Teknologi USB Cable OTG Android

Posted by

Myrepairsolution - 2015, Teknologi pada smartphone android semakin hari semakin maju, sudah tidak lagi heran dimana dimasa depan teknologi yang ada di film - film science-finction mungkin akan benar - benar terwujud dan bisa kita gunakan. tengok saja teknologi untuk mentransfer data dari awal era adanya infra-red, blutetooth, via Data internet, dan bahkan kalau dulu kita ingin mentransfer file dari komputer ke smartphone android kita, maka kita harus menggunakan kabel data untuk mengkoneksikan antara komputer dengan android. tapi, bersyukurlah karena sekarang ini kita tidak perlu repot - repot membawa komputer untuk mentransfer file keinginan kita, cukup dengan USB flashdisk dan transfer ke android melalui kabel USB OTG (On The GO).

kabel otg android
kabel OTG android

yup, pada kesempatan kali ini, admin akan membahas mengenai 'seluk beluk' Apa itu USB Cable OTG ?. Bukan hanya membahas pengertiannya, tetapi juga cara mengetahui apakah Android kita sudah support USB OTG atau belum. tutorial tersebut dapat digunakan pada semua merk smartphone android, mulai dari Samsung, HTC, Asus, Andromax, LG, lenovo, Oppo, xiaomi, dll. silahkan disimak.

Apa itu USB Cable OTG (on the go) ?

yup, kata OTG merupakan sebuah singkatan untuk "On the go", dengan 2 perangkat yang sudah support USB OTG, kamu bisa membuat 2 perangkat tersebut saling terkoneksi.  umumnya, ketika kita menggunakan PC sebagai sumbernya lalu kita menghubungkan USB flashdisk atau smartphone android, tapi dengan adanya perangkat yang support OTG, maka sekarang kamu tidak perlu menggunakan PC lagi. misalnya mengirim foto langsung dari kamera ke printer, keyboard di koneksikan langsung ke perangkat android, atau USB flashdisk langsung ke smartphone android.  

Bagaimana Cara Menggunakan USB OTG ?

Dengan smartphone dan tablet android, teknologi usb otg bisa secara langsung terkoneksi dengan keyboard, mouse, hardisk dan flashdisk. Tapi tidak semua perangkat android sudah support USB OTG ini.

walaupun semisalnya perangkat kita sudah support USB OTG Android, kita memerlukan kabel OTG yang sesuai dengan perangkat kita. sekarang, sudah banyak sekali jenis kabel OTG yang ada di pasaran.

micro usb on the go
micro USB On the Go

atau ada juga yang khusus untuk device Samsung Galaxy Tab OTG seperti di bawah ini.

Galaxy tab OTG connection
Galaxy tab OTG connection

Jika kamu ingin mengkoneksikan android kamu ke hardisk eksternal, kamu memerlukan kabel Y OTG Power Hub yang biasanya ada di toko - toko, seperti ini :

USB OTG Y Power Hub
USB OTG Y Power Hub
sementara itu, jika kamu ingin mengkoneksikan jaringan LAN ke Android, kamu harus mempunyai kabel OTG LAN Cable.

USB LAN OTG
USB LAN OTG

Apa yang bisa kita lakukan dengan USB OTG ?

Seperti pada penjelasan sebelumnya, banyak sekali hal yang bisa kita lakukan dengan adanya USB OTG ini, diantaranya adalah :
  • Transfer data / file dari USB flashdisk -> Smartphone
  • Menggunakan keyboard di smartphone
  • Menggunakan mouse untuk menggerakan kursor di smartphone
  • Dapat memainkan game dengan gamepad di android
  • Dapat mengontrol view kamera DSLR melalui smartphone kita (lihat disini infonya)
  • Menjadikan smartphone kita sebagai modem
  • Membaca harddisk external
  • Terhubung dengan printer tertentu
  • Terkoneksi dengan jaringan LAN.
  • dan lainnya.

Daftar Smartphone Android yang support USB OTG

Berikut ini adalah daftar smartphone yang sudah di cek dan dipastikan support  untuk penggunaan USB OTG, :
  • Samsung  : Galaxy S-II, Galaxy S-III, Galaxy S-IV (varian classic, Zoom, Active), Galaxy S 5 (varian classic, Zoom, Active), Galaxy Mega 6.3, Galaxy NX, Galaxy Note, Galaxy Note-II, Note-III, Galaxy Note 4, Galaxy Note 8.0, Galaxy Note 10.1, Galaxy Note 10.1 2014-Edition, Galaxy Note Pro 12.2, Galaxy Tab 7.0 Plus, Galaxy Tab 8.9, Galaxy Tab 10.1, Galaxy Tab2 7.0 Inch, Galaxy Tab2 10.1 Inch, Galaxy Tab3 8.0 inch, Galaxy Tab3 10.1 Inch, Tab4 8.0 inch, Galaxy Tab4 10.1 Inch, Galaxy Tab Pro 8.4, Galaxy Tab Pro 10.1, Galaxy Tab Pro 12.2, Galaxy Tab S 8.4, Galaxy Tab S 10.5
  • Sony Xperia :  Xperia Mini, Xperia Mini Pro, Xperia Neo, Xperia Neo V, Xperia Arc, Xperia Arc S, Xperia Play, Xperia Pro, Xperia Ray, Xperia Active, Xperia S, Xperia P, Xperia U, Xperia Sola, Xperia Ion, Xperia Go, Xperia Z, Xperia ZL, Xperia Z Ultra, Xperia ZR, Xperia Z1, Xperia T, Xperia T2 Ultra, Xperia T3, Xperia TX, Xperia V, Xperia SP, Xperia M (Single & Dual), Xperia M2 (Single & Dual), Xperia E3 (Single & Dual) Xperia Z1, Xperia Z1 Compact, Xperia Z2, Xperia Z3.
  • HTC : HTC One X, HTC One X+, HTC Butterfly, All New HTC One, HTC One M8
  • LG : Optimus G Pro, G pro 2, G2, G3.
  • ACER : Iconia A500, A501, A700, A701, A1 811
  • Lenovo : Lenovo A1000, A3000, P770, P780, K900, K910 Vibe Z, S960 Vibe X
  • Asus : Zenfone 4, 5, 6, PadFone, PadFone 2, Padfone S Fonepad 7, Fonepad 7 2014 Edition, Fonepad 8, All Transformers Series
  • Xiaomi : Redmi, 1S, 2S, Mi2, Mi3, Mi4, Note, MiPad
  • Oppo : Oppo N1, Find 7
  • Smartfren Andromax : Andromax Skyworth Tab 7 Classic, 7 New, 8.0, 8.0 New
  • HiMax : Pure III, Pure Polymer
Seperti yang kamu lihat, bahwa sudah banyak sekali smartphone Android yang sudah support USB OTG secara default, tetapi jika smartphone kamu tidak ada dalam daftar di atas, kamu bisa mengeceknya dengan apps USB Host Diagnostic atau USB OTG Checker yang ada di playstore ini.

untuk harganya sendiri sangat bervariasi, kamu bisa menemukan kabel USB OTG standar seharga 20.000 rupiah sampai dengan ratusan ribu di toko - toko aksesoris smartphone atau toko aksesoris komputer di tempat terdekat daerah kamu. 

itulah dia artikel Apa itu USB OTG (On The GO) ?, semoga bemanfaat bagi kamu ya, dan jangan lupa untuk menginggalkan komentar di bawah ini jika kamu mempunyai pertanyaan atau like fanspage facebook kami agar kamu selalu mendapatkan info update dari blog Solusi Masalah Komputer dan Android ini. :)


Blog, Updated at: 2/27/2015

0 komentar:

Posting Komentar

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin