Solusi Menghilangkan Virus Sality, W32 dengan Mudah

Posted by

Pasti anda merasakan hal yang sama bahwa mempunyai Komputer atau Laptop yang Bervirus memang menjengkelkan, semua gerak gerik kita seakan tidak bebas karena Virus, Worm, Malware menyerang komputer atau laptop kita.tak jarang juga banyak file atau data yang rusak atau bahkan hilang karenanya. nah dari sekian banyak virus, salah satu Virus yang Sangat Berbahaya adalah Virus Shorcut dan Virus Sality atau sality/32 atau Win32/Sality.AT.

virus sality
ilustrasi
Tahukah kamu bahwa penyebab kenapa komputer atau laptop kita terkena virus Sality ini ada banyak, salah satunya karena telah mengunduh atau download file yang tidak dikenal melalui internet. nah pasti banyak yang pernah ya, jadi asal mulanya Virus Sality atau w32/sality ini berasal dari Taiwan. disinyalir virus ini merupakan virus yang paling sulit di hilangkan dan cukup berbahaya karena dapat merusak bahkan menghilangkan file yang penting di komputer atau laptop kita.

Asal kalian tahu ya, Virus ini akan secara aktif menyerang file - file yang berekstensi .exe .com .scr sehingga seluruh program atau aplikasi yang sudah terinstall di PC atau laptop kita akan rusak dan tidak bisa dipakai bahkan ketika kita mengeksekusi file tersebut virus Sality akan semakin menyebar dan menjangkit flashdisk. tentunya ini sangat berbahaya.
This virus stops some security software and prevents some Windows utilities from running. It also tries to download other files from a remote server, including other malware. -microsoft 
ada beberapa gejala atau perkiraan komputer atau laptop yang sudah / akan terjangkit virus ini, diantaranya :

  1. Komputer atau laptop berjalan sangat lambat padahal kita tidak menjalankan aplikasi apapun. anda bisa melihat proses virus ini berjalan jika menggunakan Task Manager. ada program aneh yang memakan hampir 90% proses memori.
  2. Jika memori (RAM) komputer kita kecil, tak jarang akan terjadi Blue Screen karena proses yang terlalu besar.
  3. Tidak Bisa Menjalankan Safe Mode karena virus Sality akan menghapus registry yang berkaitan dengan safe mode tersebut.
  4. Akan banyak terdapat folder atau program aneh yang ada di komputer kita.
karakteristik virus sality
karakteristik virus sality

Virus Sality atau W32 atau Sality.AE ini dapat menyebar dari berbagai media seperti internet, flashdisk, bahkan windows sharing. oleh karena itu untuk mencegah virus ini menyebar. jika anda sudah mengetahui bahwa komputer anda terserang virus ini, segera hentikan koneksi internet, cabut flashdisk, dan matikan fitur windows Sharing.

Solusi Mengatasi Virus Sality / Sality/32

Dengan mudah, kamu bisa menghapus virus sality ini dengan mudah, namun ada hal yang perlu di persiapkan, diantaranya  :

  • Pertama, dapatkan program Sality Killer disini.
  • Lalu pastikan program antivirus andalan anda update / terbaru.
  • Kemudian dapatkan program Sality Reg_keys untuk mengembalikan registry yang telah rusak disini.
Setelah semua peralatan tersedia, langkah selanjutnya yaitu Hapus atau uninstall antivirus jika sebelumnya sudah ada. ini penting agar antivirus baru yang akan kita install tidak akan bentrok. setelah itu extract file sality_killer.zip.lalu install sality killer yang berupa file .exe. dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Proses ini memang cukup lama terlebih jika komputer / laptop anda mempunyai banyak data. namun harap ditunggu. tapi jangan khawatir jika anda tidak bisa berlama - lama, proses ini bisa di selesaikan secara bertahap. karena jika di tengah proses anda keluar / exit, maka proses selanjutnya akan di mulai ketika anda keluar tadi ( tidak dari awal ).

proses sality killer berjalan
proses menghilangkan virus sality


selanjutnya, jika proses yang pertama telah selesai selanjutnya adalah lakukan instalasi program Antivirus andalan kamu. dan segera lakukan Scanning full. pastikan virus sality sudah bersih. dan anda bisa kembali menginstall program - program yang sebelumnya telah rusak atau hilang akibat virus sality ini.

nah agar kita dapat kembali meng akses safeboot, lakukan recovery registry menggunakan tools Sality_regkeys yang sebelumnya sudah kita ambil. lakukan extract pada file tersebut. dan kemudian jalankan file disable_autorun.reg :

  • Windows 2000 jalankan SafeBootWin200.reg file registry
  • Windows XP jalankan SafeBootWinXP.reg file registry
  • Windows 2003 jalankan SafeBootWinServer2003.reg file registry
  • Windows Vista / 2008 jalankan SafebootVista.reg file registry
  • Windows 7/2008 R2 jalankan SafebootWin7.reg file registry

namun bagi pengguna windows 8, sayang sekali tools ini belum dapat support.

dan setelah semua proses selesai, coba anda restart komputer / laptop anda. Selamat !! kini virus sality pun sudah hilang dari komputer / laptop anda. :)

Cukup mudah bukan ? semoga artikel ini dapat membantu anda  Solusi Cara Menghilangkan Virus Sality , W32, Sality.AE, Malware.sality, win32.sality. jangan lupa like fanspage kami dan tinggalkan komentar ya.


Blog, Updated at: 2/10/2014

23 komentar:

  1. ok masbro,, tapi ada sedikit kendala nih,,, kok HDD ext ama flashdisk gk di scan yak,, ada saran gak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, memang cara ini hanya berlaku untuk direktori sistem saja. kalau untuk hardisk eks sama flashdisk bisa menggunakan scan antivirus biasa, soalnya hdd eks sama flashdisk tidak ada registry program seperti di direktori C..

      Hapus
  2. wahhh mantap gann cara mengahapus virus sality smoga bermanfaat visit back ya,,

    BalasHapus
  3. Saya pake Eset SS 9, PC Alhamdulillah tetap aman!...
    Dilengkapi block website, jadi proteksi lebih maksimal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Prof!, luar biasa antivirus yang digunakan sama seperti yang admin pakai :D
      semoga yang lain bisa ikut memproteksi komputernya dengan aman ya..
      terimakasih sudah berkunjung..

      Hapus
  4. apakah file yg rusak akibat sality dapat dijalankan lagi? (tanpa harus di install ulang, karena beberapa installer game saya hilang) makasih min..

    BalasHapus
  5. Hallo, bisa kembali lagi ko, silahkan gunakan sality killer yang ada pada artikel ini..

    BalasHapus
  6. hallo mas saya pake eset nod32 ko ttp masuk salitynya yah :'? gara" colok usb kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, rata-rata virus ini masuk melalui flashdisk. gunakan sality remover untuk kasus yang sudah terlanjur terinfeksi..

      Hapus
  7. kalau model sality bisa di tangani . sekarang sality malah berkembang . sality yang lain udah gua basmi di smadav , tanpa ada aplikasi yang di hapus . permasalahannya , sekarang New Huer.PE.Sality . nah yang itu gak bisa di hapus . dah gua bantai pakai samdav juga gak mempan . dari sality killer udah di baca , gua jalanin dari SAFE MODE , biar virus sality gak menyebar . dan gak ada aplikasi yang berjalan . tetap aja gak bisa mati itu New Heur.PE.Sality . masa harus gua Quarentina . malah good bye aplikasinya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, gunakan sality killer versi updatenya.. kalau misal terdeteksi pasti bisa diclean kok. setelah bersih, perhatikan flashdisk yang keluar masuk di PC kita karena sebagian besar virus sality ini menular dari flashdisk..

      Hapus
    2. Hallo bang , saya juga mengalami masalah yg sma , yg aneh itu saat menggunakan smadav terdeteksi 200+ virus New Heur.PE.Sality , saya udah menggunaka Sality Killer tetep aja gk terhapus , Apa ad cara lain?

      Hapus
    3. Coba pake Avira dengan updatean terbarunya, saya coba bisa berhasil bahkan sampai virus. trojan32/taipan juga bisa terhapus

      Hapus
    4. Hallo mas Zabir, terimakasih atas masukkannya.. sangat membantu untuk yang lain..

      Hapus
  8. halo mas, saya jg mengalami hal yg sama spt mas ogie dan aditya yaitu virus New Heur.PE.Sality dan kejadian yg dialami pun sama bahkan terdeteksi 500+
    tolong bantuanya karena cara diatas sdah saya coba dan muter2 google tpi blm ada yg berhsil utk virus yg satu ini. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, coba gunakan sality killer seperti yang disarankan pada artikel ini atau bisa juga pakai saran dari Zubir Soft yaitu menggunakan Antivirus AVIRA dengan update terbarunya..

      Hapus
  9. Cara mengetahui terkena virus sality gimna min

    BalasHapus
    Balasan
    1. ciri2nya bisa dilihat setiap file di komputer kita tidak bisa dibuka dan antivirus akan selalu mendeteksi namun tidakdapat menghapusnya..

      Hapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin