3 Cara Upgrade Windows 10 Dengan Mudah

Posted by

Cara Update Windows 10 Dengan Mudah - 2015, Tak terasa kini perkembangan dalam dunia IT sudah sangat pesat. tidak hanya dalam hal teknologi perangkat seperti smartphone melainkan juga dalam sisi Software yaitu Sistem Operasi. Microsoft sudah cukup lama memberitahu bahwa akan segera muncul OS terbaru yaitu Windows 10. Nah, tepat pada tanggal 29 Juli 2015 ini Microsoft Windows 10 sudah resmi dirilis dan bisa kamu dapatkan secara GRATIS!.

upgrade win10
upgrade win10

Pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan ulasan bagaimana caranya untuk Melakukan Update Windows 10. tutorial ini bisa di terapkan pada komputer ataupun laptop dengan sistem operasi windows 7 sp1, windows 8.1. so, supaya kamu bisa tampil #kekinian dengan windows 10 terbaru, silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Minimum Requirement Specs Windows 10

Untuk bisa melakukan upgrade ke windows 10, pastikan komputer/laptop kamu sesuai dengan spesifikasi minimum windows 10.

  • Processor: 1GHz or faster processor or SoC 
  • RAM: 1GB for 32-bit or 2GB for 64-bit 
  • Hard disk space: 16GB for 32-bit OS and 20GB for 64-bit OS
  • Graphics Card: DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver 
  • Display: Minimum resolution of 1024x600

Yang Perlu Dipersiapkan

Fasilitas update Windows 10 memang gratis untuk para pengguna windows 7 dan 8.1, tapi sebelum kamu melakukan update diharapkan untuk mempersiapkan hal-hal berikut ini agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 
  1. Backup data penting ke perangkat penyimpananan sementara (untuk berjaga-jaga).
  2. Download driver penunjang untuk versi Windows 10.
  3. Searching referensi apakah merk/jenis laptop kamu bisa dan support untuk di install Windows 10.
Jika ketiga hal diatas sudah kamu lakukan, maka kamu sudah siap untuk melakukan upgrade ke Windows 10. Ada beberapa cara untuk melakukan upgrade ke windows 10, diantaranya yaitu :

  1. Via Windows Update.
  2. Via CMD.
  3. Menggunakan Media Creation Tool Windows 10. (Recomended !)
pada ulasan kali ini akan kita bahas satu-persatu agar kalian bisa memilih salah satu sesuai dengan keinginan kalian.

Upgrade Windows 10 Via Windows Update

Pilihan ini ditujukan bagi kamu-kamu yang sudah pernah melakukan reservasi update windows 10 sebelum tanggal 29 Juli 2015 dengan mengirimkan alamat email ke microsoft. nah, sekarang coba aktifkan koneksi internet dan jalankan windows update, seharusnya akan muncul notifikasi pada system tray kamu seperti gambar dibawah ini.

logo windows update win10
logo windows update
kamu klik tanda tersebut, dan selanjutnya akan diarahkan pada halaman update windows 10. ikuti perintah yang ada dan komputer / laptop kamu akan secara otomatis reboot setelah itu kamu sudah bisa menikmati windows 10.

Upgrade Windows 10 Via CMD (Force Install)

Kamu mungkin sudah mengaktifkan windows update di windows 7 atau windows 8.1 yang kamu miliki tetapi tidak mendapat pesan notifikasi untuk upgrade ke windows 10. nah, dengan cara ini kamu bisa melakukan upgrade windows 10 tanpa perlu menunggu notifikasi di system tray.

langkah pertama, buka windows explorer lalu pergi ke "C:\Windows\Software Distribution\Download" lalu hapus semua data yang ada disini. 

hapus untuk memperlancar proses upgrade
hapus isi dalam folder download
dengan menghapus isi yang ada di folder ini maka akan memberikan Windows update space kosong untuk tempat installer windows 10.

ketik windows update
ketik windows update
Selanjutnya, buka panel search (windows+S) lalu ketik Windows Update. biarkan halaman windows update terbuka.

buka command prompt as administrator
buka command prompt
selanjutnya buka panel search kembali dan ketik CMD. jangan di klik dahulu, tapi klik kanan dan pilih Run as administrator. Selanjutnya akan keluar jendela cmd berwarna hitam. lalu ketik perintah "wuauclt.exe /updatenow" tapi jangan tekan tombol enter terlebih dahulu.

ketik perintah di atas, tapi jangan tekan enter
ketik perintah di atas, tapi jangan tekan enter

Switch kembali ke jendela Windows Update, lalu tekan tombol "Check Updates". maka tampilan windows update akan seperti di bawah ini, dimana proses pengecekan update berjalan.

checking for updates
"checking for updates

Selagi proses checking update berjalan, buka kembali cmd yang tadi sudah kita buka. Dalam keadaan perintah tadi sudah di ketik, sekarang kita tekan tombol Enter. Nah sekarang kamu bisa melihat bahwa file Windows 10 sedang di download dan setelah selesai, kamu langsung bisa upgrade dari Windows 7 sp1 atau Windows 8.1 ke Windows 10.

Harap diperhatikan juga ketika proses update usahakan jangan sampai koneksi internet terputus agar tidak terjadi Gagal Booting ketika selesai.


Upgrade Windows 10 Tanpa Windows Update (Via Media Creation Tool)

Mungkin untuk beberapa alasan, kamu tidak bisa menggunakan fitur windows update bawaan. Tapi ada cara lain yang admin rekomendasikan untuk bisa melakukan upgrade ke windows 10 yaitu dengan bantuan Media Creation Tool. Pertama-tama pastikan OS yang kamu miliki adalah Windows 7 sp1 atau Windows 8.1.

Pilih sesuai dengan tipe OS sebelumnya, lalu install Media Creation Tools dibawah ini:

Note!

Jika kamu tidak yakin atau tidak tahu versi OS kamu, cara mengeceknya cukup mudah. buka windows explorer, lalu klik kanan di tempat kosong dan pilih Properties.

cara cek tipe OS
tipe OS 32/64 bit


Setelah berhasil di download, buka aplikasi Media Creation tools tersebut.

pilih upgrade this PC
pilih upgrade this PC
pilih Upgrade this PC now, lalu klik tombol Next. Windows 10 akan mulai di download jadi pastikan kecepatan koneksi internet kamu lancar ya..

proses download installer windows 10
proses download file installer windows 10
kamu akan melalui beberapa macam tahapan dan fase download jadi tunggu sampai selesai. setelah itu file yang telah di download akan di persiapkan untuk di install.

tampilan preparing installation
tampilan preparing installation

setelah selesai, kamu akan di hadapkan pada halaman License Terms. klik pada tombol "Accept" tunggu proses hingga selesai (lagi).

baca microsoft software license dengan seksama
license terms
jika sudah selesai, maka tampilan program akan seperti pada gambar di bawah ini. Menunjukan bahwa komputer kamu sudah siap untuk di upgrade ke Windows 10 terbaru, dengan mengucap Bismillah silahkan kamu klik tombol Install.

klik install
klik install

Nah, disini kamu akan dihadapkan pilihan apakah kamu mau menyimpan settingan personal, file, dan data yang sudah ada. atau menghapus semua sehingga menjadikan kamu clean install. Jika kamu tidak ingin ada file terhapus, pilih pada pilihan "Keep personal files, apps, and Windows settings". Namun jika kamu ingin komputer kamu seperti baru dengan performa yang stabil tapi dengan syarat file akan hilang, silahkan pilih pada pilihan "Nothing".

pilih sesuai dengan keinginan
pilih sesuai dengan keinginan
Selanjutnya komputer kamu akan Reboot dan muncul pemberitahuan pada layar bahwa sekarang sedang melakukan proses Upgrade Windows 10.

proses upgrading windows
proses upgrading Windows
sekedar catatan, pada proses ini kemungkinan komputer atau laptop kamu akan restart beberapa kali jadi tidak perlu risau atau takut. tunggu hingga proses selesai dan kamu sudah bisa menikmati Windows 10.

windows 10 home
windows 10 home
kamu bisa cek properties untuk melihat bahwa sekarang komputer/laptop kamu sudah ber-OS Win10 ! selamat !!.
sekarang kamu bisa menikmati fitur-fitur terbaru yang ditawarkan windows 10 diantaranya Cortana, yaitu assisten pribadi kamu atau Microsoft Edge, pengganti IE. jika belum tahu apa itu cortana dan microsoft edge, kamu bisa tunggu artikel kami selanjutnya yang akan membahas apa itu Cortana. jadi stay tune terus ya !. Tapi jika kamu tidak suka dengan windows 10, kamu bisa lakukan Downgrade ke windows 7. tinggal ikuti langkah-langkah pada artikel : Downgrade Windows 8 ke Windows 7.

Itu dia ulasan Cara Upgrade Windows 10 Dengan Mudah. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. jika ada pertanyaan atau request silahkan kirimkan melalui kolom komentar di bawah ini atau kunjungi dan like fanspage facebook kami. salam Myrepairsolution's Team.

thanks to :


Blog, Updated at: 7/31/2015

10 komentar:

  1. saya sdh download menggunakan media creator. tp munculnya kok bahasa arab ya? dan selalu gagal... mohon petunjuk utk merubah ke bahasa inggris. saya sdh install 3 kali tapi gagal terus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, bahasa bawaan komputernya awalnya apa ya ?
      biasanya media creator ini mengikuti bahasa standar komputer itu sendiri...

      Hapus
  2. Makasih ilmunya gan, dpt ilmu baru lg nih disini.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan, terimakasih sudah berkunjung ya.. :)

      Hapus
  3. Bisa bantu saya ?
    Ketika proses upgrading windows ke windows 10
    Tiba2 terjadi mati listrik sehingga laptop saya habis batrei dan mati, saat saya hidupkan lagi proses tidak berlanjut, malah ada tulisan "recover previous windows". Setelah selesai laptop restart, namun tidak mau masuk ke sistem, terjadi bootloop, apa yang harus saya lakukan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, inilah yang mejadi kekhawatiran utama ketika sedang melakukan upgrade/update windows oleh karena itu sangat disarankan untuk tetap menggunakan baterai walaupun sedang dicharge.
      coba masuk melalui safe windows, jika bisa, lakukan system recovery dari safe windows itu.
      kalau tidak bisa masuk ke safe windows, gunakan CD installasi windows lalu pilih repair windows. semoga membantu :)

      Hapus
  4. Terima Kasih Ilmunya Gan. di tunggu pengetahuan lainnya

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin