Tips Membuat Password Yang Aman Dan Kuat

Posted by

Tips Membuat Password Yang Aman - Myrepairsolution. Hal yang paling diutamakan dalam hidup kita ada keamanan, bukan hanya keamanan di dunia nyata saja tetapi juga masalah keamanan di dunia maya. dimana sekarang ini ancaman akan terjadinya hack terhadap akun sosial media kita benar-benar menjadi hal yang cukup serius.

password
sudah yakin passwordmu kuat ?

yup, memang masih sedikit sekali orang yang aware atau peduli dengan keamanan dunia maya padahal sebenarnya cukup vital. Bayangkan saja jika misalnya akun sosial media kita seperti Facebook, twitter berhasil di hack oleh orang lain. maka bisa saja hacker tersebut melakukan hal yang tidak baik atas nama pribadi kita dan ujung-ujungnya kita sendiri yang kena masalah. contoh lagi jika misalkan akun email kita yang terkena hack atau terkena malware bisa-bisa file penting kita akan ikut hilang. nah gerbang dari keamanan dunia maya kita adalah Password. Password ibarat kunci rumah kita di dunia nyata, jika sampai orang lain mengetahui password kita maka habislah sudah keamanan dunia maya kita. nah berdasarkan hal itu pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tips Bagaimana Caranya Membuat Password Yang Aman dan Kuat. silahkan disimak.

Password / Kata Kunci = Kunci Rumah

a secret word or expression used by authorized persons to prove their right to access, information, etc.
yup, password pada dasarnya merupakan sebuah kata atau kalimat yang bersifat rahasia yang terdiri dari alfabet (abc..z) angka (123..0) dan karakter (!@#..*&) yang  digunakan oleh seseorang untuk dapat masuk atau mendapatkan hak akses kesebuah tempat dalam hal ini adalah dunia maya entah itu sebuah akun sosial media, atau email atau apapun.

seperti yang sudah di ungkapkan bahwa password merupakan sebuah hal yang rahasia layaknya kunci rumah kita, tidak sembarang orang dapat mengetahui dan mendapatkannya, oleh karena itu kita di wajibkan untuk membuat sebuah password yang unik dan hanya kita sendiri yang tahu. namun terkadang banyak di antara kita yang menganggap remeh hal ini dan membuat password seadanya.

kesalahan yang paling sering dilakukan ketika membuat password adalah dengan menggunakan tanggal lahir, nama kita, nama orang tua, nama peliharaan, nama bintang. sehingga dengan mudah orang lain menebaknya. sebuah situs Geeknoob berhasil merangkum 1000 Most Common Password ( 1000 password yang paling sering digunakan ). nah apakah password kamu ada di salah satu daftar tersebut ? kalau ada sebaiknya pertimbangkan untuk mengganti password dengan yang lebih kuat.

satu hal lagi yang perlu di pertimbangkan bagi kamu yang belum pernah mengganti password dari awal, admin sarankan untuk mengganti password menjadi yang lebih baik lagi, terkait kasus Heartbleed yang terjadi beberapa waktu yang lalu.


Tips Membuat Password Yang Baik dan Kuat

Agar sulit untuk di tebak dan di hack, maka password yang kita buat haruslah rumit dan kompleks namun mudah untuk diingat oleh diri kita sendiri. berikut syarat minimal agar password kamu kuat dan aman.

  1. Panjang minimal 8 karakter (lebih disarankan 16 karakter).
  2. Gunakan kombinasi huruf kapital.
  3. Gunakan kombinasi angka.
  4. Gunakan kombinasi simbol / karakter.
  5. Hindari menggunakan tanggal dan tahun lahir sebagai password.
  6. Hindari menggunakan nama orang/tempat.
untuk membantu kalian, sebenarnya banyak website yang mampu memberikan kita usulan / suggest password yang baik dan kuat, seperti salah satunya makemeapassword.net dan passwordsgenerator.net.

makemeapassword.net
saran password dari web makemeapassword
website makemeapassword menyarankan kita sebuah password dari kata-kata bahasa inggris yang sulit/jarang digunakan. kita bisa memilih apakah kita dapat menggunakan kombinasi angka dan simbol ataupun tidak.

passwordgenerator.net
saran password dari passwordgenerator
sedangkan dari passwordsgenerator menyarankan kita sebuah password dari karakter random atau acak, sehingga benar-benar aman. namun kita juga perlu mengingatnya dengan benar.

pilihan ada di tangan kamu, apakah kamu mau membuat password sendiri atau dengan bantuan password generator yang ada di web. yang jelas, harus benar-benar memperhatikan syarat agar akun dunia maya kita aman dari serangan hacker dan malware.

Apakah Password kita sudah aman ?

Nah bagi kamu yang sudah memiliki password yang menurut kamu aman, kamu bisa mengecek tingkat kekuatan password milik kamu. seperti halnya password generator, ada beberapa website yang membuat sebuah tool untuk mengukur tingkat kekuatan password kita diantaranya yaitu howsecureismypassword.net dan passwordmeter.com.

how secure is my password ?
seberapa kuat password mu ?
howsecureismypassword memberikan kamu hasil berapa lama kira-kira password yang kamu miliki dapat di crack atau di ketahui dengan metode bruteforce. semakin lama hasilnya maka password kamu semakin bagus.

passwordmeter
passwordmeter
sedangkan passwordsmeter akan memberikan persentase kekuatan password yang kamu miliki. semakin tinggi persen yang kamu dapatkan maka password kamu semakin kuat. jika hasilnya dibawah 50%, ada baiknya untuk memikirkan mengganti password yang baru yang lebih kuat.

itulah dia Tips Membuat Password Yang Baik Dan Kuat. semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi semuanya, dan tidak ada lagi alasan akun kita terkena hack atau crack !. jika kamu punya pertanyaan seputar masalah IT, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini atau melalui fanspage facebook kami.(admin selalu online :p). kalau kamu suka, silahkan share ke media sosial yang kalian punya. salam MyRepairSolution.


Blog, Updated at: 4/06/2015

6 komentar:

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin