Solusi Recovery File Terhapus di Linux Ubuntu Dengan Mudah

Posted by

Sifat alami manusia salah satunya adalah lupa. manusia mempunyai pikiran dan akal yang terbatas sehingga memang wajar kalau kita sering sekali lupa. banyak hal yang tentunya merugikan ketika sifat yang satu itu timbul, salah satu contohnya adalah menghapus atau melakukan delete pada file penting yang ada di komputer kita. bukan hanya karena lupa saja tapi bisa juga akibat kecerobohan atau ketidak tahuan pemakai bahwa file atau data yang baru saja kita hapus itu ternyata penting.

mengembalikan file terhapus di ubuntu
mengembalikan file terhapus di ubuntu


mungkin diluar sana sudah banyak yang tahu kita dapat melakukan recover file atau data yang hilang dengan menggunakan software atau aplikasi tertentu namun lebih banyak yang share cara mengembalikan file yang terhapus pada sistem operasi windows (xp, vista, 7, 8 ) saja. masih banyak yang belum tahu caranya mengembalikan data yang terhapus tersebut pada sistem operasi Linux Ubuntu. nah berdasarkan hal tersebutlah pada kali ini saya akan memberikan tutorial Cara mengembalikan / recovery file data yang sudah terhapus pada OS Linux Ubuntu.

Tahap Pertama yang dilakukan ketika file penting kita terhapus adalah jangan melakukan sesuatu pada hardisk anda. artinya kesempatan untuk dapat merecovery file tersebut akan lebih tinggi pada saat kita tidak melakukan sebuah aksi setelah kita menghapus file teresebut. ini karena sebenarnya pada saat file tersebut terhapus, tidak benar - benar dihapus melakinkan komputer hanya akan mengganti status file tersebut menjadi overwritten. ketika tidak ada data baru yang menimpa file yang terhapus tadi maka kesempatan kita mengembalikannya akan semakin besar.

Tahap Kedua adalah melakukan check pada trash apakah file penting yang anda hapus masih ada disana atau tidak, jika masih anda bisa restore file tersebut sehingga data yang terhapus tadi bisa kembali.

lihat apakah file yang terhapus ada di trash
cek trash
Tahap Ketiga , jika di trash tidak ada maka yang dilakukan selanjutnya adalah dapatkan aplikasi Data Recovery Program ke hardisk atau partisi yang berbeda. program paling populer untuk recovery data di linux adalah PhotoRec. aplikasi ini bersifat open-source dan tersedia secara gratis di sofware center.

partition scanner dan disk recovery tool
cari dan download partition scanner dan disk recovery tool
untuk mendapatkan program ini, anda buka ubuntu software center dan search Partition scanner and disk recovery tool. setelah selesai terinstall, sekarang saatnya melakukan install photorec melalui command line. 

install photorec dengan ijin root
install photorec
Jalankan PhotoRec sebagai root melalui command line seperti gambar diatas. gunakan perintah "sudo" untuk mendapatkan akses root ketika menjalankan program.

pilih partisi hardisk yang ingin di recovery
memilih partisi hardisk
setelah itu akan muncul program PhotoRec, silahkan pilih partisi hardisk yang akan kita lakukan proses recovery data yang hilang tadi. gunakan tombol arah panah untuk memilih lokasi dimana file original tadi terhapus. pilih Search dan tekan tombol Enter untuk melanjutkan.

pilih tipe format partisi yang sesuai
pilih tipe system hardisk

disini anda akan memilih tipe format partisi hardisk anda. pilih yang sesuai dan benar. karena kita menggunakan sistem operasi linux, maka tipe format yang dipakai adalah EXT2/EXT3/EXT4. jadi pilih yang ini, kecuali jika kita melakukan hal ini pada flashdisk pilih yang other.

pilih lokasi meletakan file yang telah di recovery
pilih lokasi untuk meletakan file

PhotoRec membutuhkan lokasi untuk meletakan file yang telah berhasil di recovery. pastikan untuk membedakan partisi dan tidak memilih disk yang sama sebagai target disk, hal ini malah mengakibatkan file tidak dapat di recovery.

pilih file  yang ingin di recovery
pilih file yang ingin di recovery

Pilih file yang ingin di recovery. akan muncul daftar file yang ditampilkan, dan anda dapat memilih satu persatu file penting yang telah terhapus tersebut untuk dapat di kembalikan. setelah selesai, sorot Next dan tekan Enter untuk melanjutkan.

Silahkan tunggu saat proses recovery berlangsung
tunggu proses hingga selesai

PhotoRec sedang berjalan, silahkan tunggu beberapa saat. lamanya proses ini tergantug kepada besarnya ukuran file yang sedang di restore dan kecepatan komputer anda. bisa saja beberapa menit, beberapa jam. setelah proses selesai, anda bisa mengakses file yang sudah berhasil di kembalikan tadi di tempat yang sudah anda set sebelumnya.

PhotoRec selesai beraksi
proses telah berhasil

Catatan :
Jika proses recovery tidak segera dilaksanakan, mungkin ada beberapa file yang tidak bisa di recovery 100% hal ini dikarenakan beberapa komponen file tersebut telah di timpa  (overwritten) oleh file lain. oleh sebab itu disarankan setelah file terhapus, jangan melakukan copy/paste pada partisi tersebut dan sesegera mungkin melakukan recovery file dengan langkah diatas.

Itulah dia Solusi Mengembalikan File yang Hilang di Linux Ubuntu Dengan Mudah dan Tepat. jika anda mempunyai masalah pada Grub Linux atau Ubuntu, anda bisa melihat artikel ini :Mengatasi Error pada Grub ubuntu. semoga cara diatas dapat membantu memecahkan masalah anda. jangan lupa tinggalkan komentar dan beli +1 atau like fanspage kami yah di facebook :)

Salam MyrepairSolution.


Blog, Updated at: 4/01/2014

8 komentar:

  1. wah bakal balik nih film yang dulu terdelete
    tapi masih bisa apa gak ya
    thanks infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo Mari Yanab,
      kalau terhapusnya belum lama kemungkinan diselamatkan filenya masih bisa.. :)

      Hapus
  2. harus sesegera mungkin yah min laksanakan programnya, apabila tidak ingin hilang file nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, terutama jangan sampai ada file lain yang menimpa recovery file yang sudah hilang tersebut..

      Hapus
  3. Om, tapi nama file yg direcover jadi beda yaa? namanya jadi sama semua jadi bingung nyari file yg pingin kita cari

    BalasHapus
  4. Klo abis di instal ulang apa msh bisa yaa ?

    BalasHapus
  5. Terimakasih banyak, membantu sekali artikelnya, sukses terus ya buat penulis

    BalasHapus
  6. Thanks a lot bro! Thanks a lot! it's so helpful

    BalasHapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin