Cara Mengakses Komputer Lain dengan Microsoft Remote Desktop

Posted by

Cara Mengakses Komputer Lain dengan Microsoft Remote Desktop - 2015, Pernahkah kamu terpikirkan untuk mengakses file atau data dari komputer di tempat kerja kamu sedangkan kamu sedang berada dirumah ? atau kamu perlu mengambil data laporan di komputer rumah ketika sedang ada kuliah ?. Nah jika pertanyaan tersebut pernah kamu alami berarti sangat tepat kamu mampir di blog ini. Tahukah kamu bahwa kamu bisa mengakses komputer kamu dimanapun dan kapanpun?. Ada banyak cara untuk melakukannya termasuk dengan aplikasi bawaan atau aplikasi download bahkan melalui smartphone.

Microsoft remote desktop
mau akses komputer dirumah?


Yup, ada 3 cara Melakukan Remote PC atau Mengakses komputer dengan komputer lain di beda tempat. Cara pertama dengan memanfaatkan aplikasi bawaan (windows) yaitu Remote Desktop. Yang kedua dengan menggunakan TeamViewer sedangkan yang ketika menggunakan ekstentsi google chrome yaitu Chrome Remote Desktop. Kali ini kita akan membahas metode yang pertama yaitu dengan Remote Desktop. Semoga bermanfaat dan selamat membaca.

1. Menggunakan Remote Desktop

Pada metode pertama ini kita tidak perlu mendownload aplikasi apapun karena Sistem Operasi Windows sudah menyematkan aplikasi remote desktop pada setiap OSnya. Untuk bisa menggunakannya pertama kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Oia cara ini hanya bisa dan ada pada versi Pro atau Enterprise (WinXP, 7, 8, 10) dan cara ini membutuhkan koneksi atau jaringan yang sama entah itu melalui router atau VPN. Caranya

beri tanda centar pada remote connection
centang remote connection

  • Klik kanan pada tombol start lalu pilih system atau ke control panel klik system dan security lalu klik system.
  • Klik "remote settings"disebelah kiri atas.
  • Beri tanda centang pada "Allow remote connections to this computer". Kamu juga bisa mengatur beberapa pilihan seperti lamanya proses remote dengan mengklik tombol "Advanced".
Kemudian agar dari segi keamanan komputer kamu hanya bisa diremote oleh kamu saja, kita atur User atau pengguna yang bisa me-remote PC kamu caranya yaitu

select user untuk menambahkan
select user untuk menambahkan
klik tombol "Select Users" dan kamu bisa memilih user yang sudah teregistrasi di komputer tersebut, jadi misalnya belum ada user tampilannya akan kosong seperti gambar diatas. Nah langkah selanjutnya untuk bisa meremote komputer dengan Remote Desktop kamu harus ingat dan catat nama komputer kamu. Cara untuk melihatnya kamu klik kanan pada my computer lalu lihat Name PC.

computer name
cata nama komputer

Untuk bisa meremote sebuah komputer, syaratnya adalah komputer yang ingin kita remote tidak dalam keadaan mati (shut down) melainkan hidup. Oleh karena itu untuk memastikan bahwa komputer tujuan kita tidak akan mati kita perlu merubah pengaturan hibernate atau sleep, caranya yaitu pergi ke control panel > akses Power Options > klik Change Plan Settings > ganti Sleep dan Hibernatenya menjadi Never.

ubah power plan
ubah power plan agar tidak mati





 Nah sekarang komputer kamu sudah siap dan bisa di remote dari jauh, mudah bukan ?

2. Cara Mengkoneksikan Remote Desktop

Setelah tadi kita membahas cara mengaktifkan remote desktop, selanjutnya adalah cara menggunakan dan mengkoneksikan remote dekstop. Ikut langkah-langkah berikut ini:

klik connect
klik connect
  • Klik start menu dan ketik "remote desktop connection" di dalam kolom pencarian lalu tekan enter.
  • Masukan nama komputer yang tadi kita ingat ke dalam kolom system name.
  • Masukan kolom username yang sebelumnya kita buat.
  • Klik "Show Options" untuk membuka pengaturan advanced untuk koneksi kamu.  Kamu bisa menggunakan pilihan ini untuk mengatur koneksi yang kamu berikan untuk performa terbaiknya seperti mengatur suara dan tampilan.
  • Klik "Connect" untuk memulai proses remote. Ketika koneksi telah berhasil, tampilan desktop lain akan muncul di komputer kamu dan kamu bisa menggerakan dan menavigasi windows seperti biasanya.  
Nah, selanjutnya jika kamu ingin  melakukan remote untuk mengakses komputer di tempat lain melalui jaringan yang berbeda alias internet kamu harus membuka PORT 3389 pada firewall komputer target agar koneksi dari luar bisa di perbolehkan.Tapi harap diingat bahwa jika kamu membuka port ini artinya siapun dapat mengakses dan mencoba meremote komputer kamu yang artinya kamu harus Membuat Password Yang Bagus Dan Kuat.

Jika kamu sudah membuka port 3389 pada komputer target, kamu bisa mengkoneksikan remote desktop dengan memasukan IP address external. dan jika tepat maka kamu sudah bisa melakukan remote dari jaringan yang berbeda dan lebih luas yaitu Internet.

 [UPDATE!!]

3. Remote Desktop Dengan Smartphone dan Tablet

Bagi kamu pengguna Windows 8.1 dan Windows 10 ada kabar gembira dimana kamu bisa melakukan remote desktop menggunakan perangkat smartphone maupun tablet kamu. Caraya dengan mendownload aplikasi "Microsoft Remote Desktop"

microsoft remote destop apps
ms. Remote Desktop apps
Aplikasi ini bisa kamu dapatkan untuk sistem operasi Android dan IOS. Tapi ingat yah untuk mengatur agar komputernya bisa di remote terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi ini.

Nah itulah dia Cara Mengakses Komputer Dengan Microsoft Remote Desktop. Sebenarnya masih banyak cara yang bisa kita gunakan untuk proses remote atau menggunakan komputer lain seperti menggunakan TeamViewer dan Chrome remote desktop namun untuk kedua metode yang lain akan kita bahas secara terpisah. Semoga bermanfaat.

Jika kamu punya pertanyaan seputar masalah komputer, laptop seperti misalnya Masalah Pada Keyboard Laptop. ataupun android kamu bisa tanyakan pada kolom komentar dibawah ini atau melalui fanspage facebook kami, InsyaAlllah akan selalu kami balas dengan cepat. Salam MyRepairSolution.



Blog, Updated at: 11/20/2015

5 komentar:

  1. sebelumnya salam kenaldari denny mawuntu.nex knpa flash disc 16 gb saya udah rusak alias ngg terdeteksi lagi propertisnya kosong 0GB,sebelumnya sih masi dpake buat nonton film eh ngga taunya langsung eror gitu,udah d'ulang berxxx ternyata uda gga bisa lagi,...apakah strike buat virus for flash saya/ganti yang baru.skian n tnx.salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas Denny, sepertinya kalau begitu kasusnya ada short listrik / arus pendek. solusinya coba restart dan bersihkan regitstry yang tidak perlu.

      Hapus
  2. Masalah remote dekstop apabila salah satu kompur jadi mati atau non aktif.tidak.bisa d.gunakan lag

    BalasHapus
  3. sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas tutorialnya.
    saat ini saya sudah bisa menjalankan remot dekstop connection yang tersambung dalam satu jaringan LAN / WIFI.
    Tapi untuk beda jaringan belum bisa.

    di tutorial tersebut ada tulisan begini ''Nah, selanjutnya jika kamu ingin melakukan remote untuk mengakses komputer di tempat lain melalui jaringan yang berbeda alias internet kamu harus membuka PORT 3389 pada firewall komputer target agar koneksi dari luar bisa di perbolehkan''

    mohon bisa dijelaskan lebih detail untuk tulisan diatas, agar saya bisa meremot komputer lain yang beda jaringan, dengan aplikasi bawaan windows (Remot dekstop Connection).

    mohon jawban nya ya pak, terima kasih

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin