita persiapkan.

membersihkan debu serta thermal compound yang ada
bersihkan debu serta sisa thermal compound

harap dipastikan untuk benar - benar membersihkan tanpa tersisa residue yang dapat menghambat penghantaran panas antara heatsink dengan processor nantinya. setelah bersih, kamu bisa langsung menambahkan thermal paste yang baru ke bagian processor dan chip VGA.

oleskan thermal paste sedikit mungkin
gunakan thermal paste sedikit mungkin
setelah itu, kamu pasang kembali fan serta baut - baut yang ada. pasang kembali body belakang laptop Asus Terbaik ini. setelah itu pasang Hardisk ke keadaan semula, dan pasang kembali DVD Rom yang sebelumnya kamu lepas. setelah itu silahkan kamu coba nyalakan laptopnya. maka suhu laptop pun akan turun secara drastis dari semula :D.

berikut ini merupakan hasil dari penggantian thermal paste.

perbedaan temperatur
perbedaan temperature sebelum dan sesudah

nah demikian lah Tutorial Mengganti Thermal Paste Pada Asus A46CB. Semoga bermanfaat bagi kalian, jika ada pertanyaan seputar masalah pada laptop atau komputer, jangan sungkan untuk bertanya lewat kolom komentar di bawah ini atau kalian bisa bertanya via Facebook kami. 

bagi kalian yang merasa terbantu, silahkan untuk share ke teman - teman kalian via facebook atau twitter atau media lainnya. :)


Blog, Updated at: 2/04/2015

21 komentar:

  1. kerren gan . puya saya libi :D

    kunbalnya hehe

    http://ant-tekno.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh, saudaraan kita gan hehe...
      terimakasih sudah berkunjung, kunjungan baliknya sudah ya.. :D

      Hapus
  2. nice info gan.
    cara ngecek temperature nya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, cara cek temperaturnya mudah..
      bisa menggunakan aplikasi CPUID HWmonitor yang bisa di donlod secara gratis kok.. :)

      Hapus
  3. gan itu ganti thermal paste local disc C atau D terformat gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak akan terformat gan, karena kita hanya mencopot hardisk untuk sementara saja..

      Hapus
  4. Cara Mencopot Casing Belakanganya Gmn yah ... ??? *Susah Amat :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. bautnya harus lepas semua terlebih dahulu, ada beberapa baut yang tertutup darisananyya

      Hapus
  5. kok saya udah ganti thermal paste sama bersihin hsf nya, masih panas ya posisi ile aja 62c klo main game bisa ampe 80c lebih ada saran ngak buat
    laptop sama asus a46cb core i5

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, hal yang sama juga terjadi dengan saya. memang kekurangan dari A46CB adalah terlalu cepat panas. coba gunakan vaccum cooler agar suhu laptop tidak terlalu panas. dan coba gunakan thermal paste yang memiliki kualitas baik. :)

      Hapus
  6. saya sudah membersihkan lalu saya sudah ganti dengan thermall paste nya dengan yang murahan tapi masih panas. dipakai main dota pun masih lag. ada solusi gan?

    BalasHapus
  7. saya sudah membersihkan lalu saya sudah ganti dengan thermall paste nya dengan yang murahan tapi masih panas. dipakai main dota pun masih lag. ada solusi gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek lagi apakah heatsinknya sudah benar2 kencang dan bersih, karena masalah yang umum terjadi biasanya setelah mengganti thermal paste yang baru pemasangan heatsinknya agak kendur.. dan kalau bisa thermalnya yang bagus biar suhunya makin rendah dan awet..

      Hapus
  8. sudah gan. sudah di cek semua. ini sudah bongkar ke 3x nya. dan sekarang sudah pakai coolermaster v1. awal tempraturnya 54an. setelah di pakai dota sampai 90an. dan masih terasa lag

    BalasHapus
    Balasan
    1. usia laptopnya sudah berapa tahun?
      kalau sudah 1 tahun lebih pada saat awal suhu 54 sebenarnya masih termasuk normal. kalau sedang main game suhu 90 sudah overheat. coba untuk menurunkan suhu pasang vacuum cooler yang menyedot suhu dari dalam keluar, di toko online sudah ada yg jual kok, kemudian supaya tidak lag, jangan lupa colok chargernya ya..

      Hapus
  9. kak coba buatin videonya donkk msh bingungkah

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh sayang sekali waktu itu tidak sempat saya rekam. mungkin lain kali saya coba ulang dan rekam yaa..

      Hapus
  10. mas... laptop sya a46cb udh tak cba gonta ganti windows 7,8,10 tp selalu restart bluescreen ketika bka aplikasi yg menggunakan kemampuan vga..sya bca2 artikel penyebabnya adalah vga nvidia nya bermasalah... akhirx kdg sya disable kan vga nvidia nya biar gak restart2 sndri.. tpi malah panas laptopx.. udh pernah sya cba bongkar tu laptop masih ada segel kuningx dibaut hsf nya... tapi gak smp sya bka hsf nya gak berani.. apa kemungkinan penyebabx adalah termal pastax mengering? ato krna vga sya yg dinyatakan rusak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, penyebab bluescreen bermacam2 mas tapi biasanya paling banyak adalah karena masalah pada hardware.
      nah kalau misal diduga adalah karena VGAnya, dengan menonaktifkan NVDIAnya justru tidak menyelesaikan masalah karena dengan begitu processor yang menggantikan kinerja VGA sehingga processor bekerja terlalu keras yang mengakibatkan overheat/kepanasan. Nah masalahnya kalau overheat bisa menyebabkan bluescreen juga jadi looping nih bluescreennya. baiknya coba ganti thermal pastenya agar suhunya menurun lalu cek apakah memang benar NVDIAnya yang bermasalah..

      Hapus
  11. Kalau hanya dipakai untuk browsing, suhu CPU 69, dan Nvidia nya 60 itu termasuk normal atau sudah perlu diganti thermal paste nya ya mas? Laptop saya a46cb persis seperti itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, browsing sudah sentuh 69 sudah mulai waspada..
      baiknya mulai diganti saja thermal pastenya sambil dibersihkan fan2nya

      Hapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Mengenai Saya

Foto Saya

i'd like everything about japanese music and technology. i also love to watch movie and keep update about latest technology. you can visit my blog's at lirikjepangku and myrepairsolution

Popular Posts

Google+ Followers

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin