Solusi Komputer yang Mengeluarkan Bunyi "beep" Berulang Kali

Posted by

Komputer menjadi sebuah media yang saat ini di butuhkan oleh berbagai kalangan, selain untuk bekerja, komputer juga dapat menjadi media entertaiment dikala kita bosan, namun seperti halnya barang lain. komputer  juga bisa atau dapat rusak. banyak kendala dan penyebab ketika komputer rusak. misalnya dalam hal yang satu ini.

sedang asik main, tiba - tiba komputer restart dan pada saat nyala tiba - tiba mengeluarkan bunyi "beep" secara terus menerus. pasti kamu akan bingung, lalu bagaimanakah langkah untuk mengatasinya ?
pada artikel berikut akan saya jelaskan langkah solusi untuk mengatasi Komputer error bunyi "Beep" berulang kali.


komputer error bunyi beep
komputer error berbunyi


Bunyi beep pada komputer sebenarnya memiliki arti tersendiri, suara ini dikeluarkan oleh BIOS, dan fungsinya betujuan untuk menyatakan keadaan yang terjadi pada komputer pada saat itu.Jika suara beep panjang dan pendek selama 1 Kali hal itu menandakan bahwa adanya masalah pada memory atau RAM, yaitu memory RAM tidak dapat diakses oleh Motherboard kita. lalu apa penyebabnya memory atau RAM  tersebut tidak dapat diakses?

ada beberapa kemungkinan yang dapat terjadi misalnya :

  1. Pemasangan Memory RAM yang tidak atau kurang benar, sehingga yang harus dilakukan adalah mengecek kembali pemasangan memory/ RAM pada slotnya atau direplace (cabut dan pasang) memory/ RAM nya.
  2. memory/ RAM yang terpasang sudah rusak, sehingga satu - satunya cara untuk mengatasinya adalah mengganti RAM tersebut dengan yang baru. tapi jangan lupa juga untuk selalu mengecek tingkat kompabilitas RAM apakah cocok atau tidak dengan motherboard kita. pada postingan sebelumnya anda dapat melihat Perbedaan dan Jenis memori RAM pada Komputer.
  3. memory atau RAM yang sudah terpasang pada komputer memang tidak kompatibel atau sesuai dengan kebutuhan motherboard seperti pada penjelasan yang kedua tadi.
sedangkan jika bunyi yang dikeluarkan oleh komputer Panjang 1 kali dan pendek 2 kali. ini menandakan bahwa ada masalah pada Monitor atau VGA yang terpasang di Motherboard kamu. solusinya coba cek kabel monitor atau perangkat VGA yang terpasang di motherboard kamu, kalau sudah di pastikan pemasangannya benar, coba ganti dengan VGA yang lain.

bila bunyi yang dihasilkan Panjang 1 kali dan pendek 3 kali. biasanya terdapat masalah pada keyboard atau mouse kamu (perangkat masukan). coba cek kondisi kabel, port USB atau PS/2 yang ada di belakang CPU. pastikan tidak kendor atau tidak rusak.

dan bila kondisinya menghasilkan bunyi panjang 1 kali dan pendek 9 kali ini ada masalah pada ROM BIOS motherboard kamu. coba cek dengan mengganti baterai cmos, jika tidak bisa, maka kamu harus mengganti motherboard kamu dengan yang baru.

nah ini yang terakhi, bila komputer kamu mengeluarkan bunyi beep pendek berkali kali ini tandanya ada sesuatu yang tidak beres dengan tegangan power di komputer kamu. coba cek kabel power supply dan tunggu suhu komputer hingga dingin dan nyalakan kembali.

lain lagi permasalahanya jika komputer kamu gagal booting, kamu bisa lihat penjelasan serta solusinya disini : Windows Gagal Booting.

itu dia sedikit penjelasan kenapa Komputer mengeluarkan bunyi "beep" secara terus menerus. sebenarnya masih ada lagi penyebab yang lain, tentunya hal ini akan dijelaskan pada postingan berikutnya. semoga postigan saya kali ini dapat bermanfaat bagi kamu.


Blog, Updated at: 2/16/2014

7 komentar:

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin