Cara Partisi Harddisk di Windows 7 Lengkap dengan Gambar

Posted by

Cara Partisi Harddisk di Windows 7 Lengkap dengan Gambar - Solusi Masalah Komputer akan memberikan tutorial dan panduan lengkap mengenai tips memartisi hardisk komputer anda. Dalam cara cara berikut akan dijelaskan dengan gambar khususnya OS Windows 7.

Secara garis besar harddisk adalah media penyimpanan dalam bentuk disk yang mampu membaca suatu data dengan random tanpa proses berurutan seperti cd jadi lebih cepat proses pembacaannya. Banyak jenis partisi harddisk memory yang dapat anda pilih sesuai dengan tingkat kemampuan anda dalam memakainya.

Namun sebelumnya kita perlu tahu dulu jenis - jenis partisi hardisk ya biar ga bingung :

1. Primary Partition yaitu Merupakan Master Partisi yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan file sistem operasi windows 7, windows xp, vista dll untuk keperluan booting. biasanya disimpan di drive C.

2. Extended Partition adalah Yang berfungsi sebagai pembatas antara primary dan logical partisi, juga sebagai back up bila terjadi fatal error pada primary partisi.

3. Logical Partitions berfungsi untuk penyimpanan file, aplikasi, foto, mp3, video dsb. biasa di sebut drive D, drive E dsb. cukup 2 saja.

Nah setelah kita mengetahu jenis - jenis partisi hardisk selanjutnya kita mulai Cara Mudah Partisi Hardisk Windows 7 Lengkap Disertai Gambar. Saya sarankan ikuti langkah-langkah cara partisi hardisk di bawah ini dengan baik dan benar agar tidak terjadi kesalahan.

1 . Klik kanan pada "Computer" lalu Klik "Manage" Klik Gambar Untuk Memperbesar.

cara partisi memory hardisk
2. Maka akan muncul jendela baru seperti dibawah ini, kita Klik "Storage" lalu Pilih "disk management" OK.
cara mudah partisi harddisk gambar2
3. Kemudian Klik kanan pada Harddisk yang akan dipartisi. lalu pilih  "shrink volume".
cara partisi hardisk windows 7 lengkap dengan gambar
4. Maka akan muncul "querying sharink space" tunggu sebentar
Setelah muncul jendela shrink. Disini kita diminta menentukan volume/ kapasitas partisi yang akan kita buat. Bila sudah di tentukan, klik "shrink".

5. Setelah kita proses diatas berjalan dengan baik, kemudian muncul partisi baru yang masih belum terformat. Biasanya partisi baru tersebut akan ditandai dengan warna hijau. Sampai disni partisi yang kita buat masih belum bisa digunakan.

cara partisi hardisk komputer dengan gambar
6. Untuk memformatnya agar partisi baru dapat kita gunakan. Klik kanan pada partisi baru "yang berwarna hijau di atas" kemudian kita pilih "new simple volume" klik next

7. Maka akan muncul "Specific volume size" klik next muncul "assign drive latter or path" kita klik next lagi.

8. Kemudian Muncul menu "Format Patition". Pada file sistem kita pilih "NTFS" pada volume label isikan nama label drive partisi kita, lalu klik "next".
cara partisi hardisk komputer dengan gambar2
9. Pada jendela "completing the new simple volume wizard" lihat informasinya dulu sebelum kita klik finish kalau dirasa cocok lanjutkan dengan meng-klik "Finish"

10. Horeee....Sampai disini proses partisi kita telah selesai dan sudah dapat digunakan. Cek dengan membuka Windows Explorer, maka partisi yang kita buat akan muncul dengan nama lebel yang kita buat tadi.

Nah itulah cara partisi hardisk yang sudah kami berikan meliputi membuat, menghapus dan format partisi hardisk di Windows. Jika kamu masih mengalami kesulitan tentang cara partisi hardisk Windows XP, Windows 7 atau di Windows 8 umumnya hampir sama., kamu bisa bertanya di kotak komentar My Repair Solution.


Blog, Updated at: 1/12/2014

3 komentar:

  1. Mantab gan infonya, sangat bermanfaat ini buat ane. hehe
    Lowongan Kerja PT Nissan Financial Service Indonesia - Min D3 Semua Jurusan - Mei 2015
    http://expocpnsbumn.blogspot.com/2015/05/lowongan-kerja-nissan-financial-service-indonesia.html

    BalasHapus
  2. GAN SAAT SEMUA PROSES SDH SY JALANKAN KLIK FINISH UTK MEMBUAT PARTISI BARU MUNCUL PESAN THE OPERATION YOU SELECTED WILL CONVERT THE SELECTED DISK TO DYNAMIC DISK, IF YOU CONVERT THE DISK TO DYNAMIC, YOU WILL NOT BE ABLE TO START INSTALLED OPERATING SYSTEM FROM ANY VOLUME ON THE DISK, EXCEPT THE CURRENT BOOT VOLUME. ARE YOU SURE WANT TO CONTINUE? SAAT SY KLIK YES MUNCUL PESAN THERE IS OT ENOUGH SPACE AVAILABLE ON DISK TO COMPLETE THIS OPERATION. JADI ALLOCATED VOLUME HARD DISK NYA GA BS TERBACA WINDOWS. MOHON BANTUANNYA GAN? SALAHNYA DIMANA YAH?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, coba ubah settingan bootingnya dari SATA ke AHCI, ada di menu BIOS..

      Hapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin