Penyebab gagal install ulang windows XP

Posted by

Selamat Datang di blog solusi masalah komputer, pada kesempatan pertama ini saya ingin memberikan informasi mengenai penyebab gagalnya install ulang yang dilakukan di PC anda terutama dengan OS windows XP. mungkin diantara kita sering diminta tolong oleh kerabat ataupun bahkan kita sendiri yang mengalami ketika komputer terjangkit virus atau penyakit 'lola' maka hal yang paling mujarab di lakukan adalah install ulang OS. namun ketika proses installasi akan dilakukan justru kendala baru muncul, yakni tidak bisa menginstall OS XP pada hardisk tersebut.

mungkin bagi sebagian orang yang awam akan menganggap bahwa hardisk atau komputer tersebut rusak, padahal belum tentu kegagalan instal ulang ini diakibatkan oleh rusaknya komputer. berikut merupakan beberapa indikasi yang menjadi faktor gagalnya proses install ulang.


  1. Kaset tidak terbaca / rusak
bagi sebagian komputer yang sudah cukup 'berusia' tentu kondisi serta kecepatan membaca CD/DVD ROM akan melambat, ini bisa menjadi faktor kenapa pada komputer tersebut tidak dapat diinstall OS XP, terlebih lagi jika kondisi kaset XP tersebut sudah banyak tanda goresan, tentunya hal ini semakin membuat data yang ada di dalam CD instalasi tersebut akan sulit bahkan tidak bisa dibaca.

Solusi :
coba lakukan pembacaan terhadap kaset instalasi tersebut di CD/DVD ROM lain, misalnya milik teman anda. caranya masukan kaset instalasi tersebut (tidak perlu dalam keadaan booting), lalu lihat apakah data di dalam CD terbaca ?. jika ya berarti memang kondisi hardware terutama CD/DVD ROM anda sudah melemah dan perlu diperhitungkan untuk diganti. namun jika kaset tetap tidak terbaca, maka itu artinya yang bermasalah ada pada CD installernya. silahkan anda ganti dengan media atau kaset yang lain.

       2.  File winlogon atau shell.dll atau ada file yang tidak ditemukan

biasanya hal ini terjadi karena data yang ada pada system terdahulu belum benar - benar hilang, sehingga menyebabkan terjadinya konflik dan membuat proses installasi gagal.
Solusi :
hal yang pertama lakukan adalah mempartisi ulang hardisk yang akan dijadikan sistem untuk di instal ulang. namun sebaiknya jika terdapat data atau dokumen berharga pada partisi sebelumnya, silahkan lakukan backup jika memungkinkan atau melalui safe mode. jika sudah, silahkan partisi ulang hardisk anda. disarankan utuk melakukan partisi dengan format secara full bukan dengan sistem quick format. karena jika melakukan quick format, data tidak benar - benar hilang.


        3.  proses instalasi terlalu lama

biasanya hal ini terjadi karena head pada CD/DVD ROM berhenti membaca kaset installer. ini mungkin saja terjadi jika suhu atau temperatur pada PC anda terlalu tinggi. mengapa suhu menjadi tinggi pada saat proses install ulang? karena pada saat proses berjalan, resource yang di jalankan sangatlah tinggi.
Solusi :
jika sudah dirasa cukup lama proses tidak berjalan, coba tekan keluar CD / DVD yang sedang di install, lalu bersihkan permukaan CD / DVD dan masukan lagi. tunggu beberapa saat. jika proses tidak juga berjalan, silahkan matikan secara paksa dengan menekan tombol power agak lama. lalu biarkan suhu / temperatur pada PC menurun (sekitar 20 menit) lalu ulangi proses install ulang sesudahnya.


         4.  CD installer di tempat lain bisa, tetapi di PC saya tidak bisa pada saat load data CD.

hal ini merupakan salah satu pengalaman saya juga ketika ingin menginstall ulang dengan os XP. saya meminjam kaset milik teman saya, namun entah kenapa pada saat meload files installer, tiba - tiba terjadi eror. padahal unti DVD ROM saya masih terbilang cukup bagus dan kaset installer pun di tempat lain bisa.hal ini dikarenakan RAM yang terpasang dalam kondisi tidak bagus atau bad sector.
Solusi :
coba matikan komputer, cabut semua aliran listrik. dan bersihkan RAM pada komputer anda, atau copot salah satu RAM tersebut dan silahkan ulangi proses install ulang.

cukup sekian yang bisa saya sampaikan untuk kesempatan kali ini. intinya jika install ulang gagal, jangan beranggapan bahwa komputer telah rusak. tetapi alangkah baiknya jka memeriksa hal - hal yang di atas tadi.

sekian dari saya, semoga bermanfaat.. :)


Blog, Updated at: 11/21/2013

10 komentar:

  1. Gmna cra backup fire penting kita agar tidak terhapus dan klo sdh di partisi lg apa file penting kta kmbali lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, NANDA KANAK SASAK..
      terimakasih telah berkunjung.
      untuk membackup file penting agar tidak terhapus pada saat recovery OS. yang pertama dilakukan adalah masuk kedalam safe mode dengan menekan tombol f8 pada saat booting dan pindahkan file penting tersebut pada partisi hardisk secondary (bukan C://)
      kalau keadaan sudah terlanjur terhapus, anda bisa melakukan restore file penting tersebut dengan bantuan aplikasi restore yang ada di internet.. :)

      Hapus
  2. KANG KALO WINDOWS XP SUDAH DIINSTAL SELESAI PAS PROSES RESTART MALAH NGULANG INSTAL LAGI TU KENAPA,, HARDISK DIPINDAH PC SAMPAI LOADING WINDOWS JUGA RESTART TERUS

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah selesai di install jangan lupa ganti bootingnya ke hardisk lagi ya..
      kalau misal masih seperti itu berarti hardisknya tidak mampu menyimpan data OS. di pengaturan partisi sebaiknya di hapus dulu lalu buat partisi baru lagi..

      Hapus
  3. Pak, kalau partisi ulang hardisk di Drive (D), bisa tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. partisi ulang atau install ulang ?
      kalau partisi bisa kok, tapi kalau install ulang jangan lupa yang drive C di hapus dulu agar tidak bentrok, kemudian jadikan drive D sebagai partisi master

      Hapus
  4. bang ane mau tanya saya punya pc tapi kadang kadang gagal reboot dan harddisk bunyi,tapi masih bisa jalan ke windows tolong solusinya biar gak gitu terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, itu pertanda ada yang salah dengan harddisknya, sebaiknya ganti unit harddisk dengan yang baru atau cek kabel2 harddisknya ya,,

      Hapus
  5. Bang kalau gagal menginstall gmana solusi nya bg?

    BalasHapus
  6. Kan udh slesai install nya tapi gagal ,, trua gmana solusi nya bg?

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin